header marita’s palace

Mencari Bimbel Kedinasan Terbaik? Ini 5 Rahasianya!

bimbel kedinasan terbaik
Persiapan sekolah kedinasan tentu diperlukan bagi sohib kongkow yang berminat untuk melanjutkan pendidikan kedinasan. Untuk itu diperlukan ketelitian dalam memilih bimbel kedinasan terbaik.

Saat ini peminat sekolah kedinasan semakin bertambah. Hal tersebut dikarenakan beberapa sekolah kedinasan menjamin lulusannya bisa langsung bekerja.

Semakin banyak saingan, tentu saja akan lebih baik jika kita membekali diri dengan persiapan terbaik. Salah satunya dengan menemukan bimbel persiapan masuk sekolah kedinasan.

Namun sebelum mencari dan memilih bimbel untuk persiapan masuk sekolah kedinasan, kenalan dulu yuk dengan sekolah kedinasan, syarat masuk dan cara pendaftarannya.

Apa Itu Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan yaitu jenjang pendidikan setara perguruan tinggi yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah. Biasanya sekolah kedinasan mewajibkan siswanya untuk mengenakan seragam, tinggal di asrama dan mematuhi peraturan yang ketat.
Ketika mendengar istilah sekolah kedinasan, sebagian besar masyarakat berpikir bahwa semua lulusan akan langsung mendapat pekerjaan. Namun ternyata tidak semua sekolah kedinasan punya sistem seperti itu lo.

Ada dua jenis sekolah kedinasan, yaitu:
  • Sekolah Ikatan Dinas - Mahasiswa yang diterima biasanya gratis uang kuliah. Setelah lulus kuliah, mahasiswa akan langsung diangkat menjadi pegawai negeri di lembaga pemerintahan.
  • Sekolah Non Ikatan Dinas - Mahasiswa tetap membayar uang kuliah per semester sesuai dengan peraturan yang ada. Setelah lulus kuliah, mahasiswa hanya memperoleh ijazah layaknya mereka yang belajar di PTN ataupun PTS.
Walaupun sebagian besar sekolah kedinasan menyediakan asrama bagi mahasiswanya. Namun beberapa sekolah kedinasan tidak mewajibkan mahasiswa untuk tinggal di asrama, dan mahasiswa diperbolehkan tinggal di kost-kostan atau kontrakan.

Mana Sajakah yang Termasuk Sekolah Kedinasan?

Berikut ini beberapa sekolah kedinasan sesuai informasi yang ada di situs dikdin.bkn.go.id:
  • STIS (Sekolah kedinasan untuk Badan Pusat Statistik)
  • STIN( Sekolah kedinasan untuk Badan Intelijen Negara)
  • STMKG (Sekolah kedinasan untuk Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)
  • Poltek SSN (Sekolah kedinasan untuk Badan Siber dan Sandi Negara)
  • PKN STAN (Sekolah kedinasan untuk Kementerian Keuangan)
  • IPDN (Sekolah kedinasan untuk Kementerian Dalam Negeri)
  • Poltekim (Sekolah kedinasan untuk Kementerian Hukum dan HAM)
  • Poltekip (Sekolah kedinasan untuk Kementerian Hukum dan HAM)
  • STTD dan Politeknik (Sekolah kedinasan untuk Kementerian Perhubungan)
Selain sekolah tinggi, politeknik, dan institut, terdapat pula dua akademi yang berstatus ikatan dinas, yaitu Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol).

Sekolah kedinasan memiliki program studi yang beragam. Ada yang jenjang D1, D2, D3 dan D4. Lama belajar biasanya antara 1 - 4 tahun.

Persyaratan Administrasi Sekolah Kedinasan

Walau sama-sama sekolah kedinasan, tetapi setiap sekolah punya syarat yang berbeda-beda. Namun sebagian besar mensyaratkan dua hal; kesehatan fisik dan kemampuan akademik.

Secara garis besar ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu:
  • Syarat Administrasi - Biasanya berupa dokumen-dokumen yang wajib dilampirkan, seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah atau Surat Keterangan Lulus, Rapor SMA/Sederajat, Pas foto dan dokumen lain sesuai dengan permintaan dari instansi yang akan dilamar.
  • Syarat Umum - Setiap sekolah kedinasan memiliki persyaratan umum yang berbeda. Tiap tahun syarat umum ini juga bisa saja berganti. Untuk informasi lebih jelas, bisa mengunjungi situs sekolah kedinasan tempat sohib kongkow ingin mendaftar.

Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan

Apabila syarat administrasi dan umum telah dipenuhi, kini saatnya mendaftar ke sekolah kedinasan. Berikut ini tata caranya:
  1. Peserta wajib membuat akun SSCN di laman https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Selanjutnya upload dokumen yang tertera pada persyaratan administrasi.
  3. Peserta yang lulus administrasi akan mendapat kode billing untuk melanjutkan ke proses pembayaran pada sekolah kedinasan yang telah dipilih.
  4. Saat pembayaran diterima, peserta akan mendapat file Kartu Ujian yang bisa dicetak.
  5. Proses selanjutnya yaitu tes seleksi tertulis sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan masing-masing instansi, disusul dengan tes wawancara.
  6. Hasil seleksi sekolah kedinasan bisa dilihat melalui website SSCASN DIKDIN
Untuk informasi lebih lanjut mengenai proses dan alur pendaftaran sekolah kedinasan, temen kongkow bisa mengunjungi website masing-masing instansi ya.

5 Tips Memilih Bimbel Kedinasan Terbaik

Dari informasi yang beredar, peminat sekolah kedinasan pada tahun 2022 meningkat pesat. Kuota sekolah kedinasan yang tersedia ada 7080. Sementara pendaftarnya mencapai angka 473.234.
Bayangkan betapa ketatnya seleksinya kan? Apalagi jenis seleksinya nggak main-main, yaitu:
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  • Seleksi Kesehatan
  • Psikotes
  • Tes Kesamaptaan (Tes Fisik)
  • Wawancara
  • Penilaian Panitia Penentu Akhir (Pantukhir)
Bahkan beberapa sekolah kedinasan memiliki tahapan tes yang lebih panjang lo.

Melihat hal tersebut, tentu sekarang temen kongkow sudah tahu kan pentingnya mengikuti program bimbel sekolah kedinasan? Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Adapun beberapa tips yang harus diketahui dalam memilih bimbingan belajar tes sekolah kedinasan yaitu:

1. Terpercaya

Pilihlah bimbingan belajar yang sudah terpercaya. Bukan sekadar sudah bertahun-tahun berdiri, tetapi juga telah terbukti meluluskan banyak siswanya lolos ke sekolah kedinasan. Akan lebih baik jika memiliki lembaga pendidikan di bawah naungan sebuah brand besar.

2. Bisa Belajar dari Mana Saja

Saat ini zaman sudah semakin maju. Kita nggak perlu datang ke lokasi untuk mengikuti bimbingan belajar. Terutama buat sohib kongkow yang berasal dari daerah, carilah tempat persiapan sekolah kedinasan yang bisa diakses secara online.

3. Mentor Berpengalaman

Pastikan bimbel tersebut memiliki tim pengajar yang handal dan berpengalaman dalam memberikan materi terkait persiapan masuk sekolah kedinasan. Cek dulu bagaimana bimbel tersebut merekrut para mentornya, apakah mereka masih mahasiswa dan dipekerjakan secara paruh waktu atau full time mentor dengan pengalaman mumpuni?

4. Fasilitas Lengkap

Memiliki fasilitas unggulan yang bisa menyediakan banyak materi, modul, latihan soal, tryout dan juga video-video pembelajaran dengan konsep fun learning.

5. Tersedia Fitur Free Trial

Ada kalanya temen kongkow ingin mengetahui lebih dahulu apakah cocok dengan sistem belajarnya. Nah, cari bimbingan belajar yang punya fasilitas free trial. Jika sudah cocok, barulah bisa lanjut ke pendaftaran.

Saat ini sudah semakin banyak bimbingan belajar untuk persiapan masuk sekolah kedinasan, tetapi aku sarankan pilih Brain Academy saja deh. Apa alasannya? Lanjutkan bacanya yuk!

Mengapa Memilih Bimbingan Belajar Tes Sekolah Kedinasan dari Brain Academy?

Bimbingan belajar yang merupakan bagian dari Ruangguru ini menghadirkan live teaching dua arah dan simulasi tryout yang khusus dirancang untuk membantu siswa-siswanya lolos ke PKN STAN, Polstat STIS, IPDN, Akpol, serta Akmil.

Di bawah nama besar Ruangguru, tentu Brain Academy telah dirancang sedemikian rupa untuk menghadirkan strategi dan fasilitas terbaik agar temen kongkow bisa lolos seleksi sekolah kedinasan. Berikut ini alasan kuat mengapa kalian harus memilih Brain Academy:

1. Fasilitas Unggulan

Brain Academy menghadirkan beragam fasilitas unggulan yang tidak ditemukan pada bimbel kedinasan lainnya, yaitu:
  • Sesi intensif kelas elite 6x seminggu melalui Google Meet
  • Klinik PR untuk tanya soal secara langsung
  • Forum tanya jawab soal
  • 216+ jam Live Teaching seleksi kedinasan
  • 25.000+ video belajar

2. Kaya dengan Latihan Soal

Agar siswa memahami materi dengan komprehensif dan terbiasa mengerjakan soal-soal, Brain Academy memiliki fasilitas tambahan berupa:
  • 6x tryout khusus kedinasan
  • Pembahasan soal lengkap
  • Modul digital tes akademik kedinasan
  • Modul cetak latihan soal tes sekolahh kedinasan
  • >400rb soal latihan

3. Progress Terpantau

Untuk para orangtua yang ingin memantau kemajuan belajar anaknya, jangan khawatir karena Brain Academy menyediakan:
  • Konsultasi bersama konselor
  • Laporan Belajar
  • Kelas pengembangan diri

4. Belajar bersama Master Teacher berpengalaman

Semua Master Teacher yang ada di Brain Academy merupakan lulusan perguruan tinggi ternama dan memiliki prestasi baik di tingkat nasional ataupun internasional. Dengan latar belakang pendidikan tersebut, mereka tahu bagaimana menyajikan strategi belajar yang asyik, efektif dan menyenangkan. Dijamin deh sohib kongkow jadi lebih mudah memahami materi-materi seleksi sekolah kedinasan.

Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi kan menentukan bimbel kedinasan terbaik? Untuk mendapatkan potongan harga, jangan lupa gunakan kode referral MARITANINGTYAS saat registrasi ya. Semoga lolos di sekolah kedinasan yang kalian inginkan, pals! Selamat berjuang ya.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Sekolah kedinasan itu banyak diburu karena prospek dan kemudahan yang diberikan, tetapi sulit untuk lulus karena banyak tes yang perlu dilewati. Iya, baru ingat kalau sudah menginjak pendaftaran maba. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete