header marita’s palace

Game Terpopuler di Indonesia, Adakah Manfaatnya untuk MomBlogger?

game terpopuler di indonesia

Game terpopuler di Indonesia saat ini ternyata tidak hanya merambah bagi anak muda. Aku baru sadar beberapa waktu lalu, ternyata banyak pula para blogger yang suka bermain game.

Bukan hanya blogger pria, para blogger perempuan, bahkan MomBlogger tak sedikit yang menjadikan game sebagai alternatif hiburan di sela-sela kegiatan blogging. Kalau teman kongkow sendiri termasuk tim yang suka main game atau nggak nih?

Jujur sejak menulis artikel manfaat bermain game online bagi anak, aku tidak terlalu skeptis dengan para gamers. Setiap orang toh punya pilihan untuk menjalani hidupnya masing-masing, termasuk juga soal kegiatan menghibur yang bisa membahagiakan.

Aku sendiri tim yang lebih suka nonton drama Korea daripada ngegame. Sementara buat para gamers, tentu saja bermain game terpopuler jauh lebih mengasyikkan.

Selama ini kupikir hanya pria yang suka menghabiskan waktu dengan aneka jenis game. Waktu tahu ternyata ada banyak perempuan, bahkan MomBlogger yang suka main game, aku jadi kepo dong. Sebenarnya apa sih yang membuat mereka suka dengan game-game populer tersebut.

5 Manfaat Memainkan Game Terpopuler di Indonesia untuk MomBlogger

Dari hasil obrolanku dengan beberapa teman blogger perempuan yang suka ngegame, kusimpulkan ternyata setidaknya ada 5 manfaat dari memainkan game terpopuler di Indonesia. Mau tahu apa saja manfaat itu, pals?
manfaat bermain game online untuk momblogger

1. Mencari Ide Tulisan

Tak sedikit MomBlogger yang mulai mengenal dunia game diawali karena tuntutan pekerjaan. Karena harus menulis tentang game tertentu, mau nggak mau mereka pun menjajal dulu game tersebut.

Eh ternyata dari hasil coba-coba itu, mereka menemukan keasyikan dari bermain game. Akhirnya diteruskan deh, hingga kemudian menjadi hobi atau kegiatan pengisi waktu luang.

2. Sebagai Aktivitas Penjeda

Selain sebagai sarana mencari ide tulisan, game juga dipilih oleh beberapa blogger sebagai aktivitas penjeda. Seringkali para blogger kan harus menulis lebih dari satu artikel dalam sehari.

Bisa dibayangkan jika terus-terusan menulis tanpa henti, kepala bisa ngebul juga kan? Biar relax dan bisa meneruskan aktivitas menulis selanjutnya, bermain game bisa menjadi opsi.

3. Mengurangi Stres Akibat Deadline Menumpuk

Masih berkaitan dengan poin nomor dua. Tidak hanya sebagai aktivitas penjeda, karena aktivitas menulis yang beruntun, apalagi jika sedang dikejar deadline, seringkali stress melanda.

Nah, untuk mengatasi stress agar otak bisa diajak kompromi untuk menulis artikel berikutnya, sebagian MomBlogger memilih untuk ngegame terlebih dulu. Setelah otak nggak ruwet lagi, baru deh siap untuk kembali menulis.

4. Mengenal Dunia Anak

Beberapa MomBlogger memulai ngegame karena alasan mulia lo. Pasti teman kongkow penasaran ya, mana ada alasan mulia di balik bermain game. Eh, ada lo…

Jadi nih, beberapa ibu tertarik dengan suatu game, karena pengen tahu apa sih yang dimainkan anaknya. Beberapa ibu juga merasa perlu tahu bagaimana sistem game tersebut, sebelum memberikan izin bermain kepada anaknya.

Ibu-ibu seperti ini patut diacungi jempol nih. Nggak sekadar melarang, ataupun langsung mengizinkan anaknya main game, tapi mereka mencari tahu dulu plus minus dari game tersebut. Tentunya setelah itu anaknya diajak diskusi dan menetapkan batasan terkait game di rumah.

5. Menjadi Extra Income

Poin terakhir ini paling menarik. Ternyata ada juga lo MomBlogger yang bermain game terpopuler di Indonesia dalam rangka untuk menambah penghasilan.

Bukan hanya untuk have fun atau iseng semata. Adakah sohib kongkow yang juga menekuni game sebagai salah satu jalan rezeki?

Bukan hanya dampak negatif game online yang banyak ya, manfaat bermain game buat MomBlogger ternyata juga sangat beragam.

Tips Memainkan Game untuk MomBlogger

Agar memainkan game untuk MomBlogger nggak menjadi aktivitas yang mengganggu, maka ada dua hal penting yang harus digarisbawahi:

dampak negatif game online untuk anak

1. Skala Prioritas

Sebelum bermain game populer, sohib kongkow perlu memahami skala prioritas harian. Manakah kegiatan yang masuk ke dalam penting dan mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, dan tidak penting serta tak mendesak.

Nah, kira-kira bermain game masuk dalam kuadran prioritas yang mana nih? Harus jujur ya… Jika dirasa game masuk dalam ranah tidak penting dan tidak mendesak, maka kita perlu tahu kapan waktu yang tepat memainkannya.

Misal, setelah semua prioritas yang masuk di tiga kuadran lainnya selesai dilakukan. Atau bisa juga dilakukan setelah satu aktivitas besar, sebagai self reward gitu.

2. Tahu Kapan Harus Berhenti

Hal penting lainnya, sohib kongkow perlu tahu kapan saat harus berhenti. Bermain game tak jauh berbeda dengan scrolling medsos. Dua kegiatan ini sama-sama bisa menghasilkan dopamine dan bikin kebahagiaan sementara.

Karena happy, kita seringkali nggak sadar telah melakukan aktivitas ini hingga berjam-jam. Makanya perlunya mindfulness agar kita punya kontrol kapan memulai dan menghentikannya.

Kalau dirasa masih belum bisa mindful, sepertinya jangan coba-coba deh bermain game. Takutnya pas suami pulang, doi cemberut karena nggak menemukan makanan di rumah.

Ya kalau nggak masak karena produktif kerja mungkin suami memaklumi. Kalau nggak masak gara-gara ngegame, bisa dipotong kan ntar uang jajannya, hehe.

Nah, jika teman kongkow tim yang suka main game terpopuler di Indonesia dan sedang cari referensi game lainnya. Cuzz bisa kunjungi https://bukuwarung.com/game-paling-populer-di-indonesia/ untuk informasi selengkapnya. Happy gaming responsibly, pals!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com