header marita’s palace

IDN Live, Fitur Baru IDN App yang Bikin Hidupmu Seru!

IDN Live fitur baru IDN App
Siapa sih yang nggak kenal IDN Media? Media yang menyasar Gen Z sebagai marketnya ini punya banyak produk, sebut saja IDN Times, Popmama.com, Yummy, Popbela.com, IDN Creative, IDN Pictures, hingga membidani kelahiran Fortune Indonesia.

Perlahan-lahan IDN Media telah menjadi salah satu media besar di Indonesia. Mengetahui smartphone menjadi benda yang tak pernah bisa jauh dari tangan-tangan anak zaman now, lahirlah IDN App, aplikasi baca berita dan hiburan yang fiturnya super lengkap.

Sekarang ini, saat kita lagi buka IDN App, bukan hanya bisa baca berita dan ikutan aneka quiz menarik, ada fitur baru yang bakal bikin hidup temen-temen kongkow makin seru. Ada yang udah tahu fitur apa itu?

FItur baru ini bisa mengisi waktu saat kita sedang jenuh dengan rutinitas atau lagi cari hiburan baru. Aku sendiri tahu fitur ini nggak sengaja.

Saat lagi scrolling buat baca berita tapi nggak ada yang menarik, aku baru sadar kalau ada fitur baru nongol di sebelah atas bagian tengah IDN App. Wow… ternyata ada IDN Live!

Apa Itu IDN Live?

IDN Live adalah fitur baru di IDN App yang menghadirkan beragam konten live streaming. Setiap hari ada aja streamer IDN Live yang menyapa para audience dengan topik dan keahlian masing-masing.

Kategori konten yang bisa ditemukan pada fitur live streaming IDN ini antara lain;
Topik IDN Live
  • Gaming
  • Korea
  • Musik
  • Traveling
  • Lelang Barang
  • Masak-masak
  • Dll
Untuk bisa berpartisipasi dalam IDN Live, tentu saja kita harus menjadi user IDN App. Cara untuk menjadi user alias pengguna aplikasi ini adalah:
cara menikmati IDN Live di IDN App
  • Unduh dan install IDN App di Play Store ataupun App Store
  • Lakukan registrasi, bisa menggunakan akun Google
  • Setelah punya akun di IDN App, selamat berselancar mencari konten live streaming yang cocok buat kalian, pals.
Secara garis besar ada dua jenis pengguna dalam IDN Live, yaitu:

1. Audience

Jenis pengguna pertama ini adalah orang yang menikmati konten live streaming. Audience bisa memberi apresiasi kepada streamer dalam bentuk virtual gift.

Virtual Gift berwujud animasi bergerak. Namanya lucu-lucu, ada siomay, mawar, nasi goreng, jari hati, konfeti, emas batang, cendrawasih, jet pribadi, dll. Saat kita memberikan Virtual Gift kepada Streamer, animasi itu akan muncul di dalam ruangan streaming.

Kalau mau sering-sering kasih apresiasi ke streamer favorit, artinya kita harus punya banyak stok Gold. Karena kita harus beli gift tersebut menggunakan Gold.

Gold adalah sebutan untuk mata uang digital yang dipakai pada IDN App. Di awal saat kita membuat akun di IDN App, secara otomatis akan mendapatkan tiga buah Gold.

Sementara Virtual Gift punya harga yang berbeda-beda. Misal, siomay, pudding, dan mawar bernilai 1 gold. Sementara cendrawasih bernilai 99 gold.

Untuk nambah stok Gold, kita tinggal top up aja. Ada beberapa pilihan pembelian, apakah mau beli 6, 14, 38, 58, 398 atau 598 gold. Harganya mulai dari Rp13.500. Untuk cara pembayarannya bisa menggunakan metode yang tersedia di Google Play ataupun App Store.

2. Streamer

Pengguna jenis kedua ini adalah sosok yang menggelar konten live streaming. Tak jarang streamer juga suka bagi-bagi hadiah saat lagi nge-host lo. Kenalan yuk ada siapa saja ya streamer di IDN Live!

Siapa Sajakah Streamer IDN Live?

Meski baru dilaunching, ternyata udah cukup banyak lo streamer yang melakukan live streaming di IDN. Bahkan beberapa di antaranya sudah sangat familiar di telinga.
Siapa sajakah Streamer IDN Live
Ada Habib Ja’far yang selama ramadhan kemarin sering wira-wiri di layar kaca berbagi tausiyah. Ada juga Ayu Wisya yang saat ini dikabarkan lagi dekat sama Doddy, ayah dari almarhumah Vanessa Angel.

Ada pula sosok Grace Tahir, pengusaha kaya raya yang super humble dan videonya saat memparodikan Indra Kenz sempat hits beberapa waktu lalu. Tak terlewat, ada sosok komika yang sudah nggak asing lagi, Indra Alkatiri.

Lainnya? Masiih banyak! Cuzz lah intip langsung di aplikasinya.

Pengalaman Menikmati Streaming Kak Prita Dewi

Jujur aku belum punya banyak pengalaman nonton IDN Live. Pas lagi pengen cari konten streaming, pas topiknya kurang pas aja di aku.

Jadi biasanya cuma masuk di ruangan streaming bentar, denger hostnya nyapa-nyapa sebentar, terus aku left dan cari streamer lainnya. Hingga hari ini aku tanpa sengaja masuk ke rumahnya Kak Prita Dewi.

Doi ramah banget. Setiap ada audience yang masuk langsung disapa dan ditanya-tanya. Jadi sebagai audience merasa diperhatikan.

Kak Prita Dewi juga aktif cari bahan obrolan untuk ditanyakan ke audience. Jadi mau ninggalin ruang streaming pun jadi mikir-mikir. Karena kan nggak sopan ya, lagi diajak ngobrol, terus kitanya pergi.

Jadwal live kak Prita setiap hari, dari jam 12.00 - 15.00. Mayan lama ya? Tapi nggak terasa, karena ada aja yang diobrolin.

Setiap audience-nya mulai senyap, kak Prita nyapa-nyapa, “Kok nggak ada yang typing, masih ada yang di rumahku nggak nih.”

Akhirnya satu per satu audience yang semula hanya menyimak kembali muncul deh. Terus obrolan pun mulai bergulir lagi dengan hangat. Kak Prita menyapa lewat suara, para audience menanggapi lewat fitur chat.
Prita Dewi, Streamer IDN Live
Awalnya topik yang diangkat kak Prita berkaitan dengan drama Korea yang lagi hits, tapi terus melebar ke mana-mana saking serunya. Saat aku tadi gabung dengan live streamingnya, kami ngobrolin wasir hingga kehamilan.

Kebetulan kak Prita memang lagi mengandung baby pertama, sudah masuk pekan ke-22. Wah, semoga sehat-sehat ya kandungannya sampai nanti lahiran.

Oia, kami juga ngobrolin soal pentingnya menjaga makan, sampai ngobrolin suara kak Prita yang merdu. Ternyata kak Prita sudah punya single yang rilis di YouTube.

Kerennya lagi suami doi adalah seorang arranger music di MSI Record yang menaungi Republik, ST12, Tri Suaka dan Nabila. Jadi klop gitu, suaminya yang bikin musiknya, kak Prita yang nyanyi.

Nggak terasa ngobrol-ngobrol sama kak Prita harus diakhiri karena jarum jam sudah menunjukkan pukul 15.00. Keknya kalau nggak ada kegiatan, besok aku mau nungguin live-nya kak Prita lagi sih. Asyik, kek ketemu teman baru.

Buat temen-temen kongkow yang pernah nyobain IDN Live, sudah ketemu sama streamer favorit belum nih?

Cara Menjadi Streamer IDN Live

Melihat bagaimana kak Prita nge-host konten streaming-nya, aku ada rasa tertarik juga nih. Keknya seru juga cuap-cuap soal parenting, relationship atau blogging di IDN Live. Hmm, tapi caranya gimana ya. Penasaran ih.

Daripada jadi jerawat, aku tanya deh ke kak Prita, gimana sih caranya biar bisa jadi streamer di IDN Live. Kak Prita dengan senang hati berbagi langkah-langkahnya nih:
cara menjadi streamer IDN Live
  1. Mengisi form pendaftaran sebagai streamer di https://bit.ly/IDNLiveStreamerFund. Aku sudah sempat intip formnya. Selain data pribadi dan media sosial, kita juga perlu menyiapkan video perkenalan sepanjang 3 menit yang disimpan di Google Drive.
  2. Setelah mengisi form, tunggu info selanjutnya. Kalau kita lolos penyaringan alias seleksi, pihak IDN akan menghubungi untuk menjelaskan proses berikutnya.
  3. Apabila diterima jadi streamer, siap-siap deh bikin konten streaming yang berkaitan dengan hobi dan keahlian kita sesuai jadwal yang ditentukan.

Program IDN Live Streamer Fund

Pasti sohib kongkow bertanya-tanya ya, apa sih keuntungan menjadi streamer di IDN. Saatnya kalian kenalan sama program tergresnya IDN yang bakal memanjakan para streamer.

Program ini disebut dengan IDN Live Streamer Fund. Dalam program ini, nggak tanggung-tanggung, IDN Live siap mengucurkan dana sebanyak Rp50 miliar untuk mengapresiasi para streamer atas dedikasi mereka dalam membuat konten streaming yang unik, kreatif dan otentik.

Jadi nih, streamer bisa mendapatkan poin yang bisa ditukarkan menjadi rupiah. Poinnya sendiri bisa didapatkan oleh Streamer saat dia mendapat Virtual Gift dari Audience.

Selain dari Virtual Gift, poin juga bisa didapat dari jumlah jam streaming, jumlah audience dan keaktifan streamer dalam memandu obrolan dengan audience-nya. Faktor-faktor lain seperti kualitas konten, keunikan dan kreativitas juga bisa mempengaruhi.

Semakin banyak poin yang didapat, tentu saja semakin banyak rupiah yang bisa didulang oleh Streamer. Berikut ini skema poin yang bisa diraih Streamer pada tahun 2022, siapa tahu bisa melecut semangat kalian untuk menjajal kemampuan diri ngehost streaming:
50 billion IDN Live Streamer Fund
Selain pendapatan berupa rupiah, Streamer IDN Live juga punya kesempatan untuk mendapatkan beberapa hal ini:
  • Liputan media, strategi promosi, dan iklan berbayar di IDN Media ekosistem (IDN, IDNTimes.com, Popbela.com, Popmama.com, Enak, Fortune Indonesia, dan Duniaku.com)
  • Akses untuk menggunakan studio profesional milik IDN Media yang terletak di Kantor Jakarta dan Surabaya.
  • Peluang untuk mendapatkan sponsorship dari brand-brand terkenal yang difasilitasi oleh ICE.
  • Pelatihan dan bimbingan ekstensif program dari tim IDN Media.
  • Beberapa alat yang bisa mendukung sesi konten streaming, seperti kamera, mic, mixer, tripod, lighting, green screen dan banyak lagi.
Wah, menarik banget sih ini. Impianku jadi konten kreator kok meletup-letup mengetahui informasi ini. How about you, pals? Tertarik juga nggak?
Benefits IDN Live Streamer Fund
Kalau tertarik, kalian perlu cek dulu nih syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi:
  • Berdomisili di Indonesia
  • Usia 18 tahun ke atas
  • Memiliki minimal 100 follower di IDN App.
  • Konsisten melakukan siaran langsung setiap hari.
  • Konten streaming harus mempromosikan hal-hal yang positif dan menginspirasi.
  • Kreatif, memiliki kepribadian yang hangat dan ramah, serta punya banyak ide baru.
  • Mematuhi Pedoman dan Syarat & Ketentuan Komunitas IDN Live.
Nah, gimana informasi mengenai IDN Live ini cukup menggugah semangat kalian nggak, pals? Bisa jadi semangat untuk menyambut hiburan baru yang atraktif. Atau malah semangat untuk mencoba kemampuan diri menjadi Streamer?

Apapun semangat yang timbul setelah baca artikel ini, semoga adalah hal yang positif. Pastinya aku mau mengucapkan makasih buat IDN App yang sudah menghadirkan fitur baru ini.

Kebetulan hari ini aku lagi puyeng, banyak deadline dan mengalami kebuntuan saat mau bikin konten blog. Gara-gara nemu konten streamingnya Kak Prita, aku happy banget karena bisa ngobrol seru selama 2 jam. Terus setelah itu jadi punya ide buat nulis deh.

Beneran IDN Live seseru itu! Cobain deh. Buat yang tertarik jadi Streamer, yuk kita saling dukung. Siapa tahu jadi jalan rezeki lainnya kan? Salam semangat dan sampai jumpa di celoteh-celotehku berikutnya, pals!***



Sumber:
  • https://www.idntimes.com/life/inspiration/productidn/panduan-live-idn-app/3/full/9
  • https://www.idntimes.com/tech/trend/idn-live-1/fitur-seru-idn-live-csc/5

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Kenal dong sama satu media yang sering aku jadikan referensi buat nulis artikel memang menarik dan akurat. Wah sekarang udah menyediakan aplikasi yang fiturnya memudahkan, konten yang disediakan pun berkualitas. Terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete
  2. waah,...mba Prita Dewi ini sebentar lagi naik daun. nih. kayaknya, saya juga sempat liat streamingnya, cerita tentang resign dan pekerjaan...selamat menang, ya mba.

    ReplyDelete