header marita’s palace

Pipa PVC Rucika Bukan Hanya untuk Saluran Air, Ini 5 Keistimewaannya!

pipa PVC Rucika
Pipa PVC Rucika sudah menemani rakyat Indonesia hampir 50 tahun lamanya. Segala macam saluran air di rumah akan selalu aman jika mengandalkan pipa buatan PT. Wahana Duta Jaya Rucika ini. Pastinya teman-teman kongkow penasaran ya, kenapa pipa yang satu ini selalu jadi pilihan nomor satu di Indonesia?

Aku bakal ceritain alasan di baliknya, tetapi sebelumnya yuk cari tahu dulu sejarah pipa air. Gimana ya dulu pertama kali pipa ditemukan hingga kini PVC jadi bahan utamanya.

Sejarah Panjang Pipa Air

Ternyata, pals.. sejak Yunani Kuno, pipa berbahan logam sudah ditemukan lo. Dipilihnya logam menjadi bahan dasar pipa karena kuat, sehingga bisa menahan tekanan air dan benturan.

Penemuan yang sudah ada sejak Yunani Kuno itu kemudian terus dikembangkan oleh bangsa Romawi. Pipa logam ini didesain untuk bisa mengalirkan air dari dan ke berbagai tempat. Tidak hanya untuk pemandian umum, tetapi juga untuk mengaliri pertanian.

Setelah digunakan cukup lama, baru deh kekurangan dari pipa logam ini ditemukan. Antara lain, air yang mengalir dari pipa logam akan berbau amis, pengaruh dari logamnya itu sendiri. Selain itu tekstur logam yang kaku, jadi sulit diaplikasikan di beberapa wilayah yang berkelok-kelok.

Hingga Henri Victor Ragnault, seorang ahli kima dari Perancis menemukan pipa PVC pada 1835. Penemuan tersebut terus berkembang pada 1872 di mana Eugen Baumann juga memperbaharui kehadiran pipa berbahan PVC.

Tentu saja pipa yang ditemukan saat itu belum selentur Pipa PVC Rucika yang kita kenal seperti hari ini, pals. Bahannya belum lentur dan masih banyak kekurangan. Sampai kemudian pada 1920, B.F Goodrich Company berhasil memproduksi pipa berbahan PVC yang lebih lentur dan nggak kaku.

Saat itu pipa PVC mulai deh dilirik oleh dunia. Jerman adalah negara pertama pengguna pipa dengan bahan dasar PVC untuk saluran air. Disusul oleh Amerika Serikat yang mulai menggunakan pipa PVC pada tahun 1950an.

Sampai hari ini pipa berbahan dasar PVC telah mengalami banyak perubahan dan pengembangan. Termasuk juga pipa PVC Rucika yang sekarang bisa ditemukan di rumah-rumah keluarga Indonesia. 

Pengertian Pipa PVC dan Jenis-jenisnya

Pipa PVC adalah sebuah barang yang memiliki bentuk bulat panjang. Tengahnya berongga dari ujung ke ujung, dan terbuat dari bahan uPVC(unplastized Polyvinyl Chloride). Fungsi utamanya yaitu untuk mengalirkan barang cair.
ukuran PVC Rucika

Pipa berbahan PVC memiliki beragam jenis. Namun kali ini aku hanya akan fokus pada pipa PVC Rucika standard. Eits, standard di sini bukan berarti kualitasnya jauh lebih jelek dari yang lain, pals. 

Pipa standard ini adalah jenis pipa yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jenis pipa ini juga mudah ditemukan di toko bahan bangunan. Rucika memiliki dua jenis pipa standard dengan bahan dasar PVC, yaitu:
  • Pipa kelas D yang berfungsi untuk saluran pembuangan dan limbah. Ukuran PVC Rucika kelas D ini ada 11 macam, dengan kisaran diameter 1-1/4″ sampai 12″.
  • Pipa kelas AW, yaitu pipa yang biasa digunakan sebagai saluran air bertekanan hingga 10 kg/cm2. Panjang pipa PVC Rucika kelas ini memiliki 14 macam ukuran diameter dari 1/2″ sampai 12″.
Bagaimana dengan harga pipa PVC per meter merk Rucika ini? Mahal nggak ya? Teman-teman kongkow bisa intip harganya pada tabel di bawah ini ya:
Item Ukuran Harga (Rp)
Include PPN
Standard AW 3/4" SC 4m 42.300
Standard AW 1" SC 4m 57.800
Standard AW 1.1/4" SC 4m 86.400
Standard AW 1.1/2" SC 4m 99.200
Standard AW 2" SC 4m 126.900
Standard AW 2.1/2" SC 4m 185.000
Standard AW 3" SC 4m 260.500
Standard AW 4" SC 4m 431.600
Standard AW 5" SC 4m 683.600
Standard AW 6" SC 4m 958.800
Standard AW 8" SC 4m 1.608.800
Standard AW 10" SC 4m 2.487.500
Standard AW 12" SC 4m 3.507.400
Standard D 1.1/4" SC 4m 54.300
Standard D 1.1/2" SC 4m 61.300
Standard D 2" SC 4m 78.600
Standard D 2.1/2" SC 4m 106.200
Standard D 3" SC 4m 141.000
Standard D 4" SC 4m 221.700
Standard D 5" SC 4m 341.300
Standard D 6" SC 4m 450.200
Standard D 8" SC 4m 791.600
Standard D 10" SC 4m 1.303.800
Standard D 12" SC 4m 1.830.000

5 Keistimewaan dan Manfaat Pipa PVC Rucika

Gimana udah ngintip harga PVC Rucika Standard? Sekarang pasti jadi pengen tahu kan kenapa sih harus pilih Rucika, padahal merk pipa berbahan PVC lainnya juga ada. Ini dia keistimewaan pipa PVC Rucika yang nggak dimiliki merk lainnya:
  • Pipa Rucika terbuat dari calcium zinc yang tidak mengandung timbal, sehingga air yang mengalir di dalamnya aman dikonsumsi.
  • Bahannya berdaya tahan tinggi, pastinya sangat tahan terhadap korosi.
  • Bahannya juga sangat kuat dan anti pecah.
  • Meski kuat, tetapi pipa Rucika ringan sehingga mudah untuk mobilitas.
  • Dalam hal penyambungan dan pemeliharaan nggak ribet, mudah dilakukan siapa saja.
Dengan lima keistimewaan di atas, nggak heran jika Pipa PVC Rucika bisa dimanfaatkan untuk hal-hal bermanfaat lainnya. Ya, selain digunakan sebagai saluran air, pipa Rucika juga banyak difungsikan untuk membuat produk-produk DIY, seperti:
harga pipa PVC per meter

1. Stand Pot Tanaman

Punya hobi mengoleksi tanaman hias dan pengen bikin pojok kebun yang beda dari lainnya? Coba saja buat stand pot tanaman dari pipa Rucika. Kamu bisa bongkar pasang desain sesuai kebutuhan, pals.

2. Hidroponik

Nah, kalau kamu pengen bercocok-tanam sayur-sayuran, tapi lahan rumah terbatas, cuzz kerahkan kreativitasmu untuk bikin papan hidroponik. Dengan bahannya yang kuat, tetapi juga ringan mobilitasnya, papan hidroponikmu akan berdiri kokoh tapi mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan.

3. Sekat Covid

Punya toko di rumah? Pengen menjaga jarak antara penjual dengan pembeli untuk mendukung protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah? Bikin sekat Covid pakai pipa berbahan PVC dari Rucika dijamin gampang dan kuat.
panjang pipa PVC Rucika

4. Playpen

Punya balita di rumah dan mulai pintar ke sana ke mari? Untuk memudahkan pengawasan, kamu bisa mencoba untuk bikin playpen sederhana. Bikin playpen sendiri dengan bahan pipa PVC, pastinya bakal lebih hemat tenaga dibanding bel ikan?

5. Standar Sepeda

Kalau ini cocok banget buat temen kongkow yang hobi sepedaan. Seringkali sepeda mudah jatuh saat disimpan menggunakan standar bawaan. Sementara membeli standar sepeda bermerk, seringnya selalu kalah dengan kebutuhan lainnya. Nah, kenapa nggak coba bikin standar sepeda DIY dengan pipa berbahan PVC kan? Murah meriah dan tentunya tetap kuat serta awet.

Buat kalian yang punya hobi bebikinan, bisa banget lo nyobain bikin lima produk di atas dan dikembangkan menjadi ide bisnis kekinian yang mantul. Gimana, cocok kan? Yang kepo gimana langkah-langkah lengkapnya, bisa main-main ke YouTube Channel Wahana Duta Jaya Rucika. 
Sekarang udah yakin banget kan kenapa sih harus pilih pipa PVC Rucika untuk segala macam kebutuhan harian kita? Bahkan pipa kelahiran 1973 ini nggak hanya bisa dibikin jadi saluran air, tetapi juga bisa mendatangkan cuan dengan sedikit sentuhan kreativitas. So, selamat mencoba!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment