header marita’s palace

Kelas Siap Kerja Skill Academy, Pilihan Terbaik untuk Program Kartu Prakerja


kelas prakerja Skill Academy

Kelas Siap Kerja Skill Academy siap menjadi jawaban bagi teman kongkow yang sedang berikhtiar meningkatkan kualitas diri lewat Program Kartu Prakerja. Fyi, Program Kartu Prakerja gelombang baru telah dibuka lo!

Berbondong-bondong rakyat Indonesia yang belum pernah mencicipi program ini bergegas melakukan pendaftaran. Bagaimana denganmu, pals?

Apakah sudah pernah bergabung dengan progrma ini sebelumnya? Atau masih belum beruntung dan masih berusaha untuk mencoba peruntungan di gelombang baru ini?

Eits, jangan-jangan ada yang malah belum tahu dengan program kece besutan pemerintah ini? Nah, buat yang belum tahu atau ketinggalan info terkait program pemerintah ini, boleh lah disimak sejenak informasi yang akan kusampaikan ini.

Apa Itu Program Kartu Prakerja?

Sejak pandemi menghantam negeri ini, pemerintah sadar bahwasanya banyak pekerja yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), pelaku usaha yang gulung tikar dan mahasiswa yang mau tak mau harus berhenti kuliah karena ketiadaan biaya.

Kesadaran tersebut yang kemudian melahirkan Program Kartu Prakerja sejak bulan Maret 2020. Saat ini telah berlangsung hingga gelombang ke-22.

Sementara itu pendaftaran untuk gelombang ke-23 telah dibuka sejak hari Kamis, 17 Februari 2022. Kuota gelombang terbaru ini terbuka untuk 500.000 orang. So, buat teman kongkow yang ingin mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan, cuzz deh ikutan program kece dari pemerintah ini.

Untuk menjalankan program ini, pemerintah telah bekerjasama dengan berbagai platform digital. Pemerintah menggunakan cara marketplace agar peserta dapat memilih sendiri pelatihan yang dibutuhkan. Hal ini agar peserta program bisa lebih mudah mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi.

Untuk jenis pelatihannya sendiri sangat beragam ya, pals. Kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan skill yang ingin ditingkatkan. Dari bidang teknologi informasi sampai manajerial tersedia. Lengkap deh!
program kartu prakerja adalah

Syarat Mengikuti Program Prakerja

Setelah tahu apa yang dimaksud dengan Program Kartu Prakerja, aku yakin teman kongkow penasaran ya apa saja syarat untuk bisa mengikutinya?

Nah, biar rasa penasarannya nggak jadi jerawat, silakan ditengok list di bawah ini:
  • Warga Negara Indonesia alias WNI.
  • Pastikan usiamu sudah 18 tahun ke atas.
  • Nggak sedang menempuh pendidikan formal. Jadi buat yang sedang kuliah, belum bisa mengikuti program ini ya.
  • Diprioritaskan bagi mereka yang sedang mencari kerja, pekerja ataupun buruh yang terkena PHK, pekerja/ buruh yang sedang dirumahkan efek dari pandemi, bukan termasuk pekerja yang menerima upah. Buat kalian pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh banget lo.
  • Pastikan teman kongkow selama pandemi Covid-19 tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya. Biar terdistribusi lebih merata gitu, pals. Jangan sampai yang dapat bantuan 4L alias lu lagi lu lagi.
  • Buat yang merasa Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, atau Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN/ BUMD… minggir dulu ya. Jelas yang udah ada di posisi tersebut nggak layak dong menerima bantuan ini. Malu sama dunia, hehe.
  • Syarat terakhir, dalam 1 KK maksimal hanya 2 NIK yang bisa menjadi Penerima Kartu Prakerja.
Gimana nih, apakah kalian termasuk yang memenuhi syarat di atas? Kalau iya, cuzz deh langsung daftar aja. Mumpung masih bisa lo.

Cara Mengikuti Program Prakerja

Untuk ikut Program Kartu Prakerja, gampang banget kok, pals. Tinggal ikuti 7 tahapan yang akan aku jabarkan satu per satu di bawah ini. Siap?
cara pendaftaran program kartu prakerja

Tahap 1: Pendaftaran

Untuk mendaftar, teman-teman kongkow bisa cuzz ke https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Saat proses registrasi, jangan lupa untuk menyiapkan e-mail aktif, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga) dan nomor handphone yang bisa dihubungi.

Terus isi aja form registrasi sesuai dengan data diri kamu. Oh ya, nanti juga bakal diminta untuk verifikasi foto wajah. Jadi better registrasinya pakai handphone aja sih.

Tahap 2: Seleksi

Setelah rangkaian registrasi dilalui, saatnya untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Hasil tes ini akan berpengaruh apakah kamu layak diterima dalam seleksi gelombang ini atau tidak. Tunggu saja pengumumannya ya.

Tahap 3: Pilih Pelatihan

Kalau kamu lolos seleksi, saatnya untuk beli pelatihan prakerja yang kamu minati. Kamu bisa membayar pembelian ini dengan menggunakan Kartu Prakerja.

Bingung karena ada banyak pilihan platform digital. Kalau boleh kasih saran nih, pilih aja Kelas Siap Kerja yang diselenggarakan oleh Skill Academy.

Bukan tanpa sebab lo aku menyarankan kelas ini dibandingkan mitra platform digital yang tersedia lainnya. Aku sudah pernah mengikuti pelatihan copywriting yang diselenggarakan oleh Skill Academy, dan luar biasa!

Dibandingkan dengan platform belajar online lainnya, aku bisa katakan Skill Academy paling nyaman dan punya fitur terlengkap. Bikin nagih buat belajar di platform ini lagi dan lagi. Cuzz deh aku bakal kasih tahu apa saja keunggulan dari Kelas Siap Kerja Skill Academy.

Keunggulan Kelas Siap Kerja Skill Academy

Buat yang sudah lolos di tahap seleksi dan bingung menentukan platform terbaik, aku sarankan sih ambil Kelas Siap Kerja Skill Academy. Berikut ini tujuh hal yang mendasari alasan dibalik saranku:

1. Dipercaya oleh 6 Juta Pengguna

Sejak Program Kartu Prakerja digulirkan, lebih dari 6 juta pengguna telah menjatuhkan pilihan pada Skill Academy. Bukan tanpa sebab dong kenapa berjuta-juta orang memilih platform ini?

Dari pengalamanku sendiri sih, dibandingkan platform belajar online yang pernah aku coba sebelumnya, Skill Academy punya aplikasi dan website yang lebih ramah pengguna. Selain itu kualitas video pembelajarannya juga paling top dibandingkan platform lain.

Videonya benar-benar dibuat secara profesional, gambarnya jelas, dan suaranya jernih. Sehingga sebagai pengguna, kita bisa menikmati pelatihan online dengan nyaman.
 

2. Instruktur Terpercaya

Soal instruktur jangan diragukan lagi. Banyak ahli dan praktisi di bidangnya yang dirangkul oleh Skill Academy untuk memberikan materi pelatihan.

Sebut saja ada Fedi Nuril yang akan memberikan pelatihan tentang keaktoran, lalu ada juga Ivan Gunawan buat yang tertarik belajar mengenai fashion designing. Dan tentunya masih banyak nama-nama keren di bidangnya masing-masing.


3. Tes Kemampuan

Setiap sesi belajar di Kelas Siap Kerja selalu dilengkapi dengan tes kemampuan. Tes ini untuk mengecek sejauh mana pemahaman kamu terhadap materi yang diberikan.

Jadi jika nilainya masih kurang oke, kamu bisa nih mengulang lagi materi sebelumnya. Biar bisa lebih ahli dan paham kan?
kelas prakerja di Skill Academy

4. Akses Kelas Seterusnya

Ini yang paling aku suka dari Skill Academy. Nggak perlu khawatir lupa terhadap materi belajar, karena kamu bisa akses kelas seterusnya. Jadi meski kelasnya sudah selesai dan dapat sertifikat, kamu masih tetap bisa mengulang kembali video materinya. Enak kan?

Buat yang masih bingung mau pilih kelas apa, kamu bisa pantau sosial media Skill Academy untuk  tahu informasi terbaru ya. Cuzz aja kepoin Instagramnya di @skillacademy.id.


5. Pusat Bantuan Pelanggan yang Siap Sedia

Jika terjadi error, atau kesulitan dalam penggunaan fitur yang ada di aplikasi atau situs Skill Academy, jangan ragu-ragu untuk menghubungi pusat bantuan pelanggan. Tim mereka akan dengan sigap membantu semua kesulitan dan keluhanmu. Dijamin gercep pokoknya.


6. Tersedia Program Bimbingan Karir

Asyiknya nih, kamu bisa gabung ke grup bimbingan karir dan mendapat informasi yang up to date terkait pengembangan karis, tersedia webinar upskilling gratis dan puluhan diskon khusus member.

Nggak hanya itu, buat kalian yang membeli dua kelas sekaligus, langsung bisa gabung dengan grup mentoring karir. Yang membimbing langsung tim HRD berpengalaman lo. Kamu akan digembleng bagaimana caranya membuat CV yang menarik, hingga tips wawancara yang oke.


7. Ada Komunitas Belajar

Selain bimbingan karir, di Skill Academy juga tersedia Komunitas Belajar yang akan mempertemukanmu dengan banyak peserta pelatihan. Di sini kamu bisa berkenalan dengan banyak orang, berjejaring dan meningkatkan branding.

Kalian juga bisa saling berbagi tips belajar, informasi pekerjaan dan hal-hal positif lainnya. Pastinya bakal bikin hidup kamu lebih produktif dan nggak rebahan melulu.

Setelah tahu keunggulan Kelas Siap Kerja Skill Academy, pasti kamu akan susah pindah ke lain hati kan? Nah, sekarang back to ke pilih pelatihan.

Cuzz aja langsung ke aplikasi atau web official Skill Academy, lalu pilih kelas yang berlabel Prakerja. Ada banyak pilihan lo di sana. Pilih saja sesuai yang kamu butuhkan ya, pals.

Setelah kamu membayar dengan Kartu Prakerja, nantinya kamu akan mendapatkan voucher Skill Academy sesuai dengan kelas yang telah dipilih.

Tahap 4: Ikuti Pelatihan Kelas Siap Kerja

Selanjutnya untuk mengakses Kelas Siap Kerja yang sudah dipilih, masukkan kode voucher yang telah didapat. Setelah berhasil, kamu tinggal selesaikan saja sesi demi sesi pelatihan.

Ketika semua sesi telah dilewati, dan mengikuti beberapa tes terkait, kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kelulusan.

Tahap 5: Beri Rating dan Ulasan

Setelah sertifikat didapat, jangan lupa untuk memberikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah kamu ikuti. Ini menjadi syarat untuk memasuki tahap keenam dan ketujuh. Apa ya itu?

Tahap 6: Insentif Biaya Mencari Kerja

Pastinya ini yang paling ditunggu-tunggu kan? Setelah kamu menyelesaikan pelatihan, pemerintah akan memberikan insentif sebesar Rp600.000/ bulan. Insentif ini akan diberikan selama empat bulan.

Syaratnya tentu saja kamu sudah menyelesaikan pelatihan, dibuktikan lewat sertifikat yang didapat dan pemberian rating serta ulasan. Agar insentif ini diterima dengan lancar, jangan lupa menyambungkan rekening atau e-wallet milikmu pada salah satu Mitra Pembayaran.

Tahap 7: Insentif Pengisian Survey

Tahap terakhir dalam Program Kartu Prakerja yaitu mengisi survey. Caranya gampang kok, cukup isi tiga survey yang diberikan lalu kamu bisa dapat insentif sebesar Rp50.000.

Enak kan cuma isi survey aja dikasih Rp50.000? Kapan lagi kalau nggak di program kece ini? Oh ya, Rp50ribu ini diberikan setiap survey lo. Jadi kalau tiga survey, dapat berapa tuh? Mayan kan?

Demikian informasi mengenai Program Kartu Prakerja yang bisa aku berikan. Jangan lupa ya untuk memilih Kelas Siap Kerja Skill Academy kalau kalian lolos seleksi. Share ya buat yang udah ngrasain asyiknya kelas dari Skill Academy!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment