header marita’s palace

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Jantung, Tapi Jangan Asal!

manfaat berjemur di pagi hari untuk jantung
Bayine jo lali dijak dede, nduk,” seloroh ibu setiap pagi usai aku melahirkan anak pertama. Artinya, bayinya jangan lupa diajak berjemur. Dulu kupikir berjemur hanya berhubungan dengan kondisi kuning pada bayi usai dilahirkan. Siapa sangka manfaat berjemur di pagi hari untuk jantung dan kesehatan ternyata bejibun, pals.

Apalagi waktu corona sedang tinggi-tingginya, tetiba semua orang jadi doyan berjemur. Konon, virus corona bisa mati kalau kita berlama-lama di bawah sinar matahari.

Usut punya usut, ternyata info itu masih sebatas isapan jempol dan belum ada penelitian resminya, pals. Namun soal berjemur di pagi hari yang banyak manfaatnya memang benar adanya. Terus kok bisa sinar matahari bagus buat jantung? Simak penjelasannya lebih lanjut yuk.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Jantung, Kok Bisa?

Jadi gini, pals. Kesehatan jantung erat kaitannya dengan asupan vitamin D di dalam tubuh. Selain baik untuk jantung, vitamin D juga baik untuk menjaga imunitas, menjaga kesehatan gigi dan tulang serta memperkuat fungsi otot.

Nah, sekarang ini banyak orang yang kurang asupan vitamin D karena terlalu sering berada di dalam rumah. Duduk lama di depan komputer atau rebahan pegang gadget, jleb!

Terus gimana dong biar kita bisa mendapat vitamin D? Selain mengonsumsi suplemen vitamin D yang kini makin mudah didapat di apotek dan toko farmasi, kita bisa meningkatkan jumlah vitamin D di dalam tubuh dengan cara berjemur di pagi hari.

Menurut para ahli nih, dengan rutin berjemur di pagi hari, kita bisa merasakan manfaatnya bagi jantung seperti berikut:
  • Mengurangi Peradangan - Salah satu penyebab penyakit jantung adalah adanya peradangan karena kolesterol tinggi yang menimbulkan plak dan mengiritasi pembuluh darah. Vitamin D yang cukup bisa membantu meminimalisir terjadinya peradangan.
  • Mencegah Kenaikan Tekanan Darah - Hipertensi adalah salah satu penyebab lain dari penyakit jantung karena bisa membuat pembuluh darah arteri di jantung kurang lentur. Vitamin D yang didapat dari berjemur di pagi hari bisa menghambat produksi renin. Saat renin dihambat jumlahnya, tekanan darah bisa dikontrol dan jantung jadi lebih sehat deh.
  • Menjaga Kadar Kolesterol dalam Darah - Kadar kolesterol yang berlebihan menimbulkan plak saat menumpuk terlalu banyak di pembuluh darah. Plak ini membuat jantung jadi kekurangan oksigen. Manfaat berjemur di pagi hari untuk jantung erat hubungannya dengan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.
  • Memelihara Kesehatan Sel jantung dan Pembuluh Darah - Vitamin D mampu membantu mengaktifkan Nitrit Oksida (NO) yang akan melebarkan dinding pembuluh darah dan mengurangi timbulnya plak karena kolesterol. Alhasil, otot jantung jadi lebih kuat deh.
Setelah tahu manfaat berjemur di pagi hari untuk jantung sekeren ini, pasti jadi makin semangat untuk berjemur setiap harinya ya, pals? Namun selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, kira-kira berjemur di pagi hari ada manfaat lainnya nggak ya?

Manfaat Berjemur Lainnya Apa Lagi Ya?

Eits, ternyata ada lo. Selain membantu menyehatkan jantung, berjemur di pagi hari punya banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Mengurangi Stress

Tahu nggak sih, ternyata sinar matahari itu bisa membantu otak menghasilkan hormon serotonin. Hormon ini berfungsi untuk menghasilkan perasaan tenang. Jadi, kalau sohib kongkow sedang merasa banyak tekanan dalam hidup dan kemrungsung, coba deh berjemur di pagi hari. Insya Allah akan terasa perubahan suasana hati, jadi bisa kembali produktif deh.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sering mengalami insomnia, pals? Coba deh berjemur di pagi hari secara rutin. Sinar matahari bisa membantu ritme sirkadian sehingga kita jadi lebih mudah mengantuk saat matahari mulai terbenam.

3. Menyehatkan Tulang

Vitamin D selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, juga punya manfaat untuk menyerap kalsium secara paripurna. Alhasil, tulang jadi lebih kuat dan sehat. Saatnya ucapkan selamat tinggal pada osteoporosis dan radang sendi.

4. Meningkatkan Daya tahan Tubuh

Jadi kalau ada yang bilang berjemur di pagi hari bisa membunuh virus covid-19, itu belum terbukti kebenarannya ya, pals. Namun kalau vitamin D bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, itu benar adanya.

That’s why waktu pandemi lalu banyak yang menyarankan berjemur di pagi hari secara rutin. Sebenarnya bukan untuk mematikan virus coronanya, tapi lebih untuk meningkatkan imunitas tubuh. Karena saat daya tahan tubuh baik, diharapkan kita terhindar dari Covid-19. Gituuh.

5. Mengurangi Resiko Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur ada banyak penyebabnya. Salah satunya bisa terjadi karena infeksi saat kehamilan, karena kekurangan vitamin D. Nah, pas hamil jangan lupa untuk rutin berjemur ya biar asupan vitamin D di dalam tubuh tercukupi.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Rutin berjemur di waktu yang tepat bisa membantu fungsi kognitif meningkat lo. Selain itu juga memicu pertumbuhan syaraf di bagian hipokampus, bagian otak yang berhubungan dengan memori.

Singkatnya, rajin berjemur bisa membantu kita punya daya ingat yang kuat. Sekaligus bisa meminimalisir risiko terjadinya alzheimer.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Selama ini mungkin kita tahunya kalau keseringan terpapar sinar matahari bisa bikin kulit gosong ya? Eits, kalau dilakukan dengan benar, berjemur di pagi hari ternyata berhubungan erat dengan kesehatan kulit lo.

Vitamin D dari sinar matahari bermanfaat untuk melembabkan, menenangkan, menjaga protein kolagen di dalam tubuh sehingga mencegah penuaan dini, dan bisa menjadi tabir surya alami. Wow, banget kan ya?

Namun tentunya manfaat itu hanya bisa didapat kalau temen kongkow berjemur dengan cara yang benar. Mau tahu gimana caranya?

Tips Agar Berjemur di Pagi Hari Bisa Bermanfaat

Nah, biar nggak takut gosong, berikut ini tips berjemur di pagi hari agar manfaatnya bisa optimal kita dapatkan:
  • Berjemurlah Sebelum jam 10 Pagi - Sinar UV di bawah jam 10 pagi masih belum menyengat dan nggak membahayakan kulit. Batas maksimal berjemur adalah jam 9 pagi. Kalau lebih dari itu, ya mohon maaf, bukannya sehat, malah jadi flek hitam nanti, pals, hehe.
  • Jangan Lupa Gunakan Tabir Surya - Nah, ini penting! Meski sinar UV di bawah jam 10 pagi masih cukup aman. Tetap baiknya gunakan tabir surya di wajah dan badan kalian, pals.
  • Cukup 15 Menit Setiap Hari - Nggak perlu lama-lama, 15 menit saja cukup. Karena terlalu lama berjemur malah membahayakan kulit, pals. Mending sebentar-bentar, tapi rutin dilakukan. Oke?
  • Sediakan Minuman - Saat berjemur biasanya kita akan berkeringat. Biar nggak dehidrasi, siapkan satu botol minuman di dekat lokasi berjemur. Jadi sambil berjemur, kita sambil minum air putih juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  • Jangan Diam Saja - Sebenarnya diam saja juga nggak apa-apa. Namun pernah dengar kan pepatah, “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui?” Akan lebih baik sambil berjemur, kita sambil workout tipis-tipis. So, tubuhnya bisa sehat berlipat deh.
Gimana pals, sekarang sudah tahu kan manfaat berjemur di pagi hari untuk jantung dan kesehatan tubuh lainnya? Semoga setelah membaca artikel ini, aku dan temen-temen kongkow nggak mager lagi buat berjemur ya. Salam sehat, pals.***

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Sejak pandemi COVID-19 lalu yang menganjurkan untuk berjemur sebelum jam sepuluh pagi selama beberapa menit jadi punya kebiasaan itu sekarang. Tapi, memang enak ke badan juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete