header marita’s palace

5 Cara Mempersiapkan Diri Menjadi Orang Tua yang Baik

3 comments
Konten [Tampil]
persiapan menjadi orang tua yang baik
Menjadi orang tua yang baik bukanlah sebuah jalan yang mudah. Ada proses yang harus dilalui. Bahkan terkadang penuh kelok dan liku.

Ungkapan “anak merupakan anugerah terindah bagi orang tua” tentu sangat benar adanya, terutama bagi para calon orang tua. Secara garis besar, memang ada beberapa hal penting yang patut dipersiapkan sebelum menjadi orang tua.

Persiapan tersebut perlu dilakukan agar nantinya kita sudah siap sepenuhnya ketika tiba saatnya menjalankan peran sebagai seorang ayah ataupun ibu. Untuk itu, yuk kita simak ragam tips mempersiapkan diri menjadi orang tua berikut ini!

Tips Mempersiapkan Diri Menjadi Orang Tua yang Baik

Bagi teman kongkow yang sedang menantikan kedatangan buah hatinya, pasti sudah tidak sabar untuk menjalankan peran sebagai orang tua yang baik bagi mereka.

Hadirnya seorang anak dalam keluarga tentu membawa kebahagiaan tersendiri, serta mewarnai hari-hari orang tua dengan segala tingkah kelucuan mereka. Meski demikian, masih ada sejumlah calon orang tua yang merasa kebingungan dalam mempersiapkan diri sebagai orang tua yang baik.

Perlu diingat bahwa menjadi orang tua merupakan sebuah tugas yang cukup berat namun tetap menyenangkan.

Pola pikir yang positif serta dukungan dari anggota keluarga tentu sangat berpengaruh dalam mendukung kelancaran setiap langkah perjalanan membesarkan sang buah hati.

Oleh sebab itu, dikutip dari BetterParent.id aku telah merangkum tips jitu mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik:

1. Mendekatkan Diri dengan Pasangan

Salah satu hal penting yang patut dilakukan sebelum menjadi orang tua adalah mendekatkan diri dengan pasangan. Secara umum, tips yang satu ini sering kali dianggap sepele dan dipandang sebelah mata.

Namun sebenarnya, hal yang satu ini sangatlah krusial untuk membangun kerja sama yang baik antara suami dan istri, sehingga kelak dapat menjadi seorang ayah dan ibu yang siap dan bertanggung jawab.

Tak hanya itu saja, setiap calon orang tua sepatutnya mendekatkan diri satu dengan yang lain untuk menjalin hubungan keluarga yang harmonis.

Seperti yang diketahui, suasana keluarga yang akur, hangat, dan harmonis sangatlah penting terutama selama masa tumbuh kembang anak.

Dengan cara ini, maka anak akan mampu merasakan kasih sayang keluarga secara utuh dan maksimal.

2. Berkomunikasi dengan Keluarga

Tips kedua yang patut dilakukan oleh para calon orang tua adalah menjalin komunikasi dengan anggota keluarga, terutama mereka yang sudah berpengalaman dalam menjadi orang tua.

Hal ini tentu sangatlah penting dilakukan sebagai kesempatan untuk berbagi pengalaman serta memperoleh insight baru mengenai pola pengasuhan serta hal lainnya yang berhubungan dengan anak.

Selain itu, berkomunikasi dengan anggota keluarga juga dapat menghasilkan hubungan yang harmonis dengan keluarga besar, sehingga kelak anak kita akan dapat berhubungan baik dengan sanak saudaranya.
belajar menjadi orang tua

3. Mempersiapkan Dana

Dana merupakan komponen yang sangat penting dalam membesarkan anak. Seperti yang sudah diketahui, membesarkan anak memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya tersebut termasuk biaya makan, pakaian, susu, pengobatan, suplemen, pendidikan, hiburan, dan masih banyak lagi.

Namun, perlu diingat bahwa bukan berarti kita perlu mempersiapkan dana yang sangat besar dari jauh-jauh hari. Maksudnya, kita juga dapat menghasilkan dan mengumpulkan dana sembari menjalankan peran sebagai orang tua.

Untuk itu, sesuaikanlah cara mendapatkan penghasilan dengan peran dan tanggung jawab kita sebagai ayah dan ibu bagi anak-anak.

Biasanya, banyak sekali calon orang tua yang mempersiapkan diri dengan mulai menabung ataupun berinvestasi.

Hal seperti ini tentu dapat dilakukan sebagai metode untuk memutar dana secara bijak serta mempersiapkan keuangan sebelum kehadiran buah hati.

Namun, perhatikanlah selalu dana yang diinvestasikan agar dapat dikelola dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang besar di kemudian hari.

4. Mempersiapkan Mental

Ada sebuah ungkapan “Menjadi orang tua, harus siap mental”. Ungkapan tersebut 100% benar, karena membesarkan seorang anak tentu membutuhkan mental yang kuat sebagai orang tua.

Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa kehadiran seorang anak pasti akan menguji kesabaran orang tuanya di kemudian hari, untuk itu diperlukan mental yang baik agar dapat mengatasi situasi tersebut dengan bijaksana.

5. Mempelajari Ilmu Parenting

Saat ini, sudah banyak institusi yang menyediakan kelas parenting bagi para calon orang tua. Biasanya, kelas parenting ini dibawakan oleh para psikolog berpengalaman yang tentunya dapat memberikan insight lengkap mengenai pola pengasuhan anak, metode pengajaran yang baik, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, ada baiknya bagi para calon orang tua untuk setidaknya menghadiri kelas parenting selama beberapa kali untuk memperkaya wawasan agar semakin siap menjalankan peran sebagai ayah dan ibu nantinya.

Do & Don’ts Calon Orang Tua Baru

Selain lima tips di atas, ada beberapa hal yang masuk dalam kriteria Do & Don’ts dalam persiapan menjadi orang tua yang baik. Yuk kita kulik satu per satu.

1. Do (Lakukan)

Hal yang perlu dilakukan oleh para calon orang tua tentunya adalah menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, anggota keluarga lain, kerabat, serta profesional di bidang parenting.

Selain itu, ada hal lain yang sangat penting untuk dilakukan yakni mulai mendalami ilmu tentang kesehatan anak, mulai dari imunisasi, penanganan penyakit ringan, asupan gizi yang seimbang, suplemen pendukung, dan lain sebagainya.

Dengan cara ini, maka kita sudah bisa mendapatkan ilmu yang lebih mendalam mengenai kesehatan anak agar tumbuh kembang buah hati menjadi lebih maksimal.

2. Don’t (Hindari)

Bagi para calon orang tua, ada hal yang patut yakni sikap menutup diri dari saran dan rekomendasi orang tua lain mengenai calon buah hati.

Hal yang perlu diingat adalah mungkin tidak semua saran dan rekomendasi tersebut akan cocok dengan situasi yang akan dialami oleh anak Anda.

Namun, wawasan tersebut tentu sangat berguna sebagai bahan pertimbangan agar bisa mendapatkan konklusi yang sempurna.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa peran dan tanggung jawab sebagai orang tua memang bukanlah hal yang mudah, karena dibutuhkan beberapa hal penting seperti komunikasi yang baik, dana yang cukup, mental yang siap, serta ilmu parenting yang mendalam.

Namun, menjalankan peran sebagai orang tua tentu sangatlah menyenangkan, ditambah lagi dengan kehadiran buah hati sehingga akan membuat hidup kita menjadi kian bermakna.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara-cara mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik. Semoga bermanfaat, pals. ***

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

3 comments

  1. Bermanfaat banget artikelnya, penting buat yang ingin menjadi ornag tua yang baik. Eh, pasti semua ingin dong.

    ReplyDelete
  2. Banyak banget kasus orang tua ke anak, yang buat anak semakin terpuruk. Jadi, kita juga harus menjadi orang tua yang baik.

    ReplyDelete
  3. Jujur, sebagai anak memang gak enak banget kalau dibanding-bandingin sama anak tetangga. Pengin marah :)

    ReplyDelete

Post a Comment