header marita’s palace

Local Brand Tumbuh Sukses Bersama Ecommerce Enabler Indonesia

Konten [Tampil]
ecommerce enabler indonesia
Istilah ecommerce enabler Indonesia masih asing di telingaku. Aku mulai mengenal istilah tersebut ketika tanteku meminta bantuan untuk mengajarinya membuka akun di sebuah marketplace.

Tanteku ingin mulai belajar memasarkan produknya lewat marketplace. Beliau pikir karena aku cukup dekat dengan dunia digital, aku sedikit paham bagaimana mengelola toko online di marketplace.

Awalnya kusanggupi karena ingin membantu. Sayangnya aku juga tak punya banyak pengalaman dengan marketplace. Pengalamanku hanya sebatas sebagai pembeli, bukan penjual.

Namun aku tak ingin menyerah, aku berusaha memahami alur kerja di marketplace. Kupikir ya paling bisa lah, kan cuma mengunggah produk, memberi keterangan di kolom deskripsi, lalu tinggal menunggu ada pembeli datang.
berbisnis di marketplace dengan ecommerce enabler
Ahaaay, ternyata pikiranku terlalu sederhana dan polos. Tak semudah itu, pals. Di marketplace ada banyak toko bertebaran. Bahkan di antara ribuan atau bahkan belasan ribu toko online yang ada, bisa jadi menjual produk yang sama atau sejenis.

Bagaimana caranya agar toko milik tanteku dilirik penjual? Aku mulai berpikir dengan keras. Namun tak juga menemukan caranya. Akhirnya aku pun mengibarkan bendera putih. Aku mengatakan pada tante kalau saat ini belum sanggup untuk membantunya mengelola toko di marketplace.

Gara-gara pengalaman itu, aku mulai mencari tips dan trik menaklukkan marketplace. Di situlah kemudian aku menemukan istilah ecommerce enabler Indonesia. Adakah teman-teman kongkow yang penasaran dengan istilah ini? Atau malah sudah tahu sebelumnya?

Pengertian Ecommerce Enabler

Tentu saja keningku berkernyit awalnya saat mendapati istilah tersebut. Istilah apalagi ini, pikirku. Apa ya bedanya ecommerce enabler dengan digital marketing agency? Aku pun mulai kepo mencari tahu lebih dalam tentang istilah tersebut.

Ternyata yang dimaksud dengan ecommerce enabler adalah pihak penyedia layanan jasa yang akan membantu sebuah brand untuk berjualan online. Mulai dari membuatkan toko resmi di marketplace, hingga membuat sistem agar permasalahan terkait bisnis digital brand tersebut bisa selesai dengan cepat.
Sederhananya, enabler ecommerce adalah sebuah tim yang akan mengelola manajemen toko, mencatat keluar masuk barang di gudang hingga pelayanan konsumen.
Wah, beneran aku baru tahu kalau ada layanan jasa macam ini. Manfaat banget sih ini. Apalagi buat para usahawan yang kurang paham dengan dunia digital, dan nggak mau ribet memikirkan printilannya, bekerjasama dengan ecommerce enabler jelas pilihan terbaik.

Manfaat Bekerjasama Dengan Ecommerce Enabler Indonesia 

Kenapa aku bilang layanan ini bermanfaat banget? Nih aku akan jabarkan tiga manfaat utama yang bisa kita dapatkan jika bekerjasama dengan ecommerce enabler Indonesia:
manfaat dan kegunaan ecommerce enabler

1. Fokus pada Produksi

Sebagai produsen kita pastinya sudah dipusingkan dengan urusan produksi yang tak kalah banyaknya. Jika harus dipusingkan juga dengan urusan pemasaran dan penjualan, bisa-bisa urusan produksi malah terbengkalai.

Nah, dengan bekerjasama dengan pihak ketiga yang lebih paham seluk beluk penjualan lewat marketplace, kita jadi bisa fokus pada urusan produksi. Masalah pemasaran dan penjualan di ecommerce, serahkan saja pada tim enabler. Enak kan?

2. Branding Produk Meningkat

Tim enabler adalah orang-orang yang memiliki kapasitas di bidangnya. Mereka sudah paham bagaimana alur kinerja di setiap marketplace, bagaimana caranya agar membuat toko online dilirik konsumen dan meraup banyak pembeli.

Tim enabler juga pastinya tahu pasar seperti apa yang pas untuk produk kita. Mereka akan mencarikan kampanye pemasaran yang paling pas, alhasil branding produk pun bisa semakin melejit. Hmm, siap-siap banjir orderan dan produksi lebih banyak barang nih, pals.

3. Duduk Manis, Penjualan Laris

Sambil memantau proses produksi barang, kita bisa duduk manis memantau penjualan produk yang semakin laris. Hal tersebut dikarenakan tim enabler memiliki peran sebagai berikut:

Membuat Daftar Produk

Kalau kita yang mengerjakan sendiri, pastinya capek sendiri ya? Harus mengunggah produk satu per satu. Nah, tim enabler sudah punya sistem tersendiri untuk melakukan listing produk. Bahkan tak hanya ke marketplace, mereka juga akan melisting produk ke webstore dan media sosial.

Membuat Webstore

Selain memaksimalkan pemasaran dan penjualan lewat marketplace, ecommerce enabler juga biasanya menyediakan layanan jasa pembuatan webstore. Tentu saja hal ini sesuai dengan paket jasa yang kita pilih ya. Namun jika kita bisa memiliki webstore tersendiri, tentunya channel penjualan produk bisa semakin beragam kan?

Point of Sales (POS)

Serunya lagi nih, tim enabler biasanya sudah memiliki sistem Point of Sales (POS) untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola urusan tokonya. Biasanya POS ini dihadirkan dalam sebuah dashboard yang mudah pengoperasiannya.

Customer Service (CS)

Kalau terjadi masalah dalam proses pengelolaan toko online di marketplace gimana? Ya, nggak usah bingung. Enabler sudah punya bagian Customer Service (CS) yang akan membantu mencarikan jalan keluar terbaik. Pastinya tidak akan merugikan kita sebagai pelaku usaha.
 

Manajemen CEM

CEM adalah Customer Engagement Management, yaitu sebuah usaha yang meliputi;
  • mengingatkan penyelesaian pesanan,
  • mendorong follower untuk membeli,
  • menargetkan para customer lama.
Aah, pantas saja aku sering dapat chat dari toko-toko di marketplace untuk segera checkout dari keranjang belanja, atau dikasih info-info promo. Hmm, ternyata ini salah satu kinerja dari enabler. Baru tahu lo aku, wkwk.

Gimana, pals.. sudah mulai ada bayangan kenapa kita harus menjalin kerjasama dengan enabler?

AHA Commerce, Enabler Indonesia Terbaik

Pastinya pertanyaan berikutnya yang muncul di kepala teman-teman kongkow berkutat pada hal-hal ini kan;
  • Cari enabler yang oke di mana?
  • Memang ada berapa banyak enabler Indonesia?
  • Cara memastikan kalau enabler pilihan kita adalah yang terbaik gimana?
Oke… aku akan membantu mengusirkan segala macam kegalauan dan rasa penasaran yang bermunculan di kepala kalian, pals. Aku akan perkenalkan dengan ecommerce enabler Indonesia terbaik. Please welcome… AHA Commerce!
aha commerce enabler indonesia
Memiliki tagline Grow Your Brand Online, AHA Commerce tak hanya memanjakan kliennya dengan 3 manfaat yang sudah kutulis sebelumnya, mereka juga memiliki visi misi untuk mengembangkan brand local di pasar online, bahkan kalau bisa hingga ke tingkat global.

Tentu saja visi misi tersebut tak hanya isapan jempol. Dengan pengalamannya berkecimpung di dunia pemasaran marketplace sejak 2011, AHA Commerce selalu memiliki solusi-solusi yang berbeda dan lain daripada yang lain. 

Bahkan mereka adalah satu-satunya enabler Indonesia yang berafiliasi dengan Alibaba Business School sebagai trainer resmi dan bersertiļ¬kat. Jaminan deh brand local bakal #TumbuhSuksesBersama AHA Commerce!

Dalam menjalankan kinerjanya, AHA Commerce memegang tiga nilai inti;
  1. Integritas: Enabler terbaik ini memiliki komitmen yang tinggi untuk membantu brand lokal untuk berdaya.
  2. Dewasa: AHA Commerce melakukan pendekatan yang berbeda, memperkuat brand yang merangkak dari nol menuju gol.
  3. Etika: Menjunjung tinggi etika dalam setiap layanan yang diberikan. Pelayanan yang istimewa, lebih dari yang biasa enabler lain lakukan.

Keunggulan AHA Commerce

Buat teman-teman kongkow yang mulai tertarik untuk bekerjasama dengan AHA Commerce dan pengen tahu apa saja keunggulan dari enabler Indonesia yang satu ini, kuy mendekat!
keunggulan aha commerce enabler

1. One Stop Service

AHA Commerce menyediakan layanan One Stop Service yang bakal membantu brand local dari #GoodToGold. Mantap nggak tuh?

Berikut ini layanan satu pintu yang ditawarkan oleh AHA Commerce:
  • Pembuatan Konten: Nggak asal membuat konten lo, AHA Commerce selalu menyediakan foto dan video produk yang berkualitas sehingga branding produk pun bisa semakin meningkat. Tak hanya itu, mereka juga memperhatikan dengan benar cara menyampaikan informasi produk. Tak sekadar menuliskan spesifikasi di kolom deksripsi, tapi menuangkannya dalam konten yang informatif.
pembuatan konten AHA Commerce
  • Pemenuhan Pesanan: Nggak usah pusing dengan pesanan yang masuk lewat marketplace, karena AHA Commerce akan melakukannya untuk brand kita.
  • Manajemen Inventaris: Bukan cuma urusan pesanan, inventarisasi stok juga akan dicatat dan diperhatikan sepenuh hati oleh mereka. Duh, berasa dicintai banget nggak sih kalau begini?
  • Dukungan Pelanggan: Memiliki tim Customer Service yang solid dan pastinya profesional dalam melayani keluhan dan permasalahan pelanggan.
  • Digital Marketing: nggak hanya mengelola marketplace, ecommerce enabler yang satu ini juga punya banyak teknik pemasaran digital yang sesuai dengan produk kita.
  • Laporan Dashboard: Pihak AHA Commerce menyediakan laporan dalam bentuk dashboard yang user friendly dan bisa dipantau kapan saja. Sebagai pemilik usaha, kita pasti akan merasa puas dan lebih yakin kan?
  • Manajemen Media Sosial: Tak hanya marketplace yang akan diurusin, mereka juga akan mengelola media sosial toko kita lo. Hmm, ini sih pelayanan rasa sultan ya?

2. Program Bundling

AHA Commerce selalu punya program-program yang akan menarik customer. Salah satunya yaitu dengan menghadirkan program bundling. Contohnya seperti ini nih:
program bundling ecommerce enabler

3. Creative Campaign

Nggak hanya program bundling yang selalu berhasil meraup penjualan besar-besaran, AHA Commerce selalu punya pemasaran yang kreatif dan unik. Misal dengan membuat promo beli satu gratis satu. Atau mengajak customer terlibat dalam pemilihan parfum seperti ini:
creative campaign aha commerce
Nggak hanya itu, ecommerce enabler yang satu ini punya AHA Smart Ad Solutions. Dengan aplikasi ini, mereka akan memberikan informasi mengenai pemasaran digital secara transparan, terukur dan teroptimasi melalui pengukuran perilaku pelanggan. Mantap deh tool-nya, nggak perlu diragukan lagi.

4. Lazada Partner Terbaik

AHA Commerce telah ditetapkan menjadi Lazada Partner Enabler pertama yang menerima Certificate of Excellence dengan peringkat 2 Stars. Hal ini karena hanya kurang dari 3 bulan, Lazada Indonesia melihat kinerja AHA Commerce yang luar biasa.
lazada partner terbaik
Rating seller yang dikelolanya tidak ada yang di bawah 95 persen. Hampir semua customer puas dengan ketepatan pengiriman dan dukungan pelanggan yang diberikan oleh tim CS. Chat dibalas dengan cepat dan tak ada pembatalan pembelian. 

Maka nggak heran kalau dalam tiba bulan, omzet seller yang dikelola AHA Commerce mencapai 17.7 kali lipat. Daebaak ya?

5. Portfolio Tak Kaleng-kaleng

prestasi aha commerce
Selama berkecimpung di dunia enabler, AHA Commerce telah bekerjasama dengan 5 rekan marketplace dan 12 rekan logistik. Selain itu mereka juga sudah mengunggah 20ribuan produk dan mengirim 27ribu produk setiap harinya.

Sekarang sudah percaya kan kalau AHA Commerce adalah ecommerce enabler yang layak diajak kerjasama, pals?

Cara Bekerjasama dengan AHA Commerce

Wuih, langsung manggut-manggut nih setelah tahu keunggulan yang dimiliki AHA Commerce. Sudah nggak sabar ya pengen tahu bagaimana cara bekerjasama dengan enabler yang satu ini?

Syarat yang diberikan nggak banyak kok, cuma 2 aja:

1. Produsen

AHA Commerce hanya akan bekerjasama dengan produsen alias tangan pertama atau pabrikan. Jadi buat teman-teman kongkow yang memproduksi barang sendiri, bisa banget nih colek-colek si AHA Commerce untuk mendaftarkan brand-nya.

2. Memiliki HAKI

Syarat yang kedua yaitu produsen harus sudah memiliki merk terlebih dahulu. Ada surat keterangan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan setidaknya sudah memiliki 50 jenis barang.

Buat yang mau tahu lebih lanjut tentang AHA Commerce, langsung aja kepoin ke:
Official website: www.ahacommerce.net
Instagram: @ahacommerce
Kantor: Jl. Profesor Doktor Latumeten Komplek Ruko Latumenten Indah No. 39-I Jelambar Baru, Grogol Petamburan Jakarta Barat 11460
Semoga informasi mengenai ecommerce enabler Indonesia ini bermanfaat buat teman-teman kongkow yang mau melebarkan usahanya di marketplace. Local brand siap tumbuh sukses bersama AHA Commerce dong! Sampai jumpa di celoteh-celoteh berikutnya, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

20 comments

  1. Liat desainnya kece2 ya jd misal UMKM g bisa bikin desain promosi yg menarik minat bisa diserahkan ke AHA commerce sebagai ahlinya

    ReplyDelete
  2. AHA Commerce ini sepertinya coxok banget buat para pelaku UMKM yang seringkali masih melakukan inventarisasi n pencatatan secara manual ya,

    ReplyDelete
  3. AHA Commerce bisa jadi solusi untuk memperluas branding produk UMKM nih

    ReplyDelete
  4. Ahahaha, sama banget. Aku juga ditanya soal marketplace karena ada yang mau jualan. Tadinya mau bantu, tapi gak pengalaman juga kan. Nanti kukenalin sama ecommerce enabler Indonesia juga deh. Jadi bisa belajar jualan dengan cara yang tepat

    ReplyDelete
  5. Ketika kita menjadi produsen suatu produk tentu akan sangat terbantu jika bekerja sama dengan AHA Commerce. Nggak perlu pusing lagi urusan marketing. Kita bisa fokus sama inovasi produk saja ya kak?

