header marita’s palace

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan, No 7 Terampuh!

cara mengatasi rambut rontok berlebihan
Sejak memutuskan berhijab belasan tahun lalu, rambut rontok sudah jadi masalah harian. Awalnya aku nggak terlalu peduli sih. Namun lama-lama penasaran juga gimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan.

Apalagi setelah merasa rambutku makin tipis aja tiap harinya. Padahal rambutku pun yang nggak tebal-tebal banget. Ngeri juga kan ya kalau jadi botak?

Penyebab Rambut Rontok Parah

Namun sebelum aku cari tahu gimana mengatasi rambut rontok yang cukup parah, aku cari dulu deh penyebab kerontokan rambut apa aja. Karena solusi terbaik hanya akan muncul ketika kita tahu sumber masalahnya dulu kan, pals?

Dari beberapa literasi yang aku kumpulkan, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut rontok berlebihan:
penyebab rambut rontok parah

1. Stress

Jika temen kongkow merasa akhir-akhir ini lagi menghadapi masalah berat dalam hidup, dan kemudian berpengaruh pada rambut yang lebih banyak rontok, bisa jadi kalian lagi stres, pals. Dan menurut para ahli, stress karena bercerai dengan pasangan, kehilangan orang terkasih atau karena kena PHK, bisa mengakibatkan rambut jadi rontok berlebihan.

Selain diakibatkan stress emosional, stress karena kelelahan fisik juga bisa menyebabkan rambut rontok parah, pals. Stress fisik ini antara lain pasca melahirkan, lalu nggak sempat istirahat dan harus langsung berjibaku dengan banyak urusan domestik.

2. Hormonal

Selain adanya tekanan dalam hidup, rambut rontok juga bisa diakibatkan adanya perubahan hormonal. Beberapa kondisi ini terjadi ketika perempuan sedang hamil, atau pasca melahirkan. Beberapa ibu juga mengalami rambut rontok parah saat sedang masa-masa menyusui.

3. Kurang Gizi atau Mengidap Penyakit

Penyebab kerontokan rambut lainnya yaitu kondisi tubuh yang kekurangan zat-zat penting, seperti zat besi dan protein. Selain itu, rontok parah juga bisa dikarenakan adanya penyakit dalam tubuh, antara lain infeksi jamur di bagian kepala, penyakit kelenjar tiroid, penyakit autoimun, dan juga sifilis.

Selain penyakit, obat-obatan yang secara rutin dikonsumsi karena kondisi tertentu juga bisa menyebabkan kerontokan. Misal, vitamin A dosis tinggi, obat hormonal, pil KB ataupun obat anti depresan.

Saat kita sedang mengalami demam, baru saja sembuh dari beberapa penyakit, anemia parah ataupun berat badan turun secara drastis, rambut juga bisa rontok parah lo, pals. Buat temen kongkow yang mungkin sedang dalam terapi tertentu, seperti radiasi atau kemoterapi, rambut rontok juga hal yang sangat umum terjadi.

4. Perawatan Rambut yang Kurang Pas

Ada banyak jenis perawatan rambut ataupun styling rambut yang nggak semuanya cocok di kepala kita, pals. Misal, cat rambut, bleaching atau terlalu lama dalam penggunaan hair dryer.

Oleh karenanya penting buat kita untuk tahu apakah jenis-jenis perawatan rambut yang digunakan aman untuk rambut dan kulit kepala atau nggak. Jika memang ada dampak yang kurang oke, mending hindari pemakaiannya lain kali, atau kurangi jumlah penggunaannya.

5. Penggunaan Penutup Kepala yang Terlalu Lama

Penyebab rambut rontok yang terakhir bisa jadi karena kebiasaan buruk kita dalam menggunakan penutup kepala, padahal rambut belum benar-benar kering. Atau bisa juga karena kita kurang memperhatikan kebersihan penutup kepala, entah itu kerudung ataupun topi.

Nah, keknya aku udah nemu sih alasan rambutku rontok, pals. Paling tepat sih poin yang kelima ini. Aku suka kurang memperhatikan apakah rambut udah kering atau belum. Bahkan kadang masih basah, langsung kuikat dan tertutup kerudung dalam waktu lama.

Hmm, jangan ditiru yaa.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Setelah ketemu penyebabnya, jadi apa yang bisa temen-temen kongkow lakukan untuk mengatasi rambut rontok parah? Aku sudah mengumpulkan 7 tips jitunya nih, mau tahu?
cara mengatasi rambut rontok

1. Membilas Rambut dengan Bersih Usai Keramas

Penting banget untuk memperhatikan apakah rambut sudah benar-benar bersih. Jangan sampai masih ada busa yang tersisa.

Apalagi kalau setelah itu nggak sempat menunggu kering dan langsung mengikat rambut sepertiku. Big no banget ya.

That’s why kalau ada rencana ke luar rumah, sebaiknya kita hitung waktunya. Misal rambut kita panjang, ya hitung butuh waktu berapa lama sampai rambut benar-benar kering. Biar saat pakai kerudung, rambut udah nggak basah lagi.

Kebiasaan buruk yang sering aku lakukan ini, selain berdampak rambutu rontok, bisa juga mengakibatkan munculnya ketombe. Duh, nggak enak banget kan? Bikin gatel kepala nggak sih, pals?

2. Melakukan Terapi Pijat di Area Kepala

Jikalau rambut rontok sudah sedemikian parah, coba deh pijat-pijat area kepala. Hal ini bisa membantu peredaran darah menjadi lebih lancar. Alhasil, bisa mengurangi keluhan rambut rontok deh.

3. Menjaga Pola Hidup Sehat

Banyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi, pals. Dua nutrisi itu membantu dalam menjaga kesehatan rambut.

Nggak lupa hindari begadang, merokok dan sempatkan waktu untuk berolahraga, setidaknya 15 menit setiap harinya. Nggak perlu olahraga yang terlalu ekstrem, cukup dengan rutin jogging, senam di rumah ataupun lari-lari kecil.

4. Menjaga Kebersihan Pakaian, Terutama Hijab atau Topi

Nah, ini juga penting, terutama yang menggunakan hijab atau suka pakai topi. Jangan sampai lupa untuk mencuci kerudung dan topi kesayangan.

Selain bisa menyebabkan rambut rontok dan ketombe, kerudung dan topi yang lama nggak dicuci akan menghasilkan bau yang nggak enak. Ntar temen dan kerabat jadi malas lo deket-deket sama kita, hehe.

5. Membuat Masker Rambut Alami

Kalau sohib kongkow punya waktu luang, bisa tuh bikin masker rambut homemade. Beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu atasi rambut alami yaitu santan, aloe vera alias lidah buaya dan putih telur.

Tentunya membuat masker homemade dan mengaplikasikannya ke rambut butuh effort yang besar. Selain itu juga butuh waktu yang cukup panjang. Jadi ya hanya cocok buat orang-orang yang sabar, hehe.

6. Transplantasi Rambut

Buat yang merasa rambutnya udah rontok parah, bahkan sampai menuju kebotakan, transplantasi rambut seperti yang dilakukan Kevin Aprilio dan Anang Hermansyah bisa jadi pilihan. Namun ya tentu saja opsi ini hanya cocok buat yang punya kantong tebal, hehe.

7. Memilih Shampoo yang Cocok

Nah, kalau poin 5 dan 6 terasa mustahil dilakukan, aku rasa yang nomor 7 ini paling pas deh. Mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Yup, pakai aja secara rutin shampoo Dove habbatussauda.
shampoo Dove Habbatussauda untuk rambut rontok dan ketombe
Shampoo ini mengandung jinten hitam yang bermanfaat mengusir ketombe dan mengatasi rambut rontok, terutama buat temen-temen kongkow pengguna hijab sepertiku. Gimana mau nyobain cara yang ketujuh ini?

Atau jangan-jangan sudah ada yang nyoba nih produk spesial dari Dove buat pengguna hijab? Boleh dong yang sudah merasakan manfaatnya, sharing cerita kalian di kolom komentar.

Eniwei, semoga informasi mengenai penyebab kerontokan rambut dan cara mengatasi rambut rontok berlebihan ini bermanfaat ya, pals. Stay healthy and beauty! Sampai jumpa di celotehku berikutnya!

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Nah, sering banget masalah rontok dan ketombe bikin resah kalau yang rontok udah kepikiran kanker otak, negatif thinkingnya kelewatan. Kadang bingung cara ngatasinya gimana, oh ternyata ini tipsnya. Shampo dove bisa dicoba, nih, terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete
  2. Aku lagi ngerasain banget punya masalah rambut rontok. Walaupun sebenernya masih kategori normal, tapi sering kali ngeganggu aja rasanya huhu thanks yaa kak untuk tipsnya

    ReplyDelete