7 Trik untuk Memenangkan Flash Blogging Competition

  • Tuesday, November 20, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 0 Comments



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Selamat pagi…. hari libur nan cerah begini lagi asyiknya kumpul bareng keluarga ya? Aku hari ini juga sudah janji sama anak-anak untuk nyemplung together (baca: ciblon alias berenang). Tapi sebelum cuzz ke kolam renang, aku ingat ada hal yang aku mau bagikan ke teman-teman tentang trik untuk memenangkan flash blogging competition.

Beberapa waktu lalu untuk kedua kalinya aku mendapat kesempatan mengikuti flash blogging yang diadakan oleh Kemkominfo. Meski pada kesempatan kali ini, aku tidak beruntung menjadi salah satu pemenang, namun melalui pengamatan yang aku lakukan dari hasil postingan teman-teman pemenang di flash blogging bulan Februari dan November, aku menyimpulkan setidaknya ada 7 trik untuk memenangkan flash blogging competition.


1. Duduk di Lokasi Strategis



Jangan sampai datang terlambat, pals. Kenapa? Biar bisa cari lokasi yang strategis untuk mengambil gambar yang menarik dan tidak terdistraksi saat menerima materi. 

2. Fokus pada Materi



Meski kita punya kewajiban untuk melakukan live tweet, jangan sampai kewajiban ini mengganggu kita menangkap materi yang disampaikan oleh para narasumber. Bahkan untuk beberapa teman, live tweet sering dipakai untuk merangkum materi sebelum nanti ditulis versi panjangnya di blog. Namun ternyata cara ini tidak berlaku untuk semua orang lo. 

Saat flash blogging di bulan Februari, aku mencatat poin-poin di kertas sebelum kembali menuliskannya menjadi artikel utuh di blog. Di flash blogging bulan ini, aku sok-sokan ikutan meringkas materi lewat live tweet, ternyata justru banyak materi yang terlewat. Jadi kayanya merangkum materi sekaligus ngetweet bukan cara yang bisa aku pakai deh. Aku tipe auditori yang kemudian kudu ditulis poin-poinnya secara manual di kertas sebelum dirangkai jadi artikel utuh.

3. Siapkan Infografis dan Video yang Kece



Saat kita hadir ke acara flash blogging, pastinya kita sudah tahu kan nantinnya akan disuruh menulis artikel dengan waktu terbatas. Pastikan untuk pintar-pintar membuat video selama sesi acara. Ngintip di artikel para juara pertama baik bulan Februari dan November, dua-duanya dilengkapi dengan video pas acara. 

Nggak cuma video, artikel para juara pun selalu cantik dengan infografis-infografis yang informatif. So, kayanya perlu latihan dulu bikin infografis yang cantik dalam waktu cepat kalau mau ikut flash blogging competition.


4. Artikel Harus On Point tapi Komplit!



Video dan infografis nggak akan ada artinya jika artikel yang ditulis tidak bisa menyampaikan isi materi secara baik. Membaca tulisan para juara, aku lihat artikel-artikel mereka nggak bertele-tele, langsung on point, tapi juga tetap komplit menjabarkan semua materi yang disampaikan narasumber. Mantuuul!

5. Konsentrasi… Waktu Terbatas!



Setelah punya amunisi materi yang cukup, silakan cari tempat untuk merenung… eh menulis dengan konsentrasi tingkat tinggi. Buat yang nggak bisa nulis di tempat ramai, mungkin bisa minggir ke pojokan atau mlipir dulu ke kamar mandi eh… ke musholla untuk cari inspirasi dan mendapat ketenangan. Waktu terbatas yang diberikan oleh panitia dijamin akan membuat jantung berdegup lebih kencang dan adrenalin naik berkali lipat. Di sinilah tantangan flash blogging bagaikan naik roller coaster.

6. Quick Self Editing



Sebisa mungkin selesaikan artikel sebelum batas waktu ditutup sehingga kita punya kesempatan untuk self editing secara cepat. Kalau perlu bisa minta bantuan teman lain untuk membaca tulisan kita dan menanyakan apakah masih ada typo dan kalimat-kalimat yang perlu diperbaiki. 


7. Share ke Sosial Media



Jangan lupa untuk share postingan kita ke sosial media dengan hashtag yang diminta. Biasanya artikel yang lebih cepat di sosial media juga memiliki peluang menang lebih banyak.

Itulah 7 trik untuk memenangkan flash blogging competition yang coba aku rangkum dari hasil pengamatan setelah dua kali ikut event tersebut. Jika suatu hari ada penambahan trik, akan kubuatkan postingan baru ya. Btw, semoga tahun depan ada kegiatan flash blogging lagi aaah, seru ketemu teman-teman blogger, dapat materi kece plus hiburan yang inspiratif. Kalian yang belum pernah ikutan flash blogging, cobain deh ikutan, pasti ketagihan!



Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



Author:

Menulis tidak hanya sekedar menjadi ajang eksistensi diri, namun terapi bagi diri untuk menjadi lebih sabar, lebih bijak, dan lebih memahami hidup. Lewat tulisan berharap bisa lebih bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Terima kasih telah membaca artikel berjudul 7 Trik untuk Memenangkan Flash Blogging Competition. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, atau menjadikan artikel ini sebagai referensi tulisan, mohon sertakan sumber link asli.

www.maritaningtyas.com

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com