header marita’s palace

7 Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Tahu!

manfaat saffron untuk kesehatan tubuh
Siapa sangka jika bunga saffron ternyata memberikan banyak sekali manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan tubuh. Saffron ini mengandung sejuta manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Mari kenali manfaat saffron untuk kesehatan tubuh lebih dalam pada pembahasan berikut ini!

Apa Itu Saffron?

Saffron adalah rempah yang biasanya digunakan sebagai penyedap, pewarna, dan perisa makanan. Saffron ini merupakan rempah yang berbentuk benang halus dan tipis berwarna merah yang berasal dari bunga Crocus sativus.
Saffron merupakan rempah-rempah yang paling mahal di dunia. Saffron bahkan hampir mencapai harga 1 pon per 450 gramnya atau setara dengan 500 dan 5000 $ AS. Saffron ini dijual dengan harga yang cukup mahal karena memiliki metode panen yang padat sehingga proses produksinya mahal.

Saffron ini biasanya dipanen dengan menggunakan tangan dari bunga Crocus sativus atau yang biasa disebut dengan ‘’saffron crocus’’. Berasal dari Yunani yang dihormati karena sifat obatnya.

Kebanyakan orang memakan untuk meningkatkan libido, mood, dan memori dalam kepala. Nah, Saffron juga memberikan banyak manfaat lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Mari simak manfaatnya disini!

Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Tubuh

Sekarang sudah tahu kan apa itu Saffron, pastinya sudah nggak sabar dong pengen tahu apa saja sih manfaat Saffron untuk kesehatan tubuh. Cuzz ini dia ketujuh manfaatnya:
apa itu saffron

1. Antioksidan yang Kuat

Saffron ini mengandung banyak senyawa tanaman yang mampu bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas dan stress oksidatif. Antioksidan dari saffron ini sudah sangat terkenal dan banyak digunakan seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Crocin dan crocetin dalam saffron ini merupakan pigmen karotenoid yang bertanggung jawab atas warna merah saffron. Kedua senyawa ini mengandung sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan, meningkatkan peradangan, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan.

Bahkan safranal yang terkandung dalam saffron dinilai memberikan rasa dan aroma yang berbeda. Safranal ini dinilai mampu meningkatkan suasana hati,memori, dan kemampuan belajar tubuh. Bahkan safranal juga mampu melindungi sel-sel otak dari stress yang dapat menganggu jiwa dalam tubuh.

Bagian kaempferol yang terdapat di kelopak bunga saffron juga memberikan banyak manfaat seperti mengurangi peradangan, sifat antikanker, dan aktivitas antidepresan.

2. Dapat Mengobati Gejala Depresi dan Meningkatkan Suasana Hati

Menurut penelitian yang telah dilakukan terkait saffron ini, suplemen saffron ini lebih efektif daripada plasebo dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang. Saffron juga dijuluki sebagai bumbu sinar matahari karena dinilai mampu membantu mencerahkan suasana hati anda.

Dengan mengkonsumsi saffron sebanyak 30 mg setiap harinya sama efektifnya dengan Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram yang merupakan pengobatan konvensional untuk depresi. Kelopak saffron yang terlihat seperti benang tampak lebih efektif melawan depresi ringan hingga sedang.

3. Mampu Melawan Kanker

Saffron yang merupakan salah satu rempah yang sangat baik ini ternyata kaya akan antioksidan sehingga mampu menetralisir radikal bebas yang berbahaya. Menurut penelitian, kunyit dan senyawanya terbukti mampu membunuh sel kanker usus terbesar sekaligus menekan pertumbuhannya.

Khasiat ini juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan jenis sel kanker lainnya. Bahkan menurut penelitian, crocin yang merupakan antioksidan utama dalam kunyit mampu membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.

Temen-temen kongkow juga bisa mencari info saffron lebih lanjut melalui diskusi online dengan dokter spesialis yang terpercaya melalui aplikasi yang bisa di download di sini.

4. Mampu Mengurangi Gejala PMS

Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan gejala fisik, emosional, dan psikologis yang biasanya terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi. Bahkan menurut sebuah studi, kunyit juga dapat membantu mengobati gejala PMS.

Namun untuk wanita berusia 20-45 tahun, lebih efektif lagi jika mengkonsumsi saffron setiap hari dibandingkan plasebo ketika dalam kondisi PMS. Untuk wanita yang berada dalam rentang usia ini dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 30 mg agar dapat mengatasi sakit kepala, ngidam, dan nyeri.

Bahkan, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan tentang saffron, terbukti jika hanya dengan mencium saffron selama 20 menit mampu mengurangi gejala PMS seperti kecemasan dan hormon stress kortisol.

5. Mampu Berperan sebagai Afrodisiak

Afrodisiak merupakan makanan atau suplemen yang dapat meningkatkan libido anda. Berdasarkan penelitian, kunyit memiliki sifat afrodisiak terutama pada orang yang memakai antidepresan.

Dengan mengkonsumsi saffron selama 30 mg setiap harinya selama 4 minggu secara berkelanjutan mampu meningkatkan fungsi ereksi dibandingkan plasebo pada pria dengan disfungsi ereksi terkait antidepresan.

Analisis lainnya juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi saffron, mampu meningkatkan fungsi ereksi dan libido. Untuk wanita yang mengkonsumsi saffron sebanyak 30 mg setiap harinya mampu meningkatkan hasrat dan pelumasan seksual dibandingkan plasebo.

6. Sebagai Alternatif Diet

Saffron memiliki rasadan aroma yang halus dan bertekstur gurih seperti paella, risotto, dan jenis hidangan nasi lainnya. Untuk mengeluarkan rasa unik yang terkandung dalam saffron adalah dengan merendam benang dalam air panas dan tunggu jangan sampai mendidih. Setelah itu tambahkanlah benang dan cairan ke resep masak anda agar lebih kaya rasa.

Meskipun dinilai memiliki harga yangpaling mahal, namun anda bisa menggunakannya dalam takaran yang sedikit saja untuk meningkatkan cita rasa dalam masakan yang kita buat. Selain itu, menggunakan terlalu banyak saffron dapat memberikan resep obat yang sangat kuat yang tersedia juga dalam bentuk suplemen.

7. Mampu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Berdasarkan penelitian yang ada, sifat antioksidan yang terkandung dalam saffron dapat menurunkan kolestrol darah dan mencegah pembuluh darah dan arteri dari adanya penyumbatan.

Sudah percaya kan sekarang kalau ada banyak sekali manfaat Saffron untuk kesehatan tubuh? Sekarang udah nggak bertanya-tanya lagi dong kalau rempah yang satu ini dicari banyak orang. Tertarik nyobain juga, pals?

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Wah ternyata bagus juga manfaatnya buat cewek apalagi kalau mengurangi gejala PMS pasti menguntungkan banget. Baru tahu tentang safron ini sih ternyata manfaatnya luar biasa gak kalah sama rempah lainnya.

    ReplyDelete