header marita’s palace

6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi Agar Tubuh Tetap Sehat

tips menjaga kesehatan saat pandemi
Pandemi Covid-19 masih belum usai. Untuk melindungi diri dari paparan virus Corona, sangatlah penting bagi kita untuk menerapkan protokol kesehatan. Di samping itu, kita juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan saat pandemi yang dapat dipraktekkan di rumah.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Memelihara kesehatan tubuh pada masa pandemi seperti saat ini merupakan prioritas bagi semua orang. Pasalnya virus Corona lebih gampang menginfeksi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Meningkatkan daya tahan tubuh pada masa pandemi ini sendiri tidak sesulit yang kita bayangkan. Bahkan, temen kongkow juga tidak harus repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk melaksanakannya. Sebaliknya, kalian cukup melakukan tip-tips sederhana supaya tubuh tetap sehat. Berikut tips ampuh untuk menjaga kesehatan pada saat pandemi.

1. Aktif Bergerak dan Rutin Melakukan Olahraga

Tips menjaga kesehatan saat pandemi yang pertama yaitu dengan berolahraga secara rutin dan aktif bergerak. Meski di rumah saja, namun bukan berarti kita dapat bermalas-malasan. Justru, sohib kongkow perlu lebih aktif serta lebih banyak bergerak. Seperti bersepeda, melakukan yoga, atau sekedar berjalan kaki berkeliling di sekitar rumah selama 15 menit tiap harinya.

Dengan memulai gaya hidup yang lebih sehat, maka proses regenerasi dan juga metabolisme di dalam tubuh jadi lebih maksimal. Dengan demikian, tubuh pun menjadi lebih sehat.

2. Istirahat yang Cukup

Tidur malam yang cukup pun akan membantu memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, usahakan untuk tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Selain beristirahat cukup, pastikan temen kongkow senantiasa terhidrasi dengan baik melalui konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup secara teratur.

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

Tips menjaga kesehatan saat pandemi selanjutnya yaitu perhatikan asupan makanan. Pada masa pandemi seperti saat ini, sebaiknya kalian memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi seimbang dengan buah-buahan dan sayuran, serta vitamin, pals. Hal tersebut sangat penting, karena nutrisi seperti vitamin yang terdapat pada buah dan sayur bisa menjadikan tubuh kita kuat. Sehingga tidak gampang terserang penyakit.

Selain itu, pastikan pastikan setiap kali sohib kongkow makan selalu dipenuhi dengan makanan bernutrisi serta bergizi seimbang, meliputi karbohidrat, serat, lemak baik dan juga makanan yang mengandung protein tinggi. Di samping itu, usahakan selalu makan dengan teratur serta tak melewatkan jam makan, terlebih sarapan.

4. Jaga Jarak dan Jauhi Kerumunan

Senantiasa menjaga jarak kira-kira 1,5 m sebagai upaya menghindari penularan virus Corona. Virus Corona dapat menyebar lebih mudah pada tempat-tempat dengan lalu lintas yang padat. Misalnya di kantor, sekolah, transportasi umum, serta tempat publik lainnya.

Apabila memungkinkan, hindari untuk berlama-lama berada di tempat-tempat tersebut. Tetap tinggal di rumah bila tak terlalu penting berada di luar rumah.

5. Jagalah Higienitas

Pastikan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir selama minimal 20 detik secara berkala. Seperti pada saat sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, sesudah melakukan aktivitas, serta ketika tangan sedang kotor.

Apabila bersin atau batuk, maka tutuplah mulut dan hidung memakai tisu. Sesudahnya, lekas buang tisu pada tempat sampah dan cuci tangan sampai bersih. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah juga.

6. Kelola Stres

Tips menjaga kesehatan saat pandemi selanjutnya yaitu dengan cara mengelola stres. Berusaha supaya tetap tenang dan berpikir positif sangatlah penting untuk menghindari penyakit. Dengan pengendalian stres yang baik makan hormon kortisol (hormon yang dilepaskan ketika seseorang merasa stres) akan terkendali. Sehingga bisa membantu tubuh untuk melawan peradangan serta penyakit.

Di antara keenam tips menjaga kesehatan saat pandemi di atas, apakah kalian sudah praktekkan semuanya, pals? Semoga Allah selalu melindungi kita dan salam hidup sehat!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

3 comments

  1. Ini nih yang harus kita lakukan, pandemi udah genap dua tahun harus banget jaga kesehatan biar gak makin panjang dan memakan korban. :)

    ReplyDelete
  2. Nah pas banget di situasi kek gini mengingat pandemi udah genap dua tahun kita harus menghentikan penyebarannya dengan menjaga kesehatan kita. Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete
  3. Udah lelah dan terlalu lama. Pengin cepat2 kelar ni pandemi. Ayo jaga prokes

    ReplyDelete

Post a Comment