header marita’s palace

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap, Nabung Nikah Lebih Asyik

investasi reksadana pendapatan tetap

Apakah teman kongkow pernah mendengar apa itu Reksadana pendapatan tetap? Instrumen reksadana yang satu ini sendiri merupakan jenis reksadana yang mengalokasikan jumlah aset investasi sekitar 80 persen ke dalam bentuk surat utang atau obligasi. Beberapa investor juga memilih reksadana pendapatan tetap karena memiliki return yang lebih stabil.

Jika kalian memiliki rencana pernikahan dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun kedepannya, Reksadana pendapatan tetap bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Tingkat resiko reksadana ini terbilang lebih rendah jika dibandingkan berinvestasi di saham atau reksadana saham.

Untuk tujuan keuangan jangka pendek seperti rencana pernikahan dalam waktu di bawah 3 tahun, maka silahkan memilih jenis instrumen investasi Reksadana pendapatan tetap.

Tips Menyiapkan Biaya Pernikahan

Nah, buat sohib kongkow yang sudah ngebet menikah, tapi masih bingung soal dananya. Bisa diintip dulu tips berikut ini:

1. Membuat Rincian Dana Pernikahan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun daftar rincian biaya pernikahan. Setiap pasangan tentu memiliki rencana yang berbeda-beda. Beberapa orang ingin menyelenggarakannya secara mewah dan ada juga yang secara sederhana.

Jika telah memilih konsep pernikahan, selanjutnya susunlah rincian perkiraan biaya yang dibutuhkan. Beberapa daftar biaya pernikahan yang tak boleh terlewatkan di antaranya seperti biaya sewa gedung, makanan, undangan, make up, baju pernikahan, biaya penghulu hingga jasa wedding organizer.

2. Memilih Jenis Konsep Pernikahan

Pada dasarnya, setiap peresmian ikatan pernikahan tidak akan memakan biaya yang banyak. Jika memilih menyelenggarakan pernikahan secara sederhana maka tentu kalian nggak perlu mengeluarkan banyak uang. Sebaliknya, konsep pernikahan yang mewah dan meriah membutuhkan banyak biaya.

Oleh sebab itu, silahkan berdiskusi sejak awal bersama calon pasangan dan keluarga mengenai konsep pernikahan yang akan dipilih. Selanjutnya, silahkan menentukan jumlah tamu yang akan diundang. Apakah ingin mengundang keluarga dan teman dekat saja atau ingin menerima jumlah tamu undangan yang lebih banyak.

3. Menentukan Durasi Waktu Mengumpulkan Biaya Pernikahan

Setelah menentukan konsep pernikahan bersama pasangan, selanjutnya tentukanlah jangka waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan uang. Jika teman kongkow berencana menikah dalam waktu 3 tahun ke depan, kumpulkanlah dana pernikahan dengan jangka waktu kurang dari 3 tahun.

Karena terdapat beberapa keperluan pernikahan yang harus dibayar secara down payment atau menggunakan uang muka, kalian bisa memasang target mengumpulkan uang selama 2,5 tahun. Jangan sampai kalian baru sibuk mencari dana saat mendekati hari pernikahan, pals. Berinvestasi di Reksadana pendapatan tetap bisa menjadi pilihan yang paling tepat dalam mengumpulkan biaya pernikahan.

4. Memilih Jenis Reksadana yang Tepat

Jika telah mengetahui tentang apa itu Reksadana pendapatan tetap serta tingkat resiko dan return yang dihasilkan maka tak usah ragu untuk mengumpulkan biaya pernikahan lewat instrumen ini. Reksadana obligasi adalah jenis instrumen investasi yang sangat cocok untuk jangka waktu 1 hingga 3 tahun.

menyiapkan tabungan pernikahan

Tak hanya itu saja, tingkat resiko berinvestasi di Reksadana pendapatan tetap juga berada di tingkat menengah. Jika dibandingkan saham, obligasi dan surat utang masih lebih cocok untuk dijadikan pilihan investasi di tengah keadaan ekonomi yang masih belum stabil seperti saat ini.

5. Menghitung Jumlah Dana Investasi di Reksadana Pendapatan Tetap Setiap Bulan

Saat berinvestasi untuk perencanaan biaya pernikahan maka jangan lupa untuk menghitung jumlah dana yang harus dikumpulkan setiap bulannya. Sebagai contoh, jika kalian berencana mengumpulkan biaya 100 juta dalam kurun waktu 2 tahun dengan perkiraan return 7 persen setiap tahunnya, maka uang yang harus  diinvestasikan setiap bulannya kurang lebih sebanyak 4 juta.

6. Jangan Tergoda Untuk Berhutang

Setelah sohib kongkow telah paham betul tentang apa itu Reksadana pendapatan tetap serta seluk beluknya, maka cobalah untuk mengumpulkan tabungan pernikahan di dalamnya. Menabung menggunakan instrumen reksadana dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun tentu lebih baik daripada harus berhutang demi biaya pernikahan.

Oleh sebab itu, siapkanlah dana biaya pernikahan secara matang agar terhindar dari utang. Berutang hanya akan memunculkan masalah keuangan baru di masa yang akan datang. Tentu kalian tidak ingin memasuki kehidupan pasca pernikahan dengan memikirkan beban utang yang belum lunas, bukan?
 

Berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap Bersama DBS Treasures Untuk Mewujudkan Pernikahan Idaman

Perbankan prioritas DBS Treasures bisa menjadi mitra yang tepat dalam mengelola biaya pernikahan Anda. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika menjadi nasabah perbankan prioritas di DBS Treasures. Berikut beberapa manfaat yang bisa kalian nikmati:

1. Pengelolaan Investasi Dilakukan oleh Para Ahli

DBS Treasures menyediakan beragam produk Reksadana pendapatan tetap yang dikelola langsung oleh Manajer Investasi terpercaya yang bermitra dengan DBS Treasures untuk memberikan keuntungan yang maksimal.

2. DBS Treasures Memiliki Tim Ahli Keuangan

Kalian bisa berkonsultasi langsung dari pakar keuangan di DBS Treasures. Para ahli keuangan akan mempersonalisasi dan mengkomunikasikan informasi terkait analisa pasar hingga saran investasi kepada setiap nasabah.

3. Menghindari Resiko Investasi Menggunakan Sistem Diversifikasi

Keadaan ekonomi yang belum terlalu stabil bisa memicu resiko investasi. DBS Treasures akan menyebar dana kita ke berbagai jenis investasi lainnya demi menghindari kerugian.

4. Menggunakan Aplikasi Untuk Transaksi Reksadana yang Lebih Simple

Lakukan pembelian, penjualan, switching, registrasi Single Investor Identification (SID) dan berbagai jenis transaksi Reksadana lainnya secara mudah dan praktis dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.
 
Jangan terlalu lama overthinking. Yuk, segera menyiapkan tabungan pernikahan dengan yakin berinvestasi di Reksadana pendapatan tetap bersama DBS Treasures sekarang juga.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com