header marita’s palace

Manfaat Minyak Kayu Putih Habbie Usir Masuk Angin Sekali Oles

manfaat minyak kayu putih Habbie
Tepat dua pekan sudah aku bergelut dengan masuk angin dan flu berat. Bahkan sampai artikel ini ditulis pun, kondisiku belum benar-benar prima.

Bersyukur aku bisa merasakan manfaat minyak kayu putih Habbie di rumah. Gejala masuk angin dan flu berat jadi teratasi dengan hadirnya minyak kesayangan keluarga kami.

Qodarullah, seluruh anggota keluarga bergantian satu per satu sakitnya. Jadi udah kaya bola pingpong gitu loh.

Pertama Kak Ifa udah mulai sentrap-sentrup. Alias mulai mengeluarkan gejala pilek dari tubuhnya.

Akhirnya setiap malam aku selalu membaluri tubuhnya dengan minyak kayu putih. Sementara untuk adiknya, untuk berjaga-jaga agar tidak ketularan, kubaluri minyak telon Habbie.

Alhamdulillah pilek Kak Ifa nggak sampai berlarut-larut. Kak Ifa juga tetap masuk sekolah. Meski teman-teman sekolahnya silih berganti izin tidak masuk karena terkena flu dan batuk pilek, kak Ifa masih anteng aja.
cara atasi masuk angin
Malah kemudian di Hari Jumat, 12 Agustus 2022, si adik yang nggak ada tanda-tanda mau sakit. Pagi harinya badannya panas.

Kebiasaan si adik, kalau badannya panas langsung ogah-ogahan makan. Maunya cuma rebahan dan minta dipeluk sama bunda seharian.

Bersyukur panasnya perlahan berkurang setelah secara rutin dibaluri minyak telon Habbie di badannya. Meski akhirnya batuk dan pilek akhirnya melumpuhkannya.

Sembari merawat adik yang nggak mau jauh dari emaknya, lama-lama aku pun ketularan. Suhu badanku tidak setinggi Affan, tapi demam dan menggigil jadi santapan sehari-hari.

Agar tidak semakin parah, aku membalurkan minyak kayu putih Habbie secara rutin. Alhamdulillah, sakit kepala dan pegal-pegal yang mengiringi kehadiran demam bisa diatasi perlahan-lahan.

Pada akhirnya, setelah Affan pelan-pelan membaik, tubuhku yang mulai lunglai. Ayah mulai turun tangan merawat anak istrinya. Eh, nggak lama, si ayah juga ketularan flu, masuk angin dan batuk pilek.

Ternyata oh ternyata, batuk pilek demam ini nggak hanya terjadi di rumahku. Nampaknya sudah jadi musim di Indonesia Raya.

Memantau status Whatsapp dan Facebook yang dibagikan temen-temen kongkowku, nggak satu dua yang mengalami kondisi sama. Tentu saja setiap keluarga punya teknik masing-masing untuk mengusir masuk angin.

Namun kalau di rumahku, minyak kayu putih dan minyak telon Habbie adalah salah satu pertolongan pertama yang harus selalu ada.

Berkenalan dengan Tanaman Kayu Putih

Sebelum aku bahas lebih lanjut tentang minyak kayu putih Habbie, aku mau tanya dulu nih. Sebenarnya Oleum Cajuputi dan Eucalyptus itu sama atau beda?

Nggak sedikit yang menyebut tanaman kayu putih dengan Eucalyptus. Apalagi pas Covid-19 sedang di puncak-puncaknya setahun lalu, banyak orang berbondong-bondong memborong minyak kayu putih karena dianggap sebagai obat Covid paling ampuh.
Fyi, Eucalyptus itu tidak sama dengan tanaman kayu putih, pals. Kayu putih merupakan tanaman yang bernama ilmiah Melaleuca cajuputi Powell. Disampaikan pada web official Kebun Raya Ciboda Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), tanaman Kayu Putih adalah bagian dari suku jambu-jambuan atau Myrtaceae.
Kayu putih bukanlah tanaman yang asing di kawasan Asia. Bahkan tanaman ini sudah ditemukan sejak berabad lamanya. Maka jangan heran jika tanaman kayu putih bisa ditemukan di bagian utara Australia sampai ke sebelah barat Papua New Guinea, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
manfaat tanaman kayu putih
Di negara kita tercinta, kayu putih banyak ditemukan di Pulau Buru dan Pulau Seram. Bahkan tanaman ini tumbuh secara alami dan melimpah, mencapai ratusan ribu hektar.

Kayu putih termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Bahkan di atas tanah yang kurang subur pun, kayu putih akan tumbuh dengan cepat seperti ilalang.

Secara turun temurun, daun dan ranting-ranting tanaman kayu putih disuling dan diambil minyaknya. Minyak inilah yang kemudian dikenal sebagai minyak kayu putih dan digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia untuk membantu mengatasi beragam masalah kesehatan.

Dalam perkembangannya, minyak kayu putih juga dicampur dengan bahan baku lain, seperti Saffron, minyak vanila, lavender dan lainnya untuk mendapat manfaat yang lebih banyak.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan Tubuh

Secara garis besar berikut ini manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan tubuh:
manfaat minyak kayu putih

1. Membantu Meredakan Sakit Kepala

Sudah jadi rahasia umum, saat kepala terasa nyut-nyutan, oleskan saja minyak kayu putih di area pelipis atau tengkuk. Tunggu beberapa saat, hangat akan mulai menjalar ke area tersebut, dan pelan-pelan pusing atau sakit kepala pun akan menghilang.

2. Meringankan Hidung Tersumbat

Hal yang paling mengganggu saat batuk pilek menghadang adalah hidung tersumbat. Nah, kalau udah begini, oleskan saja minyak kayu putih di bagian hidung.

Hidung yang tadinya susah menghirup udara, pelan-pelan bisa menghirup lagi deh. Bahkan jika kita oleskan juga ke area dada dan punggung sambil ditepuk-tepuk perlahan, nafas yang tadinya sesak perlahan jadi lebih lega.

Jika sohib kongkow punya diffuser, tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Aroma kayu putih yang menguar ke seluruh ruangan bisa membantu meredakan hidung tersumbat dan membantu pernafasan akibat batuk pilek.

3. Mengatasi Perut Kembung dan Masuk Angin

Manfaat kayu putih lainnya yaitu bisa mengatasi perut kembung dan masuk angin. Sama saja seperti yang sebelum-sebelumnya, tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih sesuai kebutuhan, lalu oleskan ke bagian perut yang terasa kembung.

Rasa hangat dari minyak kayu putih secara perlahan akan meredakan perut kembung dan begah yang biasanya menjadi gejala dari masuk angin.

4. Meringankan Pegal-pegal

Salah satu gejala masuk angin yang kerap datang adalah badan yang mudah terasa pegal. Rasanya punggung, pinggang dan seluruh bagian tubuh terasa remuk redam.

Nah, kalau udah begini, oleskan saja minyak kayu putih ke area yang terasa pegal. Dijamin setelahnya jadi lebih enteng, dan bisa tidur dengan lebih nyenyak deh.

5. Mengurangi Sakit Gigi

Kalau manfaat yang satu ini, aku kurang tahu apakah benar adanya atau tidak. Namun ini merupakan pengalaman pribadi.

Jadi, waktu SMA, aku sering banget sakit gigi. Tahu sendiri kan rasanya sakit gigi kalau dah parah ngalahin sakit hati? Wkwk.

Saking nggak kuatnya, aku mengambil kapas lalu menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih. Terus kapas itu kuletakkan ke bagian gigi yang berlubang. Ajaib, nggak lama kemudian, gigiku yang tadi nyut-nyutan langsung enakan. Alhamdulillah.

Sejak saat itu kalau sakit gigiku kumat, aku selalu pakai cara ini. Memang nggak pahit? Mungkin sohib kongkow ada yang menanyakan hal tersebut.

Ya, namanya udah sakit banget. Pahit-pahit dikit juga nggak masalah deh. Tapi kalau temen-temen kongkow nggak siap sama pahitnya, bisa kok dioleskan saja di bagian luar gigi. Cara seperti itu juga cukup bisa membantu meringankan senut-senut yang diakibatkan oleh gigi berlubang kok.

Mengapa Harus Memilih Minyak Kayu Putih Habbie?

Beragam kan manfaat minyak kayu putih? Jadi nggak heran dong kenapa aku selalu setia nyetok minyak ini dibanding minyak lainnya?

Selain manfaatnya yang banyak. Menurutku, panasnya minyak kayu putih itu paling pas. Nggak yang sampai bikin aku kepanasan. Dipakai buat dewasa dan anak-anak juga aman panasnya.

Nah, pertanyaan selanjutnya yang aku yakin muncul di kepala sohib kongkow yaitu, di antara banyaknya brand minyak kayu putih, kenapa menjatuhkan pilihan pada Habbie?

Padahal, minyak kayu putih Habbie masih baru banget dirilisnya. Sementara sudah ada banyak brand lain yang sudah lebih dulu memproduksi minyak kayu putih.

Sini, sini… aku bisikin kenapa sih minyak kayu putih Habbie ini recommended dan jadi pilihanku saat ini.

1. Sudah Jatuh Cinta pada Minyak Telonnya Lebih Dulu

Jauh sebelum aku mengenal minyak kayu putih dari Habbie, aku sudah berkenalan dulu dengan Habbie Aromatic Telon Oil. Minyak telon dari Habbie ini istimewa, pals.
aromatic telon oil Habbie
Ini nggak minyak telon biasa, Habbie menghadirkan 30 varian aromatic telon oil. Yup, nggak cuma bisa dioleskan sebagaimana minyak telon pada umumnnya, tetapi juga bisa berfungsi sebagai minyak aromatik.

Dari 30 varian yang ada, dibagi menjadi dua seri; Tea dan Flower Series. Jadi, 15 varian masuk ke dalam seri teh-tehan. Sementara 15 varian lainnya masuk ke dalam seri bunga-bungan.

Aku sendiri lebih suka yang varian Flower. Feminin dan manis wangi-wanginya. Begitu juga dengan kak Ifa. Lucunya anggota keluarga yang cowok, ayah dan Affan, suka yang seri teh. Kata mereka wanginya lebih segar.

Selain aromanya yang berbeda dibanding minyak telon lainnya, Aromatic Telon Oil by Habbie ini dibuat dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi dan tanpa bahan sintesis sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif. Minyak telon Habbie punya 9 kebaikan di setiap tetesnya:
9 kebaikan dalam 1 tetes minyak Habbie
  • Memiliki Wangi yang Elegan - Dengan wangi yang beda, harumnya serasa tinggal di Istana dari aromatic tea dan flower dari seluruh penjuru dunia.
  • Mengandung Argan Oil - Argan oil ada di dalam seri flower. Argan oil memiliki manfaat untuk memberikan perlindungan dari radikal bebas.
  • Mengandung Zaitun - Zaitun ditambahkan ke dalam seri Teh. Minyak zaitun bisa bermanfaat untuk melembutkan kulit.
  • Mengandung Lavender - Memiliki manfaat untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk.
  • Mengandung Bidara - Sebagai terapi ain pada bayi.
  • Telon Eksklusif - Memiliki kehangatan yang pas untuk kulit bayi.
  • Dari Banyak Negara - Kualitas bahan impor dari banyak negara
  • Memiliki 30 Varian Aroma - Aromanya beragam dan memiliki varian terbanyak di dunia.
  • Tahan Lama 24 Jam - Terbukti wanginya bisa tahan lama hingga 24 jam.

2. Minyak Kayu Putih dengan Dua Varian

Minyak telon Habbie telah meninggalkan kesan mendalam untukku dan keluarga. Makanya waktu tahu Habbie mengeluarkan produk baru berupa minyak kayu putih, aku nggak pikir lama-lama, cuzz langsung beli dua varian yang ditawarkan.

Penasaran aja apakah minyak kayu putih Habbie juga akan memberikan pengalaman yang berbeda. Ternyata sejalan dengan tagline yang diangkatnya, #SehangatKasihKeluarga, seperti itulah minyak kayu putih dari Habbie mampu mengalirkan rasa hangat di setiap olesan yang diberikan.
aromatic cajuput oil Habbie
Berbeda dengan brand-brand yang sudah ada, Habbie meluncurkan minyak kayu putih dalam dua varian yang unik; varian Saffron (Negin Saffron dan Iran Saffron) dan varian Vanilla (Vanilla Indonesian dan Vanilla Madagaskar).

Buat penyuka wangi yang lebih lembut, sohib kongkow bisa memilih Habbie Aromatic Cajuput Oil yang varian Saffron. Wanginya tuh lebih manis dan feminin.

Sementara yang varian Vanilla, aromanya jauh lebih berani. Cocok buat yang lagi pilek dan hidung tersumbat sepertiku, bisa langsung plong saat menghirup wanginya.

Untuk panasnya sendiri ada dalam kategori hangat. Meski dibandingkan dengan minyak telonnya, tentu minyak kayu putih lebih panas beberapa level. Namun masih cukup aman untuk digunakan pada tubuh anak-anak.

Apakah nantinya varian Aromatic Cajuput Oil akan bertambah sebanyak Aromatic Telon Oil? Entahlah. Mari kita nantikan kejutan spesial dari Habbie.

At last but not least, selalu sedia produk dari Habbie, baik itu minyak telon dan minyak kayu putihnya. Dapatkan manfaat minyak kayu putih dalam dua varian yang istimewa. Salam sehat dan sampai jumpa di celotehku berikutnya, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

22 comments

  1. Kemasannya beda ini bagus, jatuh cinta sama yang aromatic cajuput oil-nya. Memang banyak banget manfaat minyak kayu putih, enggak hanya jadi obat pas gatal tapi jadi solusi di tengah-tengah kejompoan salah satunya masuk angin. Terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete
  2. Akhirnya ada varian lagi dari minyak kayu putih yang bisa untuk kebutuhan keluarga. Lumayanlah semoga nanti di kota Palu ada juga yang jual.

    ReplyDelete
  3. banyak banget ya varian wanginya minyak kayu putih habbie ini. kalau penasaran bisa dicoba semua nih. hihi

    ReplyDelete
  4. Minyak kayu putih selalu sedia di rumah, yang mudah terjangkau nyimpennya. Soalnya serbaguna banget. Udah mulai ujan gini, bisa gosok-gosok sebelum tidur, biar tidur nyenyak. Pengen tahu yg wangi vanila nih, kayak wangi kue kalik ya...

    ReplyDelete
  5. minyak kayu putih ini jadi jalan ninjaku kalau lagi masuk angin. Ada minyak kayu putih merk habbie juga yaa, aku baru tahu. Penasaran sama wangi vanilanya

    ReplyDelete
  6. Eh, koq samaan, ya. Saya pun dan keluarga kemarin sakit bergantian, sampai anak ga sekolah beberapa hari, pun dengan ibu bapaknya.
    Minyak kayu putih sudah menjadi benda wajib yang harus ada di kotak P3K karena menjadi andalan banget buat kaya masuk angin atau kedinginan anggota keluarga, terlebih memang Sukabumi terkenal dengan dinginnya. Jadi kayu putih emang jalan ninja untuk tetap hangat

    ReplyDelete
  7. Minyak kayu putih solusi masuk angin, dan cocok tuk bepergian.

