header marita’s palace

Desain Ruang Tamu Sempit Memanjang Bikin Bingung? Ini 9 Cara Atasinya!

Konten [Tampil]
cara atasi desain ruang tamu sempit memanjang
Desain ruang tamu sempit memanjang bisa jadi adalah tata letak yang mungkin paling sulit. Kita harus memecahkan dua teka-teki besar. Pertama, bagaimana kita bisa memasukkan semua furnitur dan aksesori yang dibutuhkan. Kedua, bagaimana kita menghentikan perasaan terjebak dan sulit untuk bereskplorasi? Tapi ketahuilah bahwa itu mungkin!

Jika sebelumnya, aku sudah pernah membagikan ide dekor ruang tamu sempit, kini aku kembali dengan beberapa ide terkait ruang tamu yang memiliki desain panjang sekaligus sempit. Semoga ide ini membantu kita menghadapi tantangan bagaimana membuat ruang tamu bisa terlihat seperti yang didambakan.

Tata Letak Terbaik untuk Desain Ruang Tamu Sempit Memanjang

Apakah saat ini teman-teman kongkow sudah memilih furnitur? Tips terpenting dalam mendesain ruang tamu sempipt memanjang adalah mengetahui bagaimana dan di mana kita akan menempatkan setiap furnitur yang dibutuhkan.

1. Tentukan Zona

Sebenarnya hal ini berlaku untuk semua bentuk ruang tamu, tetapi khusus ruang tamu sempit memanjang benar-benar harus diperhatikan dengan seksama. Ruang tamu yang panjang dan sempit sebenarnya memberi kita kesempatan besar untuk menggunakan setiap bagian lantai dengan bijak. Namun yang terkadang sulit dilakukan dalam tata ruang ruang tamu persegi panjang yang sempit; kita sering berakhir dengan kebingungan menata bagian tengah.

Kita bisa mempertimbangkan untuk membuat area tempat duduk yang nyaman di satu ujung. Sementara kita bisa mendesain ruang makan di ujung lainnya dan mengubahnya menjadi area terbuka.

Pilihan lainnya, kita bisa mendesain area menonton televisi di satu ujung dengan menempatkan sofa berbentuk L. Sementara di ujung lain adalah tempat menerima tamu. Gunakan furnitur tambahan yang memisahkan dua zona tersebut. Kita bisa menggunakan konsol besar atau bahkan rak buku tingg. Pemisah ini dapat membantu kita melihat desain ruangan yang memanjang itu sebagai dua ruangan yang berbeda sekaligus.

2. Manfaatkan Bagian Tengah dengan Optimal

Zonasi memang akan membantu kita mengisi semua bagian yang ada di ruang tamu panjang, tetapi tetap harus bijaksana untuk memperhatikan bagian tengah.

Ide tata ruang ruang tamu untuk ruangan yang panjang harus mencakup semua cara untuk mencegah kekosongan. Bukan hanya soal membuang-buang ruang yang berharga, tetapi jika kita tidak bijak dalam tata ruang, hal ini juga membuat ruang tamu terasa tidak seimbang secara visual dan desainnya akan selalu tampak canggung. Pada akhirnya memengaruhi seberapa banyak kita akan menikmati menghabiskan waktu di salah satu bagian.

3. Menggunakan Konsep Simetri

Salah satu ide ruangan sempit yang biasanya berhasil, terutama jika memiliki lebar yang cukup untuk dimainkan yaitu dengan memaksimalkan efek simetri. Jika kita bisa memilih furnitur berdesain ramping seperti sofa berukuran kecil dan meja kopi, letakkan furnitur tersebut saling berhadapan.

Efek memiliki dua jenis furnitur pada masing-masing ujung ruangan membuat kita fokus pada seberapa luas area tersebut. Memang bukan hal yang lumrah untuk memiliki penataan seperti itu. Namun jika berhasil melakukannya, kita bisa merasakan kenyamanan mewah yang jarang didapatkan banyak orang.

4. Tempatkan Cermin

Sudah tahu kan kalau cermin dikenal memiliki fungsi sebagai pembesar ruangan jika digantung dengan cara yang tepat. Ide cermin untuk ruang tamu sempit berdesain persegi panjang yaitu memilih beberapa cermin berukuran tinggi dan tipis, lalu menggantungnya berdampingan selayaknyai yang dilakukan di sebuah galeri seni.
ide ruang tamu sempit memanjang

5. Tempatkan Furnitur atau Aksesoris Berbentuk Bulat

Jangan terjebak pikiran untuk hanya menggunakan garis yang tajam dan bersih di ruangan yang panjang dan sempit. Sebagai gantinya, dapatkan kombinasi yang istimewa dengan tempatkan sesuatu yang melengkung.

Jadi pastikan untuk memilih setidaknya beberapa bagian dalam ruangan yang berbentuk lingkaran atau oval. Contohnya, meja kopi bundar, kap lampu berbentuk bulat, atau tempat duduk berbentuk bulat. Semua furnitur dan dekorasi berdesain bulat itu bisa meminimalkan panjang di ruang tamu yang sempi memanjang.

6. Sofa Sudut Berbentuk L

Sofa sudut berbentuk L akan selalu mampu menutupi dinding ruang tamu yang sebagian lebih pendek dan sebagian lainnya lebih panjang. Selain itu sofa berbentuk L ini akan mudah diselipkan ke sudut sehingga mereka tidak akan terlalu mengganggu lantai utama, sekaligus kita akan mendapat banyak ruang duduk.

7. Penggunaan Karpet yang Tepat

Karpet di ruang tamu yang panjang juga akan membantu kita membuat zona. Kita dapat menggunakannya untuk menandai area yang berbeda dan kemudian mengatur furnitur di sekitarnya. Para desainer interior banyak yang menyarankan untuk menggunakan beberapa karpet di sebuah ruangan untuk menambahkan kehangatan dan tekstur yang kontras. Hal tersebut semakin berfungsi maksimal pada ruang tamu yang sempit.

Jika memiliki karpet untuk setiap zona bisa terasa terlalu formal, kita bisa mempertimbangkannya tergantung pada dimensi ruangan. Cobalah untuk hanya memiliki dua karpet besar. Atau mungkin gunakan satu karpet yang lebih kecil di bawah meja.

Kita juga bisa menggunakan karpet berbentuk setengah lingkaran untuk menarik perhatian. Kita bisa meletakkanya di sekitar meja konsol. Pada akhirnya, jika memang tak nyaman, it’s okay jika kita merasa tidak perlu meletakkan karpet untuk setiap zona.

8. Arus Lalu Lintas

Jangan hanya meletakkan furnitur pada bagian dinding yang lebih panjang, karena hal itu justru akan membuat ruangan terasa seperti koridor yang panjang. Selain itu kesan sempit juga lebih terlihat.

Untuk mengatasinya, letakkan pula furnitur di bagian dinding yang lebarnya lebih kecil. Jenis furnitur dengan ukuran tinggi dan memanjang akan memberikan kesan luas.

9. Pemilihan Warna

Dinding berwarna putih atau pastel adalah saran umum yang biasa direferensikan untuk ruang tamu yang sempit. Namun jjangan abaikan penggunaan semburan warna yang lebih cerah dan pola yang ramai. Dalam jumlah yang kecil, dua hal tersebut tidak hanya mencegah dekorasi di ruang tamu sempit terasa datar, tetapi juga menarik mata ke arah yang berbeda.

Semakin banyak mata membaca dekor dan aksesoris, semakin kita terdorong untuk melihat dan bergerak di sekitar ruang, ruangan yang sempit memanjang akan menampilkan kesan lebih baru dan penuh dengan cukup.

Nah, semoga ide desain ruang tamu sempit memanjang di atas bisa menginspirasi teman-teman kongkow ya. Aku menuliskan ini karena memang sedang kebingungan mengatur furnitur di ruang tamuku yang berdesain seperti itu. Yuk, boleh lo yang punya pengalaman sama, bisa share di kolom komentar.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Mantul banget nih buat ruang tamu yang minimalis, terima kasih Mbak infonya. Suka desain-desainnya sih tetep keliatan mewah dan elegan ini yang mengubah suasana rumah.

    ReplyDelete

Post a Comment