header marita’s palace

Brain Academy Online vs Zenius, Pilih Tempat Les yang Mana Ya?

Brain Academy  Online vs Zenius
Sekarang ini kalau ngobrolin tempat les online untuk anak, kita akan dibikin bingung untuk memilih ya. Terutama jika harus memilih antara Brain Academy Online vs Zenius.

Kedua bimbel online ini memang sedang naik daun. Tentu saja sebagai orangtua, kita nggak mau kan asal pilih. Yuk kenali keduanya agar bisa menentukan pilihan dengan tepat.

Berkenalan dengan Brain Academy Online dan Zenius

Sebenarnya bimbel online nggak hanya Brain Academy dan Zenius sih. Hanya saja berdasar pantauan dan testimoni yang aku lihat, dua bimbel ini masuk dalam jajaran bimbel terfavorit.

Kenapa keduanya bisa jadi bimbel online favorit, tentu ada alasan di baliknya dong. Yuk cari tahu alasan tersebut dengan berkenalan lebih lanjut.

Siapakah Brain Academy?

Brain Academy merupakan salah satu produk dari PR Ruang Raya Indonesia. Bisa dibilang Brain Academy adalah adik kandung dari Ruangguru.
Fyi, Ruangguru berdiri sejak 2014. Tahu dong siapa pendirinya? Yup, Belva Devara dan Iman Usman! Dua sosok anak muda yang inspiratif.

Bahkan keduanya masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. Nggak hanya itu, pada tahun 2019, mereka juga mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young.

Saat ini Ruangguru telah dipercaya untuk bekerjasama dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Start up di bidang pendidikan ini juga telah meraih banyak penghargaan baik di dalam maupun luar negeri, antara lain Solver of MIT, Atlassian Prize, UNICEF Innovation to Watch, Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Ruangguru berhasil menjadi terobosan pertama layanan belajar dengan mengandalkan teknologi digital. Dalam prosesnya, Ruangguru kemudian melahirkan beberapa produk lain untuk menunjang misinya untuk mendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

Salah satu produk tersebut adalah Brain Academy. Brain Academy merupakan layanan belajar di Indonesia yang pertama kali mengolaborasikan antara sesi offline dan online.

Diajar oleh guru-guru terbaik yang telah melalui seleksi ketat. Brain Academy telah memiliki 20 cabang di seluruh Indonesia.

Sejak pandemi menghantam Indonesia, Brain Academy kemudian merilis Brain Academy Online. Fiturnya sangat lengkap dan beragam. Saat ini jika kita mengambil paket bimbel di Brain Academy Center, secara otomatis juga mendapat kesempatan belajar di Brain Academy Online.
Brainies adalah panggilan sayang yang diberikan untuk pengguna Brain Academy. Gemes nggak sih? Bikin jadi semangat untuk melatih kinerja otak kan? 
 

Siapakah Zenius?

Setelah berkenalan dengan Brain Academy, saatnya kita SKSD (saling kenal saling dekat) dulu yok sama Zenius. Ternyata nih, Zenius adalah salah satu startup di bidang edukasi yang paling tua di Indonesia lo!

Didirikan sejak 2004 oleh Sabda PS dan Medy Suharta. Kedua founder Zenius ini telah membangun kerangka belajar yang sekarang menjadi inti dari aplikasi belajar online pada beberapa bimbel di Jakarta.

Berawal dengan membuat materi belajar via CD dan DVD, hingga kemudian terus berkembang. Hebatnya, saat Covid-19 masuk ke Indonesia pada Maret 2020, Zenius menjadi platform belajar pertama yang menggratiskan total semua fitur-fiturnya.

Zenius berharap agar semua orang bisa belajar dengan lebih mudah dan bahagia selama pandemi. Duh, keren ya misi Zenius?

Zenius menyediakan materi belajar untuk siswa kelas 1 hingga siswa kelas 12, juga temen-temen kongkow yang memilih Gap Year. Materi gratis yang bisa diakses di Zenius meliputi pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah Indonesia, Sejarah Peminatan, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Sayangnya kualitas video-video pembelajaran gratisnya Zenius jauh berbeda dengan yang versi premium. Hmm, tapi ya bisa dipahami sih.

Masa gratis minta macem-macem, hehe. Kalau mau yang kece kualitasnya ya harus mau keluar duit dong.

Btw, sejak 2022, Zenius juga bekerjasama dengan Primagama. Dengan kolaborasi keduanya, siswa premium Zenius mendapat kesempatan untuk mengambil sesi belajar offline di cabang Primagama terdekat.
Salah satu hal yang menggelitik buatku, Zenius hanya menggunakan panggilan BOY untuk menyapa pembaca atau penggunanya. Padahal kan bukan cuma Boy yang mengakses Zenius.
Ternyata hal ini cukup bikin anakku yang perempuan protes lo. Begini katanya, “Kok cuma Boy yang disebut ya bun? Memangnya yang Girl nggak boleh belajar pakai Zenius?”

Kalau menurut sohib kongkow, gimana? Dari sedikit informasi perkenalan Brain Academy Online vs Zenius, apakah sudah bisa menentukan pilihan?

Keunggulan Bimbel Brain Academy dan Zenius

Jika secuil perkenalan di atas belum bisa membuat kalian menentukan bimbel online mana yang terbaik, saatnya untuk mencari tahu apa saja sih keunggulan keduanya.

Ada Apa di Brain Academy?

Kita mulai dulu dengan Brain Academy Online ya. Paket yang ada di Brain Academy antara lain:
  • Brain Academy SD - Merupakan paket belajar untuk siswa sekolah dasar, tersedia paket Regular, Premium, dan Elite. Mulai dari kelas 3 SD. Jenjang di bawah kelas 3 SD, bisa ambil paket belajar di Kursus Ruangguru. Menariknya nih, rangkuman materi ditampilkan dalam bentuk video animasi dengan tokoh Lulu dan Dafa. Siapa sih yang bakal menolak video animasi?
  • Brain Academy SMP - Merupakan paket belajar untuk kelas 7 - 9. Serta dilengkapi juga dengan persiapan untuk masuk ke SMA favorit. Nggak jauh beda kok dengan paket SD, ada fitur live teaching, modul dan juga konsultasi PR.
  • Brain Academy SMA - Paket belajar yang disediakan untuk anak-anak SMA, dari kelas 10 - 12. Tersedia pula dalam versi Regular, Premium dan Elite. Beda versi, beda fasilitas juga yang didapat.
  • Brain Academy Ujian Mandiri - Paket belajar yang akan didampingi oleh Star Master Teacher, dilengkapi fitur kuis dan tanya jawab. Paket ini siap membantu para siswa untuk lulus ujian masuk PTN. 
Jika temen kongkow mengambil salah satu paket belajar di atas, selain mendapat fitur live teaching, modul, konsultasi PR, ada juga fitur-fitur kece lainnya, yaitu:
  • Download E-book - Buat sohib kongkow yang mau siap-siap UTBK, kalian bisa download E-book yang berisi informasi terkait UTBK, tips & strategi mengerjakan soal dan langkah-langkah sukses UTBK
  • Pengembangan Diri - Kelas yang memberikan ilmu soft skills dan latihan tambahan dengan berfokus pada sesi praktik melalui komunitas, worksheet, dan project. Tujuan dari kelas ini adalah untuk menunjang prestasi akademik, mengasah kemampuan dan potensi terbaik, memperkaya diri dengan pengetahuan baru, menambah teman dari seluruh Indonesia. Tersedia untuk jenjang SD - SMA/ SMK.
  • Panen Bintang - Semacam permainan yang disisipkan dalam aktivitas belajar di Brain Academy. Di sini, siswa diajak untuk aktif pada saat sesi Live Teaching dan Sharing Soal sambil mengumpulkan Golden Stars dan Diamond Stars. Semakin banyak bintang yang dikumpulkan, nama siswa bisa muncul pada leaderboard dan mendapatkan hadiah menarik setiap bulan. Seru ya?
  • Komunitas Orang Tua - Nggak hanya siswanya yang belajar, orang tua para siswa Brain Academy juga bisa ikutan belajar terkait pengasuhan. Selain gratis berlangganan artikel blog Ruangguru dan Brain Academy Online, tersedia pula sesi konsultasi dan diskusi parenting (Parents Talk) yang diadakan setiap bulan. Untuk member komunitas berkesempatan pula untuk mendapat diskon spesial produk Ruangguru, bisa berjejaring dengan teman dan keluarga baru dari seluruh Indonesia dan bisa terlibat aktif dalam mendukung pendidikan Indonesia.
Keren kan fitur-fiturnya? Oh ya, tersedia free trial Live Teaching buat sohib kongkow yang mau nyobain bagaimana suasana belajar di Brain Academy. Lebih lengkap terkait fitur-fitur bimbel online yang satu ini, bisa disimak di artikelku tentang Brain Academy Online ya, pals.
tempat les online terbaik

Di Zenius Ada Apa Saja Ya?

Selain video pembelajaran yang bisa diakses secara gratis, Zenius juga menyediakan paket premium berupa;
  • Zenius Aktiva Sekolah - Bertujuan untuk menjadikan para siswa sukses belajar di sekolah, dari jenjang 1 SD - 12 SMA. Tersedia pilihan Lite, Basic dan Plus.
  • Zenius Ultima - Merupakan paket tembus UTBK. Tersedia pula live coaching materi UTBK untuk anak Gap Year. Bisa ambil pilihan Lite, Lite Plus, Basic dan Plus.
  • Zenius Optima - Paket yang ketiga ini fokus pada persiapan ujian sekolah. Lebih pada drilling soal-soal agar siswa terbiasa mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.
  • Zenius Aktiva UTBK - Paket gabungan antara sukses pelajaran sekolah hingga tembus UTBK.
Beda dengan versi gratisnya, Paket premium Zenius memiliki fasilitas live class /minggu bersama master tutor, akses ribuan video premium, try out premium & study guide, rangkuman materi, flashcard, contoh soal dan latihan, akses rekaman live class, dll.

Biaya belajar di Zenius mulai dari Rp1jutaan. Namun apabila beli di masa promo, kita bisa dpaat harga mulai 150ribuan lo. Bahkan ada juga fitur ZenCoin yang memudahkan pengguna untuk mengakses fitur premium satuan, tanpa ambil paket belajar.

Buat yang lebih nyaman belajar secara hybrid, ada sesi online dan offline, bisa mengambil paket New Primagama. Selain bisa mengakses fitur premium Zenius, ada pula sesi belajar offline di kantor cabang Primagama terdekat.

Berikut ini fasilitas yang bisa didapat apabila sohib kongkow mengambil paket belajar premium di Zenius:
  • Video & Soal - Tersedia ratusan ribu video dan soal yang siap menemani anak belajar tentang konsep. Video bisa diakses kapan sana an di mana saja.
  • Try Out - Agar siswa nggak kaget dengan ujian, Zenius menyediakan Try Out rutin dengan soal dan sistem penilaian semirip UTBK aslinya.
  • Live Class - Belajar online tetap berasa hidup dan interaktif lewat live class-nya Zenius. Ada banyak pemantapan materi bersama para tutor Zenius.
  • ZenBot - Robot kece yang bisa kita tanyai terkait soal matematika, fisikia, dan kimia. Bukan hanya asal jawab, kita bakal dikasih penjelasan yang lengkap.
  • ZenCore - Konsepnya sama dengan Panen Bintang di Brain Academy. Siswa-siswa akan diajak push rank ngerjain soal. Semakin tinggi skor yang didapat, semakin besar kesempatan namanya akan muncul di leaderboard.
Sayangnya untuk fitur ZenBot dan ZenCore hanya bisa diakses via aplikasi. Kalau akses via website, kedua fitur ini nggak bisa dicoba.

Jadi Brain Academy Online vs Zenius, Bagus Mana?

Bagus atau tidak adalah hal yang sangat relatif ya, pals. Jika melihat dari sisi pengalaman, meski Zenius sudah didirikan jauh lebih dulu dari Brain Academy. Tak bisa dipungkiri, berada di bawah PT Ruang Raya Indonesia, Brain Academy memiliki keunggulan di sisi aplikasi dan websitenya yang lebih user friendly dan tampilannya yang menarik.

Soal harga, bisa dibilang memang Brain Academy Online jauh lebih tinggi dari Zenius. Namun jika kita kulik lebih dalam fitur-fitur yang ada di dalamnya, harga yang ditetapkan oleh Brain Academy sangat sesuai kok dengan fasilitas yang kita dapatkan.

Sekarang semua kembali pada kebutuhan dan kondisi kantong masing-masing tentunya, kalau aku sih jelas memilih bimbel online terbaik versiku dong. Hayoo yang mana, coba tebak… ahaay.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Wah persaingan ini cuma anak yang bisa menentukan pilihannya, pastinya sih yang paling menarik pembelajarannya dan mudah dipahami. Orang tua mah cuma bisa mendampingi kalau pembelajaran online begini, asal mereka nyaman dan semangat belajar. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete