header marita’s palace

Bosan WFH? Coba Kerja Sambil Staycation Yuk!

Konten [Tampil]
kerja sambil staycation yuk
Kerja sambil staycation kayanya asyik nggak sih? Apalagi buat kamu yang sudah bekerja secara WFH mulai dari tahun 2020 lalu, pasti sekarang sudah mulai merasa bosan dan jenuh dikarenakan banyak hal. Memang di saat virus corona menyebar dengan cepat saat ini, bisa WFH merupakan privilege sendiri karena bisa lebih aman dan tetap memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Namun bagi yang sudah WFH lebih dari 1 tahun pasti sudah merasa jenuh dan akhirnya produktivitas pun menurun. Apalagi sekarang mau pergi liburan pun masih terbatas dan memiliki resiko terpapar virus. Nah salah satu cara mengakali bosan WFH tapi tidak bisa jalan-jalan ini adalah dengan staycation dengan sewa apartemen harian!

Konsep liburan di dalam kota dengan menginap di hotel atau apartemen ini semakin populer, terutama di Jakarta karena sebagian besar bekerja di kota ini harus WFH jika bukan sektor esensial. Staycation pun aman karena tidak berkerumun di tempat ramai, tapi di ruangan eksklusif. Kamu pun tinggal bawa laptop beserta keperluan kerja lainnya dan bekerja dengan suasana baru. Meski hanya sebentar, namun suasana baru, pemandangan baru bisa kembalikan mood dan meningkatkan produktivitas kerja lho!

Tips Kerja Sambil Staycation

Nah, lalu bagaimana memilih apartemen staycation yang ideal untuk kerja remote? Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan.

1. Dekat Transportasi Umum

Apartemen biasanya dibangun di lokasi yang strategis. Namun agar mudah dijangkau dengan naik transportasi umum atau kendaraan pribadi, pilihlah yang lokasinya dekat dengan transportasi umum. Misalnya kalau di Jakarta itu dekat dengan halte busway, halte MRT ataupun stasiun kereta.

Dengan begini kamu pun bisa dengan mudah menuju apartemen yang dibooking. Kalau mau keluar misalnya mencari makan pun lebih mudah karena ada banyak transportasi umum yang lebih murah dan efisien digunakan di Jakarta daripada macet di jalan.

2. Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan

Di masa pandemi ini, kamu harus jeli cari apartemen yang sudah menerapkan protokol kesehatan khusus akomodasi umum. Seperti rutin di desinfeksi, bedding sheet, pillow case dan gorden yang rutin diganti jika tamu sudah selesai menginap dan sebagainya.

Soalnya bukan cuma orang pribadi saja yang harus taat protokol kesehatan, pemilik akomodasi penginapan, termasuk hotel dan apartemen yang disewakan juga wajib menjaga kebersihan unitnya demi kenyamanan dan keselamatan tamu yang menginap.

Untuk hal ini, kamu bisa menanyakan langsung ke owner jika mempromosikan apartemennya lewat sosial media. Jika pesan secara online seperti di website atau aplikasi Traveloka, kamu juga bisa tanya-tanya ke CS-nya mengenai standar kebersihan maupun hal yang menyangkut protokol kesehatan yang dilakukan pemilik properti agar kamu merasa aman selama menginap di apartemen tersebut.
tips kerja sambil staycation

3. Dekat Mall atau Tempat Makan

Banyak apartemen di Jakarta yang sudah terintegrasi dengan mal yang tentunya akan sangat memudahkan jika ingin makan atau cuma cari kopi biar kerja semakin fokus. Kamu tinggal turun ke lantai bawah, beli makanan yang diinginkan lalu bawa naik ke apartemen.

Contohnya saja Apartemen Green Pramuka yang terintegrasi dengan Green Pramuka Square yang merupakan salah satu mal lengkap dan populer di Jakarta. Ada juga apartemen yang terintegrasi dengan Mall Taman Anggrek, Central Park, Grand Indonesia dan masih banyak lainnya. Kamu tinggal pilih mana yang masih masuk dalam budget.

4. Harga Sewa Sesuai Budget

Staycation pun tidak perlu terlalu mengumbar uang karena banyak apartemen di Jakarta yang sewa hariannya terjangkau. Tinggal bagaimana kamu jeli dalam mencarinya saja. Selain itu kamu bisa menggunakan berbagai situs untuk membandingkan harga sewa per malam dengan mudah. Kamu pun bisa memilih mana apartemen yang sesuai kebutuhan dan juga budget.

5. Ada Wifi Gratis

Kerja remote tentunya sangat mengandalkan internet untuk berkomunikasi dengan orang kantor maupun mengerjakan tugas harian. Fasilitas wifi gratis tentunya akan sangat menyenangkan karena kamu bebas internetan selama menginap di apartemen itu. Kuota data pribadi pun akan aman.

Namun kamu harus tetap memiliki kuota sendiri sebagai antisipasi jika sinyal wifinya jelek, atau ada troubleshooting lainnya. Dengan begini kerjaan akan tetap bisa dihandle sambil santai dalam apartemen.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika mencari apartemen untuk staycation sambil kerja remote untuk cari suasana baru. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan lho meski Cuma staycation di kota sendiri. Mulai dari perubahan suasana kerja, lebih tenang karena tidak banyak orang sehingga bisa lebih fokus dan produktivitas pun meningkat. Setelah selesai kerja pun kamu masih bisa leyeh-leyeh di apartemen atau menggunakan fasilitas umumnya, seperti gym, kolam renang hingga taman untuk bersantai atau olahraga.

Staycation juga bantu hilangkan bosan dan jenuh karena sudah terlalu lama di rumah karena WFH dan pembatasan aktivitas karena virus corona. Kamu juga bisa memanage stress dengan lebih baik dengan memberi kesempatan pada diri untuk mendapatkan suasana baru. Semoga info tentang kerja sambil staycation ini bermanfaat ya!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

5 comments

  1. Bener banget, WFH selama ini udah bosenin banget dan menjadi beban berat kayaknya memang butuh suasana baru dan refreshing nih biar kerja tetap nyaman dengan staycation, hihi.

    ReplyDelete
  2. Sejak pandemi lebih aman kerja dari rumah, tetapi semakin lama membosankan juga. Staycation bisa menjadi solusi, nih kayaknya.

    ReplyDelete
  3. Di saat kerja tetap harus jalan, tetapi aku sudah bosan memang hanya mencari suasana baru solusinya. Staycation pun menjadi jawaban, nih :)

    ReplyDelete
  4. Bener banget sih kalau udah kayak gini butuh cari suasana baru dengan staycation, tapi aku ga begitu tahu tentang staycation yang bagus ... eh udah ada tipsnya, terima kasih, Mbak.

    ReplyDelete
  5. WFH memang penting banget buat menghindari virus corona, tetapi terlalu lama seperti itu juga bosan harus coba staycation, nih :)

    ReplyDelete

Post a Comment