Ingin Mencapai Ramadan Ekstra? Lakukan 3 Hal Eksklusif Ini!

  • Sunday, May 13, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 2 Comments



Assalammualaikum warohmatulllahi wabarokatuh.

Lama tak bersua, pals. Padatnya aktivitas di dunia nyata ternyata berujung dengan banyaknya sarang laba-laba di rumah mayaku. Hingga tak terasa ramadan pun telah di ujung mata. Kemudian aku sadar, aku belum banyak mempersiapkan hal-hal penting untuk menyambut bulan penuh kemuliaan tersebut. Padahal ramadan kali ini cukup berbeda dibandingkan dengan ramadan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan bisa aku bilang tahun ini aku bersyukur sekali karena bisa berjumpa dengan ramadan ekstra.

Kenapa ekstra?



Pertama, tahun ini Affan sudah masuk usia ke delapan belas bulan. Setahun lalu, Affan masih enam bulanan,  ia baru bisa tengkurap dan belum seaktif sekarang. Aku masih bisa berpuasa dengan tenang meski sambil menyusuinya. Sedangkan di usianya ke delapan belas bulan ini, Affan sedang sangat aktif-aktifnya mengeksplorasi banyak hal. Rasa ingin tahunya tumbuh begitu pesat. Tenaganya seakan tidak pernah habis. Ia hanya akan berhenti bergerak ketika tertidur. Tentu saja aku harus mempersiapkan energi ekstra untuk menemaninya bermain di bulan ramadan ini. Apalagi aku pun masih menyusui. Hmm, harus benar-benar menyingsingkan lengan baju, emak kudu stroooong.

Kedua, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya mbak Ifa menjelang usia tujuh tahun ini mulai tertarik lebih dalam tentang pernik-pernik puasa. Hampir setiap hari ia bertanya “kapan bulan ramadan mulai, bunda?” Ia juga mulai bertanya kenapa harus puasa, apa gunanya puasa dan sebagainya. Emak kudu mempersiapkan diri dengan berbagai pertanyaan ekstra darinya, agar fitrah-fitrah kebaikan dalam dirinya berkembang sesuai jalurnya.

Ketiga, bulan ramadan bukan berarti kita harus bermalas-malasan. Justru dengan seluruh kemuliaan yang dikandungnya, kita harus menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya agar tidak kehilangan momen-momen spesial yang ada. Banyak kegiatan ekstra yang telah menantiku di bulan ramadan, Kegiatan-kegiatan yang insya Allah membutuhkan energi lebih sekaligus bisa menambah semangat dalam menjalani bulan mulia. Ada Sekolah Ibu, menjadi tim pengajar pesantren kilat di RT, mengikuti pelatihan Gapura Digital hingga jadi bagian dari program ramadan Ibu Profesional Semarang.




Keempat, harga-harga pun semakin ekstra berlebih. Kalau ini sih sepertinya sudah rahasia umum setiap bulan ramadan tiba ya? Harga-harga naik dibanding bulan-bulan biasa. Nggak cuma sembako, tapi juga harga pakaian, alat elektronik dan sebagainya. Apalagi nanti detik-detik menjelang lebaran, di saat banyak orang semakin khusyuk menyiapkan perlengkapan lebaran. Makanya emak pun kudu ekstra hemat dan ekstra tutup mata biar nggak mudah tergiur promo ini itu. Semoga di sela-sela menyiapkan kebutuhan ramadan dan lebaran, aku tetap bisa fokus beribadah.

3 Tips Menjalani Ramadan Ekstra 

Nah, agar aku bisa menjalani ramadan ekstra di tahun ini dengan lancar dan tanpa kendala berarti, di detik-detik terakhir menjelang kedatangannya aku melakukan 3 hal eksklusif berikut.



Satu, mempersiapkan jasmani dan rohani.

Untuk mengimbangi tenaga Affan yang doyan lari ke sana ke mari dan segudang aktivitas ekstra yang menanti, jasmani memang kudu setroong. Aku merasa harus menyiapkan suplemen agar tubuh nggak gampang drop, apalagi Semarang lagi panas-panasnya. Kalau tubuh nggak dijaga, bisa-bisa ambruk di saat ramadan baru separuh jalan.

Namun untuk bisa menjalani kegiatan ekstra di bulan ramadan nggak sekedar butuh tenaga berlebih. Justru persiapan rohani sebenarnya jauh lebih penting. Kalau hanya fokus dalam mempersiapkan jasmani tanpa menyiapkan rohani, bisa jadi fisik tidak kelelahan, tapi jiwa terasa kering. Maka hal utama untuk mempersiapkan rohani yaitu meluruskan niat dalam menjalani ramadan ekstra. Apapun kegiatannya dan selelah apapun aktivitas yang nanti dijalani, insya Allah semua akan mampu dijalani dengan hati riang dan ringan jika semua diniatkan lillahi ta’ala.

Kedua, mengatur jadwal harian sebaik mungkin.

Dengan beberapa agenda ekstra di bulan ramadan, aku harus bisa mengatur jadwal harian sebaik mungkin agar semua berjalan sesuai relnya. Maka setelah meluruskan niat, hal selanjutnya yang aku lakukan yaitu mencatat apa-apa saja yang harus dilakukan di bulan ramadan dan target-target yang ingin aku capai, lalu aku tuangkan dalam bentuk to do list harian yang akan menjadi panduan untukku dalam menjalankan  semua aktivitasku. Diharapkan dengan adanya to do list ini, insya Allah urusan rumah dan anak-anak tetap bisa teratasi dengan baik, kegiatan ekstra pun bisa dijalani dengan lancar tanpa mengurangi kekhusyukan beribadah.

Ketiga, belanja online di Tokopedia

Untuk mengatasi harga-harga yang meroket secara ekstra, sebagai emak aku harus bisa mengontrol manajemen keuangan rumah tangga dengan lebih hati-hati. Jangan sampai ramadan yang harusnya bisa lebih hemat, malah jadi over budget. Dikarenakan aktivitas yang cukup padat, aku biasanya mengoptimalkan waktu dengan berbelanja online. Belanja online bikin aku bisa menghemat waktu lebih banyak, nggak perlu panas-panasan, tetap bisa dapat barang yang aku butuhkan tanpa mengganggu ibadah.




Di antara banyak marketplace yang ada di Indonesia, Tokopedia menjadi salah satu favoritku karena situsnya yang user friendly dan banyak pilihan toko online yang bisa disesuaikan dengan kebuthanku. Berikut ini tips belanja di Tokopedia biar tetap hemat dan cermat di ramadan ekstra:



  1. Intip harga di tiap toko
Salah satu keunggulan Tokopedia karena dia punya banyak pilihan toko online yang berkualitas dan terpercaya. Aku sendiri sudah beberapa kali bertransaksi menggunakan Tokopedia, baik saat membeli ekstra RAM untuk laptopku ataupun untuk membayar tagihan bulanan. Jauh lebih mudah dan cepat, nggak perlu antri. Apalagi ramadan begini, semakin banyak tenaga dan waktu yang dihemat, semakin bisa melakukan aktivitas utama dengan lebih optimal. Dengan banyaknya toko online di Tokopedia, memudahkan kita untuk mencari barang dengan spesifikasi yang kita butuhkan. Biasanya banyak toko menawarkan jenis barang yang sama, kita tinggal pilih harga yang paling sesuai budget.

  1. Pilih produk lokal
Nggak bisa dipungkiri salah satu yang paling banyak diincar saat ramadan, khususnya di hari-hari akhir adalah baju lebaran. Memang nggak ada ketentuan wajib membeli baju baru untuk lebaran. Namun aku sendiri menjadikan momentum lebaran untuk beli baju. Ya, aku jarang banget beli baju baik untuk diri sendiri ataupun anak-anak. Bisa dibilang aku beli baju hampir setahun sekali. Momen lebaran biasanya aku gunakan untuk mencari baju baru menggantikan baju-baju lama yang sudah tak muat, atau tak layak pakai. Untuk urusan baju aku nggak pernah mematok harus pakai merk tertentu. Aku juga lebih suka memilih produk lokal. Selain karena produk lokal sekarang udah semakin bagus, harganya pun jauh lebih cocok di kantongku. Lagipula sekalian membantu produsen lokal agar semakin berkembang.

  1. Cari seller terdekat
Untuk meminimalisir ongkos kirim, aku biasanya memilih penjual atau toko online yang lokasinya dekat denganku. Di Tokopedia kita bisa cari tahu si penjual lokasinya di mana, jadi sebelum memutuskan membeli barang incaran, kita bisa memprediksi berapa ongkirnya.

  1. Suka-suka bayarnya
Nggak punya ATM? Jangan khawatir, Tokopedia punya pilihan metode pembayaran yang komplit. Kita bisa bayar dengan saldo Tokocash atau pun bisa membayar lewat minimarket. Pilih saja yang paling mudah buat kita.

  1. Suka-suka kirimnya
Selain bisa memilih metode pembayaran, di Tokopedia kita juga bisa memilih metode pengiriman yang paling cocok dengan kita. Selain memfasilitasi pengiriman barang  yang bekerja sama dengan agen-agen pengiriman, Tokopedia juga bisa mengirim barang lewat kurir atau ojek online. Dengan variasi metode pengiriman yang ada, kita bisa membandingkan berapa jasa kirim yang paling ekonomis dan cocok untuk kita.

  1. Berburu promo
Salah satu yang paling ditunggu saat ramadan kaitannya dengan urusan belanja yaitu banyaknya promo dan diskon digeber oleh marketplace, tak terkecuali Tokopedia. Nah, di ramadan kali ini Tokopedia mengumpulkan ekstra promo dan diskon dalam satu gelaran yang disebut dengan  Ramadan Ekstra. Wah, gelaran ekstra ini pastinya akan membuat ramadan kita jadi lebih ekstra kerennya.



Aku sempat mengintip ke situs Tokopedia, ternyata ada empat ekstra yang ada di gelaran tersebut; Ekstra Ketupat, Ekstra Flash Sale, Ekstra Kejutan, dan Ekstra Bonus Produk Digital. Hmmm, jadi nggak sabar nih menunggu kejutan-kejutan tersebut. Pasti kalian juga kepo dengan Ramadan Ekstra-nya Tokopedia kan, pals? Siap-siap aja buat mantengin Tokopedia pada 25 Mei 2018 ya!



Aku sih berharapnya akan ada diskon jor-joran untuk urusan fashion. Berhubung baju-baju Affan dan Ifa udah mengecil semua. Bukan cuma untuk urusan baju lebaran, tapi juga baju-baju harian mereka. Apalagi tahun ini Ifa akan masuk ke sekolah baru yang mengharuskan ia memakai gamis setiap hari. Sedangkan gamis-gamis di lemari Ifa sudah cingkrang dan nggak layak pakai. Kalau ada diskon, kan bisa hemat banyak buat nyiapin bajunya anak-anak. Kalau teman-teman nunggu kejutan apa di Ramadan Ekstra Tokopedia? Btw, happy Ramadan for all, semoga sukses dan lancar ya ibadah-ibadahnya. Aamiin.



Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.




You Might Also Like

2 comments

  1. Aamiin...
    Barakallah Mba Iffa dan Affan..
    Semoga puasanya lancar dan sehat selalu ya Mba, kebayang kalo Salsa sudah makin besar nih 😊

    Aku juga nungguin promo toped. Wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Nggak sabar rasanya pengen cepet cepet Ramadan. Tahun ini pengen mulai ngajarin Rara puasa, deh.
    Kalo bisa puasa penuh udah aku janjiin dibelikan gamis di Tokopedia, hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com