header marita’s palace

5 Tips Jualan Online Pemula, Siap Raup Omzet Jutaan?

Konten [Tampil]
tips jualan online pemula
Tim jualan online pemula, angkat tangannya! Toss lah. Sejak pandemi bergulir, semakin banyak orang banting setir berjualan online. Ketika perusahaan mulai mengurangi jumlah pegawai, sebagian dirumahkan tanpa tahu kepastian kapan bisa bekerja lagi, berdagang memang mau nggak mau jadi jurus jitu saat kepepet.

Aku termasuk yang sejak pandemi mulai kembali merambah bisnis online. Selain kembali membuka lapak buku online, aku juga mulai mencoba berjualan ciput dan fashion muslimah. Alhamdulillah, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

Meski terlihat mudah, nyatanya jualan online butuh persiapan matang kalau mau cepat menghasilkan dan balik modal. Berikut ini aku mau berbagi ide, cara dan tips jualan online buat pemula. Sudah siap menyimak, pals?

Ide Jualan Online Paling Laku

Ada banyak ide untuk memulai jualan online, tetapi kita harus memikirkan matang-matang kira-kira produk apa yang bila dijual bisa cepat laku. Terutama di masa pandemi yang cukup sulit bagi sebagian besar orang.

Kalau menurutku, dua hal yang nggak bisa ditolak adalah makanan dan pakaian. Dua hal ini termasuk kebutuhan utama dalam hidup manusia. Jadi akan selalu bisa menjadi barang yang laku dijual.

1. Jualan Makanan

Jualan makanan sendiri sekarang ada banyak macamnya ya, pals. Kita bisa pilih mau jualan yang mana;
  • Snack - Bisa berupa makanan kecil yang sudah siap disantap. Jenisnya bisa snack basah atau snack kering. Jika jualan snack kering tentu lebih menguntungkan karena jika hari itu belum laku, masih bisa dijual di hari berikutnya. Sementara jika memutuskan menjual snack basah, kita harus pintar-pintar menyesuaikan kebutuhan stok dengan permintaan pembeli agar jangan sampai menyisakan banyak barang.
  • Frozen Food - Saat ini berjualan makanan beku sangat diminati. Selain lebih mudah dan awet, jenis frozen food pun kini sangat beragam. Dari makanan tradisional sampai jajanan Korea, tinggal pilih yang mana. Hanya saja jika mau jualan jenis produk ini, pastikan kita punya tempat penyimpanan yang cukup dan layak. Jika belum memungkinkan beli freezer khusus jualan, bisa ditaruh di freezer kulkas.
  • Katering - Aku lihat sejak banyak yang harus isolasi mandiri, semakin banyak pengusaha katering bermunculan. Mereka menyediakan pilihan katering harian, mingguan atau bulanan. Cocok buat kalian yang hobi masak, peluangnya besar banget nih.
  • Sayur dan Buah - Sejak pandemi, orang-orang berpikir sekian kali untuk pergi ke pasar atau supermarket. Apalagi karena adanya PPKM, tambah mager buat keluar rumah. Nah, kalau teman-teman kongkow punya hobi ke pasar, bisa tuh buka jasa titip belanjaan sayur dan buah.

2. Jualan Pakaian

Selain makanan, pakaian adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling laku dijual. Bahkan meski keadaan masih sulit seperti sekarang, banyak orang yang masih membutuhkan pakaian. Apalagi kelamaan di rumah, bisa bikin badan melar.

Baju-baju yang sebelumnya cukup jadi nggak muat lagi. Artinya harus beli baju baru dong. Kita bisa memanfaatkan momen ini untuk jualan baju yang harganya terjangkau dengan kualitas tetap apik.
ide jualan online

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal

Selanjutnya setelah memilih produk apa yang akan dijual, selanjutnya adalah memikirkan bagaimana memulai jualan online ini. Apalagi buat kalian yang nggak punya cukup modal. Memang bisa ya memulai bisnis online tanpa modal?

Di zaman seperti sekarang apa sih yang nggak bisa? Asal kita mau berusaha dan mau cari banyak info, insya Allah nemu deh cara jualan online shop tanpa modal.

Biasanya kita sebut sistem ini dengan metode reseller atau dropshipper. Apa bedanya kedua istilah tersebut?

Reseller nggak selalu berupa dropshipper. Ada kalanya juga reseller yang menyetok barang di rumah. Namun barangnya ambil dari supplier yang terpercaya.

Sedangkan dropshipper pasti bagian dari reseller. Bedanya dropshipper nggak perlu nyetok barang. Biasanya barang dikirim langsung dari supplier ke konsumen. Kita hanya perlu berpromosi dan melayani proses pembelian.

Kalau ada cukup modal sih, aku sarankan mending jadi reseller yang nyetok sekalian. Dengan nyetok barang, kita nggak perlu pusing mencarikan info barang ready di supplier. Kita bisa menggunakan info stok yang ada di rumah sendiri.

5 Tips Jualan Online Pemula

Tips pamungkas terkait jualan online untuk pemula meliputi beberapa hal berikut ini;
cara jualan online laris manis

1. Pilih Jenis Usaha

Poin ini sudah dijabarkan di bagian ide jualan online paling laku ya, pals. Menentukan jenis usaha atau produk yang akan dijual adalah hal paling utama. Gimana kita mau mulai jualan, kalau produknya yang mau dijual aja belum tahu.

2. Belajar Teknik Digital Marketer

Selanjutnya adalah update wawasan kita tentang pemasaran digital. Nggak harus ikut kelas berbayar kok, cukup rajin-rajin baca artikel terkait digital marketing. Insya Allah bisa membuka wawasan dan meningkatkan teknik berjualan di media sosial.

Apalagi sekarang ini banyak pihak yang menggelar kelas-kelas gratis. Ada kelas copywriting sampai kelas tips jualan online laris manis. PR-nya cuma rajin-rajinlah cari info tersebut. Gabung di grup-grup Facebook jualan untuk upgrade info dan wawasan.

3. Buat Akun Media Sosial Khusus

Sebaiknya jika ingin serius berjualan, jangan gunakan akun media sosial personal kita. Hal tersebut menampakkan kekurangprofesionalan kita dalam mengelola usaha. Buatlah akun media sosial khusus buat berjualan.

Pilih nama akun yang berhubungan dengan nama produk yang kita jual. Misal, aku punya akun instagram khusus buat jualan buku dengan akun @griyabacaifaffan, namun namanya Lapak Buku Online. Atau akun @lapakgeulis dengan nama lengkap Pusat Produk C-Geulis Semarang.

Jangan lupa ubah tipe akun media sosial menjadi bisnis, agar lebih banyak fitur yang bisa dimaksimalkan untuk berjualan online.

4. Rajin Pasang Status

Jualan online itu nggak boleh malu. Kita harus siapin mental apapun kondisinya. Apakah nanti langsung ada yang beli atau tidak. Belum lagi kalau ada saudara yang tanya-tanya kondisi ekonomi, gara-gara sebelumnya nggak pernah jualan.

Apapun nanti respon yang didapat, tetap semangat. Jika sehari, dua hari pasang status kok masih juga belum ada yang beli. It’s okay, jangan patah semangat. Coba belajar teknik nulis status yang menggugah dan menjual.

5. Gunakan Handphone yang Memadai

Berjualan secara online mau nggak mau butuh alat yang memadai. Salah satunya adalah handphone dengan spesifikasi mumpuni. Perlu RAM dan ROM yang besar untuk bisa menyimpan banyak gambar jualan.

Salah satu handphone terbaik yang layak digunakan untuk jualan online pemula adalah iPhone 10. Tentu saja bukan berarti kalau mau jualan online harus beli handphone merk itu dulu ya. Kita tetap bisa kok gunakan HP yang sudah ada.

Misal kok spesifikasinya masih kurang oke, rajin-rajin aja bersihkan cache dan history agar storage tetap lapang untuk menyimpan banyak gambar. Semoga jualan onlinenya makin lancar dan laris, sehingga bisa beli gadget yang mumpuni ya, pals.

Nah, setelah membaca celoteh singkatku tentang tips jualan online pemula di atas semoga teman-teman kongkow semakin semangat menjalani bisnisnya ya. Tidak ada kesuksesan yang datang dengan instan. Yuk, selalu semangat dan berjuang hingga akhir! Happy selling, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment