Menu Buka Puasa Skippy Anti Gagal dan Tanpa Ribet

  • Wednesday, May 08, 2019
  • By Marita Ningtyas
  • 3 Comments



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Bagaimana nih puasa hari ketiga teman-teman? Lancar? Alhamdulillah. Beberapa saat setelah azan maghrib, aku dapat nikmat dari Allah untuk istirahat berpuasa. Selama tujuh hari ke depan sepertinya hanya akan fokus menyiapkan sahur dan buka puasa untuk anak dan suami nih. Bulan ramadhan kali ini aku komit untuk selalu memasak dan mengurangi jajan di luar. Bukan karena kesadaran akan makanan rumahan jauh lebih sehat, cuma mau lebih hemat aja, hahaha. Jajan di luar terus lama-lama bokek, pals! Nah, di hari pertama bulan ramadhan yang lalu.. aku menyiapkan menu buka puasa Skippy yang dijamin anti gagal dan tanpa ribet. Mau tahu?

Bulan ramadhan tahun ini cukup spesial karena kak Ifa sudah minta dengan sendirinya mau berpuasa satu hari penuh. Masya Allah, sebagai emak aku harus mendorong dan mendukung motivasi baiknya dong. Salah satunya dengan menyiapkan menu buka puasa yang lezat sebagai apresiasi atas keberhasilannya menahan lapar dan dahaga seharian. Saat menengok bahan-bahan yang ada di dapur, ternyata aku masih punya telur, tepung terigu, tepung maizena, dan Skippy Peanut Butter. Hmm, enaknya diolah jadi apa ya?

Lalu tiba-tiba aku ingat, aku suka banget sama bolu marmer. Kira-kira bisa nggak sih bolu marmer dibuat dengan cara dikukus, soalnya setahuku kan harus dipanggang, tapi aku sudah nggak punya otang alias oven tangkring. Akhirnya keluarin lah aplikasi andalan kalau mood memasak sedang baik. Apakah itu? Apa lagi kalau bukan cookpad! Kuketik deh dengan keyword bolu marmer kukus. Taraaa… ketemu deh.

Karena hari itu aku juga harus nyiapin buka puasa untuk anak-anak yang ikut pesantren kilat di komplek perumahan, aku ajak anak-anak untuk berbelanja kebutuhan biar kak Ifa nggak merasakan lapar dan hausnya. Ku ambil beberapa bahan lain yang dibutuhkan; SP, vanili, susu bubuk sachet, dan cokelat bubuk. Bismillah.. siap eksekusi!

Bolu Marmer Kukus with Skippy Peanut Butter and Dates Topping

Aku bikin bolu marmer kukus ini hasil recook resep dari mbak Endang Susilowati (Uchy). 


Btw, kenapa jadi panjang banget nama menu buka puasa Skippy-ku? Karena kalau bolu marmer kukus saja kan sudah biasa. Nah, aku ingin kasih ada sentuhan ramadhannya gitu. Qodarullah di rumah juga ada kurma. Hmm, kayanya enak nih dikasih topping kurma di atasnya. Tapi sebelum dihias-hias, kita siapkan bahan-bahannya dulu yuk.




  • 1 gelas tepung terigu (aku pakai segitiga biru)
  • 1 gelas gula pasir
  • 4 butir telor
  • 1 sachet mentega 200 gram,dicairkan (aku pakai Blueband, merk favorit dari dulu kala)
  • 1 sdt SP
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sachet susu bubuk dancow full cream (karena nyari yang full cream kosong, aku ganti pakai yang instan)
  • Selai Skippy
  • Kurma
Kalau semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, sekarang kita mulai yuk masak menu buka puasa Skippy untuk keluarga tercinta. Caranya gampil banget kok.

Pertama, masukkan 4 butir telur, 1 gelas gula pasir, sp dan vanili dalam 1 wadah kemudian lakukan proses mixing dengan kecepatan tinggi sampai adonan mengembang dan berwarna putih.

Setelah adonan mengembang dan warnanya menjadi putih, secara bergantian masukkan tepung terigu, 1 sachet susu bubuk dan tepung maizena ke dalam adonan. Kali ini cukup dicampur dengan kecepatan yang rendah.
Ketika adonan telah teraduk dengan rata, masukkan mentega yang telah dicairkan sedikit demi sedikit. Aku dibantu Kak Ifa yang bercita-cita jadi chef dan punya toko kue untuk mencampur mentega ke adonan sampai rata.

Setelah adonan siap, saatnya dituang ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan diberi sedikit taburan tepung terigu agar nanti saat bolunya sudah jadi, tidak menempel di pinggiran atau dasar loyang.

Oya, jangan semua adonan dituang ke loyang ya, pals. Sisakan sedikit saja adonan untuk dicampur dengan dua sdm coklat bubuk, lalu aduk sampai tercampur rata.

Setelah coklatnya menyatu dengan adonan yang tersisa, tuang adonan coklat tersebut di atas adonan yang sudah dimasukkan ke loyang. Hias dengan menggunakan lidi dengan cara diputar-putar. Karena aku nggak punya lidi, aku menggunakan garpu untuk menghasilkan corak abstrak, hehe.

Kini saatnya kita masukan calon bolu marmer kukus ke dalam dandang yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. Hmm, ini saat-saat paling menegangkan. Apalagi buatku ini percobaan pertama. Bismillah, semoga berhasil! Tips yang diberikan mbak Endang sang pemilik resep, sebaiknya tutup dandang diberi alas kain agar air tidak menetes pada kue. Berhubung aku kelupaan menyiapkan serbet bersih, jadi saat itu aku nggak pakai tips ini. Namun alhamdulillah nggak ketetesan air sih kue buatanku.

Kukus adonan bolu marmer tersebut selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, tes kematangan bolu yang kita buat dengan cara menusuknya dengan menggunakan lidi. Jika sudah tidak ada yang menmpel berarti kue sudah matang dan siap dihidangkan. Waktu itu aku extend proses kukusnya 10 menit karena saat tes kematangan, ada beberapa bagian yang masih menempel. Alhamdulillah setelah kurang lebih 40 menit jadi juga bolu marmer kukus pertamaku. Hmm, kayanya sih enak…

Begitu azan maghrib berkumandang, anak-anak sudah nggak sabar untuk menyantap bolu marmer kukus yang kubuat dengan penuh cinta ini. Aku pun juga kepo apakah emak yang suka paranoid ke dapur ini berhasil membuat bolu marmer?

Eits, tunggu dulu… sebelum disantap, aku mau potong-potong dalam bentuk dadu. Kusajikan dengan Skippy dan kurma. Caranya? Gampiiil… Oleskan selai kacang Skippy di atas bolu marmer kukus, lalu sobek-sobek kurma dan letakkan di atasnya. Taraaa… sekarang udah nggak sabar buat nyam-nyam. Dan alhamdulillah… enaaak, saudara-saudara! Nggak usah nunggu sehari sudah ludes bolu marmer kukus buatanku.

 
Biar lebih ada bayangan cara bikinnya, boleh lo tengok dulu video proses pembuatannya di sini:


Tanpa Skippy pun bolu marmer kukusnya sudah lembut dan enak di mulut. Dengan takaran resep seperti di atas, alhamdulillah rasanya nggak kemanisan buatku. Pas! Tapi dengan Skippy, semakin ajib. Pak suami aja lahap banget makannya sambil terus cocol-cocol bolunya dengan selai Skippy. Kata doi selai kacang Skippy ini beda banget dengan merk lain. Selainya lembut dan rasanya kacang bangeeet, tapi nggak eneg.

Alhamdulillah menu buka puasa Skippy di hari pertama bulan Ramadhan berhasil dieksekusi. Jadi semangat untuk bebikinan menu lainnya nih. Kakak Ifa pun sudah request untuk minta dibuatin lagi bolu marmer kukusnya. Ahsiaaap… tunggu weekend, insya Allah kita buat lagi ya, kak.

Kalau teman-teman punya menu spesial apa untuk buka puasa bareng keluarga biar semakin semangat dan seru bulan ramadhannya? Bagi dong, siapa tahu bisa aku contek.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Author:

Menulis tidak hanya sekedar menjadi ajang eksistensi diri, namun terapi bagi diri untuk menjadi lebih sabar, lebih bijak, dan lebih memahami hidup. Lewat tulisan berharap bisa lebih bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Terima kasih telah membaca artikel berjudul Menu Buka Puasa Skippy Anti Gagal dan Tanpa Ribet. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, atau menjadikan artikel ini sebagai referensi tulisan, mohon sertakan sumber link asli.

www.maritaningtyas.com

You Might Also Like

3 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. pengen coba mb, kayaknya gk ribet, tp klo gk punya mixer bisa jd gk :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com