header marita’s palace

5 Tips Belanja Mingguan Hemat di Toko Sembako

tips belanja mingguan hemat
Belanja adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Termasuk belanja di toko sembako. Namun, tanpa perencanaan yang baik, kegiatan belanja malah bisa jadi bencana. Sohib kongkow bisa saja membeli berbagai barang kurang penting, dan menyebabkan pengeluaran membengkak.

Bagi pasangan yang sudah menikah, mengatur keuangan adalah hal yang sangat penting. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keuangan keluarga. Salah satunya dengan membuat rencana belanja mingguan. Lalu, bagaimana cara membuat rencana belanja mingguan?

Tips Hemat Belanja Mingguan di Toko Sembako

Belanja mingguan bukanlah cara baru dalam menghemat pengeluaran. Ada banyak tips yang bisa temen kongkow temukan di berbagai website atau kanal media sosial. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum belanja di toko sembako:
tips hemat belanja

1. Buat Rencana Masak 1-2 Minggu

Membuat rencana masak adalah langkah awal untuk menghemat biaya belanja mingguan. Kita bisa membuat rencana masak sendiri atau mendiskusikan bersama anggota keluarga lainnya. Pastikan menu tersebut juga disukai oleh anggota keluarga lain, sehingga tidak banyak makanan sisa yang terbuang.

Selain menentukan menu, pertimbangkan juga nutrisi, rasa, dan tekstur menu makanan. Kita juga bisa mempertimbangkan adanya makanan pendamping. Seperti buah, minuman, atau camilan pendamping. Dengan membuat rencana masak, akan lebih mudah mengetahui kebutuhan yang perlu dibeli.

2. Periksa Bahan Makanan di Dapur dan Kulkas

Setelah menyusun menu mingguan, jangan lupa untuk mengecek ketersediaan bahan makanan di dapur dan di kulkas. Tidak ada salahnya membuat daftar bahan makanan dan bumbu yang masih tersedia sebelum kalian belanja di toko sembako, pals.

Selanjutnya, buat skala prioritas bahan apa saja yang harus ditambah stoknya, harus diganti, atau yang masih tersedia. Kita bisa memasukkan bahan yang perlu dibeli ke dalam daftar belanjaan pekan tersebut. Cara ini juga dapat mengurangi kemungkinan belanja barang yang sama dua kali. Sehingga, pengeluaran bisa menjadi lebih hemat.

3. Pisahkan Budget Belanja Mingguan dan Bulanan

Memisahkan budget belanja mingguan dan bulanan membantu kita memantau pengeluaran dan kebutuhan. Dengan begitu, kesehatan keuangan keluarga bisa lebih terjaga dan teratur.

Produk jangka panjang seperti beras, gula, minyak goreng, dan sabun cuci bisa dimasukkan dalam kategori belanja bulanan. Sedangkan produk seperti telur, ayam, daging, buah dan sayur, bumbu dapur dan sebagainya bisa masuk dalam kategori belanja mingguan.

4. Buat List Belanja

Setelah membuat rencana masak, rencana keuangan, dan bahan yang diperlukan, selanjutnya kita perlu membuat list belanja. Temen kongkow bisa membuat daftar tersebut di kertas kecil atau menggunakan aplikasi catatan pada ponsel.

Adanya list belanja akan membantu kita fokus pada barang yang dibutuhkan saja. Selain itu, list tersebut juga membantu kita mengingat kebutuhan dan mengurangi resiko pemborosan saat belanja di toko sembako.

5. Lakukan Food Preparation

Jika sohib kongkow sudah selesai belanja, jangan lupa untuk mengemas dan menyimpan barang belanjaan dengan baik. Agar lebih awet, kalian bisa menggunakan metode food preparation, pals. Metode ini membuat bahan makanan jadi lebih tahan lama dan mengurangi limbah makanan.

Untuk melakukan food preparation, kita hanya memerlukan wadah kedap udara. Pastikan setiap bahan makanan disimpan dalam wadah yang berbeda. Kemudian, simpan bahan makanan tersebut di kulkas atau freezer sesuai kebutuhan. Dengan metode ini, bahan makanan bisa awet hingga 1-2 minggu.

Belanja Sembako Hemat Lewat Sayurbox

toko sembako sayurbox
Selain menerapkan 5 tips tersebut, temen kongkow juga bisa menghemat pengeluaran dengan belanja di Sayurbox. Sayurbox memiliki berbagai promo yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat anggaran belanja. Dari mulai promo produk, cashback, hingga free item.

Asyiknya lagi nih, kalian juga bisa mendapatkan gratis ongkir dengan berbelanja melalui aplikasi Sayurbox atau website https://www.sayurbox.com/ dengan belanja minimal Rp50 ribu saja. Dapatkan juga promo tambahan pengguna baru untuk belanjaan pertama kalian, pals. Happy shopping!

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Yang sering terjadi belanja harian tuh gak efektif kadang udah belanja tapi masaknya gak terealisasi. Belum pernah nyoba kalau mingguan, sembako juga akan lebih hemat kalau belinya sekalian banyak. Tiap hari juga ga bingung belanja lagi karena udah ada dan tinggal masak.

    ReplyDelete