header marita’s palace

5 Tips Memilih Bimbel Online Terbaik di Indonesia

bimbel online terbaik di indonesia
Memiliki pengalaman menjadi tim pengajar di salah satu lembaga pendidikan atau yang biasa disebut bimbel (bimbingan belajar) selama kurang lebih 3 tahun, aku jadi punya kriteria tersendiri saat harus mencari bimbel untuk anak-anak.

Kebetulan tahun ajaran ini, anakku sudah duduk di kelas 4 SD. Semakin mendekati tahun-tahun terakhir di jenjang sekolah dasar. Belajar via daring juga saat ini masih terus berlangsung. Mau nggak mau aku harus mencari sarana belajar tambahan agar anakku bisa lebih optimal memahami materi. Itulah kenapa aku berpikir untuk mencari bimbel online terbaik di Indonesia.

Kenapa harus online? Mengingat kondisi saat ini yang masih belum bisa bebas dari serangan Covid-19. Pilihan terbaik tentu saja mencari media belajar tambahan yang juga bisa diakses secara online.

5 Kriteria Saat Memilih Bimbel Terbaik untuk Anak

Menurutku, memilih bimbel online tak jauh berbeda saat kita memilih bimbel konvensional. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjatuhkan pilihan kepadanya.

Tentunya setiap orang tua bisa memiliki kriteria tersendiri, kalau aku sih 5 hal ini yang kujadikan pertimbangan, mau tahu?
tempat les online terbaik dan termurah

1. Terpercaya

Sekarang ini ada banyak bimbel bisa ditemukan. Dari yang levelnya nasional, lokal bahkan rumahan. Mau pilih bimbel rumahan atau perorangan pun sebenarnya nggak masalah, selama tutornya memang bisa dipercaya. Misal kita sudah kenal dekat dengannya dan tahu kualitas mengajarnya.

2. Fasilitas Unggulan

Saat dulu masih mengajar di sebuah bimbel, kantor kami memberikan fasilitas ruang belajar yang nyaman, luas dan tentu saja lengkap dengan AC. Hal itu agar anak-anak lebih betah belajar. Jumlah siswa di kelas pun dibatasi, tidak lebih dari 15 siswa. Tujuannya agar tutor bisa benar-benar memperhatikan setiap siswanya.

Karena lembaga pendidikan tempatku bekerja dulu fokusnya pada pendidikan bahasa Inggris, maka laboratorium bahasa menjadi fasilitas utama. Selain memiliki fasilitas untuk listening, laboratorium bahasa di sebuah bimbel terbaik di Indonesia sebaiknya punya aplikasi tersendiri yang bisa menjadi keunggulannya.

Aku ingat sekali, laboratorium di lembaga pendidikan tempatku mengajar selalu mampu membuat orang tua dan para calon murid bersemangat belajar di sana. Karena saat itu belum banyak sekolah, khususnya SD, yang memiliki laboratorium bahasa.
Nah, kalau saat ini bimbel online yang menjadi acuan, maka kita harus mencari tahu fasilitas unggulan apa yang nggak bisa didapatkan di tempat bimbel lainnya. Misal, punya layanan konsultasi PR atau konsultasi pemilihan jurusan untuk anak-anak SMA.

3. Kompetensi Guru

Biasanya sebuah bimbel berkualitas selalu memperkerjakan karyawan atau tutor dengan syarat dan kriteria yang ketat. Misal, harus lulusan perguruan tinggi negeri, atau kalaupun lulusan perguruan tinggi swasta harus mencapai standar IPK tertentu, lolos uji micro teaching yang artinya orang tersebut memiliki kemampuan mengajar yang baik.

Tak hanya itu, untuk tutor bahasa Inggris biasanya wajib memiliki nilai TOEFL minimal 500. Bimbel online terbaik di Indonesia juga pastinya tidak langsung begitu saja meminta para tutor terjun langsung mengajar. Para tutor akan diberikan pelatihan dan pendampingan terlebih dahulu hingga dinyatakan sudah siap memberikan pengajaran kepada murid.
Salah satu kompetensi guru alias tutor pada bimbel online yaitu kemampuannya mengajar lewat video. Mengajar dengan tatap muka dan bisa melihat murid secara langsung dalam satu ruangan tentu berbeda dengan mengajar via aplikasi online ataupun video, dibutuhkan kompetisi khusus. Tutor harus memiliki kemampuan story telling yang baik sehingga anak-anak bisa nyaman dan betah berlama-lama belajar di depan laptop atau HP-nya.

4. Harga Wajar

Persaingan harga antara bimbel yang satu dengan lainnya sudah bukan menjadi rahasia. Sebagai orang tua, kita harus peka dan benar-benar aware akan hal ini. Jangan sampai kita tergiur bujuk rayu promo ini dan itu, tanpa mempertimbangkan fasilitas dan kualitas.
Buatku harga wajar adalah harga memiliki kesesuaian antara apa yang kita berikan dengan apa yang kita dapatkan. Selain itu harganya disesuaikan dengan tingkat ekonomi di suatu wilayah.
Khusus untuk bimbel online, tentu saja biayanya harus lebih terjangkau daripada bimbel konvensional. Hal tersebut dikarenakan anak-anak nggak datang ke lokasi bimbel dan nggak bisa menikmati fasilitas yang ada. Selain itu orang tua juga harus mengusahakan sambungan internet sendiri.

5. Keterlibatan Orang Tua

Meski bimbel hanyalah sarana belajar tambahan, alangkah baiknya jika orang tua juga dilibatkan dalam setiap prosesnya. Di tempatku mengajar dulu, setiap pengambilan hasil belajar harus langsung diambil oleh orang tua. Pada saat itu, tutor harus menyampaikan perkembangan belajar siswa setiap satu level.

Hal tersebut dilakukan agar orang tua juga tahu apa yang harus dilakukan di rumah. Bagaimanapun orang tua lebih punya banyak waktu dengan anak dibandingkan guru di sekolah, apalagi tutor bimbel.
Jika orang tua mau terlibat dalam pendidikan anak, tentunya prestasi anak bisa jauh lebih optimal.
Tempat les online terbaik dan termurah bisa juga memberikan fasilitas yang hampir sama. Misalnya dengan menyediakan artikel-artikel terkait pengasuhan dan konseling yang bisa dibaca orang tua sehingga wawasan orang tua bisa berkembang.

Lalu pastinya teman-teman kongkow penasaran kan, manakah tempat les online yang kujadikan pilihan?

Brain Academy Online, Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Yup, aku menjatuhkan pilihan pada belajar online termurah di Brain Academy. Fyi, Brain Academy adalah salah satu produknya Ruangguru. Setelah beberapa hari lalu aku dibuat jatuh cinta pada Ruangbelajar, kini aku nggak bisa menolak pesona bimbel online terbaik yang satu ini.
brain academy online
Berbeda dengan bimbel pada umumnya, Brain Academy memberikan kombinasi layanan belajar offline dan online untuk siswa. Awalnya tempat les besutan Ruangguru ini hanya menyediakan pembelajaran offline. Cabangnya sudah bisa ditemukan di beberapa wilayah, antara lain:
  • Bali
  • Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur
  • Riau
  • Sumatera Barat
  • Sumatera Selatan
  • Sumatera Utara
  • Yogyakarta
Ah senangnya di Semarang pun ada. Lokasinya berada di pusat kota, tepatnya di Jl. Pandanaran No.99A, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50249. Kantor yang bernuansa biru dan putih itu nampak gagah berdiri. Fasilitasnya pun apik.
brain academy Semarang
Dikarenakan adanya pandemi, bimbingan belajar ini mulai memberikan layanan online. Saat new normal sudah mulai berjalan, Brain Academy menjalankan beberapa ketentuan sebagai berikut:
  • Jumlah siswa maksimal untuk kelas OFFLINE adalah 10-15 siswa (setengah dari total kapasitas kelas)
  • Mengatur jarak minimal 1 meter atau jeda 1 meja kursi ketika proses belajar.
  • Semua tamu dan pengguna gedung Brain Academy, wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Semua siswa WAJIB menyerahkan surat pernyataan perizinan orang tua sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, baik secara offline maupun online.
Namun karena adanya PPKM darurat yang berlangsung pada 3 - 20 Juli 2021, semua kegiatan belajar mengajar dialihkan secara daring alias online. Meski nanti PPKM darurat sudah berakhir, pihak Brain Academy tidak akan memaksakan siswa untuk hadir secara offline jika orang tua tidak mengizinkan dan kondisi belum memungkinkan.

Pasti teman-teman kongkow penasaran ya, apa sih yang membuatku jatuh hati pada bimbel online terbaik Brain Academy online?

Fitur Unggul Bimbingan Belajar Online Brain Academy Online

Tentu saja aku bisa bilang bahwa Brain Academy sebagai bimbel online terbaik di Indonesia karena memenuhi 5 kriteria yang kutuliskan di atas. Nih, aku bocorkan fitur-fitur unggulan yang hanya ada di bimbingan belajar online by Ruangguru ini:
fitur unggul brain academy

Kelas Live interaktif dengan Star Master Teacher

Untuk mendukung belajar daring, kini Brain Academy telah menyiapkan layanan interaktif dengan metode live teaching bersama Star Master Teacher. Buat yang udah kenal Ruangguru cukup lama, pasti tahu dong bagaimana kualitas guru-gurunya. Para tenaga pengajarnya telah melalui seleksi ketat dari berbagai sekolah, bimbel, dan PTN favorit.

Full Modul Belajar Dikirim ke Rumah

Meskipun dilaksanakan secara online, Brain Academy Online tetap menyediakan modul lengkap untuk belajar selama 1 tahun dalam versi cetak dan dikirim ke rumah siswa.

Belajar via HP atau Laptop

Sekarang ini Brain Academy bisa diakses lewat aplikasi Ruangguru, tidak hanya di HP, tapi juga bisa diunduh dan diinstal lewat laptop. Jadi orangtua bisa memantau anak dengan lebih baik.

Klinik PR

Selain live teaching, Brain Academy juga memberikan bimbingan belajar online yang diperuntukkan untuk menyelesaikan tugas sekolah bersama Master Teacher. Sesi ini dirancang secara eksklusif dalam grup kecil, berjumlah 3-5 siswa saja, melalui video call. Jadwal Klinik PR menyesuaikan jam kerja Master Teacher.

Komunitas Diskusi Soal

Brain Academy Online juga memiliki komunitas yang memperbolehkan setiap anggotanya saling share berbagai latihan soal yang sulit. Di dalam grup tersebut, akan ada tutor serta siswa dari seluruh Indonesia yang siap membantu memecahkan soal-soal sulit itu.
brain academy by ruangguru

Try Out Ujian

Brain Academy juga merupakan bimbel online ujian mandiri terbaik, maka tak heran jika sala satu fasilitas yang diberikannya adalah try out ujian. Soal-soal yang diberikan merupakan tipe soal terbaru untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian.

Konseling Pendidikan

Meski hanya media belajar tambahan, Brain Academy juga memberikan fasiltas berupa konseling privat video online dengan guru wali, sehingga siswa bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari proses belajarnya. Selain itu disediakan juga laporan perkembangan anak untuk orangtua.

Kelas Pengembangan Diri/ Soft Skill

Tak hanya fokus pada sisi akademis, bimbel online terbaik di Indonesia ini juga memiliki kelas-kelas tambahan yang bermanfaat untuk proses pengembangan diri para siswa, seperti tips masuk PTN favorit, prospek karir, public speaking dan kreativitas.

Klub Hobi

Brain Academy mendukung para siswanya untuk menekuni hobi yang baik dan bermanfaat. Dengan mengikuti klub hobi, siswa bisa bertemu teman dari seluruh Indonesia. Saat ini ada sekitar 50 Klub Hobi yang bisa dipilih. Menarik ya, pals?

Paket Bimbel Sesuai Kebutuhan (Regular, Premium, Elite)

paket bimbel brain academy
fasilitas bimbel brain academy
Tersedia tiga pilihan paket bimbingan belajar dengan fitur yang berbeda. Kita bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi.

Harga di bawah ini adalah salah satu contoh biaya bimbingan online di Brain Academy. Menurut kalian gimana, pals?

Dengan fasilitas yang didapat, menurutku sangat terjangkau sih. Kalau dihitung-hitung sebulan kisaran Rp200an ribu. Manggil guru les ke rumah saja sekarang sekali datang kisaran Rp75ribu - Rp100ribu.

Di Brain Academy, dengan kisaran Rp200ribuan per bulan, kita sudah dapat 480 sesi belajar. Kalau dihitung-hitung, per sesi sekitar Rp5000an aja. Udah gitu bisa full akses ke Ruangbelajar pula. Wah, ini mah bener-bener tempat les online terbaik dan termurah.
biaya brain academy
So, buat teman-teman kongkow yang punya anak mulai dari kelas 3 SD - 12 SMA dan butuh tambahan pelajaran selain dari sekolah, atau punya anak yang mau mempersiapkan intensif ujian mandiri, cuzz nggak perlu bingung lagi memilih bimbel online terbaik di Indonesia. Karena hanya Brain Academy jawabannya. Info lengkap silakan kepoin situs dan media officialnya ya:
Website: https://www.brainacademy.id/
Instagram: @brainacademy.id
Semoga bermanfaat dan semangat menyongsong tahun ajaran baru dengan penuh suka cita, pals. Selamat mendampingi putra-putrinya belajar. Jangan lupa tetap senyum dan bahagia ya!

19 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Hemm penyelamat banget nih Brain Academy buat anak yang masih dalam pembelajaran daring nih, tipsnya mantul.

    ReplyDelete
  2. Brain academy membantu banget buat yang baru masuk SMP atau SMA dan sempat ketinggalan pelajaran. Harganya juga sesuai dengan manfaatnya.

    ReplyDelete
  3. Bener banget, saat pandemi seperti ini peran orang tua juga penting, tapi pasti membutuhkan bantuan buat ngajarin sih anak.

    ReplyDelete
  4. Brain academy memang yang terbaik, fasilitas yang diberikan seimbanglah sama harganya.

    ReplyDelete
  5. Bagus banget nih Brain academy, bimbel online terbaik di Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Saat PJJ maupun tidak, belajar dengan team support yang handal itu selalu jadi incaran siapapun pembelajar sejati. Adanya tim dari brain Academy by Ruangguru jelas sangat mensupport pembelajaran terlebih saat pandemi.

    ReplyDelete
  7. Setuju sama ke-5 tipsnya. Hal2 itu pula yang saya perhatikan ketika memilih bimbel.

    ReplyDelete
  8. Brain academy emang jempolan ini kak. Selain Brain academy online, ada juga loh di Medan brain academy offline. Semakin seru pastinya kalo belajar bisa ketemu tutornya.

    ReplyDelete
  9. Fitur dan fasilitas ruang belajar ok banget ya. Jd penasaran pingin coba daftarin anakku di bimbel ini

    ReplyDelete
  10. Brain academy ini semacam solusi di tengah padang pasir, hihihi. Orangtua pun bisa tenang meninggalkan anak kerja sembari anak sekolah online ditemani brain academy ya

    ReplyDelete
  11. Sejak ada ruangguru, harga bimbel sekarang semakin terjangkau. Saya masih ingat dulu buat les sebulan saja, saya harus bayar Rp 2,5 juta di Padang. Itu awal 2000-an dan itu belajar buat persiapan UMPTN. Sesuatu bangetttt.

    Sekarang harganya bisa separuhnya kalo kita ambil di Brain Academy by Ruangguru.

    ReplyDelete
  12. Tos, mba. Aku juga jatuh cinta sama produknya Rungguru yaitu Ruangbelajar dan sekarang ada Brain Academy. Kalau anakku sudah masuk sekolah, gak bakalan ragu memilih Ruangguru untuk bimbingan belajar anak.

    ReplyDelete
  13. Selain menemukan sarana bimbingan belajar dengan guru kompeten dan harga yang wajar, keterlibatan orang tua jadi kunci keberhasilan anak anak menangkap berbagai pelajaran yang disampaikan.

    Ruangguru ini lengkap banget layanannya. Menyenangkan hati anak dan kantong ortu tentunya. Apalagi Brain Academy punya layanan kelas offline.

    ReplyDelete
  14. Duluuu pas ruangguru pertama muncul aku pernah coba ikutan kelasnya dan memang semenarik itu. Ngga heran anak2 pada betah dan lomba siapa yang paling rajin di sana. Memotivasi banget sih ya mbaaa

    ReplyDelete
  15. makin banyak ya produknya Ruangguru ini, pastinya Brain Academy akan sangat membantu sekali para orangtua dalam menjalankan PJJ anak-anaknya

    ReplyDelete
  16. Saya penasaran sama klub hobi nya nih...
    Saya akan cari tau lebih banyak de...
    Sapa tau ada yang bisa diikuti.

    ReplyDelete
  17. Plusnya di Brain Academy ini ada kelas softskill nya juga ya Mbak... jd selain mengasah sisi kognitifnya juga diajarkan tentang self development yang pastinya bermanfaat buat dia di perguruan tinggi nantinya ya

    ReplyDelete
  18. Banyak yang memberikan testimoni bagus untuk Brain Academy sampai keponakan saya membuktikan dan dia berhasil masuk perguruan tinggi impiannya.. emang keren sih Brain Academy ini

    ReplyDelete
  19. Wah ada klinik pr nih, seru nih buat anak anak SMA jadi nggak gabut kalau jawaban matematikanya belum nemu hehe

    ReplyDelete