header marita’s palace

6 Tips Perawatan Rambut Rusak Tanpa Biaya Mahal

tips perawatan rambut rusak

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa rambut merupakan mahkotanya bagi semua orang. Hal itu bukan tanpa alasan, karena rambut memiliki peranan penting dalam menunjang penampilan seseorang.

Akan tetapi, tak jarang kita dihadapkan pada permasalahan rambut hingga membuatnya rusak. Ya, terlebih untuk wanita, dimana merekalah yang paling sering mengalami kerusakan rambut.

Sebenarnya ada berbagai faktor yang bisa membuat menjadi rusak, seperti terlalu sering memakai alat pengering rambut, sering menggunakan cat rambut, hingga penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat.

6 Perawatan Rambut Rusak yang Perlu Dicoba

Kabar baiknya, ada beberapa tips perawatan rambut rusak yang bisa dilakukan secara alami lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa minyak zaitun kerap diandalkan untuk perawatan rambut dan kulit kepala secara alami.

Bahkan, jenis minyak yang satu ini juga cukup efektif dalam perawatan rambut rusak. Pasalnya, minyak zaitun mempunyai daya serap ke rambut yang lebih baik sehingga mampu mengurangi jumlah air yang diserap.

Dengan demikian, hal tersebut akan mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian batang rambut. Kondisi batang rambut yang sehat dapat mengurangi streas yang disebabkan oleh rambut.

Alhasil, rambutmu akan terhindar dari berbagai permasalahan. Bukan hanya itu, minyak zaitun juga kaya akan kandungan vitamin E yang berfungsi untuk melembapkan kulit kepaa serta menghaluskan kutikula.

Tentunya hal tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Bahkan, penggunaan minyak zaitun juga dapat membantu untuk perawatan rambut yang bercabang.

2. Pilih Jenis Shampo yang Tepat

Masih banyak yang beranggapan bahwa shampo sebagai produk pembersih rambut saja. Padahal, shampo memiliki fungsi lebih dari itu lho.

Perlu kamu ketahui, shampo merupakan salah satu produk perawatan rambut yang memiliki peran penting terhadap kulit kepala dan akar rambut.

Oleh karena itu, kamu harus memilih produk shampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala. Apabila jenis kulit kepalamu termasuk tipe kering, sebaiknya pilih produk shampo yang memiliki formula aloe vera.

Pasalnya, kandungan tersebut sangat efektif untuk melembapkan kulit kepala dan rambut. Selain itu, disarankan juga bagi kamu untuk memilih shampo yang berlabel “volumizing”.

3. Hati-hati Saat Memakai Pengering Rambut

Apakah kamu sering menggunakan pengering rambut atau hair dryer? Jika iya, mulai saat ini kamu harus lebih hati-hati lagi dalam menggunakannya.

Pasalnya, penggunaan suhu panas yang berlebih dari hair dryer tersebut akan membuat kutikula terangkat sehingga rambut menjadi keropos.

Maka dari itu, tidak disarankan bagi kamu untuk menggunakan hair dryer setiap hari.

Namun, apabila penggunannya memang harus setiap hari, sebaiknya kamu menggunakan serum protektor atau minyak kelapa sebagai alternatif alami.

Dalam hal ini, sebaiknya gunakan hair dryer dengan jarak minimal 15 cm dari rambut.

4. Gunting Rambut yang Bercabang

Tips alami berikutnya yang bisa kamu coba, yakni dengan menggunting atau memotong rambut bercabang secara teratur.

Apabila rambut bercabang tiak dipotong, maka cabangnya akan terus merambat sampai ke bagian batang rambut.

Tentu saja kondisi tersebut akan memperparah kerusakan rambut serta membuat rambut menjadi mudah patah.

Meskipun ada sebagian produk conditioner rambut yang dapat memperbaiki rambut bercabang, namun hasilnya tidak benar-benar memperbaiki struktur rambut secara kesuluruhan.

5. Gunakan Conditioner yang Tepat

Setelah berkeramas, penting bagi kamu untuk menggunakan conditioner. Karena selain melembapkan dan mengkilaukan rambut, conitioner juga memiliki peran penting untuk membuat rambut tetap sehat.

Lebih dari itu, bahkan penggunaan conditioner bisa menggantikan peran minyak rambut terlebih bagi mereka yang memiliki rambut kering.

Masih belum habis, conditioner pun dapat memberikan perlindungan terhadap rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi udara.

Guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan conditioner ketika kondisi rambut dalam keadaan setengah basah.

Apabila rambut terlalu basah, maka akan membuat conditioner menjadi cepat larut dan tercuci sehingga nutrisinya tidak menyerap dengan sempurna ke rambut.

6. Gunakan Masker Rambut

Menurut para pakarnya, menyebutkan bahwa paparan sinar matahari dapat merusak rambut dengan merubah warna serta kandungan protein didalam rambut.

Oleh karenanya, penggunaan masker rambut untuk perawatan rambut rusak merupakan pilihan yang paling tepat.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, menggunakan masker rambut secara rutin juga dapat meminimalisir kerusakan akibat penggunaan hair dryer.

Bukan hanya itu, masker rambut dapat melembapkan serta mencegah kerontokan pada rambut. Ada banyak sekali produk masker rambut yang bisa kamu temui dipasaran, entah itu secara online maupun offline.
manfaat kiwi untuk kesehatan rambut

Berbicara soal produk masker rambut yang berkualitas, Naturally Speaking Slay Kiwi Conditioning Hair Mask menjadi salah satu yang paling recommended.

Nah, itulah beberapa tips alami yang dapat kamu coba untuk perawatan rambut rusak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, pals.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com