header marita’s palace

Apakah Berhutang pada Aplikasi Pinjaman Online Aman?

aplikasi pinjaman online aman
Apakah berhutang pada aplikasi pinjaman online aman? Pertanyaan ini merupakan salah satu yang paling sering diungkapkan oleh calon nasabah.

Saat ini memang kemampuan untuk mengidentifikasi mana fintech penyedia pinjaman yang terpercaya dan mana yang tidak, merupakan skill yang harus dikuasai oleh para calon nasabah. Demi menghindari kemalangan finansial di kemudian hari.

Seperti yang diketahui fintech penyedia pinjol merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendanaan layaknya lembaga pendanaan konvensional pada umumnya. Namun melakukan seluruh kegiatan operasionalnya melalui platform virtual.

Hal ini kemudian mendatangkan banyak kemudahan karena pinjaman online langsung cair. Hal ini berkat proses pengajuan yang cepat dan tidak bertele-tele. Namun ternyata mendatangkan juga risiko lainnya, sebab calon nasabah tak bisa sembrono dalam berinteraksi finansial secara virtual.

Artikel ini akan menjawab keresahan sohib kongkow terkait keamanan mengajukan pinjaman di fintech penyedia pinjaman online terpercaya.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Pinjaman Online?

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, sebelum meminjam dana secara virtual di perusahaan fintech, yakni:
pinjaman online langsung cair

1. Legal dan Berizin Resmi

Berhutang menggunakan aplikasi pinjaman online itu aman asalkan perusahaan penyedianya sudah memiliki izin operasional yang legal. Salah satu pertanda perusahaan tersebut memiliki izin yang legal adalah ketersediaan datanya di situs resmi OJK Indonesia.

Yaitu perusahaan yang bertindak sebagai pengawas kegiatan finansial perusahaan Negara dan swasta. Jika perusahaan sudah memiliki perizinan yang jelas maka bisa dipastikan semua aktivitas yang dilakukan berada dalam pengawasan dan evaluasi yang berkala.

Karena itu hindarilah mengajukan pendanaan online pada aplikasi yang perusahaannya masih belum jelas masalah perizinannya, sebab hal ini menyatakan bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki jaminan keamanan apapun.

2. Penjelasan Biaya yang Transparan

Berhutang melalui platform pinjol itu aman asalkan kita dijelaskan terlebih dahulu mengenai biaya-biaya yang harus diselesaikan. Misalnya saja seperti biaya registrasi, penjelasan penghitungan bunga, lalu biaya-biaya tambahan untuk tiap tahapannya.

Lembaga penyedia pinjaman uang yang aman pastinya memiliki sistem pengelolaan dana yang aman dan transparan juga. Sehingga temen kongkow tak perlu khawatir akan dimintai dana di luar kesepakatan yang kesannya mengada-ada.

Sangat dianjurkan untuk memastikan perihal biaya lebih dulu sekaligus untuk mengukur apakah sistem cicilan dan bunga yang ada di aplikasi pinjaman online tersebut sesuai atau tidak dengan kantong kita.

3. Memiliki Ketentuan Privasi

Mengajukan pinjaman uang melalui pinjaman online itu aman asalkan kebijakan privasinya juga aman. Ketentuan privasi yang ada di sebuah aplikasi ataupun situs pinjol biasanya mengatur segala hal terkait data-data rahasia yang terdapat di dalamnya.

Seperti bagaimana perusahaan menggunakan data tersebut, siapa saja yang bisa mengaksesnya, bagaimana kepemilikan data diatur, dan apa saja hak-hak kita sebagai pemilik data.

Oleh sebab itu sangat penting bagi sohib kongkow untuk memahami dengan benar bagaimana kebijakan privasi ini diatur oleh perusahaan. Pastikanlah bahwa data rahasia yang kita miliki dijaga dengan baik, dan tidak disalahgunakan.

Sebab saat ini penjualan data merupakan kejahatan yang lumrah dilakukan di platform online. Keterangan mengenai ketentuan privasi pada aplikasi pinjaman online biasanya dijelaskan secara detail di bagian situs resmi perusahaan.

Tak hanya itu, kita juga bisa mengeceknya di bagian pengaturan ataupun pertanyaan umum pada aplikasi mobilenya. Jika temen kongkow tak menemukan penjelasan yang detail dan menjamin, maka jangan lanjutkan prosesnya.

4. Mengutamakan Pelayanan Konsumen

Perkara uang merupakan hal yang krusial, entah itu di dunia nyata maupun maya. Bagi seorang calon nasabah, jembatan yang menghubungkannya dengan lembaga keuangan online adalah bagian pelayanan konsumen.

Segala pertanyaan, komplain, kritik dan saran yang ditujukan untuk lembaga pendanaan tersebut pastilah dikirimkan melalui bagian ini. Karena itu bisa dikatakan salah satu aspek keamanan dari perusahaan penyedia pinjaman online adalah kualitas layanan konsumennya.

Lihatlah bagaimana layanan konsumen merespon terhadap pertanyaan, keluhan, maupun testimoni yang diberikan. Jika ternyata kalian menemukan layanan konsumennya tidak nyaman dan tak gesit, ini adalah salah satu tanda bahwa kita lebih baik mencari perusahaan penyedia pinjaman online terpercaya yang lain.

5. Memahami Sistem Pinjaman

Apakah meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online terpercaya aman? Iya, aman. Asalkan kita sudah benar memahami bagaimana sistem peminjaman yang diterapkan.

Misalnya saja mengenai persyaratan pengajuannya, lalu bagaimana sistem penentuan bunganya, serta seperti apa sistem pembayaran cicilannya.

Hal lain yang juga harus dilihat secara kritis adalah bagaimana sistematika penjatuhan tempo di tiap peminjaman. Selain itu, apa saja sanksi yang akan diberikan jika nasabah mengalami penunggakan ataupun telat membayar.

Jangan melanjutkan peminjaman jika hal-hal penting ini tak bisa dijabarkan dengan detail oleh pihak pinjaman online tersebut. Sebab keamanan itu akan hilang ketika anda mulai bertransaksi secara tidak transparan.

6. Sekuritas Aplikasi Terjamin

Bayangkan aplikasi pinjaman online seperti sebuah lapak, dimana kita akan melakukan transaksi dengan penjual. Memastikan keamanan toko yang dikunjungi adalah syarat utama sebelum memutuskan melakukan transaksi, setuju?

Nah, hal ini juga berlaku bagi pinjaman online. Temen kongkow harus memastikan dahulu bahwa aplikasi atau situs pinjaman yang diakses tersebut aman.

Untuk situs pinjaman online resmi, pilihlah yang menggunakan domain berbayar. Kemudian, hindari situs yang memiliki lambang sekuritas berwarna merah ketika diakses.

Dan untuk aplikasi pinjaman online, pastikan informasi mengenai perusahaan pemiliknya dulu sebelum memasukkan data. Jika perusahaan sumbernya sudah valid, maka kalian bisa lanjut melakukan pengajuan.

Keamanan bertransaksi secara virtual memang bukanlah hal yang bisa diremehkan, sebab buntut kerugiannya bisa sangat panjang. Karena itu memilih penyedia pinjaman online terpercaya merupakan sebuah keharusan.

Salah satu penyedia pinjaman online langsung cair yang sampai saat ini tetap menjadi andalan masyarakat Indonesia adalah CekAja.com. Situs ini merupakan platform pendanaan online yang sudah terbukti legalitas dan sekuritasnya. Prosesnya sangat mudah, caranya cukup mengakses alamat resminya di https://www.cekaja.com/pinjaman-online/.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Sering banget denger tentang pinjaman online apalagi yang sampai bunganya ratusan juta, memang harus pilih-pilih saat pinjaman online. Pastinya akan lebih aman kalau sudah terjamin dan memang jelas asal-usulnya. Nah, kalau ada aplikasinya gini bakalan lebih mudah dan aman, nih. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete