header marita’s palace

3 Rekomendasi Car Seat Bayi Terbaik untuk Mamah Muda

rekomendasi car seat bayi terbaik
Baby car seat masih belum menjadi hal yang umum digunakan di Indonesia. Bahkan bagi sebagian besar orang, tempat duduk khusus bayi masih jadi barang mahal. Padahal sebenarnya kalau tahu manfaat dari barang ini, harganya berbanding lurus dengan keuntungan yang didapatkan kok.

Nah, buat temen kongkow yang sedang mencari rekomendasi produk baby car seat terbaru, aku bakal kasih beberapa ide. Namun sebelumnya aku mau sedikit ajak kalian mencari tahu tentang jenis dan manfaat dari baby car seat ya. Terutama buat para mamah muda yang sedang menyambut kelahiran anak pertama.

Jenis-jenis Car Seat Bayi

Selama ini aku tahunya car seat buat bayi itu ya tempat duduk yang didesain sedemikian rupa buat bayi di dalam mobil. Ternyata ada beberapa jenis lo, pals, antara lain:
jenis baby car seat
  • Infant Car Seat - digunakan untuk bayi 0 bulan sampai umur 1 tahun, maksimal berat 13 kilo. Posisi car seat ini setengah tiduran, jadi harus dipasang menghadap belakang.
  • Convertible Car Seat - nggak jauh beda dengan jenis pertama. Bedanya jenis car seat yang ini bisa digunakan sampai anak usia 2 tahun atau dengan maksimal berat 20 kilo. Bisa dihadapkan ke depan, tetapi jangan lupa pasangkan seat belt ya.
  • Booster Car Seat - bentuknya mirip jok mobil pada umumnya. Bisa dipakai sampai anak berusia 5 tahun dan lebih dari 20 kg. Biasanya digunakan pada anak-anak yang sudah bisa mengontrol gerakannya. Namun untuk keamanan tetap harus dipasangkan seat belt.

Manfaat Baby Car Seat

Di Indonesia baby car seat memang belum diwajibkan. Beda dengan negara-negara luar yang rata-rata sudah mewajibkan penggunaan car seat untuk bayi dan balita.

Secara umum, berikut ini manfaat car seat untuk anak-anak:
  • Menjaga keselamatan anak.
  • Melatih bayi dan balita untuk tetap tenang di dalam mobil agar tidak mengganggu fokus dari sopir.
  • Secara tidak langsung, penggunaan kursi duduk bayi di dalam mobil juga bisa melindungi keselamatan penumpang lain.
Tahu sendiri kan anak-anak sangat aktif? Jika tidak dibiasakan adab di dalam mobil, mereka akan bergerak sesuka hati yang kadang tanpa sadar bisa membahayakan penumpang lain.

Apalagi jika sampai memecahkan konsentrasi pengemudi, bisa terjadi kecelakaan fatal yang tentu saja nggak ada satu pun orang yang ingin mengalaminya kan?

Tentu saja melatih bayi untuk berada di car seat butuh waktu dan proses. Bisa saja awalnya akan cranky dan menolak.

Namun jika orang tua konsisten melatih dan membiasakannya, insya Allah pelan-pelan pola pun akan terbentuk. Bayi dan balita akan tahu bagaimana seharusnya bersikap di dalam mobil.

3 Rekomendasi Car Seat Bayi Terbaik

Nah, buat sohib kongkow yang butuh rekomendasi produk baby car seat terbaru dan terbaik, aku sudah mengumpulkan beberapa. Mau tahu apa saja?

1. Joie Verso 0+/1/2/3 Child Car Seat

Baby car seat yang bisa digunakan dari bayi 0 bulan sampai usia 12 tahun. Fitur yang dimiliki sangat lengkap, antara lain; bisa digunakan dengan dengan banyak posisi, punya banyak perlindungan di bagian kepala, tubuh, dan pinggul.
baby car seat mothercare joie verso
Bisa digunakan dengan posisi menghadap ke belakang dengan dua posisi berbaring. Untuk model ini bisa digunakan sejak lahir sampai anak dengan berat 18 kg.

Sementara saat digunakan dengan model menghadap ke depan, bisa dipakai untuk balita berusia 15 kg sampai 36 kg. Model ini mengakomodasi empat setelan posisi berbaring.

Memiliki fitur Panel Guard Surround Safety™ sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra di bagian. Kursi juga mudah dilipat saat nggak dipakai.

Tersedia 10 posisi sandaran kepala yang dapat disesuaikan ketinggiannya. Serta dilengkapi dengan sayap samping AutoAdjust™ sehingga bisa melebar saat sandaran kepala dinaikkan untuk mengakomodasi anak-anak yang sedang tumbuh.

Kainnya ramah anak dan memberikan ventilasi yang cukup. Dalam paket pembelian tersedia pula insert fleksibel 3 buah termasuk penyangga kepala bayi, penyangga tubuh bayi, dan baji bayi. Pada sisi keamanan, dilengkapi dengan penguncian ganda untuk pemasangan dengan sabuk pengaman 3 titik kendaraan.

2. Maxi-Cosi Cabriofix Essential Car Seat

produk baby car seat terbaru
Car seat bayi yang bisa dipakai dari newborn sampai usia 12 bulan atau berat kurang lebih 13 kilogram. Fitur yang dimiliki antara lain; sistem perlindungan samping, posisi carseat menghadap ke belakang, tinggi dapat disesuaikan, garansi awet dengan basis FamilyFix, pemasangan cepat dan mudah pada mobil yang dikombinasikan dengan unit dasar Maxi-Cosi, memiliki bantalan ekstra nyaman untuk menopang kepala untuk kenyamanan ekstra.

Terbuat dari bahan Polipropilena – PP. Sementara di bagian gandarnya menggunakan logam dan baja. Sabuk pengamannya terbuat dari Poliester - PES. Paket pembelian terdiri dari satu buah bantal penopang, satu buah Maxi-Cosi Cabriofix, satu buah penopang kepala bayi, dan satu buah pelindung matahari.

3. Mothercare Porto Combination I-Size Car Seat - Nova Black

Car seat ini bisa digunakan dari bayi baru lahir 0 bulan sampai ia tumbuh dengan berat maksimal 18 kilogram, atau kurang lebih berusia 4 tahun jika dihadapkan ke belakang. Namun jika diposisikan menghadap ke depan, bisa dipakai sampai anak berusia 7 tahun, atau saat beratnya mencapai 25 kilogram.

Kursi bayi ini dirancang sedemikian rupa untuk memberikan perlindungan yang sangat baik di setiap perjalanan dan mudah digunakan. Baby car seat jenis ini punya penyangga kepala yang dapat disesuaikan secara otomatis menyesuaikan ketinggian tali bahu hingga pas digunakan anak.
baby car seat murah
Sandaran kepala dirancang dengan dua lapisan perlindungan benturan samping, sehingga anak bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Dilengkapi juga dengan bantalan penyangga tubuh yang dapat dilepas saat digunakan oleh bayi baru lahir.

Terdapat penutup untuk melindungi bayi dari sinar matahari. Penutup ini bisa dilepas-pasang sehingga bisa dicuci.

Sudah dapat incaran produk baby car seat yang diinginkan? Jangan lupa ya, posisi terbaik meletakkan kursi bayi adalah di jok bagian tengah.

Atau kalau mobil sohib kongkow hanya terdiri dari dua baris, maka letakkan di jok belakang. Kenapa nggak disarankan meletakkannya di jok bagian depan?

Pada jok depan biasanya terdapat airbag yang akan keluar ketika terjadi benturan. Airbag yang mengembang bisa saja melukai sang anak.

Beberapa ahli juga menyarankan untuk tidak meletakkan car seat di dekat jendela. Posisi ini membahayakan apabila terjadi kecelakaan, bisa menyebabkan luka serius pada anak.

Tak ada satu pun orang tua yang menginginkan anaknya terluka. Oleh karenanya perlindungan terbaik akan selalu diusahakan oleh setiap orang tua untuk anak-anaknya.Salah satu perlindungan tersebut adalah dengan menyediakan car seat bayi terbaik.

Yuk, mulai sekarang masukkan kursi bayi ke dalam list peralatan wajib beli. Semoga 5 rekomendasi produk baby car seat di atas bisa membantu kalian, pals. Selamat berkendara dengan aman ya.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Nah, ini nih yang harus dibawa saat perjalanan jauh bersama si kecil apalagi harus memastikan si kecil nyaman dan aman. Hemm biasanya tuh tingkahnya ada aja kalau dipangku atau duduk di kursi, mantep ini car seatnya. Terima kasih rekomendasinya!

    ReplyDelete