header marita’s palace

7 Tempat Wisata Ungaran Memanjakan Mata, Wajib Dikunjungi!

Konten [Tampil]
7 tempat wisata Ungaran wajib dikunjungi
Tempat wisata Ungaran jauh lebih banyak dibandingkan tempat wisata yang ada di ibu kota Jawa Tengah, Semarang. Sebagai orang Semarang yang tinggal di wilayah atas, aku lebih suka mlipir ke Ungaran saat liburan, dibandingkan turun ke bawah.

7 Tempat Wisata Ungaran, Sudah Pernah Ke Mana?

Meski terletak tak terlalu jauh dari Semarang, udara di Ungaran jauh lebih segar. Apalagi kalau jalan-jalan di wilayah pegunungan, bukan hanya udaranya yang segar, airnya pun menyegarkan. Nah, buat teman-teman kongkow yang ada rencana untuk berkunjung ke Ungaran, mungkin tempat-tempat wisata ini bisa dijadikan pilihan.
taman unyil  dan air terjun semirang

1. Taman Unyil

Terletak di ujung perbatasan antara Ungaran dan Semarang, Taman Unyil terletak di pojokan. Tamannya rapi dan cukup bersih. Waktu awal-awal new normal digalakkan, aku mengunjungi taman ini karena ingin cari tempat wisata yang nggak terlalu banyak kerumunan.

Benar dugaanku, Taman Unyil cukup sepi pengunjung. Jadi anak-anak bisa bermain sepuasnya. Di sini ada banyak pilihan permainan, seperti prosotan, dan ayunan. Buat anak-anak yang suka main pasir, ada bak pasir juga yang bisa jadi tempat mojok.

2. Air Terjun Semirang

Sebelum pandemi menyerang, bersyukur aku sudah sempat jalan-jalan ke air terjun yang cantik ini. Seperti biasa, suamiku kalau ngajak suka dadakan gitu. Tanpa banyak persiapan, kami nekat main ke tempat wisata Ungaran yang satu ini. Affan masih tiga tahunan mungkin.
 
Saat tahu jalannya begitu menanjak, aku dan suami hampir menyerah. Namun kak Ifa nggak mau diajak balik kanan. Dia semangat untuk menemukan ujung perjalanan. Akhirnya setelah melakukan treking selama 1 jam, sampai juga kami di air terjun.

Ah, semua rasa lelah terbayarkan. Masya Allah indah sekali. Buat yang mau menantang diri treking bersama keluarga ke Semirang, jangan lupa persiapkan diri dengan oke. Siapkan air minum dan gunakan alas kaki yang tak licin. Selain menanjak, semakin ke atas, jalanan menyempit dan juga licin.

Jika kalian sudah sampai Semirang, dan lapar menyerang, jangan takut. Ada banyak warung yang menyediakan gorengan dan mie. Enak disantap sambil menikmati pesona gemericik air terjun.

3. Bandungan dan Jimbaran

Ada banyak tempat wisata di Bandungan dan Jimbaran. Biasanya sih kalau mlipir ke sini, sekalian ke beberapa tempat. Saking ada buanyak pilihan. Dari Candi Gedong Songo, Pasar Bandungan, Bandungan Water Park, Celosia dan beberapa macam taman bunga lainnya. Pokoknya tinggal pilih mana suka dan paling cocok sama budget.

Kalau lapar, jangan lupa mampir di Jimbaran untuk menikmati ikan goreng dan lalapan. Dijamin maknyus. Biasanya sih lesehan Pak Suharno yang banyak dijadikan jujugan. Selain pilihan tempatnya banyak, makanannya terkenal paling enak. Untuk oleh-oleh, jangan lupakan wajik dan tahu Pak Suharno yang tiada dua.
cimory on valley dan mawar camp

4. Cimory

Kalau punya anak kecil, Cimory memang selalu menarik hati. Apalagi semakin hari, lokasinya terus dikembangkan semakin bagus. Wilayahnya tambah luas dan fasilitasnya ditingkatkan. Mini Zoo-nya juga bertambah jumlah hewannya. Semakin lengkap dan menarik.

Anak-anak bisa memberi makan kelinci, domba, naik kuda dan banyak lagi aktivitas seru lainnya. Jika datang bersama rombongan sekolah, bisa juga berkesempatan untuk memberi makan sapi dan memerah susu. Serta melihat proses produksi susu. Hmm, seru ya?

Tiket masuk biasanya sudah termasuk bundling dengan satu minuman yoghurt CImory yang terkenal segarnya. Sayangnya susu Cimory Ungaran tak lagi diproduksi, padahal aku lebih suka kemasan dan rasanya, dibanding produksi dari Jawa Barat. Semoga saja suatu saat diproduksi lagi.

5. Mawar Camping Area

Suka camping? Cuzz ajak keluarga buat menikmati malam di Mawar. Dulunya untuk sampai ke sini, kita harus melakukan treking dari Pasar Jimbaran. Namun dengan pembangunan jalan yang semakin pesat, untuk mencapai Mawar, kita bisa menggunakan mobil dan motor. Lebih hemat waktu kan?

Ada banyak warung tersedia jika malas memasak sendiri. Tersedia pula persewaan alat-alat camping, dari tenda, alat masak, senter, dll. Pokoknya tinggal datang ke lokasi aja. Namun sebaiknya hindari ke sana saat musim liburan, karena biasanya penuh dan harga sewanya dinaikkan.
watu gunung  dan bukit cinta

6. Watu Gunung

Istimewa sekali sih, terletak di sekitar Lerep. Mau berenang dengan sensasi air pegunungan? Di sini tempatnya. Airnya dingin dan segar. Saking dinginnya, anak-anak yang biasanya bisa kungkum satu - dua jam di kolam renang, begitu nyebur di Watu Gunung hanya bisa bertahan 45 menit, hehe.

Meski begitu udaranya yang segar, membuat betah berlama-lama di sini. Tersedia pula restoran dengan banyak pilihan menu. Tempat duduk restorannya juga asyik buat kumpul dengan keluarga. Mau main bebek-bebekan juga bisa lo.

7. Bukit Cinta

Baru saja selesai direnovasi, tempat yang sering dijadikan saksi cinta kasih pasangan-pasangan muda ini dijadikan tempat yang sangat instagrammable. Di sini kita bisa melihat Rawa Pening terbentang dengan indahnya.

Buat keluarga kecil, tempat ini juga asyik untuk jadi zona lari-lari buat anak. Saking luasnya, piknik sekeluarga bakal seru banget sih. Gelar tikar dan bawa makanan sendiri dari rumah sambil menikmati pesona Rawa Pening, cucook!

Gimana apakah 7 rekomendasi tempat wisata Ungaran di atas sudah cukup bisa memuaskanmmu, pals? Jika dirasa masih kurang, kapan-kapan aku geber lagi beberapa tempat yang kece ya. Buat teman-teman kongkow yang datang dari luar kota dan perlu menginap, jangan khawatir, ada banyak kok Hotel Ungaran dengan fasilitas dan kualitas oke.

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment