header marita’s palace

Ekosistem Digital blu, 5 Cara Asyik Bikin Nabung Jadi Nagih!

Konten [Tampil]
ekosistem digital blu bikin nabung jadi nagih
Pernah dengar quote seperti ini; “Jangan letakkan telur dalam keranjang yang sama”? Pepatah tersebut sepertinya tepat sekali menggambarkan bagaimana ekosistem digital blu ini dijalankan dengan apik.

Quote yang sering dibagikan saat ngobrolin keuangan itu sudah kudengar jauh-jauh hari. Memiliki arti bahwa sebaiknya jika kita memiliki uang atau modal, jangan diletakkan dalam satu produk saja. Harus dipilah-pilah. Dengan tujuan agar lebih mudah mengelola dan mengontrolnya.

Jika uang kita hanya disimpan dalam satu produk, sementara kita punya target menabung lebih dari satu. Nantinya kita yang akan kebingungan sendiri. Kita nggak bisa memantau pencapaiannya secara real. Tabungan buat renovasi rumah sudah dapat berapa ya, terus tabungan buat beli hosting udah tercapai belum ya.

Puyeng sendiri kan? Apalagi kalau orangnya macam aku yang slebor banget masalah keuangan. Nggak rapi mencatat pengeluaran dan pendapatan. Sukanya semangat mencatat di awal, tapi kendor di tengah jalan.

Sejak tahun lalu saat pandemi mulai menghantam bumi, secara nggak langsung pendapatan sebagai freelancer terdampak banget. Beberapa tawaran menulis dari klien yang biasanya rutin datang tiap bulan mulai berkurang. Semua pihak berusaha bertahan sebaik-baiknya di masa sulit ini.
nabung dalam pos berbeda
Aku typical orang yang nggak suka punya banyak rekening tabungan. Pertama, bingung ngurusnya. Kedua, udah nyaman sama BCA karena selama ini fasilitas m-banking-nya paling oke menurutku. Dulu sekali, saat masih aktif berjualan buku secara online dengan metode arisan, aku pernah punya berbagai rekening dari beberapa bank berbeda. Dikarenakan saat itu mengikuti permintaan customer yang suka minta beberapa jenis bank.

Namun setelah berhenti membuka arisan buku, aku mulai keteteran mengurusi terlalu banyak rekening. Sementara yang sering terisi ya cuma BCA, hihi. Akhirnya rekening yang lain kututup. Rekening BCA kujadikan sebagai lalu lintas uang masuk dan keluar, baik duit yang dikirimin dari suami untuk kebutuhan bulanan, sampai urusan transfer fee dari klien.

Tahun lalu aku mulai merasakan kalau ternyata punya satu rekening itu kurang, pals. Apalagi setelah aku dan suami banyak ngobrol tentang rencana merenovasi rumah, beli mobil dan biaya pendidikan anak-anak.

Ketika anak-anak makin besar, mau nggak mau memang makin banyak yang harus dipikirkan dan dipersiapkan. Aku mulai terpikir untuk membuka beberapa rekening baru untuk mengalokasikan dana dengan tujuan yang berbeda. Tapi ya itu, gimana caranya biar nggak ribet. Kalau saja ada satu aplikasi yang bisa menampung banyak rekening tabungan. Hmm…. ada nggak ya?

Menabung Lebih Mudah dan Nagih dengan Ekosistem Digital blu

Dan…. eng ing eng… kegalauanku terjawab sudah dengan hadirnya aplikasi blu by BCA Digital. Aplikasi ini resmi dirilis di Playstore pada hari Jumat, 2 Juli 2021. Iyesss, masih baru banget, pals.

Awalnya pun aku nggak begitu paham, tapi setelah baca beberapa artikel dan review aplikasi blu dari beberapa teman yang sudah menggunakannya. Langsung berasa ada bohlam bersinar terang di kepalaku, “Ahaa, ini nih produk yang kucari dan kubutuhkan!

Apakah teman-teman kongkow penasaran bagaimana ekosistem digital blu telah mampu mengubahku yang malas buka banyak rekening jadi ketagihan nabung? Yuk, sini kuceritain lebih lengkap. Jangan lupa siapin camilan dan kopinya dulu buat teman baca celotehku ini, pals, hehe.
nabung dengan blu by BCA Digital

Apa Itu blu?

blu adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital. Uniknya, aplikasi blu by BCA Digital ini memiliki desain yang cantik, dan anak muda banget. Sasaran dari blu memang anak-anak milennial yang pengen punya tabungan, tapi malas antri di teller.
Dengan blu, segala transaksi finansial ataupun non finansial bisa dilakukan secara mudah hanya lewat handphone. Cocok buat kaum yang pengen tetap bisa produktif meski sambil rebahan sepertiku, hehe.

