header marita’s palace

List Peralatan Bayi Baru Lahir Wajib Dibeli, Yay or Nay?

Konten [Tampil]
list peralatan bayi baru lahir
Membuat list peralatan bayi baru lahir nampaknya menjadi hal utama ketika menjelang lahiran. Nggak hanya untuk para ibu baru. Bahkan para ibu yang sudah melahirkan lebih dari satu atau dua anak, menjelang lahiran tetap saja diribetkan dengan daftar ini.

Hanya saja bedanya, jika ibu baru biasanya excited beli segala macam perlengkapan bayi. Karena memang kan baju, mainan dan segala hal tentang bayi itu lucu banget. Rasanya kalau ada dana dan tempat buat menyimpannya, pengen dibeli semua ya?

Sedangkan untuk para ibu lama, membuat daftar pembelian perlengkapan bayi biasanya untuk menentukan mana sih barang-barang yang sudah ada di rumah, mana yang harus dibeli lagi. Biasanya jika jarak antara kakak dan adik tidak terlalu jauh, bisa menghemat banyak untuk urusan belanja ini ya.

Bahkan dulu waktu aku lahiran anak kedua pun, belanjaanku jauh lebih sedikit daripada saat persiapan kelahiran si kakak. Padahal jarak antara anak pertama dan kedua lumayan jauh, lima tahunan gitu. Baju-baju si kakak juga rata-rata sudah aku berikan kepada yang membutuhkan.

Alhamdulillah banyak teman yang japri apakah mau menerima beberapa pakaian dari anaknya. Aku sih dengan senang hati menerima. La bayi cepat gede je. Kalau dapat hibahan, kan bisa menekan biaya belanja untuk dialokasikan untuk kebutuhan lainnya, hehe.

Tips Membuat List Peralatan Bayi Wajib Beli

Nah, biar nggak sampai kalap dan beli semua yang ada di depan mata. Penting banget buat para ibu membuat list peralatan bayi yang akan dibeli. Lalu dipikirkan matang-matang, mana sih perlengkapan yang wajib dibeli dan mana yang bisa ditunda atau malah cari tempat sewanya aja.

Biar nggak bingung dalam menentukannya, coba deh pertimbangkan hal-hal berikut ini:
pertimbangan pembelian peralatan bayi

Buat Skala Prioritas

Well, kalau punya uang yang nggak ada seriannya kek Raffi Ahmad, Baim Wong atau Irwansyah sih, belanja keperluan bayi sepertinya nggak perlu mikir ya. Segala kebutuhan dari bayi jebrol sampai nanti dua tahunan langsung dibeli di awal.

Masalahnya kita kan bukan geng sultan seperti mereka. Bahkan sebagian dari kita mungkin memiliki dana yang terbatas. Nah, di sini penting banget buat kita membuat skala prioritas. Mana sih kebutuhan yang wajib tersedia saat si bayi lahir dan mana yang bisa dibeli nanti-nanti sambil jalan.

Kebutuhan Baby atau Keinginan Emaknya Nih?

Selanjutnya yang perlu diperhatikan lagi yaitu apakah perlengkapan tersebut dibeli karena memang benar-benar dibutuhkan oleh si baby, atau karena emak dan bapaknya yang lapar mata?

Ih, baby box -nya lucu… angkut. Ih, baju yang ini gemes banget, padahal buat anak umur dua tahunan, cuzz beli. Ih, bonekanya cute nggak sih, pasti adik bayinya seneng. Etdaah, bayinya waktu baru lahir belum tahu boneka bu, pak, hehe.

Nah, coba sekarang dibaca ulang deh daftar perlengkapan yang akan dibeli, kira-kira ada yang perlu dicoret dari list nggak?

Kualitas Paling Utama

Iya, eike tahu kok namanya emak-emak tuh happy banget lihat barang dengan harga yang murah. Eits, tapi buat anak nggak boleh coba-coba. Perhatikan juga kualitas barangnya, terutama soal pakaian.

Kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif, jika kita asal membelikan pakaian untuk mereka. Kulitnya bisa jadi bermasalah. Jadi jangan hanya tergiur harga yang murah saja ya, parents.

Selain itu memilih produk dengan kualitas bagus akan menjamin keawetannya. Terutama untuk para ibu baru nih, yang berencana punya anak lagi beberapa tahun ke depan. Membeli produk yang bagus artinya bisa sekalian membeli untuk adik-adiknya di masa yang akan datang.

Berburu Diskon Yuk

Hohoy, siapa yang bakal menolak diskon kan? Beruntung sekarang belanja peralatan bayi baru lahir bisa sangat mudah. Banyak marketplace yang sering banget menghujani pelanggannya dengan aneka promo dan diskon. Tinggal kita sebagai customer yang harus pandai-pandai memilih.

List Peralatan Bayi Yay Dibeli

Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, kini saatnya list peralatan bayi harus mulai dipilah. Mana yang yang sekiranya wajib dibeli?
list peralatan bayi wajib beli
  • Pakaian Bayi: Ini sih penting banget ya. Begitu lahir tentu saja si baby butuh pakaian untuk menghangatkan dan menutup auratnya. Sebaiknya beli beberapa jenis pakaian; pakaian berlengan panjang, pakaian lengan pendek, dan pakaian tanpa lengan. Untuk bayi baru lahir sampai usia 3 bulanan, akan lebih aman jika memakai pakaian dengan model kancing. Agar mudah memakaikannya ke si baby. Apalagi untuk para orangtua baru yang mungkin masih takut-takut menggantikan baju ke bayinya.
  • Popok Bayi: Untuk popok bayi ini diserahkan lagi kepada kedua orangtuanya ya. Apakah mau memakai popok sekali pakai, ataukah mau pakai popok kain atau mau pakai clodi? Cuzz silakan didiskusikan. Kalau mau yang ramah lingkungan, popok kain dan clodi tentu saja pilihan terbaik.
  • Selimut Bayi: Bayi terbiasa dalam kondisi yang hangat di dalam rahim, maka agar mendapatkan kehangatan yang sama setelah keluar dari perut sang ibu, diperlukan selimut. Jangan lupa pilih selimut yang tidak berbulu, agar tidak banyak debu yang menempel.
  • Perlengkapan Mandi: Sekarang sudah banyak nih ember kece dengan beragam model. Tinggal dipilih mana yang ternyaman. Jangan lupa pilih produk sabun dan sampo mandi yang terbukti aman untuk bayi ya.
  • Perlengkapan Makan: Kalau bayi baru lahir sih perlengkapan makannya lebih fokus ke botol. Namun bagi ibu yang ingin full menyusui atau takut baby bingung puting, bisa menggunakan pipet atau sendok kecil pada saat ingin melatih bayi minum susu.
  • Perlengkapan Perjalanan: Ini juga penting lo. Nggak mungkin kan bayi di rumah saja. Apalagi di awal-awal kelahirannya, bayi harus beberapa kali kontrol ke dokter untuk dicek kesehatannya. Tentu butuh tas dong untuk membawa perlengkapannya. Jika parents memiliki mobil, mungkin perlu car seat juga.
  • Perlengkapan Menyusui: Ini sih lebih kebutuhan ibunya ya, tapi tetap nanti larinya ke baby juga sih. Bagi ibu yang asinya melimpah, pasti butuh kantong ASI untuk menyimpan ASI yang keluar pada saat tidak diminum oleh bayi.
Oya, penting juga lo untuk memasukkan booster ASI ke dalam list peralatan bayi. Ada banyak booster ASI, namun saranku sih pilih yang aman dan herbal aja. Booster ASI ini bisa meningkatkan produksi ASI sehingga kebutuhan bayi bisa tercukupi.

ASIMOR adalah booster ASI berjenis herbal yang kualitasnya sudah terbukti. ASIMOR. Mengandung daun katuk dan daun torbangun yang bisa menambah kualitas dan kuantitas ASI. Selain itu juga ada Striatin yang dihasilkan dari ikan gabus. Ini bagus banget untuk proses pemulihan luka, baik setelah lahiran sesar ataupun normal.

List Peralatan Bayi Nay Dibeli

Nah, peralatan bayi yang wajib beli sudah kita dapat. Sekarang cari tahu yuk apa saja sih list peralatan bayi yang nggak perlu dibeli banyak-banyak, atau malah nyewa aja?
list sewa peralatan bayi
  • Sarung Tangan dan Kaos Kaki: Ternyata menurut penelitian bayi itu nggak perlu sering-sering dipakaikan sarung tangan dan kaos kaki biar motoriknya lebih optimal. Jadi beli dua item ini nggak perlu banyak-banyak, secukupnya saja. Paling dipakai saat ke luar rumah saja.
  • Bedong: Sama halnya dengan sarung tangan dan kaos kaki, bedong pun nggak butuh banyak-banyak kok. Biasanya dipakai saat bayi akan tidur malam agar lebih nyenyak. Jangan lupa belajar juga cara bedong yang benar agar bayi tidak tersiksa ya. Eh, sekarang sih enak sudah ada bedong instan yang gampang pakainya.
  • Bantal dan Guling Bayi: Dianjurkan oleh para ahli, bayi sebaiknya tidur langsung di kasur datar tanpa ada bantal dan guling. Bahkan dua barang ini banyak menjadi penyebab SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) alias kematian mendadak pada bayi. Biasanya karena saat bayi berguling di atas bantal empuk, saluran nafasnya terhalang.
  • Breast Pump: Buat ibu yang nantinya akan bekerja di luar rumah atau punya produksi ASI melimpah, tentunya membutuhkan breast pump. Namun nggak perlu juga kok beli banyak. Cukup satu. Bahkan kalau mau hemat, bisa kok menyewa. Ada banyak persewaan breast pump sekarang ini. Jadi kita bisa nyobain berbagai breast pump hingga ketemu yang nyaman buat kita. Freezer ASI pun juga bisa sewa lo.
  • Mainan Bayi: Memang sih mainan bayi itu lucu-lucu banget. Namun sebaiknya belilah sesuai usia. Daripada nganggur dan malah jadi sarang debu.
  • Stroller: Alat ini memang membantu banget saat mengajak bayi jalan-jalan pagi atau sore keliling komplek, atau saat ibu harus memasak sementara anaknya nggak mau jauh-jauh dari ibunya. Sayangnya harga stroller ini nggak bisa dibilang murah, apalagi yang kualitasnya bagus. Namun tenang, sekarang sudah banyak kok tempat persewaan stroller. Bisa sewa pekanan atau pun bulanan. Cuzz buat yang dananya terbatas, hunting saja tempat sewa tersebut.
Semoga artikel mengenai list peralatan bayi baru lahir ini membantu buat teman-teman kongkow yang sedang menunggu kelahiran baby-nya ya. Semoga dilancarkan semua proses persalinannya dan sehat-sehat untuk ibu, juga babynya. Sampai jumpa!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Untuk mainan bayi, nay for a while. Nunggu agak gedean aja kali ya coach

    ReplyDelete

Post a Comment