header marita’s palace

Resep Soto Banjar Omela, Cita Rasa Nan Istimewa

Resep Soto Banjar Omela
Buat sohib kongkow yang udah lama nongkrong di sini, mungkin bakal terhenyak melihat aku posting tulisan resep soto Banjar Omela ini. Bukan tanpa sebab, aku sudah menobatkan diri untuk jadi orang yang bisa, tapi nggak suka masak, hehe.

Nah, tiba-tiba hari ini, tanpa angin dan hujan, mendadak berbagi resep makanan. Ada apa gerangan?

Nggak ada yang gimana-gimana sih, pals. Hanya saja aku baru sadar kalau masih punya simpanan ayam di kulkas. Saking belanja udah dari awal bulan, sampai lupa punya bahan makanan apa saja, wkwk.

Hmm, enaknya dimasak apa ya, pals?

Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Segar Berminggu-minggu

Sambil cari ide mau diapain si ayam, aku pengen berbagi tips menyimpan makanan, terutama ayam. Gimana sih biar ayam bisa tetap awet hingga berminggu-minggu di dalam kulkas?

Sebagai orang yang rajin belanja, tapi malas masak. Aku sering sekali menyimpan bahan-bahan makanan di kulkas dalam waktu lama.
tips menyimpan makanan agar tetap segar
Agar tidak mudah membusuk, maka ada beberapa tips penting yang harus dijalankan, khususnya saat kita menyimpan ayam. Ini dia caranya:
  • Jangan dicuci dulu.
  • Bagi dalam beberapa porsi sesuai jenis masakan yang ingin dibuat.
  • Simpan di dalam wadah tertutup yang kedap udara.
  • Jika ingin dimasak dalam waktu dekat, simpan di suhu kulkas. Ayam bisa bertahan kurang lebih 48 jam.
  • Namun apabila ingin disimpan dalam waktu lebih lama, simpan di freezer bersuhu -18°C. Ayam yang sudah potongan bisa awet hingga 9 bulan. Sementara ayam utuh bisa awet sampai 1 tahun! (sumber: USDA.gov)
  • Jika ingin menggunakan ayam yang di freezer, turunkan ayam ke tempat penyimpanan biasa. Biarkan bekunya mencair di dalam suhu kulkas, bukan di suhu ruang.
Nah, selamat mencoba tips di atas ya. Semoga membantu. Btw, sekarang aku juga udah menemukan ide mau kuolah jadi apa si ayam ini.

Saatnya Mengeksekusi Resep Soto Banjar Omela

Karena bosan bikin ayam ungkep atau digoreng biasa, aku sengaja ingin mengeksplor kemampuan memasakku yang B aja. Pengen masak yang nggak biasa, tapi istimewa gitu loh.

Akhirnya pilihan terjatuh pada Soto Banjar. Selama ini sih aku sudah mencoba berbagai aneka soto, seperti Soto Lamongan, Soto Kemiri, Soto Semarangan, dan Soto Kudus. Namun belum pernah nyobain Soto Banjar.

Jadi penasaran, apa sih bedanya Soto Banjar dengan soto lainnya. Setelah berselancar ke sana ke mari, aku jadi tahu nih bedanya. Mau tahu?
Soto Banjar Omela
Pertama, Soto Banjar ini kaya banget akan rempah. Saat pertama kali mendapat resepnya, aku agak gusar sih. Kira-kira bisa nggak ya memasak soto asal Kalimantan Selatan ini…

Kedua, Soto Banjar biasa disajikan dengan ketupat, irisan telur (biasanya telur bebek) dan perkedel kentang. Ayam yang digunakan juga biasanya ayam kampung.

Ketiga, kalau soto-soto lainnya biasanya berkuah bening atau bersantan, Soto Banjar hadir dalam dua jenis berbeda. Ada yang membuat versi berkuah bening, ada juga yang berkuah keruh tapi tidak menggunakan santan. Namun menggunakan tambahan susu.

Hmm, menarik nih. Alih-alih susu, aku akan coba mengolah resep soto Banjar menggunakan Omela Krimer Kental Manis. Penasaran seperti apa rasanya?

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Baiklah, sebelum kita tahu rasanya, tentu saja kita harus memasaknya terlebih dahulu kan? Nah, berikut ini daftar bahan utama, bahan bumbu halus dan bahan pelengkap.
bahan membuat soto banjar Omela

 

Bahan Utama

Cuzz, silakan disiapkan dulu bahan-bahan di bawah ini, pals.
  • 1 ekor ayam, dipotong menjadi delapan. Jika ada ayam kampung, lebih baik.
  • 2.5 liter air
  • 150 gram OMELA
  • 2 lembar daun salam
  • 3 buah Kapulaga
  • 4 buah Cengkih
  • 3 cm Jahe, lalu memarkan.
  • 3 cm Kayu Manis
  • Pala, secukupnya.
  • Garam dan kaldu jamur secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis. Boleh juga digantikan dengan margarin.

Bahan Bumbu Halus

Sementara itu untuk membuat bumbu halus, berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan:
  • 10 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
  • 1 sendok teh lada
Campur jadi satu semua bahan di atas lalu haluskan. Boleh dengan cara modern, yaitu dihaluskan menggunakan grinder atau blender. Kalau aku sih masih pakai cara konvensional, alias pakai ulekan, hehe.

Bahan Pelengkap

Selain bahan utama dan bahan bumbu halus, ada juga beberapa bahan makanan yang harus dipersiapkan sebagai pelengkap:
  • Telur ayam rebus, diris menjadi dua
  • Soun
  • Daun bawang dan Seledri yang diiris tipis
  • Bawang goreng
  • Jeruk nipis
  • Jika ada ketupat dan perkedel kentang akan lebih baik

Cara Membuat

Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap sedia, mari kita memasak, check!
cara memasak soto Banjar

Pertama, rebus ayam ke dalam 2.5 liter air yang sudah disiapkan. Sembari menunggu ayamnya matang, kita bisa menyiapkan bumbu halus.

Kedua, setelah ayam matang. Sisihkan terlebih dahulu. Jika sudah tidak panas, kita bisa menyuwiri ayam.

Ketiga, tumis bumbu halus ke dalam sebuah wajan kecil yang sudah diberi minyak atau margarin. Tunggu sampai harum, lalu masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam air kaldu ayam.

Keempat, larutkan Omela dengan 500 mililiter air. Aku menggunakan air kaldu ayam.
Omela Krimer Kental Manis

kelezatan soto banjar

Kelima, masukkan daun salam, kapulaga, cengkeh, pala, cengkeh, jahe, kayu manis dan garam. Koreksi rasa. Jika dibutuhkan, bisa menambahkan kaldu jamur sesuai selera.

Keenam, masukkan Omela yang sudah dicairkan, tunggu sampai air kuahnya matang. Lalu matikan kompor. Sementara itu, kita bisa merebus soun.

Ketujuh, sajikan soto dengan urutan sebagai berikut; soun, suwiran ayam, daun bawang dan seledri, setengah potong telur rebus, lalu siram dengan kuahnya. Lengkapi dengan ketupat jika ada, perkedel kentang dan bawang goreng.

Hmm, yummy…

First Impression dari Suami

Saat kuahnya sudah matang, aroma rempah tercium dengan pekat. Segarnya. Suami sedang asyik menyemen teras rumah ketika aku selesai memasak Soto Banjar.
cita rasa Soto Banjar
Aku kemudian memanggilnya untuk istirahat dan menikmati Soto Banjar Omela buatanku. Kata dia, “Hmm, enak banget. Beda sama soto biasa ya.”

Aku kemudian menunjukkan ke doi kalau ada tambahan Omela Krimer Kental Manis di dalamnya. Aku tanya apakah ada rasa manis-manis krimer yang bikin jadi aneh gitu.

Eh ternyata kata suami, “Nggak ada sama sekali. Justru gurihnya pas banget. Istimewa sekali nih sotonya.”

Aih, senangnya suami suka dengan masakanku kali ini. Btw, resep Soto Banjar Omela ini bakal jadi ide yang oke banget buat temen kongkow yang mau memulai bisnis kuliner.

Bahan-bahannya mudah, cara masaknya juga gampang, tapi punya cita rasa unik berbeda dengan soto kebanyakan. Cobain aja deh.

Berkenalan dengan Omela Krimer Kental Manis

Buat sohib kongkow yang pengen memulai usaha makanan, jangan lupa untuk sediakan Omela Krimer Kental Manis. Ada dua hal spesial yang dimiliki Omela sehingga kita perlu menyediakan produk ini di dapur:
Omela Krimer Kental Manis #GantiCaraMasak
  • Omela memiliki rasa gurih dan lezat sehingga dapat digunakan untuk menambah kenikmatan dalam berbagai jenis minuman, kudapan dan masakan.
  • Omela bisa menjadikan masakan dan minuman jadi lebih luar biasa. Menghadirkan aroma yang lebih menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa.
So, jangan ragu lagi untuk #GantiCaraMasak dengan Omela dan dapatkan pujian berlimpah sepertiku. Happy cooking, pals!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com