    ReplyDelete
  6. Kalau punya usaha memang perlu fokus yang sesuai bidangnya. Apalagi untuk hal pemasaran, sebisa mungkin memang yang sudah ahlinya. Makanya perlu kolaborasi ini nih, agar bisnis yg dijalankan sesuai ekspektasi

    ReplyDelete
  7. Wah dengan menggandeng AHA Commerce local brand jd punya peluang menuju pasar dunia ya Mbak... duhh seneng banget pasti kl omset melejit 7,7x lipat ketimbang biasanya...

    ReplyDelete
  8. Melihat 2 syarat yang diberikan AHA, kayaknya sih aku nggak akan jadi kliennya. Tapi ini pengetahuan keren. Terjawab sudah kenapa aku sering nerima pemberitahuan untuk check out. Ahaha...padahal aku cuma hobi doang masuk-masukin barang ke keranjang belanja marketplace. :))

    ReplyDelete
  9. Omsetnya sampai naik 7x lipat gitu ya mba. Ini menjanjikan bangett lohh. Kalau mau ambil peluang, langsung deh bisa sama AHA Ecommerce yaak

    ReplyDelete
  10. Wahhh jadi pengen juga nih bekerjasama dengan AHA
    Aku termasuk produsen ya kan mba, bikin souvenir sendiri
    alhamdulillah mas suami dah punya HAKI nih, tinggal kepo lebih lanjut

    ReplyDelete
  11. Untuk produsen atau pebisnis yang mau masuk dunia e-commerce cocok banget ya bekerja sama dengan AHA..bisa dibantu urusan konten dan campaign yang cocok...Pastinya ini jadi salah satu cara untuk meningkatkan omzet produk

    ReplyDelete
  12. Bermitra dengan AHA COMMERCE ini membuat brand lokal bisa mengglobalnya
    brand akan semakin dikelan secara luas

    ReplyDelete
  13. Mantap jiwa dan sangat solutif si AHACommerce enabler ini. Aku yg punya small business juga butuh yang kaya gini. Thx 4 sharing mba <3.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu istilah enabler commerce. Ternyata mirip jasa digital agency gitu ya, cuma bedanya ini fokus di jasa terkait toko online & manajemennya. Membantu banget ya buat yg punya produk namun gak sempat ngurusin tetek-bengek toko online

    ReplyDelete
  15. AHA Commerce beneran bisa diandalkan untuk membantu UMKM yang ingin memperluas jaringan penjualan dan juga memudahkan digital marketing

    ReplyDelete
  16. Ohhh, ternyata hanya dengan produsen ya. Sebelumnya saya baca review sejenis tapi tidak disebutkan siapa yang bisa bekerja sama dengan AHA ecommerce. Saya pikir pebisnis skala kecil juga bisa gabung. Berarti harus gedein bisnis dulu nih. Kalau bisa mulai produksi sendiri. Jelas sekali infonya.

    ReplyDelete
  17. Jadi enabler kaya AHA Commerce ini ngebantu banget brand buat tetep berjalan bahkan meningkatnya omzet ya. Segala urusan digital marketing hingga yang sifatnya profesional bisa dibantu dengan kualitas terbaiknya. Bener siih jadi nanti fokus nih dan efisien waktu juga buat lebih fokus ke bisnisnya bagi pemilik brand :D

    ReplyDelete
  18. Keren juga enabler ini ya mbak. Udah dibantu bikin website, dibantus urus olshop nya juga.

    Partner juga juga udah gak perlu diragukan lagi. Semacam lazada ceunah

    ReplyDelete
  19. Pengen banget kerja sama dengan AHA Commerce, tapi aku belum punya produk sendiri, apalagi mesti punya HAKI. Hmm, semoga next time, aku bisa punya produk sendiri dan bisa bekerja sama dengan AHA Commerce, biar pasaran makin meroket.

    ReplyDelete
  20. Dari artikel ini juga saya baru tahu apa itu enabler ecommerce ternyata itu adalah layanan jasa yang sangat membantu sekali ya buat para pemilik usaha yang baru mau membuka usahanya di ecommerce. Dan dari sini jadi dapat enabler yang recommended seperti AHA Commerce

    ReplyDelete

Post a Comment