header marita’s palace

5 Cara Tepat Menghilangkan Minyak Di Baju Paling Manjur

Konten [Tampil]
5 Cara Tepat Menghilangkan Minyak Di Baju Paling Manjur
5 cara tepat menghilangkan minyak di baju berikut ini dijamin akan membantu permasalahan teman-teman kongkow. Jengkel nggak sih kalau kita lihat ada noda minyak yang menempel di baju kita? Rasanya percaya diri langsung drop say begitu kita menyadari di baju kita tertinggal noda bekas minyak.

Apalagi buat emak-emak yang masih punya anak balita, kejadian seperti ini mungkin nggak cuma sekali dua kali. Anak-anak yang habis pegang donat atau jenis makanan lainnya, tiba-tiba plek nempel di baju kita. Mau marah, tapi kok mukanya polos banget, akhirnya cuma bisa nyengir kuda kan ya?

Ada yang pernah mengalaminya? Toss dulu kalau begitu.

Selain ulah anak-anak, noda minyak yang tertinggal di baju juga bisa terjadi karena kesalahan kita sendiri. Biasanya sih karena lagi asyik makan gorengan, eh gorengannya nggak sengaja jatuh di atas baju kita. Udah deh, nggak bisa dihindari lagi tuh minyak bakal menjadi dekorasi di baju, hehe.

Air saja tak cukup bisa membantu untuk mengusir keberadaan noda minyak tersebut. Lalu harus pakai metode apa lagi ya? Jangan bingung dan sedih, pals, karena aku sudah mengumpulkan teknik-teknik kece yang bakal menyulap baju bernoda minyak jadi kembali kinclong. Sudah siap?

5 Cara Tepat Menghilangkan Minyak Di Baju; Murah Meriah dan Mudah!

Jangan kaget ya kalau produk-produk yang dipakai untuk menghilangkan noda minyak di baju ini sangat mudah didapatkan, dan pastinya murah meriah lo! Apa saja sih, penasaran ya?
baking soda dan bedak tabur menghilangkan minyak di baju

1. Baking Soda

BS alias baking soda memang sudah dikenal sebagai produk yang banyak manfaat. Bukan cuma untuk mengembangkan kue, BS juga bermanfaat untuk hal lainnya, termasuk juga membuat noda minyak di baju jadi lenyap. Caranya pun mudah lo, mau tahu?
  • Ambil BS secukupnya, tambahkan sedikit air lalu campurkan sampai membentuk pasta.
  • Oles pasta BS tersebut ke atas noda minyak yang ada di baju kita.
  • Agar khasiat BS cepat meresap, gunakan sikat gigi untuk meratakan pasta tersebut di daerah yang bernoda.
  • Perlahan noda akan memudar. Diamkan selama beberapa menit.
  • Selanjutnya, cuci baju tersebut dengan detergen seperti biasa.
Gampang kan?

2. Bedak Tabur

Cara tepat menghilangkan minyak di baju berikutnya yaitu dengan menggunakan bedak tabur. Wah, kupikir bedak tabur cuma bisa bikin wajah berminyak jadi matte lagi, ternyata bedak ini multifungsi. Noda minyak di baju pun bisa diusir cantik olehnya. Keren ya, pals?

Untuk mengaplikasikan bedak tabur sebagai pengusir minyak di baju, caranya juga nggak jauh berbeda saat pakai BS, gini nih:
  • Buka lembaran pakaian, lalu taburkan bedak di area yang terkena noda minyak.
  • Tutup semua noda dengan bedak tabur.
  • Biarkan seperti itu selama sekurang-kurangnya dua jam.
  • Setelah dua jam, bersihkan bedak tabur dari baju. Jika ternyata noda minyak masih terlihat, ulangi lagi cara di atas.
Kalau nodanya mulai memudar, saatnya mencuci baju dengan detergen seperti biasa. Jangan lupa gunakan detergen yang berkualitas ya.
menghilangkan minyak dengan alkohol, cuka dan sabun pencuci piring

3. Alkohol

Punya persediaan alkohol di kotak obat? Nah, nggak perlu pusing buat menghilangkan noda minyak dari baju kalian, pals. Produk tersebut bisa dipakai untuk membersihkan minyak dari baju favoritmu, begini caranya:
  • Tuang beberapa tetes alkohol ke atas noda minyak yang ada di bajumu.
  • Jangan langsung dicuci, dan biarkan terlebih dulu selama beberapa menit.
  • Jika noda mulai memudar, cuci pakaian menggunakan detergen seperti biasa.

4. Cuka

Cuka nggak cuma bikin acar dan bakso jadi kecut-kecut segar, produk dapur satu ini merupakan salah satu cara tepat menghilangkan minyak di baju. Nggak percaya? Coba aja praktekkan sendiri langkah-langkah berikut ini:
  • Cari noda minyak yang ada di bajumu lalu oleskan cuka pada bagian berminyak tersebut.
  • Biarkan saja dulu selama 30 menit, bisa ditinggal nyapu atau cuci piring dulu.
  • Setelah 30 menit, noda minyak akan memudar. Saatnya mencuci pakaian dengan detergen favoritmu seperti biasa.

5. Sabun Pencuci Piring

At last but not least, kita juga bisa menggunakan sabun pencuci piring lo! Bahkan banyak yang bilang cara ini adalah cara paling manjur. Wah, jadi penasaran nih, pals.

Berarti sabun cuci piring itu nggak cuma bisa membersihkan noda minyak yang membandel di atas piring, tapi juga di baju ya. Baru tahu nih. Ada yang juga baru tahu sekarang? Ya udah, langsung kepoin aja langkah-langkah pembersihan baju dari noda minyak dengan menggunakan sabun cuci piring yuk!
  • Tuang sabun pencuci piring pada area baju yang terdapat noda minyak.
  • Agar sabun pencuci piring itu bisa meresap, gunakan jari-jari untuk menggosok agar nodanya bisa larut secara optimal.
  • Setelah nda memudar, cuci baju tersebut dengan detergen favorit seperti biasanya ya.
Oh ya, selain noda minyak goreng, sabun cuci piring juga ampuh menghilangkan noda minyak lainnya, seperti oli. Duh, telat nih aku tahunya. Dulu aku pernah punya gamis yang bagian bawahnya kena oli gara-gara terjerat rantai motor, wkkw.

Bekasnya cukup besar. Akhirnya nggak pernah aku pakai lagi dan kuhibahkan ke orang yang mau menerima. Eh, ternyata bisa dihilangkan pakai sabun cuci piring to. Untuk noda minyak yang cukup membandel, kadang kita perlu mengoleskan sabun cuci piring lebih dari sekali ya, pals.

Agar baju kita nggak rusak, kita bisa melakukan tes dulu sebelumnya. Oleskan sedikit sabun cuci piring ke area kain yang sedikit tersembunyi. Jika kain baju masih oke dan nggak rusak, baru deh dipakai beneran buat menghilangkan noda.

Gimana pals, jadi tercerahkan dengan 5 cara tepat menghilangkan minyak di baju? Dari kelima cara tersebut, adakah yang sudah pernah dicoba dan manjur? Boleh lo ceritakan pengalaman teman-teman kongkow di kolom komentar, kutunggu ya. Sampai jumpa di celotehku berikutnya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Tips yang sangat bermanfaat, ananda Marita. Tadi pagi nyeterika jilbab. Rupanya banyak bekas minyak bagian depannya. Padahal sudah dicuci bersih. tadinya lagi mikir mau dicuci pakai apa. Eh ternyata ada lima pilihan dari artikel ini. Selamat malam terima kasih ya, Say.

    ReplyDelete

Post a Comment