Kalau kalian nasabah BCA pasti tahu dong biru adalah warna kebesaran bank ini. Sama halnya dengan blu, biru juga masih digunakan untuk mewakili brand ini. Ya kali nggak nyambung kalau namanya blu, warnanya merah kan, hehe. Hanya saja biru yang ada di blu lebih ke arah tosca, kesannya lebih muda dan energik. 

Sesungguhnya warna birunya si blu jadi salah satu alasan kenapa aku jatuh cinta pada pandangan pertama sama produk keuangan yang baru launching ini. Soalnya aku suka banget warna biru. Karena yang biru, pasti seru, hehe. Remeh banget yaks? Eits, tunggu dulu, selain alasan remeh ini, masih ada alasan-alasan lain kenapa aku jatuh cinta dengan ekosistem digital blu.
 
Namun sebelumnya aku mau menjawab rasa penasaran teman-teman kongkow tentang perbedaan BCA dan BCA Digital. Kepo kan pastinya?
Singkatnya sih, BCA Digital adalah anak perusahaan BCA, bagian dari BCA Group. BCA Digital khusus dibuat untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih optimal dan menyenangkan. Bisa dikatakan ini adalah next-generation bank yang memberikan keleluasaan bagi para nasabahnya dalam mengendalikan keuangan mereka dengan cara yang asyik dan anti ribet.
Disebut sebagai ekosistem digital karena anak perusahaan BCA ini memang benar-benar melakukan pengelolaannya secara digital. Semuanya online, pals. Jadi jangan cari di mana kantor cabangnya BCA Digital, nggak bakal ketemu.

Terus kalau mau buka rekening, konsultasi dan lain-lain gimana dong? Tenang, kan ada haloblu, tim call center handal yang siap melayani nasabah BCA Digital 24 jam dalam 7 hari. Beneran terbukti lo. Kebetulan aku melakukan pembukaan akun blu pada hari Jum’at, 16 Juli 2021, sekitar jam 9 malam gitu. Pas sesi verifikasi yang mengharuskan menghubungi haloblu, ternyata cepat banget koneksinya dan masih dilayani dengan senyuman nan ramah dong.
visi misi bca digital
Hadirnya BCA Digital di tengah masyarakat Indonesia ini bukan tanpa alasan, pals. Menurut data yang didapat dari Temasek, dan Bain & Company pada tahun 2019, sebanyak 92 juta populasi belum pernah mengakses bank dan layanan finansial yang ditawarkan. Disebut sebagai unbanked people.

Mereka ini selain mungkin malas antre, bisa jadi juga punya kesulitan tersendiri mendatangi kantor cabang fisik. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh BCA Digital. Apalagi sejak ada pandemi kan banyak orang buat mikir-mikir antre ke bank kan? Boro-boro ke bank, ke ATM aja mikirnya ratusan kali. Menghindari kerumunan kan ya.

Menyadari bahwa 94% masyarakat Indonesia dengan rentang usia 16-64 tahun sudah punya smartphone, maka diharapkan akan semakin banyak yang terbantu dengan kehadiran BCA Digital melalui ekosistem yang sedang dibangunnya seprofesional dan seaman mungkin.

Target Market, Icon dan Kolaborasi blu

Secara garis besar, pasar yang disasar oleh blu adalah para digital savvy. Yaitu generasi muda yang sehari-harinya nggak bisa lepas dari dunia digital. Menurut bu Lanny Budiati, CEO dari BCA Digital, mengungkapkan bahwa generasi muda ini tidak terpatok pada usia. Namun pada mereka yang memiliki jiwa dan semangat muda. 

Digital savvy yang menjadi sasaran blu dibagi menjadi tiga bagian. Ketiga bagian ini masing-masing diwakili oleh tiga icon blu yang spesial;
  • Benni - mewakili digital savvy yang telah mapan secara finansial. Sudah punya banyak simpanan dan berpikirnya sudah tentang menginvestasikan penghasilannya. Merupakan singkatan dari Berani Investasi. 
  • Lea - mewakili digital savvy yang telah memiliki income cukup secara bulannya. Target mereka biasanya masih berhubungan dengan lifestyle, kongkow ngopi-ngopi cantik dan shopping. Namun tentu nggak boleh lupa menyiapkan tabungan dan dana darurat. Nama panjang si Lea adalah Lebih Kaya.
  • Uta - icon paling muda dari blu ini mewakili the youngest digital savvy. Yaitu anak-anak muda yang masih dependent financially, biasanya anak SMA atau anak kuliah, tapi juga udah mulai aware terhadap cashflow bulanan. Biar uang saku yang dikasih mama papa nggak lenyap dalam sehari dua hari. Si Uta ini mengajak untuk Utamakan Tabungan.
icon blu by bca digital
Seru juga ya tiga icon dari blu ini? Plus filosofinya juga nggak main-main. Lucunya kalau huruf depan ketiga icon ini digabungkan, jadi membentuk kata blu deh.

Meski kalau kata bu Lanny, blu nggak punya singkatan khusus. Dibuat seperti itu biar gampang ingat dan tetap punya unsur biru sebagai bagian dari BCA Group. Terus kenapa ya kok blu harus ditulis dengan huruf kecil semua?

Masih menurut bu Lanny, hal tersebut sebagai bentuk rasa humble dari blu yang ingin senantiasa jadi bagian terdekat dari sobatblu. Dengan mengedepankan kerendahhatian, diharapkan blu akan selalu mampu mendengar keinginan dan kebutuhan sobatblu untuk progress yang lebih baik. 

Nggak hanya iconnya yang kece dan filosofis, walaupun baru saja dilahirkan, blu sudah langsung berkolaborasi dengan beberapa pihak yang sama kecenya lo. Yuk tengok, dengan siapa saja ya blu berkolaborasi?

1. Blibli

Bertagline Teman Tapi Menguntungkan, kolaborasi eksklusif Blibli dan blu bisa digunakan mulai 22 Juli 2021. Caranya gampang, buat para pengguna Blibli, tinggal buka menu blu di aplikasi Blibli, terus cuzz buat akun blu di sana deh. Kalau udah, cuzz top up saldo blu minimal Rp500.000 dan dapatkan cashback 100%. Uenak to? 
blibli exclusive partner blu
Nggak hanya itu, buat yang udah punya akun blu, setiap belanja selama parade ultah Blibli yang ke-10, berkesempatan juga untuk dapat diskon 50% jika bayarnya pakai saldo blu. Duh, jiwa belanjaku langsung menggelora nih, pals

Dua  brand yang sama-sama menggunakan biru sebagai color branding-nya ini kompak mengatakan "Yang Biru Pasti Seru!" Aaah, sejiwa banget sama aku deh, hehe.

2. EcoRanger

Salah satu misi blu adalah menjadi Impact Oriented Tecnology, oleh karenanya tak hanya fokus pada pelayanan dan fitur-fitur digital banking. blu juga ingin menunjukkan dampak positif lewat apa yang bisa dilakukannya dalam menjamin keberlanjutan bumi sebagai rumah kita bersama.

Misi tersebut dituangkan lewat Corporate Sustainability Initiative. Untuk menunjukkan keseriusannya, begitu blu rilis, misi sosial itu juga langsung berjalan dong. Mengusung nama #blubuatbaik, blu bekerjasama dengan kitabisa.com dan Greeneration Foundation. 
misi #blubuatbaik
#blubuatbaik diluncurkan untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan sampah plastik. Saat ini baru difokuskan pada program Eco Ranger di daerah Kabupaten Banyuwangi.  Tidak menutup kemungkinan, ke depannya akan ada lebih banyak wilayah yang menjadi target kegiatan ini. 

Di setiap rekening blu yang dibuka, secara otomatis kita sudah mendukung program ini sebesar Rp1000,-. Kalau mau nambahin donasi gimana? Bisa banget. Cuzz aja ke kitabisa.com/blubuatbaikTwo thumbs up banget deh. Nggak cuma bikin ketagihan nabung, masih diajak cinta lingkungan pula!

3. Yura Yunita

Sudah pernah denger jingle-nya blu? Dijamin deh, sekalinya dengerin, langsung pengen goyang saking easy listeningnya. Kata-katanya juga mudah diingat dan langsung nancep di ingatan. Yura Yunita yang didapuk untuk menulis dan menyanyikan jingle ini, menceritakan bahwa liriknya terinspirasi dari anak-anak muda yang BM (banyak maunya).
Sering punya banyak wacana dan rencana, tapi nggak segera jalan. Makanya jingle ini mengajak semuanya untuk #YangPentingLakuin. Kalau cuma sekadar angan dan rencana, kapan dong bakal  tercapainya, iyakan? Bersama blu dan Yura Yunita, kita diajak untuk mulai langkahmu! Mulai dari mana, mulai dari bikin blu dong, hehe. 

Oh ya, katanya nih ntar tanggal 17 Agustus 2021, bakal ada musical performance dari Yura Yunita berkolaborasi dengan blu. Wah, nggak sabar sih pengen liat konsernya. Ada yang fans Yura nggak di sini?

Keunggulan dan Manfaat Aplikasi blu by BCA Digital

Selain warna birunya yang cantik, sekarang saatnya teman-teman kongkow bakal aku bisikin kenapa aku langsung jatuh cinta dengan aplikasi mobile bankingnya BCA Digital ini. Sebagai orang yang malas ribet dan nggak suka install banyak aplikasi di smartphone, blu ini memahami kebutuhanku dengan sangat baik.
review aplikasi blu
Ketemu aplikasi yang punya tagline #blubuatbaik ini kek ketemu cowok yang tanpa kita ngomong, udah kasih semua yang kita perlukan gitu deh, pals. Berasa menemukan soulmate di bidang keuangan. Gimana nggak jatuh cinta kalau;
  • Buka akun blu dan bertransaksi dengannya nggak perlu datang ke kantor fisik. Semua cukup online dari HP, bisa dilakukan 24/ 7. Semua dalam genggaman. Dini hari lagi gabut, tiba-tiba pengen nabung, cuzz bisa!
  • Dalam satu akun blu, kita bisa punya 10 rekening berbeda. Pas banget buatku yang lagi pengen memisahkan uang yang kupunya di beberapa pos, tanpa harus ribet buka rekening-rekening baru.
  • Bebas dari segala biaya tambahan; bebas biaya tarik tunai di ATM BCA, bebas biaya transfer ke BCA, bebas biaya transfer dari BCA Mobile, bahkan bebas biaya transfer ke bank lain ataupun top up GoPay dan OVO. Hanya saja khusus yang terakhir ini, kuotanya hanya 20 kali saja dalam dua bulan sejak pembukaan rekening. Setelah 2 bulan, tetap bisa kok menikmati fitur ini jika saldo kita minimal Rp1juta rupiah tiap bulannya.
  • Laporan cashflow di aplikasi blu ini disajikan dalam tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Jadi rajin buka aplikasinya terus tiap hari, hehe. Udah gitu ada avatarnya yang gemesin banget.
Selain poin-poin di atas, teman-teman kongkow juga perlu tahu 4 fitur utama yang bisa kita manfaatkan dari blu:

bluAccount

bluAccount adalah rekening utama saat kita telah sukses menjadi sobatblu. Lucu ya sebutan buat nasabah blu? Berasa intimate gitu. Nah bluAccount ini akan jadi rekening aktif yang bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi, seperti transfer ke rekening BCA, transfer ke rekening bank lain, top up GoPay atau OVO, bayar segala macam tagihan, dll.
keistimewaan bluAccount
Oya, keseruan lain dari #blubuatbaik adalah ia punya fitur reminder buat tagihan-tagihan yang sudah kita setting sebagai transaksi favorit. Jadi nanti pada tanggal yang sudah kita atur, akan ada notifikasi pengingat kalau harus bayar atau beli sesuatu. Baiknya ya, bener-bener berasa punya sahabat setia.

Mungkin teman-teman kongkow bertanya-tanya, kan blu adalah produk cardless alias nggak ada kartu ATM-nya, terus kalau mau tarik tunai gimana dong? Jangan khawatir, blu punya fitur tarik tunai tanpa kartu. Kita bisa melakukannya di seluruh ATM BCA dan bebas biaya lo.

Fitur laporan dari blu super lengkap dan bahkan bisa membantu banget kalau kita mau laporan pajak tiap tahunnya. Laporannya juga bisa diunduh lo.

bluSaving

Nah, ini nih yang paling bikin cintaaa banget sama blu! bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount. Kita bisa punya 10 bluSaving dalam 1 bluAccount. Asyiknya, kita bisa mengatur masing-masing tabungan sesuai dengan tujuan kita. 
Contohnya, aku bakal membuat bluSaving dengan tujuan berbeda-beda:
  • Blogspedia - tabungan khusus perawatan blog (beli domain, hosting dan fee tim penulis Blogspedia Group). Kalau nggak disendirikan dan dipersiapkan secara khusus, bisa bahaya, pals. Ujug-ujug harus perpanjangan hosting atau domain yang punya waktu berdekatan, bisa jantungan, hehe.
  • Dream House - tabungan yang kutujukan untuk proses renovasi rumah. Butuh kamar tambahan untuk Affan yang mulai besar dan juga memperbaiki atap yang mulai banyak dimakan rayap nih.
  • Sheep - tabungan untuk persiapan Idul Adha tahun depan. Bismillah biar bisa ikutan kurban.
  • Umroh & Haji - umat muslim mana sih yang nggak kepengen ke tanah suci? Aku pun pengen banget. Namun sampai detik ini masih sekadar impian. Biar impian bisa segera direalisasikan, harus ada aksi nyatanya. Kuy, sebelum buka tabungan khusus haji, disimpan di sini dulu biar gampang trackingnya.
  • Gerobak Impian - punya mobil adalah salah satu goal terdekat setelah renovasi rumah dilakukan. Biar semangat nabungnya, dibikinin bluSaving sendiri aja.
  • EduForKids - selama ini buat sekolahnya anak-anak aku dan suami masih pakai prinsip pas butuh pas ada. Pas jatahnya bayar iuran tahunan, eh pas suami dapat bayaran proyek atau aku menang lomba blog. Kalau anaknya masih satu sih, masih aman-aman aja ya. Tapi begitu anak udah dua, kok mulai was-was kalau nggak punya tabungan khusus pendidikan.
  • Let’s Travel - pengen banget bisa mengajak anak-anak mengenal kota-kota yang ada di Indonesia, syukur-syukur bisa ke negara lain juga. Sayangnya selama ini kita pakai dana seadanya buat jalan-jalan. Belajar dari obrolan dengan beberapa teman yang demen wisata, dana jalan-jalan ini harusnya ada posnya tersendiri. Yuk lah, diwadahin sendiri!
  • Emergency - aku baru sadar saat masa pandemi betapa pentingnya memiliki dana darurat. bluSaving memudahkanku untuk membuat pos khusus. Hurray.
  • Masa Tua - sebagai seorang freelancer yang bersuamikan karyawan kantoran biasa, bukan ASN, jelas kami perlu menyiapkan tabungan untuk masa tua. Biar nantinya nggak perlu ngrepotin anak cucu. Tetap bisa hidup dengan layak dan nyaman.
Saat ini sih bluSaving yang terealisasi baru Blogspedia, karena belum kuisi saldo lagi, hehe. Rencananya nanti kalau dapat fee nulis dan laba jualan buku ataupun kerudung, aku bakal langsung transferin ke blu dan taruh di pos-pos yang sudah kubuat. Nggak cuma gampang buatnya, bluSaving juga menawarkan suku bunga kompetitif sehingga kita bisa lebih cepat mencapai goal masing-masing pos tabungan.

Selain itu ada fitur auto debit yang bikin kita jadi lebih komitmen nabung dengan durasi yang sudah kita atur. Gara-gara blu yang anti ribet, aku jadi ketagihan nabung tiap harinya nih, pals.

bluGether

Punya komunitas atau gank yang pengen mewujudkan impian bersama? Misal, mau patungan bikin usaha bareng gitu? Atau mungkin mau nabung bareng pasangan? Bisa juga nih jadi cara bikin tabungan keluarga besar buat merealisasi piknik tahunan bareng. bluGether adalah jawaban buat hal-hal tersebut.

Dengan bluGether kita bisa punya rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara. Terus kita bisa mengundang teman sebagai Member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether biar lebih transparan.
apa itu bluGether
Creator adalah sebutan bagi pemilik rekening bluGether. Dalam satu rekening, Creator bisa mengundang maksimal 24 Member. Cuma Creator yang bisa menghapus Memper dan melakukan penarikan dana.

Yang disebut Member yaitu nasabah blu yang setuju bergabung dalam bluGether milik Creator. Untuk bisa jadi Member di sebuah rekening bluGether, kita harus dapat invitation dulu dari Creator. Member bisa melakukan penambahan dana, melihat saldo dan mutasi transaksi, serta mendapatkan notifikasi apabila Creator melakukan penarikan dana dari rekening bluGether.

bluGether adalah cara asyik nabung bareng sahabat, pasangan dan keluarga. Pastinya jadi lebih semangat karena bisa mencapai tujuan lebih cepat kan?

bluDeposit

Mau punya deposito yang nggak pakai ribet? bluDeposit aja!

bluDeposit adalah produk deposito berjangka yang suku bunganya lebih tinggi dibanding bluSaving. Kita bisa membuka deposito secara praktis lewat aplikasi blu dengan minimal saldo Rp10.000.000. Kita juga bisa melakukan penarikan dana bluDeposit sebelum jatuh tempo (SBJT), tetapi kita nggak dapat bunga ya kalau melakukan hal ini.
keunggulan bluDeposit
Keuntungan lain dari produk ini yaitu menyediakan E-Bilyet, bisa pilih tenor mulai dari 1 sampai 12 bulan, bisa menentukan sendiri nama bluDeposit, bisa top-up saldo sampai dengan H+6 dari tanggal pembukaan bluDeposit dan bersifat Non-ARO. Kita juga akan diberikan notifikasi untuk perpanjangan.

Nah, setelah tahu keunggulan dan manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi blu by BCA Digital, kurasa teman-teman kongkow juga pasti pengen segera buka akun dari si biru unyu-unyu ini kan? Yuk, cari tahu caranya!

Cara Download Aplikasi blu dan Pembukaan Rekening

Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum kalian mengunduh dan melakukan pembukaan rekening yaitu;
  • Pastikan teman-teman kongkow adalah WNI yang berusia minimal 17 tahun, mempunyai E-KTP, dan tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain.
  • Siapin E-KTP, NPWP (Opsional) dan pastikan ada di ruangan yang terang saat melakukan verifikasi data lewat video call bersama haloblu.
  • Buat kalian yang tinggal di luar negeri dan pengen buka bluAccount, tetep bisa kok, selama punya E-KTP, dan punya nomor handphone Indonesia yang gunanya mengaktifkan roaming untuk SMS OTP.
  • Handphone harus punya spesifikasi minimal Android 5.0 ke atas, atau iOS 12.4 ke atas. Selain itu, ya maaf, cuzz beli HP baru dulu gih, hehe.
  • Buat nasabah BCA, saat pendaftaran bisa memilih opsi "Saya Nasabah BCA" saat melakukan pembukaan rekening blu untuk kemudahan penarikan data pekerjaan dan alamat domisili. Siapkan nomor ATM BCA dan nomor HP yang didaftarkan untuk e-banking.
  • Buat yang non nasabah BCA, tetap masih bisa kok download dan buka bluAccount.
download aplikasi blu by BCA Digital

1. Download dan Install

Setelah semuanya siap, yuk kita mulai proses download aplikasi blu. Biar gampang unduhnya, bisa klik di;
Sudah selesai unduhnya, cuzz langsung diinstal ya, pals.

2. Mulai Melangkah Bersama blu

Kalau sudah selesai proses instalasinya, buka aplikasinya dan cuzz langsung kita awali dengan klik “Yuk Mulai!” Lalu lanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya:
step 1 membuat bluAccount
  • Masukkan no handphone, email, dan kode referral kalau ada.
  • Siapkan E-KTP buat difoto. Jangan takut kalau E-KTP kalian bluthuk, karena punyaku pun sudah mulai nggak jelas datanya, alhamdulillah masih bisa dipakai kok. Yang penting gambarnya jelas.
step 2 membuat bluAccount
  • Lakukan selfie. Sebelumnya lepas dulu kacamata, masker dan topi.
  • Jika punya NPWP, bisa foto juga NPWPnya. Kalau aku nggak pakai NPWP sih. Jadi cuzz lanjut aja.
  • Pilih opsi yang paling cocok dengan kalian; Saya Nasabah BCA atau Saya Bukan Nasabah BCA.
step 3 membuat bluAccount
  • Jika pilih ‘Saya Nasabah BCA’, kita akan diminta verifikasi. Jika setuju, kita akan diminta memasukkan nomor ATM dan nomor HP yang teregistrasi e-banking. Akan ada OTP yang dikirimkan ke HP.
cara membuat bluAccount step 4
  • Masukkan alamat domisili, jika sama dengan alamat KTP tinggal dicentang saja. Lalu lanjut isi data-data yang diperlukan. Setelah semua data terisi, konfirmasi dengan klik ‘Data Saya Sudah Benar.’
membuat bluAccount step 5
  • Langkah terakhir yaitu melakukan verifikasi data dengan cara menghubungi haloblu. Siapkan E-KTP dan koneksi internet yang lancar. Proses verifikasi data ini bisa dilakukan setiap hari dari jam 06.00 - 22.00.
step 6 cara buat bluAccount
Setelah semua langkah di atas dilakukan dengan benar, bluAccount teman-teman kongkow sudah siap digunakan. Selamat menjelajah fitur-fitur aplikasi blu yang super keren, pals.

Review Jujur Aplikasi blu

Akhirnya tibalah di bagian terakhir dari review aplikasi blu. Seperti yang sudah aku janjikan, aku bakal kasih tahu 5 hal asyik yang bikin aku ketagihan nabung pakai blu. Apa sajakah itu?

1. Bikin Happy

Aku jadi bisa memisahkan danaku dengan tujuan berbeda tanpa ribet. Cukup punya satu akun untuk 10 jenis tabungan berbeda. Selain itu blu juga punya bluRewards yang bikin aku tambah happy. Dengan bluRewards, aku jadi bebas bertransaksi tanpa biaya.

Selama 2 bulan pertama, sebagai sobatblu baru, aku otomatis dapat bluRewards yang bisa kugunakan untuk 20x transfer ke bank lain atau top up e-money tanpa biaya, dan bebas biaya transfer dari atau ke BCA tanpa batas.

2. Lebih Pintar

Ekosistem digital blu memang luar biasa. Meski umurnya masih unyu-unyu, tapi sudah dijalankan dengan sangat profesional dan tertata. Segala kebutuhan data terkait cash flow bisa di-tracking dengan mudah dan sistematis.

Aplikasinya juga dibuat dengan sangat user friendly. Baru pertama kali pegang pun bisa langsung paham harus ngapain aja. Aku suka dengan desain avatarnya yang gemesin saat pertama kali membuka rekening. Saat rekening sudah dibuka, kita juga bisa kasih foto profil.

Selain itu aplikasi blu bisa dibuka dengan menggunakan fingerprint. Jadi lebih aman dan buat aku yang suka lupa sama password, nggak perlu takut salah input password deh.

3. Tanpa Jarak

Kalau protokol kesehatan di masa pandemi sih kita kudu jaga jarak, tapi dengan blu semuanya jadi nggak punya jarak. Mau melakukan transaksi apapun, semua ada dalam genggaman. Bahkan mau patungan nabung bareng saudara, sahabat, pasangan ataupun keluarga besar juga bisa.
review jujur aplikasi blu by BCA digital

4. Selalu Sigap

Layanan dari haloblu selalu satisfying dan nggak pernah ghosting. Layanan haloblu selalu ada setiap saat, saat kita sedang mengalami kendala, ataupun saat kita sedang ceria.

Haloblu tersedia dalam berbagai saluran komunikasi:
  • Telepon: 1500668
  • Twitter: @haloblu
  • Email haloblu: haloblu@bcadigital.co.id.
Soon, haloblu juga bakal bisa diakses lewat whatsapp juga lo, pals

5. Saling Jaga

Aplikasi dari BCA Digital ini bener-bener mampu menjaga hati dan kepercayaan para sobatblu. Seluruh rangkuman portofolio keuangan yang kita butuhkan bisa dipantau lewat aplikasi blu/ Ada 3 jenis laporan keuangan yang disediakan, yaitu;
  • Laporan Portofolio,
  • E-Statement,
  • Data Pendukung SPT.
Laporan Portofolio dan E-Statement bulanan bisa diunduh setiap awal bulan (tanggal 1), dan catatannya tersimpan dalam rentang waktu 2 tahun. E-Statement tersedia per rekening bluAccount, bluSaving, bluGether.

Sementara itu, Laporan Pendukung SPT tersedia setiap tanggal 4 Januari berisikan laporan bunga dan pajak dari semua rekening blu yang kita miliki.

Selain fitur laporan, blu juga menjaga kepercayaan kita dengan adanya fungsi filter. Fungsi ini memudahkan kita untuk mensortir suatu transaksi berdasarkan waktu, tipe, dan fitur yang digunakan. Jadi nggak perlu repot scroll panjang ke bawah.

Nggak ketinggalan ada menu tracker yang membantu kita melakukan pengawasan cashflow bulanan finansial. Buat aku yang malas ribet mencatat pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya, aku sungguh terbantu sekali dengan adanya fungsi tracker di blu.
download blu by bca digital
Nah, sekarang sudah terjawab kan semua hal yang teman-teman kongkow pengen tahu tentang blu? Kalau masih ada pertanyaan lebih lanjut tentang aplikasi kece ini, cuzz bisa baca-baca artikel di website official dan ikuti semua media sosialnya:

Website: https://blubybcadigital.id/
Instagram: @blubybcadigital
Twitter: @blubybcadigital
Facebook: Blu by BCA Digital
Tiktok: @blubybcadigital
YouTube: Blu by BCA Digital

blu masih akan terus dikembangkan oleh BCA Digital. Aku sih nggak sabar banget buat menanti kejutan-kejutan baru dari blu. Selama jadi nasabah BCA, aku selalu terpuaskan sih dengan pelayanannya. Jadi aku yakin blu juga bakal sama kerennya dengan si kakak sulung. 

Denger-denger sih, program terdekatnya nih, sobatblu bisa request nomor rekening cantik. Jadi kita bisa personalized nomor rekening kita sendiri. Asyik banget nggak sih? Dah lah, nggak ada ruginya punya blu. Oya, buat yang baru mau pakai blu, jangan lupa pakai kode referralku ya. Masukin kode MARITIROP saat proses pendaftaran. 

Demikianlah review jujur aplikasi blu yang kususun dengan sepenuh hati. Semoga bisa memberikan bayangan kepada teman-teman kongkow tentang ekosistem digital blu yang kece beud. Cuzz lah buat yang pengen ketagihan nabung tanpa ribet, segera download aplikasi blu dan rasakan manfaat yang sudah kurasakan. Happy saving, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

16 comments

  1. Baru ini saya baca quotes nya heheh

    ReplyDelete
  2. Blu itu ternyata mewakili 3 orang anak muda y mbak. Baru tahu aku. Tadinya aku mau ke bca nya cum karena ga ada kntornya ga jadi deh. Langsung install aja ah

    ReplyDelete
  3. Top banget yah inovasi dari BCA Digital nih, cocok buat kaum rebahan. Sebagai rumah tangga sy pake app blu untuk mengelola tabungan

    ReplyDelete
  4. Bagus banget ya app nya. Bakal rajin nabung nih

    ReplyDelete
  5. Samaaa nih mbaa, jadi butuh bagi-bagi pos buat ini itu. dan ngga mungkin cukup disimpan dalam satu rekening. takut kepake semua. Untung ada bluSaving kan ya..

    ReplyDelete
  6. Selalu lengkap Mbak Marita ngulasnya, mantaaap 😍
    Jd penasaran nih sama blu hehee

    ReplyDelete
  7. Cocok nih buat aku yang kurang bisa banget memanaje keuangan keluarga, hihi..

    ReplyDelete
  8. Wih BCA bisa banget merangkul anak muda buat nabung tanpa pake ribet. Keren sekali nih digital blu. Then, ulasan Coach Marita always lengkap, informasinya full. Daebak.

    ReplyDelete
  9. Mbak Marita kalau nulis pasti detail sekali. Akupun sebenernya masih naro di keranjang telu r yang sama huhu. tapi udah mulai teprisah sih mana yang saving dan spending. keren ya Blu ini

    ReplyDelete
  10. Aku juga nihh mbaa pake blusaving. Pengen deposit tapi lhaa kok minimal 10jt wakakaka. Ga sanggup masihan. Tapi nanti pengennya ikut deposit jg kalo ada rezeki, hihi

    ReplyDelete
  11. wahbisa 10 rekening? perlu dicoba ini. Soalnya kadang pengin nyisihin duit buat bayar hosting tahun depan, tapi selalu saja kepakai karena rekeningnya cuman 1.

    ReplyDelete
  12. Wah mbak kok kita karakternya mirip ya hahahaa


    Aku juga agak males2an suruh instal aplikasi hehhe .pengennya satu untuk semua hahahaha

    Btw blu ini ternyata bisa ya bagi mereka yg bukan nasabah bca ..yeay!

    Hejee jadi g perlu buka tabungan lagi 🙈

    Praktis emang deh no ribet-ribet club
    I love blue too. Hihi

    ReplyDelete
  13. Waow ada karakternya segala ya Mbak keren banget ini sih. Belum download coba mau pelajari dulu. Suwun mbak

    ReplyDelete
  14. Dini hari lagi gabut pengen nabung bisa langsung cuss kalau pakai aplikasi blu. Wah asik banget.

    Bahkan ada icon tersendiri yang mewakili penggunanya, seperti Uta, Lea, Benni. Mudah diingat banget pula.

    ReplyDelete
  15. Wah, jadi asik nih kalau mau bikin money jar, mau bikin ah, makasih mbak udah nulis panjang banget gini.

    ReplyDelete
  16. Aku yang selalu malas ke bank dan antri cuma buat buka rekening kayaknya cocok sama ini deh. Apalagi pandemi gini tuh tetep aja bank rame sama orang-orang :")

    ReplyDelete

Post a Comment