    ReplyDelete
  8. Selain bau bensin, aroma minyak kayu putih juga jadi favoritku mbak. Hanya saja yang merek habibi ini belum coba hehe

    ReplyDelete
  9. Kemasan minyak kayu putih Habbie ini menarik sekali. Jadi pengen nyobain beli untuk persediaan di rumah. Saya juga suka dengan aromanya. Selain kaya manfaat kita wajib sedia minyak kayu putih ini untuk menjaga kesehatan keluarga ya kak.

    ReplyDelete
  10. Semoga lekas sehat walafiat ya bunn...memang kalau flu di keluarga dah kayak piala bergilir.
    Minyak kayu putih ini andalan aku juga bun, nah coba tips ini bawang emrah parut tetsi minyak kayu putih letakkan di setiap ruangan terutama kamar.

    Aroma bawang merah ampuh membuat yg sehat tdk tertular flu

    ReplyDelete
  11. Kebetulan banget, beberapa waktu belakangan saya sering merasa kembung.
    Biasanya kurang tahan hidungnya dengan aroma minyak kayu putih. Sepertinya harus nyoba minyak kayu putih Habbie yg punya beberapa varian aroma. Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  12. Wah wah ada varian wangi Safron 🤩.
    Seger dan bantu bikin tubuh lebih hangat ya pakai ini.
    Apalagi kandungannya juga bagus, mengingat kondisi cuaca yang mudah terserang bapil dan masuk angin

    ReplyDelete
  13. Sesungguhnya kalau mendengar minyak kayu putih ini langsung teringat dengan zaman anak-anak bayi yaa...
    Dengan Minyak Kayu Putih Habbie yang melengkapi bahan dan wanginya menggunakan saffron dan wangi vanilla, semakin menambah khasiat dan manfaat dari kandungan cajuput oil itu sendiri.

    ReplyDelete
  14. Teman saya juga pernah ngira eucalyptus itu kayu putih. Ternyata beda ya mbak.

    ReplyDelete
  15. kok menarik banget yaa, minyak kayu putih aromanya saffron sama vanila? kayanya bisa jadi solusi nih buat aku yg ga suka aroma kayu putih yg santer banget

    ReplyDelete
  16. Wah aku selalu ada minyak kayu putih di rumah
    Tapi belum pernah punya yg aroma vanila gini

    ReplyDelete
  17. Minyak Kayu Putih Habbie beneran bisa diandalkan buat diriku yang suka traveling nih. ngebantu banget buat ngilangin masuk angin kalau kecapekan dan perjalanan jauh. Kudu dicoba banget sih ini

    ReplyDelete
  18. Penasaran sama saffron cajuput nya itu wanginya gimana.. atau ada saffronnya juga ya.. khasiatnya tambah oke banget nih.. dulu inget banget saffron tuh booming buat diminum ya...

    ReplyDelete
  19. mba saya nih gampang masuk angin, jadi ingin beli minyak kayu putih habbie nih buat di rumah

    ReplyDelete
  20. memang aromanya ini menenangkan banget ya mbak, kebetulan anakku juga cukup lega hidungnya misalkan lagi mampet terus dioles2 minyak gini

    ReplyDelete
  21. Emang ya di rumah harus selalu sedia minyak kayu putih. Anakku tuh udah kelas 2 SD, habis mandi masih suka pakai minyak kayu putih krn bikin badan hangat.
    Nah, aku kepo juga ama minyak kayu putih Habibi, apalagi variannya banyak bgt nih.

    ReplyDelete
  22. minyak kayu putih tuh minyak gosok wajib di rumahku xD anak2 sebelum tidur aku suka oles2 dulu minyak kayu putih di telapak kakinya, biar hangat ^^ kalo lagi sakit pertu juga andelanku minyak kayu putih

    ReplyDelete

Post a Comment