header marita’s palace

Al Fatihah Untuk Meluluhkan Hati Seseorang, Bagaimana Cara Mengamalkannya?

Konten [Tampil]
apakah benar bisa al fatihah untuk meluluhkan hati seseorang
Saat kita sedang ada masalah dengan pasangan, pasti nggak enak kan rasanya? Mencari cara bagaimana agar bisa membuat hati pasangan luluh. Ketika semua ikhtiar telah dicoba, mungkin kita bisa mencoba wirid surat Al Fatihah untuk meluluhkan hati suami. Namun apakah benar adanya Al Fatihah untuk meluluhkan hati seseorang?

Kebenaran Al Fatihah untuk Meluluhkan Hati Seseorang

Jika kita googling, akan ada banyak sekali artikel yang membahas terkait keutamaan surat al fatihah untuk meluluhkan hati suami. Lalu ada lagi tentang keutamaan asmaul husna untuk meluluhkan hati seseorang. Namun hampir semua artikel tersebut biasanya diposting oleh situs-situs spiritual.

Tidak tertulis pula sumber dari amalan tersebut apakah berdasarkan Quran atau hadits. Jadi kita tak bisa benar-benar mengikuti amalan tersebut begitu saja. Bagaimanapun jangan lupa terkait ilmu sebelum amal.

Akan lebih baik jika sebelum mengamalkan sesuatu kita memiliki ilmunya terlebih dahulu. Memang sih kalau urusan ibadah, daripada googling, mending langsung tanya ke ustaz/ ustazah yang terpercaya. Lebih bisa dipertanggungjawabkan. Lebih jelas sumbernya.

Lalu apakah al fatihah memang benar adanya bisa menjadi doa meluluhkan hati seseorang? Aku hanya bisa menjawab, bisa jadi! Surat pertama dalam Al Quran ini memang terkenal memiliki banyak keutamaan. Mau tahu apa saja keutamaan tersebut?

7 Keutamaan Surat Al Fatihah

Kalau keutamaan surat Al Fatihah ini bener-bener memang ada sumbernya dari hadits ya, pals. Jadi insya Allah nggak mengada-ada.
Dari sebuah HR. Timidzi, Abu Hurairah meriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin adalah Umm al-Qur’an, Umm al-Kitab, as-Sab’ul Matsani, al-Qur’an al-‘Azhim, ash-Shalat, asy-Syifa dan ar-Ruqyah,” (HR. Tirmidzi). 
Dari sini bisa disimpulkan bahwa Al Fatihah punya 7 hal utama. Apa sajakah itu, yuk kita kepoin satu per satu!

1. Surat yang Mulia

Al Fatihah adalah salah satu surat yang paling mulai dan paling agung. Bahkan dikatakan sebagai intisari dari Al Quran. Sebagaimana disampaikan dalam sebuah Hadits Riwayat Bukhari.
Disebutkan bahwa, Rasulullah SAW bersabda: “Alhamdulillah rabbil ‘alamin, adalah tujuh surat terbesar yang berisi pujian dan terus diulang, intisari dari Al-Qur’an yang mulia yang diturunkan kepadaku”.
Tak hanya itu, dalam hadits lainnya, tepatnya Hadits Riwayat An-Nasaai, dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Maukah engkau aku beritahu tentang ayat Al-Qur’an yang paling mulia, maka beliau membaca surat Al-Fatihah”.

Maka tak heran jika banyak yang menjadikan surat pertama dalam Al Quran ini sebagai amalan wirid sehari-hari. Tidak ada ketentuan yang benar-benar baku sebaiknya berapa kali Al Fatihah dibaca dalam setiap harinya, di luar saat sholat wajib atau sholat sunnah.

Namun melihat kemuliaannya, tentu saja semakin sering kita membacanya, insya Allah akan semakin banyak kebaikan yang kita dapatkan.

2. 1 dari 2 Cahaya

Selain mulia, dikatakan bahwa Al Fatihah adalah satu dari dua cahaya yang turun dari Al Quran. Sebagaimana sabda nabi yang diriwayatkan oleh Muslim.
“Bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu, yang tidak diberikan kepada Nabi sebelummu, yaitu surat Al-Fatihah dan dua ayat penutup surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)

3. Sebagai Obat

Aku jadi ingat waktu masih kecil, saat sedang sakit ibu akan memberikan segelas air putih. Namun yang istimewa, sebelumnya ibu sudah membaca Al Fatihah dulu 3 atau 7 kali sebelum memintaku meminumnya. Alhamdulillah setelah meminumnya, badan yang tadinya nggak enak, terasa lebih ringan.

Entah sugesti atau bukan, tetapi keutamaan Al Fatihah sebagai obat diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri.
Disebutkan bahwa, " Al Fatihah sebagai penawar segala racun" (H.R. Tirmizi).
Jadi ingat juga istimewanya air putih yang kandungan di dalamnya akan mengikuti apa yang diucapkan oleh penggunanya. Jika air putih banyak diberi kata-kata yang baik, kandungannya berisi molekul-molekul positif. Begitu pula sebaliknya.

Apalagi kalau air diberikan doa, tentu kandungannya pun menjadi lebih istimewa kan?

4. Memperlancar Hajat

Setiap kita memiliki keinginan, akan lebih baik jika sebelumnya diawali dengan membaca Al Fatihah. Salah satu keutamaan surat ini adalah memudahkan hajat dikabulkan. Dan ini bukan bualan lo. Keutamaan ini termaktub dalam sebuah hadits yang cukup panjang;
“Allah telah berfirman, ‘Aku telah membagi (kandungan makna) surah al-Fatihah untuk-Ku dan untuk hamba-Ku menjadi dua bagian, dan Aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’ Apabila dia membaca, ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,’ Allah akan membalasnya dengan berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Zat yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.’ Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Yang menguasai di hari pembalasan.’ Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.’ Allah berfirman, ‘Ini adalah urusan antara Aku dan hamba-Ku, dan aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’ Apabila dia membaca, ‘Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang yang telah Engkau beri nikmat (iman) kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.’ Allah berfirman, ‘Ini adalah untuk hamba-Ku, dan dia akan mendapatkan apa yang dua pinta’.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majah).
Nah, mulai sekarang kalau pengen sesuatu jangan langsung ucapkan keinginan kita. Tapi awali dulu dengan membaca Al Fatihah. Mungkin hadits ini juga yang menjadi dasar kegunaan Al Fatihah untuk meluluhkan hati seseorang. Bukankah meluluhkan hati adalah salah satu bentuk hajat?

5. Syarat Sahnya Sholat

Al Fatihah adalah surat yang wajib dibaca saat kita sedang sholat. Jika kita tak membacanya, maka sholat dianggap tidak sah. Hal ini sesuai dengan isi hadits yang diriwayatkan oleh Muslim;
Nabi Muhammad saw bersabda," Tidak sah salatnya orang yang tak membaca Surah Al-Fatihah" (H.R. Muslim).

6. Meminta Jodoh

Bagaimana dengan keutamaan Al Fatihah untuk meluluhkan hati seseorang agar bisa menjadi jodoh kita? Sepertinya ini termasuk dalam bagian hajat ya. Jadi jika memang teman-teman kongkow berpikir orang itu yang terbaik dan bisa menjadikan diri kita lebih baik saat bersamanya, tak apa-apa menyebut namanya di sepertiga malam.

Akan lebih baik jika sebelum menyebut namanya, dirikan dulu sholat tahajud. Dalam sholat itu, bacalah Al Fatihah dan Al Baqarah. Sebagaimana disebutkan di poin kedua, dua surat itu adalah dua cahaya. Jika dua cahaya ini disatukan dalam satu amalan baik, masya Allah, insya Allah akan membawa kebaikan yang istimewa bukan?

7. Sarana Ruqyah

Keutamaan Al Fatihah berikutnya yaitu mampu digunakan sebagai sarana ruqyah atau sarana melindungi diri dari gangguan jin dan hal-hal buruk lainnya. Hal tersebut sesuai dengan sebuah hadits seperti berikut;
“Wahai Rasulullah, demi Allah aku tidak meruqyahnya kecuali dengan surat Al-Fatihah, Rasulullah tersenyum dan berkata: “Bagaimana engkau tahu, bahwa Al-Fatihah bisa untuk ruqyah?, kemudian Rasulullah berkata: “Ambillah upahmu, dan berikan aku bagian dari upah itu”. (HR. Muslim)
Begitulah 7 keutamaan surat Al Fatihah, masya Allah luar biasa ya, pals? Lantas setelah membaca 7 keutamaan tersebut, sudahkah bisa menjawab terkait kebenaran Al Fatihah untuk meluluhkan hati seseorang?

Tentu saja jika memang hal itu adalah salah satu hajat kita, dan kita benar-benar niatkan karena Allah. Insya Allah hajat itu akan dimudahkan. Misal ingin meluluhkan hati mertua, jangan sekadar niatkan agar bisa menjadi menantu kesayangan. Namun niatkan agar Allah ridho dengan bakti kita pada mertua.

Begitu juga jika kita ingin meluluhkan hati pasangan, jangan sekadar niatkan agar pasangan nggak sering marah-marah atau agar mudah diatur. Tetapi niatkan agar Allah ridho dengan pernikahan kita dan dijauhkan dari marabahaya.

Terkait amalan wirid Al Fatihah untuk meluluhkan hati seseorang, tidak ada hitungan yang pasti harus berapa kali setiap harinya. Tetapi jika kita niatkan karena Allah, insya Allah semakin banyak kita baca, semakin banyak pula kebaikan yang kita dapat.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment