header marita’s palace

5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Memaksimalkan Fungsi Rekening Bank

cara mengatur keuangan pribadi
Saat ini, mindset menabung akan mengurangi kebiasaan bersenang-senang semakin populer di kalangan kaum milenial. Padahal bagi pemilik rekening bank, sejatinya kamu harus memanfaatkannya juga untuk menabung sebagai cara mengatur keuangan pribadi.

Di sisi lain, bersenang-senang juga penting terutama untuk kamu yang setiap harinya disibukkan oleh pekerjaan. Jadi pada dasarnya, keduanya harus sejalan seimbang. Kamu harus memanfaatkan rekening bank untuk menabung, lalu menyisihkan juga uang untuk bersenang-senang agar balance.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Menyeimbangkan Kesenangan dan Menabung

Ingin tetap bersenang-senang tanpa lupa menabung? Berikut ini sudah kami rangkum cara mengatur keuangan pribadi yang paling pas di bawah ini.

1. Hitung Penghasilan Rata-Rata Per Hari

Jika selama ini kamu menghitung penghasilan sesuai dengan pendapatan bulanan, maka cobalah menghitungnya per hari. Cara ini akan membantumu untuk bisa mengatur keuangan sedetail mungkin.

Contohnya, setelah kamu hitung, ternyata penghasilan per harimu antara Rp200.000 hingga Rp300.000 per hari. pilihlah yang paling kecil, yaitu Rp200.000 agar mudah membaginya sesuai kebutuhan termasuk untuk menabung.

2. Membuat List Anggaran Kebutuhan

Anggaran primer atau kebutuhan paling mendasar ini merupakan anggaran yang sangat penting. Adapun jenis-jenisnya seperti anggaran untuk makan, tagihan bulanan, belanja keperluan bulanan, dan lainnya.

Silahkan kamu membuat daftar anggaran menjadi beberapa bagian. Contohnya pengeluaran untuk ongkos transportasi sehari-hari, makan, dan lainnya. Kemudian jadikanlah pengeluaran untuk kebutuhan ini menjadi prioritas.

3. Ketahui Berapa Persen Dana untuk Menabung

Kamu harus tahu terlebih dahulu berapa persen dari pendapatanmu untuk dialokasikan pada tabungan. Idealnya, pendapatan yang bisa kamu tabungkan ke dalam rekening bank adalah sebesar 20%.

Jika pendapatanmu masih bisa menambah persentase untuk tabungan, kamu bisa meningkatkannya menjadi 25% hingga 30%. Silahkan kamu hitung berapa 20% dari pendapatanmu untuk ditabungkan.

4. Mengalokasikan Dana untuk Keinginan

Yang dimaksud keinginan di sini adalah dana untuk hal-hal yang bersifat kesenangan. Contohnya seperti nongkrong di café, belanja, traveling, dan hal-hal menyenangkan lainnya. idealnya dana untuk bersenang-senang tidak boleh melebihi 30%.

Alangkah baiknya kamu menempatkan pendapatan ke dalam metode 50-30-20. Artinya 50% untuk kebutuhan primer, 30% untuk pengeluaran keinginan atau bersenang-senang, dan 20% untuk menabung.

Dengan metode di atas, kini kamu bisa menyeimbangkan dana untuk kebutuhan, bersenang-senang, dan untuk tabungan di masa depan.

5. Mengurangi Gaya Hidup Konsumtif

Jika pendapatanmu pas-pasan, sebaiknya kurangilah berbagai pengeluaran yang bersifat konsumtif. Sebaliknya lakukanlah penghematan pengeluaran agar kamu bisa menyeimbangkan antara menabung dengan bersenang-senang.

Contohnya seperti membatasi belanja barang-barang yang kamu sukai akan tetapi tidak terlalu diperlukan. Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan sisa dana tersebut untuk bersenang-senang seperti traveling, hangout di café bersama teman, dan lainnya.

Selain 5 poin di atas, kamu juga harus mengetahui satu hal lagi, yaitu melakukan hal tersebut dengan komitmen yang tinggi. Karena tips di atas tidak akan berjalan sesuai rencana jika kamu tidak mengimplementasikannya secara sungguh-sungguh.

Rencanakan Keuangan dengan Rekening Bank Online

Memiliki rekening bank akan memudahkan dalam cara mengatur keuangan pribadi. Kamu bahkan bisa memiliki dua atau lebih rekening sekaligus yang difungsikan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Kamu juga bisa memilih layanan buka rekening bank online untuk membuatnya. Karena saat ini aplikasi m-banking sudah menawarkan kemudahan bagi para calon nasabah yang ingin memiliki satu atau lebih dari satu rekening.

Kamu bisa menggunakan satu rekening untuk menerima pendapatan atau gaji dan yang satunya lagi untuk pembayaran tagihan atau pengeluaran. Selain itu, satu rekening lainnya juga bisa kamu gunakan untuk menabung.

rekening bank online PermataME

Buka Rekening Bank Online di PermataME

Ingin membuka rekening secara online? Kini kamu bisa menggunakan produk tabungan dari PermataME. Produk tabungan ini menyediakan layanan pembukaan rekening secara online yang bisa kamu proses kapan saja dan dimana saja.

PermataME bukan hanya sekedar produk tabungan biasa. Tabungan dari Bank Permata ini menawarkan fitur yang menguntungkan bagi para nasabahnya. Selain itu, persyaratannya pun tidak ribet, begitu juga proses pembukaan rekeningnya.

Kenapa Harus PermataME?

Produk rekening bank ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai merencanakan keuangan untuk masa mendatang. Kamu bisa menabung sekaligus menikmati berbagai layanan perbankannya yang menawarkan sejumlah keuntungan sebagai berikut:

1. Proses Pengajuan Mudah dan Cepat

Untuk kamu yang ingin buka rekening bank online di PermataME, silahkan pasang aplikasi PermataMobile X di HP. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store maupun App Store. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa mendaftar secara online.

2. Banyak Cashback Menarik

Pemilik rekening bank PermataME akan mendapatkan keuntungan dari cashback selama menjadi nasabah PermataME. Adapun cashback yang ditawarkannya yaitu 10% untuk transaksi transportasi online, cashback 20% untuk belanja online, dan 30% cashback untuk nonton dan ngopi.

3. Gratis Biaya Tarik Tunai

Kamu bebas melakukan tarik tunai di seluruh ATM baik di luar maupun dalam negeri tanpa dibebankan biaya sepeserpun. Fitur ini bisa kamu nikmati di ATM berlogo VISA/PLUS dengan minimum saldo Rp1.000.000 sebelum transaksi.

4. Menerima Kartu Debit Eksklusif

Setiap nasabah yang memiliki rekening bank di sini akan mendapatkan sebuah kartu debit eksklusif PermataME. Kartu ini didesain khusus untuk seluruh nasabah PermataME.

5. Gratis Biaya Transfer

Selain menawarkan gratis biaya tarik tunai di berbagai ATM, kamu juga bisa menikmati gratis biaya transfer via aplikasi PermataMobile X. Selain itu layanan ini juga bisa kamu dapatkan di PermataNet dan PermataATM.

6. Banyak Penawaran Menarik

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan tidak hanya dari cashback saja. Kamu juga bisa menikmati berbagai promo eksklusif dari berbagai merchant ternama.

Yuk, daftar rekening bank online sekarang juga di PermataME untuk menikmati semua layanannya. Dengan begitu, cara mengatur keuangan pribadi akan jauh lebih mudah deh. Selamat mencoba!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com