header marita’s palace

Apa itu Web Hosting Gratis? Ini Kelebihan dan Rekomendasinya

apa itu web hosting gratis
Tahukah pals, kini hanya dengan memanfaatkan layanan web hosting free dan nama domain kita sudah bisa membangun website sendiri, lho! Yup, kini ada banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan versi gratis untuk kita nikmati. Mungkin fiturnya tak selengkap versi premium, namun setidaknya fitur-fitur pada versi gratis sudah cukup untuk mengelola website awal.

Guna memahami lebih lanjut seputar apa itu hosting gratis dan rekomendasi situs penyedianya, yuk simak ulasan berikut!

Apa Itu Hosting Gratis?

Hosting gratis atau free hosting adalah layanan hosting yang disediakan oleh perusahaan penyedia jasa hosting kepada penggunanya tanpa perlu membayar sepeserpun alias gratis. Free hosting umumnya diberikan dalam rangka memasarkan produk hosting perusahaan tersebut, dengan menyediakan versi trial agar pengguna dapat menilai kualitasnya.

Beruntungnya kini sudah ada banyak sekali perusahaan penyedia layanan hosting gratis Indonesia. Biasanya, masa berlaku gratis tersebut terbatas, tergantung ketentuan masing-masing penyedia. Beberapa ada yang memberikan masa berlaku free hosting selama 3 hari, 7 hari, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun.

Bahkan ada juga yang memberikan jangka waktu selamanya. Akan tetapi, gratis hosting selamanya ini biasanya fitur-fiturnya terbatas. Apabila pengguna ingin menggunakan fitur lebih lengkap, maka harus melakukan upgrade.

Tips Memilih Web Hosting Gratis

Siapa sih yang tidak suka hal-hal berbau gratis, betul tidak? Terlebih jika berkaitan dengan hosting, dimana merupakan bagian penting dalam pembuatan website.

Selain sangat membantu bagi temen kongkow yang ingin belajar membangun website, web free hosting juga akan bermanfaat bagi pelaku bisnis kecil hingga menengah yang ingin mencoba berjualan online di website sendiri.

Hal ini mengingat meningkatnya kebiasaan masyarakat dalam berbelanja online, sehingga sebagai pebisnis sudah sepatutnya kita juga mengikuti tren tersebut.

Meskipun layanan hostingnya gratis, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih penyedia hosting. That’s why, aku mau berbagi tips memilih tempat hosting gratis terbaik.
tips memilih hosting gratis

1. Pastikan Perusahaan Penyedia Hosting Terpercaya

Pertama-tama, sohib kongkow harus memastikan bahwa perusahaan penyedia jasa free hosting dapat dipercaya. Ini penting, sebab apabila terjadi sesuatu dengan website kita, maka nggak perlu kebingungan dan masih bisa menghubungi perusahaan tersebut untuk konsultasi.

2. Pahami Kebutuhan

Tips memilih web hosting gratis terbaik selanjutnya yaitu memahami kebutuhan. Maksudnya, temen kongkow harus tahu jenis website apa yang ingin dibuat, apakah blog, e-commerce, atau lainnya.

Kemudian kita juga harus menentukan berapa banyak trafik yang ingin diperoleh dalam waktu satu bulan, dan sebagainya. Barulah kita memilih hosting yang dapat memenuhi standar target tersebut.

3. Keamanan Website

Memperhatikan keamanan website menjadi hal penting terutama apabila website kita berhubungan dengan transaksi pelanggan. Sayangnya, masih ada beberapa penyedia jasa free hosting yang kurang mementingkan hal ini. Oleh sebab itu sebaiknya kita memilih free hosting di mana sudah dilengkapi dengan sertifikat SSL atau secure socket layer.

SSL adalah protokol keamanan yang dirancang untuk melindungi data di internet. Biasanya website yang memiliki sertifikat SSL ditandai dengan simbol gembok pada kolom URL browser dan menggunakan HTTPS.

4. Customer Service

Tips memilih tempat hosting gratis terbaik selanjutnya adalah pilihlah yang menyediakan jasa customer service. Mungkin ini terdengar berlebihan, namun jika sohib kongkow masih baru di dunia website, hal tersebut sangat penting. Ketika terjadi masalah pada website, kita dapat langsung meminta bantuan kepada customer service untuk mendapatkan jawabannya.

Minimal kita tahu jenis masalah apa yang sedang dihadapi. Setelah itu kita bisa mencari solusinya sendiri di internet.

5. Bandwidth dan Storage

Tips terakhir adalah perhatikan bandwidth dan storage yang ditawarkan. Bandwidth adalah jumlah kapasitas maksimum data yang bisa ditransfer per detik dalam jaringan internet, sehingga sangat berpengaruh terhadap performa website.

Sedangkan storage diperlukan guna menampung semua data dalam sebuah situs. Bila foto, video, atau tulisan yang ingin dimasukkan ada banyak, maka diperlukan kapasitas penyimpanan besar pula.

Rekomendasi Web Hosting Terbaik

Dari daftar hosting gratis yang ada di Indonesia, salah satu rekomendasi terbaiknya yaitu Zyro. Zyro merupakan penyedia jasa web hosting gratis di mana memiliki banyak tools dan fitur guna membantu memudahkan pekerjaan dalam membuat website pribadi maupun bisnis. Keunggulan Zyro antara lain sebagai berikut:
  • Loading lebih cepat
  • Aman dan dapat dipercaya
  • Uptime 99,99% sehingga dapat mencegah trafik turun dan menambah jumlah pengunjung
  • Bisa diupgrade ke versi premium
  • Setup otomatis sehingga lebih menghemat waktu dan memudahkan pekerjaan kita
Zyro hosting gratis
Sementara itu, tools yang ada pada Zyro di antaranya:
  • Membuat toko online
  • Web builder yang simpel, tinggal drag and drop
  • Membuat custom domain agar website terlihat lebih profesional
  • Logo maker dilengkapi dengan tool berteknologi AI untuk menyempurnakan identitas visual brand
Itu dia penjelasan tentang apa itu hosting gratis hingga tips memilih penyedia hosting terpercaya dan rekomendasi tempat hosting gratis terbaik yang dapat kalian jadikan referensi, pals. Semoga informasi ini bermanfaat bagi temen kongkow,khususnya yang baru belajar membuat website pribadi dan pebisnis pemula.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Ya pasti sukalah kalau ada hal yang berbau gratis apalagi berkaitan sama blog hemm jadi langsung kepoin. Web hosting memang penting sih untuk blog, jadi ga heran kalau ngebet nyari yang gratis. Tapi, tetep harus hati-hati. Terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete

Post a Comment