header marita’s palace

Catat! Ini 6 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji Kecil

cara menabung untuk beli rumah
Enam cara menabung untuk beli rumah di bawah ini adalah jalan ninjaku. Masing-masing orang pastinya memiliki cita-cita untuk punya rumah sendiri. Namun, banyak faktor yang kemudian membuat impian memiliki rumah sendiri tidak dapat terwujud dengan cepat.

Harga rumah yang mahal menjadi faktor utamanya, apalagi bila penghasilan belum mencukupi. Solusinya tentu dengan mencari rumah dijual murah agar angan-angan punya rumah sendiri bisa segera terwujud.

Bagi kamu yang masih memiliki gaji kecil tetap bisa, kok untuk punya rumah sendiri asalkan tahu caranya. Sekarang juga sudah banyak pilihan rumah harga terjangkau. Dijual rumah di Bogor misalnya yang memiliki banyak pilihan rumah sederhana dengan harga murah.

6 Cara Menabung untuk Beli Rumah Meski Bergaji Kecil

Apa saja kira-kira cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil? Berikut informasinya!

1. Menentukan Tujuan Membeli Rumah

Sebelum mulai mencari rumah, sebaiknya tetapkan dulu tujuan membeli rumah. Apakah untuk ditinggal sendiri, bersama keluarga, atau untuk menghabiskan masa tua.

Semakin kuat perasaan akan tujuan membeli rumah ini akan memudahkanmu dalam mewujudkan punya rumah idaman. Setelah menentukan tujuan, mulailah mencari rekomendasi rumah dijual murah.

2. Mulai Menabung

Setiap tahunnya harga properti, termasuk rumah pastinya mengalami kenaikan. Maka dari itu, sebaiknya mulai menabung dengan menyisihkan sebagian gaji ke dalam rekening khusus.

Jika tabungan untuk membeli rumah tercampur dengan tabungan lain atau uang operasional pastinya akan semakin sulit memisahkannya. Gunakan fitur autodebet untuk ‘memaksa’ kamu supaya menabung. Dengan cara ini, tabungan untuk membeli rumah tentunya tidak akan diganggu gugat.

3. Membagi Penghasilan

Setelah membuka tabungan khusus untuk persiapan pembelian rumah, kamu juga harus membagi penghasilan dengan benar setiap bulannya. Misalnya, 30% disisihkan untuk tabungan rumah sementara sisanya untuk kebutuhan pokok atau operasional lainnya.

Sebisa mungkin berhemat agar tidak mengambil uang tabungan untuk rumah. Kurangi berbelanja dan cicilan yang memberatkan. Bila ada sisa dari uang kebutuhan, sebaiknya masukkan ke dalam tabungan.

cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta

4. Memilih Lokasi Rumah

Lokasi rumah juga menentukan harga rumah. Semakin strategis lokasinya, tentu harganya akan semakin mahal. Mengingat pendapatan yang masih minim, sebaiknya cari lokasi rumah yang sesuai dengan bujet.

Rekomendasi dijual rumah di Bogor bisa menjadi salah satu acuanmu dalam memilih hunian nyaman dan murah. Daerah Bogor juga merupakan lokasi yang strategis, apalagi sudah didukung berbagai sarana dan akses transportasi yang mudah.

5. Selalu Konsisten dan Disiplin

Apapun yang terjadi, tetap bagi penghasilanmu untuk persiapan membeli rumah. Walaupun jumlahnya kecil, tetapi jika konsisten dan terus dilakukan maka jumlahnya juga akan semakin besar.

Disiplin juga menjadi kunci utama dalam menabung. Jika kedua hal tersebut diabaikan, maka proses menabung akan memakan waktu yang lama. Akhirnya, kamu tidak dapat membeli rumah impian tepat waktu.

6. Ikut Program KPR

Membeli rumah dijual murah bisa dilakukan dengan program KPR. Jika tabungan sudah mencukupi, kira-kira untuk pembayaran uang muka rumah, maka sebaiknya langsung ajukan program KPR ke bank-bank yang terpercaya.

KPR biasanya terbagi menjadi dua, yaitu KPR subsidi dan KPR non subsidi, kamu bisa memilih di antara dua skema tersebut sesuai dengan kebutuhan. Meskipun dalam KPR subsidi ada kriteria-kriteria khusus yang harus dipenuhi.

Jika KPR disetujui, maka kamu sudah bisa memiliki rumah sendiri. Jangan lupa untuk tetap menabung untuk pembayaran cicilan KPR.

Selama menjalani cara menabung untuk beli rumah idaman, kamu juga tidak boleh boros dalam membelanjakan uang. Tidak ada yang mustahil, walaupun gaji kecil, kamu juga tetap bisa membeli rumah secara mudah. Selamat mencoba dan tetap semangat!

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Nah, pas banget ini tipsnya untuk yang gajinya kecil tapi pengin beli rumah. Jawabannya cuma satu, rajin menabung dan tetap bersabar pasti nanti bisa mewujudkan keinginan beli rumah sendiri.

    ReplyDelete