header marita’s palace

Pemilihan Tempat yang Tepat untuk Mengoptimalkan Sistem Monitoring CCTV

sistem monitoring cctv di lingkungan rumah
Pemasangan CCTV bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga keamanan di lingkungan sekitarmu. Jika kamu memang berniat untuk memakai perangkat CCTV maka sangatlah penting untuk memilih lokasi pemasangan yang tepat. Pilihan lokasi yang tepat akan membantu mengoptimalkan sistem monitoring CCTV dalam bekerja. Hasil tangkapan video juga bisa lebih jelas jika pemasangan CCTV berada di lokasi yang benar.

Tanpa pemilihan lokasi yang tepat, maka bisa saja perangkat CCTV tidak bekerja optimal. Sistem monitoring yang dipakai justru mengawasi titik lokasi yang tidak potensial. Akhirnya, kamu hanya akan mendapatkan informasi rekaman yang tidak ada gunanya dan tidak membantu saat ada tindak kriminal terjadi.

Tips Memilih Lokasi Pemasangan CCTV

Sistem monitoring CCTV ini memang sangat bermanfaat. Namun kamu juga harus membuat perhitungan yang benar agar manfaat dari performa CCTV ini bisa lebih optimal. Berikut ini adalah beberapa tips pemilihan lokasi pemasangan CCTV agar dapat bekerja optimal dan memuaskan:

Letakkan di Area Pintu Masuk dan Keluar

Jelas sekali bahwa pintu masuk dan pintu keluar menuju rumah akan menjadi lokasi yang paling pas untuk disorot oleh CCTV. Pintu depan dan pintu belakang akan menjadi titik dimana orang akan masuk dan keluar. Saat terjadi tindakan kriminal maka bisa langsung diketahui siapa saja orang yang masuk dan keluar rumah. Cek ada berapa pintu yang digunakan dan kalau bisa semuanya diawasi oleh CCTV.

Pasang di Pintu Gerbang

Jika rumahmu memiliki pintu gerbang atau pagar depan maka lokasi ini juga wajib disorot atau dipantau oleh CCTV. Jika ada tindakan kriminal maka bisa dilihat siapa saja orang yang terpantau ada di depan pintu gerbang tersebut. Umumnya lokasi pemasangan ini juga digunakan di lokasi gedung-gedung besar atau tempat usaha. Akan jauh lebih baik lagi jika dilengkapi juga dengan sistem akses kontrol untuk mengetahui siapa saja yang masuk.

Posisikan pada Jendela yang Tidak Menghadap Jalan

Selain pintu, jendela juga menjadi salah satu jalan masuk favorit para maling atau pelaku kriminal. Terutama untuk jendela yang tidak langsung menghadap ke jalan. Biasanya maling memilih jenis jendela yang tidak menghadap jalan agar aksinya tidak tertangkap oleh orang lain. Jadi usahakan untuk memasang perangkat sistem monitoring CCTV di bagian tersebut.

Pertimbangkan Faktor Pencahayaan

Saat akan memilih lokasi pemasangan perangkat CCTV, sangatlah penting untuk memikirkan faktor pencahayaan. Jangan sampai pencahayaan yang buruk membuat hasil rekaman CCTV tidak terlihat jelas. Akhirnya tindakan dan aktivitas yang sudah terekam oleh CCTV tidak bisa diamati dengan baik. Jadi perhatikan kembali kondisi pencahayaan di titik pemasangan CCTV yang sudah kamu pilih.

Pastikan Tidak Ada Penghalang

Sistem monitoring bisa bekerja secara optimal merekam gambar atau video jika tidak ada objek penghalang. Pastikan bahwa CCTV tidak dihalangi oleh objek apapun sehingga bisa bekerja secara optimal. Bersihkan area pantauan CCTV demi mendapatkan hasil rekaman yang bagus dan jelas. Selain itu pastikan juga area pemasangan CCTV tidak mudah tertimpa sesuatu misalnya ranting, daun, dan objek-objek lain yang berpotensi menghalangi pantauan.

Pertimbangkan Ruang Tamu dan Kamar Tidur

Selanjutnya silakan pertimbangkan pemasangan sistem monitoring di ruang tamu dan kamar tidur. Dua ruangan ini sangat penting dan biasanya menjadi tempat menyimpan barang-barang berharga di rumah. Saat ada tindak kriminal di dalam rumah umumnya ruang-ruang inilah yang menjadi tujuan jadi sangat disarankan untuk dipasangi CCTV.

Sistem akses kontrol juga sangat direkomendasikan untuk dipasang demi mendukung kerja perangkat CCTV. Dengan adanya sistem ini maka bisa dilakukan kontrol terhadap orang yang masuk maupun keluar rumah atau sebuah bangunan. Biasanya sistem ini memang lebih umum dipakai di fasilitas orang banyak atau bangunan besar namun tak ada salahnya jika diterapkan di rumah juga.

Pilih CCTV Hikvision HikCentral Enterprise

Demi menjamin keamanan rumah atau lingkunganmu, pilihlah sistem monitoring terpercaya dari Hikvision HikCentral Enterprise. Produk keamanan ini memiliki banyak keunggulan fitur yang membuat cara kerjanya jadi lebih optimal. Berikut ini beberapa kelebihan dan fungsi CCTV dari Hikvision HikCentral Enterprise:
fungsi cctv

Lebih dari Perangkat Pengaman

HikCentral Enterprise bukanlah jenis produk keamanan biasa. Tak hanya menjalankan fungsi keamanan, produk CCTV ini juga menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan sekaligus lokasi pemasangannya.

Fitur Keamanan Commercial

Produk keamanan dari HikCentral Enterprise di bidang komersial akan menghadirkan solusi komprehensif end to end. Sistem akses kontrol akan terintegrasi pada akses pintu masuk juga pintu keluar. Di fitur ini juga hadir human access management yang akan mempermudah pengelolaan akses pengunjung, tenant, juga karyawan.

Fitur Keamanan Retail

Sistem monitoring HikCentral Enterprise juga sangat bermanfaat jika dipasang di lokasi industri retail. Teknologi produk ini akan mendukung jalannya strategi proactive marketing. Kamu bahkan bisa meningkatkan efektivitas promosi dengan menggunakan hasil analisis konsumen oleh aplikasi ini.

Fitur Keamanan Industri

HikCentral Enterprise juga sudah dirancang baik untuk dipasang di kawasan industri. Produk ini dirancang untuk lokasi industri dalam operasi manufaktur dan logistik. Tak hanya menjaga keamanan, CCTV ini juga akan meningkatkan efisiensi produk, kualitas produk, menyediakan fungsi manajemen model AI (Artificial Intelligent), aplikasi skenario AR (Augmented Reality), dan banyak lagi lainnya.

Fitur Keamanan Pendidikan

Perangkat keamanan dari HikCentral Enterprise juga bisa ditemukan di berbagai fasilitas pendidikan. Fitur ini akan menghadirkan kemudahan pengenalan wajah di kelas, manajemen alarm, pencegahan tindak kriminal, dan lain sebagainya.

Sistem monitoring yang dijalankan dengan perangkat CCTV Hikvision HikCentral Enterprise jelas akan memberi hasil yang optimal. Produk CCTV ini punya cara kerja yang efektif dan hasil rekaman yang bagus. Semua fitur canggih di dalamnya siap memberi kemudahan bagi para pengguna termasuk kamu.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. CCTV dalam perkembangan zaman semakin penting apalagi untuk kepentingan keamanan. Kalau gak ada CCTV pasti banyak kejahatan yang tidak terlihat dan tidak terbukti. Keren sih cara kerjanya.

    ReplyDelete