header marita’s palace

Rekomendasi Jaket Hijab Syar'i Pilihan; Aman, Santun dan Menawan

Konten [Tampil]
Rekomendasi Jaket Hijab Syar'i Pilihan; Aman, Santun dan Menawan
Jaket hijab syar’i adalah jaket yang didesain khusus untuk digunakan para muslimah hijaber. Pada tahun 2000an, mencari jaket yang pas untuk dipadu-padankan dengan gamis dan kerudung lebar masih cukup susah.

Nggak lucu kan kalau sudah pakai gamis, tapi jaketnya masih mini gitu? Ya, sebenarnya bisa aja mix and match gitu. Namun biasanya jaket pada umumnya ukurannya terlalu ketat untuk dipasangkan dengan gamis. Akhirnya kurang sedap dipandang mata kalau terlalu dipaksakan memasangkan jaket biasa dengan gamis.

Bersyukur mulai tahun 2016, mulai ada pelopor jaket hijaber. Mereka memproduksi jaket-jaket yang memiliki ukuran dan desain sesuai dengan kebutuhan para muslimah yang sehari-hari mengenakan gamis dan kerudung lebar.

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa para hijaber tetap membutuhkan jaket sebagai pelindung. Padahal gamis dan kerudung lebar sudah cukup menutup aurat dengan maksimal. Sekaligus memberikan kehangatan karena ukurannya yang lebar.

Bagaimanapun hijaber juga perempuan biasa lo. Ada kalanya perlu naik motor, pergi ke tempat-tempat yang suhunya lebih rendah, yang memungkinkan terkena angin dan udara dingin. Kalau nggak pakai jaket nanti menggigil gimana dong?

Dihadirkannya jaket hijab syar’i tidak hanya memberikan perlindungan ekstra, tetapi juga bisa menambah sisi visual dari segi fashion. Meski bergamis, tetap boleh dong tampil chic & catchy?

Ciri-ciri Jaket Wanita Muslimah

Sebelum aku membagikan inspirasi jaket-jaket hijaber yang super kece, yuk cari tahu dulu sebenarnya yang disebut dengan jaket muslimah itu seperti apa sih? Setidaknya ada tiga hal yang membedakan jaket muslimah dengan jaket perempuan pada umumnya, mau tahu?

1. Ukuran

Jaket hijaber biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan panjang dari jaket kebanyakan. Jika panjang jaket pada umumnya hanya sampai daerah pinggang, jaket hijab syar’i memiliki panjang yang biisa menutup bagian paha dan pantat. Bahkan beberapa ada yang panjangnya mencapai bawah lutut. Hal ini untuk menutup aurat dengan lebih sempurna.

Adapun ukuran jaket muslimah biasanya memiliki tiga pilihan sebagai berikut:
  • All size - Lingkar dada 101 - 102cm, Lingkar lengan 40-41cm
  • XL - Lingkar dada 108-110cm, Lingkar lengan 43-45cm
  • XXL - Lingkar dada 118-120cm, Lingkar lengan 46-48cm
Sementara untuk panjang tangan berlaku untuk semua ukuran, kurang lebih 55-57cm. Sementara panjang jaket berkisar 93-95cm.

2. Bahan

Bahan yang biasa digunakan jaket untuk para perempuan muslimah tentu saja yang tebal, tidak menerawang dan tidak membentuk badan. Namun juga tetap adem agar bisa memberikan kenyamanan saat digunakan sehari-hari.

Berikut ini jenis bahan jaket hijaber pada umumnya: Premium Fleece, 100% Polyfiber Imported, 75% Waterproof & Windproof, Full Dourmill Dacron dan Micro Quilting Parachute. Beda desain biasanya memiliki bahan yang berbeda.

3. Desain

Jangan dikira jaket yang didesain untuk para muslimah tidak bervariasi. Sejak maraknya hijab fashion di dunia dan di Indonesia, desain baju untuk para hijaber berkembang semaki pesat. Tidak hanya mengunggulkan kenyamanan yang sesuai aturan agama, tetapi juga tetap nampak modis dan keren.

Pilihan desain yang paling umum sih, ada jaket muslimah yang memiliki hoodie dan ada yang tanpa hoodie. Kalau teman-teman kongkow suka jaket dengan atau tanpa hoodie nih? Kalau aku suka yang versi ada hoodienya.

Meski pakai kerudung, hoodie bisa berfungsi ketika pergi jauh menggunakan motor. Kepala jadi semakin terlindungi. Selain itu saat hujan menghampiri dan lupa bawa payung atau jas hujan, hoodie bisa berfungsi sebagai perlindungan.

Selain masalah hoodie dan non hoodie, desain jaket hijab syar’i yang bisa kita temui di pasaran antara lain, basic, Korean style, Japanese style, blazer atau coat, dan masih banyak lagi.
cara memilih jaket hijaber

Cara Memilih Jaket Hijaber

Setelah mengetahui perbedaan antara jaket hijaber dan jaket wanita pada umumnya, kini saatnya aku berikan tips untuk memilih jaket muslimah:

1. Cek Produsen

Ada banyak produsen dan brand jaket wanita muslimah, sebaiknya cek dengan hati-hati apakah terpercaya. Dalam artian kualitas produknya oke, pengemasannya ciamik dan pengirimannya tepat waktu.

2. Cek Desain

Setelah memilih brand tertentu, saatnya memilih desain. Pastikan pilih desain yang cocok dengan karakter dan bentuk tubuh.

3. Cek Ukuran

Sudah dapat desain yang sesuai selera? Eits, jangan langsung check out, cek dulu apakah ukurannya sudah pas dengan tubuh teman-teman kongkow?

4. Cek Stok

Jika ukurannya sudah sesuai dengan ukuran tubuh saat ini, waktunya mengecek stok apakah desain dan ukuran yang kita inginkan tersedia.

5. Cek Harga

At last but not least, cek dulu apakah harganya sesuai dengan budget di kantong. Akan lebih membahagiakan jika bisa dapat harga promo kan?

Kalau semua sudah oke, saatnya check out!

7 Inspirasi Jaket Hijab Syar’I

Buat teman-teman kongkow yang masih pusing memilih desain jaket paling pas, mungkin 7 jaket muslimah di bawah ini bisa menjadi inspirasi:

1. Basic

jaket wanita muslimah basic
Namanya juga basic, tentu aja desainnya sederhana. Nggak banyak detail. Biasanya hanya menggunakan dua kombinasi warna. Satu warna utama dan satu warna pelengkap di bagian tali, dan pinggiran hoodie, risleting dan ujung tangan. Cocok buat kalian yang berkarakter sederhana dan nggak suka neko-neko.

2. Coat/ Blazer

jaket muslimah coat
Buat pekerja kantoran, jaket ini sepertinya cocok deh. Bisa menampilkan sisi elegan, tetapi juga sekaligus memberikan kehangatan. Pilihan desainnya juga beragam, tinggal pilih mana sih yang paling sreg di hati.

3. Korean Style

jaket hijab korean style
Memiliki desain ala-ala hanbok, pakaian tradisioonal Korea. Jaket ini cocok dikenakan buat penggemar drama korea. Pemakai jaket ini memilih desain ini agar semakin terasa dekat dengan kehidupan aktor favorit, hehe. Unyu juga ya?

4. Groovy

hijaber jaket groovy
Cocok buat yang berjiwa muda. Fokus desain dari jaket beraliran groovy biasanya memiliki detail yang lebih kompleks, seperti kombinasi warna yang lebih dari dua untuk memberikan kesan ceria. Atau ada focal point yang ingin ditunjukkan.

5. Sporty

jaket hijab muslimah sporty
Cocok buat pegiat olahraga. Biasanya menggunakan bahan yang ringan dan mudah menyerap keringat. Desainnya juga santai dan sederhana.

6. Feminine

jaket hijaber feminine
Desain ini cocok dipakai oleh para muslimah yang punya karakter feminin dan lembut. Jaket model ini akan mengubah pemakainnya seperti princess muslimah yang anggun dan manis.

7. Outdoor Session

jaket outdoor for hijabers
Biasa dipilih oleh para muslimah yang senang beraktivitas di luar ruangan, khususnya kegiatan yang menantang adrenalin. Cocok dipakai untuk acara camping dan trekking di gunung.

Untuk memiliki jaket hijaber, teman-teman kongkow bisa mencari di bagian jaket muslimah shopee atau marketplace lainnya. Harga biasanya tergantung ukuran dan bahan. Namun setahuku berkisar antara Rp200.000 - Rp400.000.

Apakah kalian sudah punya incaran jaket hijab syar’i, pals? Kalau sudah, langsung aja dikekep biar nggak kedahuluan yang lain. Eh, tapi kalau mau lebih unik, teman-teman kongkow bisa jahit sendiri lo di konveksi. Foto-foto di atas bisa jadi inspirasi kan? Selamat hunting jaket idaman ya! Happy shopping and stay fashionable, ladies.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Wah aku juga suka pakai kayak gini cuma ga semua bisa pas, kayaknya memang perlu menyesuaikan, terima kasih rekomendasinya, Mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment