header marita’s palace

Dzikir Agar Diterima Kerja Optimalkan Ikhtiar dan Tawakal

Konten [Tampil]
Dzikir Agar Diterima Kerja Optimalkan Ikhtiar dan Tawakal
Dzikir agar diterima kerja bisa menjadi jurus pamungkas buat teman-teman kongkow yang merasa semua jalan terasa buntu. Masa-masa sekarang memang terasa sulit bagi hampir sebagian besar umat manusia. PPKM terus diperpanjang, banyak perusahaan terpaksa tutup dan merumahkan banyak karyawan.

Sementara biaya hidup tidak bisa dihindari. Masih bisa makan tanpa terlilit hutang adalah sebuah kondisi yang patut disyukuri. Bagi teman-teman kongkow yang saat ini sedang bergelut dengan momen-momen mencari kerja, baik untuk yang fresh graduates ataupun yang harus mencari pekerjaan baru dikarenakan terdampak pandemi. Semoga Allah mudahkan dan lancarkan semua urusannya, ya pals.

Sebagai bentuk dukungan, kali ini aku ingin berbagi 5 tips agar cepat diterima kerja. Semoga bisa memberikan manfaat ya, pals.

5 Tips Agar Cepat Diterima Kerja

Urusan rezeki memang sudah ada yang mengatur, tetapi bukan berarti kita diam saja tanpa ada usaha. Pasrah dalam Islam maknanya adalah aktif bergerak. Bukan sekadar menunggu bintang jatuh dari langit.

Allah tidak meminta kita sukses, namun Allah ingin melihat bagaimana usaha kita untuk meraih kesuksesan. Oleh karenanya, bagi orang beriman tidak ada jalan yang buntu. Karena jika yakin Allah bersama kita, tidak akan pernah ada kebuntuan. Allah akan selalu memberi jalan keluar selama kita tidak berhenti berusaha.

Nah, kalau sudah berusaha kirim banyak surat lamaran tapi nggak ada respon, gimana dong? Atau sudah beberapa kali ikut interview kerja, tapi nggak pernah sekalipun diterima, what should I do, kakak?

Dari pengalaman yang pernah kulewati saat dulu masih jadi job hunter, 5 hal ini bisa jadi bahan instropeksi ketika kita tak segera mendapat kerja:
tips agar diterima kerja dan lolos interview

1. Jangan Kirim 1 Surat Lamaran untuk Berbagai Lowongan Pekerjaan

Siapa yang suka membuat satu jenis surat lamaran kerja untuk berbagai jenis pekerjaan yang akan dipinang? Jika kalian termasuk yangg angkat tangan, maka mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Buatlah surat lamaran kerja yang unik dan memiliki sentuhan personal.

HRD bisa melihat mana surat lamaran yang dibuat dengan asal copas dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, dan mana surat lamaran yang ditulis benar-benar berdasarkan rasa tulus dan niat untuk bergabung pada perusahaan tersebut.

Ada kalanya jika kita hanya copas dari satu surat ke surat lamaran berikutnya, ada saja bagian yang mungkin lupa ganti. Misal, jenis pekerjaannya, addressing/ nama yang dituju, dan lain-lain. Hal tersebut jelas hal yang sangat fatal. Sudah pasti surat lamaran kita akan langsung disingkirkan oleh tim HRD perusahaan.

Jikalau terasa sulit membuat surat lamaran yang berbeda-beda untuk beragam jenis pekerjaan, pastikan untuk meneliti kata per kata, poin per poin sebelum kalian mengirimkannya. Jangan sampai kita gagal mendapatkan pekerjaan karena kekurangtelitian diri.

2. Buatlah CV yang Menarik dan Bervariasi

Selain surat lamaran yang sebaiknya unik dan memiliki sentuhan personal, CV (Curriculum Vitae) alias data riwayat hidup sebaiknya juga disusun secara outstanding. Sebaiknya berbeda jenis pekerjaan yang akan kita lamar, CV nya pun juga berbeda.

Aku sendiri waktu zaman masih jadi job hunter punya beberapa CV. Saat aku melamar untuk posisi tenaga pengajar, maka aku akan ajukan CV yang menampilkan sisi kelebihan dan poin-poin plus yang kumiliki terkait bidang pendidikan.

Jika aku melamar menjadi tenaga administrasi, aku akan mengirimkan CV yang menampilkan kelebihanku di bidang pengolahan data dan kerapian administrasi. Nah, kalau teman-teman kongkow sudah punya CV yang berbeda dan unik belum?

3. Kuasai dan Optimalkan Life Skill

Jangan hanya bergantung pada ijazah pendidikan formal, kita juga perlu menguasai life skill yang mungkin tidak didapatkan di sekolah formal. Life skill yang kita miiiki bisa dicantumkan dalam portfolio sehingga akan memberikan nilai lebih untuk kualitas diri.

Semakin banyak life skill yang dimiliki, semakin tinggi pula poin yang kita dapat. Jadi misal teman-teman kongkow sarjana ekonomi tapi punya kemampuan memperbaiki komputer, barang-barang elektronika, jago desain, ditulis saja di CV-nya. Siapa tahu kalian diterima karena kemampuan tersebut, bukan karena ijazah formalnya.

4. Datang Tepat Waktu dan Beri Kesan Tak Terlupakan

Ketika mendapat undangan interview, pastikan jangan datang terlambat. Kedisplinan adalah kesan pertama yang akan kita tampilkan pada calon bos. Kalau interview saja sudah datang terlambat, apalagi saat kerja, begitu kan?

Maka usahakan datanglah maksimal 30 menit sebelum jadwal. Dengan datang awal, kita bisa mengatur nafas terlebih dahulu. Kita juga bisa mengantisipasi jikaa terjadi kemacetan dan hal-hal yang tak diinginkan. Kita juga bisa melihat-lihat kantornya, yang bisa jadi membantu saat interview berlangsung.

Selain soal kedisiplinan, kita juga perlu memperhatikan penampilan. Tidak perlu memakai baju baru, tapi gunakanlah pakaian yang rapi dan meninggalkan kesan tak terlupakan kepada tim pewawancara. Selain dari pakaian, tunjukkan aura percaya diri agar kesan diri jauh lebih kuat.

Genggam tangan pewawancara tanpa ragu saat salaman, dan jawab semua pertanyaan yang diajukan dengan tegas. Tatap mata pewawancara dan jangan terlalu sering menunduk.

5. Doa Agar Lulus Tes Interview Kerja

At last but not least, ketika semua ikhtiar telah maksimal dilakukan, rapalkan doa agar diterima kerja saat interview secara rutin. Kata orang bijak nih, orang yang mengandalkan ikhtiar tanpa doa adalah orang yang sombong. Sedangkan orang yang hanya berdoa tanpa memaksimalkan ikhtiar dikatakan sebagai orang yang berbohong. Nggak mau kan masuk jadi bagian dari keduanya?

Dzikir pagi dan sore adalah salah satu dzikir yang mustajab dan sebaiknya jangan ditinggalkan. Di dalamnya ada banyak doa, salah satunya doa agar dimudahkan rezekinya. Termasuk tentu saja agar mudah diterima kerja. Ada nggak ya doa-doa lain yang lebih spesifik?
Doa Agar Lulus Tes Interview Kerja

7 Dzikir Agar Diterima Kerja yang Sebaiknya Rutin Diamalkan

Selain merutinkan dzikir pagi dan sore, serta tidak meninggalkan ibadah wajib, ada beberapa doa yang bisa kita amalkan agar diterima kerja. Berikut ini 7 dzikir dan doa yang berkaitan dengan rezeki:

1. Doa Meminta Kemudahan Segala Urusan

Jika hidup terasa sulit dan sempit, ucapkanlah doa ini agar semuanya menjadi lebih lapang. Memahami makna doa ini bisa membuat kita jauh lebih tenang dalam menghadapi kejutan-kejutan dalam hidup.
Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.
Artinya:

Ya Allah, tak ada kemudahan kecuali Engkau yang memudahkannya. Sedang yang susah Engkau mudahkan, apabila Engkau menghendaki.

2. Doa Nabi Musa

Doa yang ini pasti sudah tak asing lagi buat teman-teman kongkow. Doa yang dibaca Nabi Musa saat hendak mendatangi Firaun agar lisannya dilancarkan. Nah, saat kita mau datang interview dan merasa grogi, coba deh baca doa ini terlebih dahulu. Insya Allah saat proses interview kita jadi lebih lancar dalam bertutur dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan.

Doa Nabi Musa tersebut bisa kita temukan pada penggalan Al Quran surah Thaahaa ayat 25 sampai 28. Begini nih doanya:
Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.
Artinya:

Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku (QS Thaahaa : 25-28).

3. Doa Memohon Rizki dan Ilmu yang Bermanfaat

Kalau yang rajin baca dzikir pagi dan sore, doa ini juga pasti nggak asing lagi. Bahkan biasanya anak-anak yang belajar di sekolah Islam sudah hafal doa ini di luar kepala. Doa ini diambil dari hadits shahih.
Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.
Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

4. Doa Berhajat kepada Rezeki dari Allah

Sesungguhnya rezeki itu tidak hanya soal gaji. Rezeki Allah itu lebih luas dari sekadar gaji yang nominalnya nggak ada apa-apanya dibanding kekayaan Allah. Kesehatan, keluarga yang hangat, teman-teman yang sholih, tetangga yang baik sesungguhnya juga merupakan rezeki lo. Sayangnya terkadang kita melupakan hal ini.

Maka, saat kita sedang merasa sempit rezekinya, ucapkanlah doa ini:
Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqr.
Artinya:

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.

5. Doa Berserah Diri

Namanya manusia ya kadar iman seringkali naik dan turun seperti rollercoaster. Apalagi saat masa sulit seperti ini, ada saja bisik-bisik yang melemahkan jiwa. Makanya kita harus punya tameng yang kuat untuk melawan bisikan negatif yang dihembuskan oleh hawa nafsu.

Rutinkanlah membaca doa ini agar jiwa terasa lebih tenang dan selalu diliputi kesyukuran:
Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allahumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillanii. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.
Artinya:

Ya Allah, aku berserah diri pada-Mu, aku beriman pada-Mu, aku bertawakkal pada-Mu, aku bertaubat pada-Mu, dan aku mengadukan segala urusanku pada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu, tidak ada ilah selain Engkau yang bisa menyesatkanku. Engkau Maha Hidup dan tidak mati sedangkan jin dan manusia mati. (HR. Muslim No. 2717)

6. Doa Bertawakal kepada Allah

Hampir sama dengan doa yang sebelumnya. Doa ini bertujuan agar kita memiliki kekuatan dalam menjalani hidup dengan lebih tegar. Selama ada Allah, semua akan baik-baik saja.
Fa in tawallau fa qul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw, 'alaihi tawakkaltu wa huwarabbul-'arsyil-'aẓīm.
Artinya:

Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah, "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung" (At-Taubah ayat 129).

7. Doa Agar Cepat Dipanggil Kerja dan Diberi Rasa Cukup

Saat membaca lowongan kerja, sebelum menulis surat lamaran atau mempersiapkan CV, ucapkanlah doa ini agar Allah berikan pekerjaan yang terbaik menurutNya. Tak hanya itu, hal terpenting adalah agar kita selalu diberi rasa cukup atas semua pemberian Allah. Selalu merasa cukup akan membuat kita hidup lebih tenang dan tak kemrungsung.
Allahumma 'irghfir dzanbi wawassi' khuluqi wa thayyib li kasabi wa qanni'ni bima razaqtani wala tadzhab qalbi ila sya'in sharraftahu 'anni.
Artinya:

Ya Allah ampunilah dosaku, perluas dan muliakanlah akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikan aku merasa puas atas segala karunia yang engkau berikan kepadaku, dan janganlah engkau buat hatiku mengingat sesuatu yang telah engkau palingkan dariku.

Demikianlah tips dan dzikir agar diterima kerja yang kususun sebagai bentuk dukungan dan kasihku kepada semua teman kongkow. Semoga Allah lapangkan segala urusan kita ya, pals. Keep fighting!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment