header marita’s palace

9+ Tempat Tes Swab Semarang Teruji dan Terpercaya

Konten [Tampil]
tempat tes swab semarang
Berkembangnya varian Covid-19 jenis Delta membuat tempat tes swab Semarang jadi makin banyak dicari. Beberapa waktu lalu suami yang sedang bekerjasama untuk membuatkan program salah satu klinik bercerita betapa ramainya klinik tersebut. Setiap menit datang silih berganti orang-orang yang ingin melakukan pengecekan Covid-19.

Saking ramainya, suami belum sempat menginstal program di komputer klinik dan melakukan sosialisasi cara pemakaian programnya. “Pasiennya nggak habis-habis, ya sudah pulang saja. Minggu depan baru ke sana lagi”, katanya.

Kenali 3 Jenis Tes Covid-19

Ngobrolin soal tes Covid-19, teman-teman kongkow sudah tahu belum apa saja sih jenis pengecekan yang bisa dilakukan untuk deteksi adanya virus corona di tubuh kita? Kalau masih bingung dan belum tahu bedanya, yuk kita cari tahu dulu. Aku pun kadang masih bingung, mana ya kira-kira yang paling valid.
tes untuk deteksi covid-19

1. GeNose

GeNose C19 adalah alat buatan bangsa sendiri lo. Dibuat oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai alternatif pendeteksi virus corona. Berbeda dengan tes PCR, rapid test ataupun antigen, GeNose melakukan deteksi melalui metode hembusan nafas di dalam kantong udara.

Bahasa kerennya disebut dengan breath analyzer alias breathalyzer. Memang metode ini belum begitu populer baik di Indonesia ataupun negara lainnya. Di Amerika Serikat, Singapura, Perancis, Belanda, dan Israel juga sedang dalam proses pengembangan alat sejenis.

GeNose C19 disebut sebagai “hidung elektronik”. Sederhananya si hidung ini membau nafas dari orang yang diperiksa. Dalam waktu 3 menit, hasil dari proses membau akan keluar dengan hasil positif atau negatif.

Jika seseorang diketahui positif Covid-19 dengan menggunakan GeNose, diharapkan mereka segera melakukan PCR test 2-3 hari setelah tes tersebut untuk memeriksakan kondisi lebih lanjut. Apakah alat ini akurat?

Dari tim pembuatnya sih mengatakan keakuratannya sekitar 90an%. Cukup tinggi lah ya? Selain cukup akurat, biaya tes GeNose juga cukup terjangkau. Makanya tes GeNose mulai digunakan sebagai syarat keberangkatan melalui stasiun.

Namun sayang, mulai 5 Juli 2021 nanti, saat PPKM darurat diberlakukan, tes GeNose tidak lagi bisa digunakan sebagai syarat bepergian menggunakan kereta. Namun di beberapa instansi masih menggunakan tes yang satu ini.

Alat pendeteksi virus corona yang memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan Nomor Kemenkes RI AKD 20401022883 ini , menurut ahli biologi molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio tidak bisa menggantikan alat tes berbasis PCR. Kalaupun bisa menggantikan tes Covid-19 jenis yang lain, hanya setara dengan rapid tes serologi.

2. Rapid Test Serologi

Rapid tes jenis ini banyak dilakukan di awal kemunculan virus corona. Namun sekarang ini sepertinya tes ini tidak lagi diberlakukan karena akurasinya tak terlalu tepat. Tes ini bisa menghasilkan ‘false negative’. Maksudnya hasil tes tertera negatif, sedangkan aslinya positif. Hal ini terjadi jika tes dilakukan kurang dari 7 hari setelah munculnya infeksi.

Rapid tes jenis serologi membutuhkan sampel darah untuk diuji. Sampel tersebut digunakan dalam rangka mendeteksi adanya imunoglobulin. Yaitu antibodi yang terbentuk ketika terjadi infeksi di dalam tubuh. Tes ini tidak butuh waktu lama untuk keluar hasilnya, kurang lebih 15-20 menit.

3. Rapid Test Antigen

Jenis tes berikutnya memiliki metode pengambilan sampel yang hampir mirip dengan PCR. Yaitu diambil lendir dari hidung atau tenggorokan. Bedanya hanya alat yang digunakan untuk membaca sampel.

Rapid Test Antigen hanya membutuhkan waktu 15-20 menit untuk menunjukkan hasil, apakah reaktif atau non reaktif. Akurasinya cukup tinggi jika dilakukan 10 hari setelah infeksi terjadi. Biaya rapid test antigen bervariasi, mulai dari Rp125.000 - Rp500.000an.

4. Swab PCR Test

Tes yang paling akurat dan dianggap sebagai Gold Standard penentuan adanya virus Corona di dalam tubuh tentu saja dengan menggunakan Swab PCR Test. Sama seperti rapid test antigen, sampel uji diambil dari lendir di hidung (nasofaring) atau mulut (orofaring) dengan metode usap menggunakan alat swab/ dacron.

Lalu sampel tersebut akan dianalisa dengan teknik PCR (Polymerase Chain Reaction) di laboratorium. Proses analisa menggunakan PCR membutuhkan waktu yang lebih lama, minimal satu hari setelah tes baru bisa mendapatkan hasil. Bahkan bisa juga mencapai 3-5 hari, tergantung antrian di laboratoriumnya.

Swab test PCR membutuhkan waktu lebih lama karena sampel yang diambil masih dalam bentuk RNA tersebut harus diubah dulu menjadi DNA. Proses mengubah RNA virus menjadi DNA dilakukan dengan enzim reverse-transcriptase, sehingga di sebut dengan Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Setelah RNA diubah menjadi DNA, barulah alat PCR akan melakukan amplifikasi atau perbanyakan materi genetik ini sehingga bisa terdeteksi. Jika alat PCR mendeteksi RNA virus Corona pada yang diuji, maka hasilnya dikatakan positif.

Mencari Tempat Tes Swab Semarang

Sudah mulai ada sedikit bayangan tentang perbedaan tes Covid-19 yang ada di negara kita, pals? Nah, sekarang aku mau menginformasikan beberapa lokasi yang menyediakan tes Swab di Semarang.

1. RSUD KRMT Wongsonegoro (RSWN)

RSWN adalah tempat tes swab semarang pertama yang berlokasi di Jalan Fatmawati No. 1 Semarang menyediakan tes Covid-19 dengan jenis Rapid Test Antigen dan Swab PCR. Biaya Rapid Test Antigen Sebesar Rp. 140.000, sedangkan biaya untuk Swab PCR sebesar Rp725.000,-.

Tes hanya dilayani pada Senin - Kamis, jam 08.00 - 12.00, hari Jumat, Sabtu dan Minggu, jam 08.00 - 10.00.

Pendaftaran tes dilakukan secara online, teman-teman kongkow bisa langsung akses ke http://www.rswnsmg.com/testcovid19/. Untuk biayanya bisa ditransfer ke Rekening BRI No. Rek: 1007 0100 0243 308 atas nama RSUD KRMT WONGSONEGORO. Setelah melakukan transfer, jangan lupa kirimkan buktinya dan juga foto KTP ke nomor WA 08893536866.

Hasil rapid test antigen bisa langsung jadi pada hari yang sama, sedangkan hasip Swab PCR bisa diambil maksimal 5 hari setelah tes dilakukan.

2. SMC RS Telogorejo

Salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Semarang ini memiliki layanan Swab test yang bervariasi, antara lain:
tes swab telogorejo  semarang
  • Homecare PCR Swab Test Rp900.000
  • Happy Hipoksia Standard (Rp1 juta), meliputi swab test 1x, surat keterangan dokter, hasil tes maksimal 5 hari kerja.
  • Happy Hipoksia Express (Rp1,5 juta), meliputi swab test 1x, tes darah lengkap/thorax, surat keterangan dokter, hasil tes maksimal 2 hari kerja.
  • Swab PCR Silver, seharga Rp900.000/orang, hasil bisa didapatkan H+1.
  • Swab PR Gold, seharga Rp1.000.000/orang, meliputi swab PCR dan surat keterangan dokter, hasil bisa didapatkan H+1.
  • Swab Isothermal, seharga Rp1.050.000, meliputi hasil lab swab isothermal dan surat keterangan dokter, hasil bisa didapat dalam waktu 15 menit.
  • Swab PCS Platinum, seharga Rp1.250.000/orang, termasuk swab PCR dan surat keterangan dokter, tes darah lengkap/thorax, hasil keluar H+1.
Informasi lebih lanjut bisa langsung datang ke Jl. KHA Dahlan Semarang. Bisa juga telepon ke (024)8646 6000 Ext 5140 atau 08112791949.

3. RS Panti Wilasa Dokter Cipto

RS Panti Wilasa Dokter Cipto melayani tes swab dan antigen pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Sebelumnya harus melakukan reservasi terlebih dahulu, maksimal H-1. Syarat yang dibutuhkan adalah KTP.
tes swab panti wilasa citarum semarang
Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan Swab PCR Test di RS Panti Wilasa sebesar Rp775.000, sedangkan untuk Rapid Test Antigen Rp200.000.

Informasi lebih lanjut, teman-teman kongkow bisa datang ke Jl. Dr. Cipto No. 50 atau tanya melalui telepon di (024) 3546-040. Jika membutuhkan respon yang lebih cepat, bisa menghubungi CS atas nama Daniel (0815-7840-2367) atau Patricia (0822-2013-7089).

4. RS Panti Wilasa Citarum

tes swab panti wilasa citarum
RS Panti Wilasa Citarum Semarang menyediakan layanan swab test PCR setiap Senin-Jumat, jam 08.00-10.00 WIB. Biaya yang dikenakan seharga Rp900.000 ribu. Untuk info lebih lanjut, bisa langsung datang ke Jl. Citarum No.98, Mlatiharjo, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50121 atau tanya dulu ke bagian informasi di nomor(024) 3542224.

5. Siloam Hospital Semarang

Salah satu rumah sakit swasta ternama yang sudah ada di banyak kota ini, kini hadir di Semarang. Tak tanggung-tanggung, Siloam Hospital Semarang memiliki layanan tes Swab dengan banyak variasi, yaitu”
  • RT-PCR Basic seharga Rp900 ribu, dilayani pada hari Senin - Sabtu, pukul 07.00 - 17.00. Hasil tes bisa didapatkan setelah 3 hari.
  • Paket Check Up C19 Silver seharga Rp1,4 juta, dilayani pada hari Senin - Minggu, jam 07.00 s/d 18.00. Sudah termasuk PCR/swab test dan vitamin. Hasil tes bisa didapatkan pada H+1.
  • Paket Check Up C19 Silver Home Care seharga Rp1,7 juta. Sama seperti paket sebelumnya, hanya saja paket ini melayani tes di rumah.
  • Paket Check Up C19 Gold seharga Rp1,6 juta, dilayani pada Senin - Minggu, jam 07.00 s/d 18.00. Biaya tes sudah termasuk PCR/swab test, vitamin, konsultasi dokter, dan surat keterangan sehat. Hasil tes bisa didapat pada hari yang sama.
  • Paket Check Up C19 Gold Home Care seharga Rp2 juta. Fasilitas yang didapatkan sama seperti paket sebelumnya. Hanya saja paket ini melayani tes di rumah.
  • Paket Check Up C19 Platinum Home Care seharga Rp2,3 juta. Fasilitas yang didapat yaitu PCR/swab test, vitamin, konsultasi dokter, dan surat keterangan sehat. Hasil tes bisa keluar setelah 6 jam.
Layanan home care bisa dilakukan apabila jarak rumah dengan lokasi Siloam memiliki radius maksimal 10 km. Informasi lebih lanjut bisa langsung datang ke lokasi di di Jl. Kompol Maksum No.296, Peterongan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50242. Atau bisa menghubungi telepon di nomor (024) 86001900.

6. RS St. Elisabeth

Sebagai salah satu rumah sakit swasta terlama di Semarang, tentu saja RS St. Elisabeth juga menerima pelayanan tes Swab. Ada dua paket yang bisa diambil, yaitu:
  • Paket 1 senilai Rp1,2 juta, mendapat fasilitas 1x swab test dan surat keterangan.
  • Paket 2 senilai Rp2,4 juta, mendapat fasilitas 2x swab test dan surat keterangan.
Hasil tes bisa diambil setelah 2-3 hari. Pelaksanaan tes dilayani pada hari Senin - Sabtu, mulai jam 09.00. Informasi lebih lanjut bisa datang ke lokasi di Jl. Kawi No 1 Semarang. Bisa juga menghubungi via WhatsApp (0888-0654-9119) atau 024-8310076 Ext. 7250/7204.

7. RS Columbia Semarang

Rumah sakit swasta yang berdiri gagah di bundaran Kalibanteng ini melayani tes Swab yang terdiri dari beberapa paket:
  • Swab test seharga Rp900.000, hasilnya keluar 2-3 hari kerja,
  • Swab test seharga Rp1.100.000, hasilnya bisa didapat setelah 1 hari kerja,
  • Swab test seharga Rp1.700.000, hasilnya keluar pada hari yang sama,
  • Swab test antigen seharga Rp595.000m hasilnya keluar pada hari yang sama.
Untuk penjelasan lebih lanjut, teman-teman kongkow bisa langsung datang ke lokasi di Jl. Siliwangi No.143, Kalibanteng Kulon, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50145. Bisa juga menghubungi (024) 7629999/ (+6224) 8646 32088, atau ke nomor WhatsApp (0811-9301-333).

8. RS Bhayangkara Semarang

tes swab RS bhayangkara
RS Bhayangkara tak mau ketinggalan memberikan layanan tempat tes Swab Semarang di masa pandemi ini. Harga Swab PCR Test di RS ini sedang promo lo, yaitu Rp675.000. Hasil tes bisa didapat maksimal 2 hari setelah tes dilakukan. Pendaftaran dilakukan secara online di link http://s.id/pcrrsbhayangkara atau bisa menghubungi WA 082324211415.

9. Laboratorium CITO

Laboratorium yang memiliki 3 cabang di Semarang ini memiliki layanan Rapid Test Antigen seharga Rp200.000 dan Swab PCR Test seharga Rp800.000. Hasil tes PCR bisa keluar setelah 3 hari kerja.

Laboratorium CITO juga melayani home service untuk tes PCR dan Rapid Antigen. Untuk layanan home service harus melakukan reservasi minimal 1 hari sebelum tanggal periksa. Reservasi dilakukan secara online lewat situs official CITO.
tes swab lab cito semarang
Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi cabang CITO yang ada di Semarang berikut ini:
  • Cabang 1: Jl. Indraprasta 81-83 Pindrikan Lor, Semarang Tengah Kode Pos 50131 - Telp/Fax (024) 355 6853
  • Cabang 2: Jl. Dr. Cipto 6C Kode Pos 50129 - Telp/Fax (024) 351 5374
  • Cabang 3: Jl. Setiabudi 120A Kode Pos 50269 - Telp/Fax (024) 746 1645

10. Laboratorium Prodia

Laboratorium Klinik Prodia Semarang menyediakan layanan swab test PCR Semarang dengan range harga Rp2.500.000. Apa saja fasilitas yang didapat? Cuzz teman-teman kongkow bisa langsung menanyakannya pada cabang-cabang Prodia berikut:
  • Cabang 1: Jl. MT. Haryono No.882, Lamper Kidul, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50242 - No Telepon: (024) 8444331
  • Cabang 2: Jl. Setiabudi 119 D Ruko Setiabudi No. 8, Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang - No Telepon: 1 500 830
  • Cabang 3: Jl. Jenderal Sudirman No. 121, Cabean, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50142 - No Telepon: 1 500 830
Reservasi swab test bisa dilakukan maksimal H-1. Dilayani pada Senin - Jumat, jam 12.30-14.00 dan Sabtu, jam 07.00-09.00. Atau pada hari Senin, Rabu, Jumat, jam 15.00-16.00. Silakan pilih waktu yang paling pas untuk kalian, pals.

11. Klinikita

Klinik yang memiliki 2 cabang di Semarang ini melayani Swab PCR Test dengan biaya Rp700.00 dan Rapid Test Antigen seharga Rp120.000. Informasi lebih lengkap, silakan kunjungi:
  • Klinikita Kalipancur di Jl. Abdulrahman Saleh 293 Semarang Barat Kota Semarang
  • Klinikita Singosari di Jl. Singosari II no 5 Pleburan Semarang Selatan Kota Semarang
Atau bisa menghubungi nomor WA 08112722110. Tes dilayani setiap hari, jam 07.00 – 15.00.

12. Parahita Diagnostic Center

Parahita Diagnostic Center Semarang yang berlokasi di Jl. Singosari Raya No.24, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah ini melayani tes Swab dengan harga Rp950.000.

Hasil bisa didapatkan maksimal setelah 2 hari kerja, bisa dikirim melalui WA ataupun dalam bentuk hardcopy. Untuk info lebih lanjut, bisa hubungi (024) 76530241.

13. Drive Thru Tes Covid

Tempat tes swab Semarang berikutnya bisa didapat pada 2 layanan Drive Thru Covid-19. Yang pertama berlokasi di Jl. Citarum No 108 Bugangan, Semarang Timur. Di sini hanya melayani rapid test antigen, biayanya Rp149.000. Hasil bisa didapatkan setelah 1 jam.

Lokasi kedua yaitu di GOR Tri Lomba Juang, Mugassari, Kec. Semarang Selatan. Drive Thru ini melayani tes swab PCR. Biaya yang dikenakan Rp800.000. Hasil dapat diterima setelah 2 hari kerja.

Untuk bisa mendapatkan layanan tes covid di lokasi Drive Thru, kita bisa melakukan reservasi melalui Aplikasi Halo Doc terlebih dahulu. Waktu pelayanan setiap hari Senin - Sabtu, dari pagi sampai sore hari.

Demikianlah info mengenai tempat tes swab Semarang sekaligus perbedaan jenis tes Covid-19 yang ada di negara ini. Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment