header marita’s palace

Pengertian Dan Tujuan Pada Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

contoh surat lamaran kerja tulis tangan
Surat lamaran kerja dapat ditujukan langsung oleh perusahaan terkait. Bagi temen-temen kongkow yang akan membuat surat lamaran kerja, perlu diketahui bahwa tujuan kepenulisan surat perlu diperhatikan.

Dengan memperhatikan tujuannya, maka hal ini akan menambah spesifikasi dasar dari menulis surat yang baik dan benar. Apa sajakah yang masuk ke dalam tujuan surat lamaran kerja? Cekidot!

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Berdasarkan Tujuannya

Di bawah ini adalah informasi secara singkat terkait pengertian dan tujuan pada contoh surat lamaran kerja tulis tangan antara lain:

1. Pengertian Surat Lamaran Kerja

Menulis secara tertulis adalah salah satu makna yang ada pada surat lamaran kerja. Identifikasi diri, performa dan skill juga menjadi basis penting yang harus sohib kongkow cantumkan pada surat lamaran kerja.

2. Surat Merupakan Sebuah Alat Dan Sarana

Jika berkirim pesan memiliki arti yang luas. Berkirim surat lebih bisa diartikan sebagai sebuah alat dan sarana pengirim pesan secara formal.

Mengirim surat dilakukan dengan format tertulis, sehingga pesan yang disampaikan bersifat formal dan terstruktur. Metode penyampaian ini juga dapat dilakukan mulai dari orang pertama kepada orang lainnya.

3. Surat Merupakan Suatu Alat Komunikasi

Media komunikasi memiliki banyak sumber. Terdapat 2 sumber yang banyak digunakan orang untuk berkirim pesan. Sumber yang dipilih adalah sumber elektronik dan tertulis.

Pada dasarnya kedua sumber ini hampir memiliki pola yang sama. Namun untuk format surat lamaran kerja tulis tangan jauh lebih detail.

Surat lamaran kerja menggunakan sumber media tertulis sehingga temen kongkow perlu mengirimkannya secara manual. Kalian bisa mengirimkan surat ini secara mandiri atau menggunakan jasa antar pos dan sebagainya, pals.

Alat komunikasi tertulis sampai dengan hari ini masih menjadi alternatif yang baik dalam hal melamar kerja.

4. Untuk Memberikan Informasi Tertulis Kepada Pihak Yang Bersangkutan

Menggunakan media surat lamaran kerja tulis tangan bisa dikatakan sopan. Mengirim surat tertulis akan menjadi anjuran yang baik terlebih jika surat ini ditujukan kepada pihak penting.

HRD atau atasan dari perusahaan akan lebih suka jika temen kongkow mengirim surat tertulis. Walaupun sekarang sudah ada via surat elektronik namun akan tetap menarik jika kalian mengirim surat secara tertulis.

Selain sopan, surat tertulis juga lebih menonjolkan karakter semangat yang tinggi.

5. Sebagai Pembuktian Bahwa Pelamar Sudah Mengajukan Surat Permohonan Kerja

Ketika sohib kongkow mulai menulis surat lamaran kerja untuk perusahaan. Hal penting yang harus diingat adalah, buat dengan singkat, padat dan jelas.

Tujuan dari pembuatan surat ini juga semata-mata sebagai pembuktian bahwa pelamar sudah mengajukan surat permohonan kerja. Temen kongkow sudah dapat dikatakan memenuhi syarat terlampir sebagai seorang calon pelamar kerja.

6. Cara Untuk Menyeleksi Kandidat Bagi Perusahaan

Mengirim sebuah surat lamaran kerja juga menjadi ajang pembuktian diri dalam meraih pekerjaan yang diinginkan. Recruiter juga mempunyai kewajiban penuh terhadap calon pekerja yang hendak bekerja di perusahaannya.

Dengan melihat isi surat lamaran kerja yang temen kongkow kirimkan, maka secara otomatis recruiter dapa melihat potensi kalian dengan baik. Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk menyeleksi kandidat secara penuh.

That’s why jangan asal-asalan bikin surat lamaran kerjanya ya, pals.

7. Media Seleksi Kandidat Yang Efisien

Bagi perusahaan menyeleksi kandidat bisa dengan menggunakan surat lamaran kerja. Perusahaan bebas menyeleksi calon karyawannya dengan sebaik mungkin.

Seorang pelamar kerja akan lebih baik jika mengirim surat lamaran secara tertulis. Hal ini akan membuat recruiter melihat bahwa pelamar kerja serius dan menginginkan pekerjaan tersebut.

Menggunakan surat lamaran kerja tertulis juga menjadi salah satu cara efisien untuk mendapatkan calon pegawai baru.

Demikianlah pengertian dan tujuan pada contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang dapat dijadikan inspirasi. Semoga segera mendapat pekerjaan yang diidamkan ya.

Hal penting yang sohib kongkow perlu tahu bahwasanya membuat surat lamaran kerja harus didasari dengan keseriusan. Jangan lupa kalau mau cari lowongan kerja yang nggak abal-abal, gunakan aplikasi kekinian untuk pencari kerja ya.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Surat lamaran kerja memang bagian paling penting dalam mencari pekerjaan, tapi seiring canggihnya teknologi lebih banyak yang menggunakan ketikan biasa dalam bentuk dokumen yang nantinya dicetak. Padahal iya juga sih ini bisa jadi penilaian karakter si pelamar. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete