header marita’s palace

7 Cara Memulai Bisnis UKM untuk Pemula yang Bisa Diterapkan

cara memulai bisnis UKM
Apakah sohib kongkow sedang berpikir untuk membuat sebuah usaha? Jika iya, apakah kalian sudah tahu bagaimana cara memulai bisnis UKM tersebut, pals?

Memulai usaha memang menawarkan banyak keuntungan. Namun, sebelum temen kongkow membayangkan indahnya keuntungan dari usaha yang akan dijalankan, kalian perlu tahu dulu bagaimana cara memulai usaha yang efektif agar tidak mengalami kerugian.

Cara Memulai Bisnis UKM

Agar sohib kongkow tidak salah langkah saat ingin memulai usaha, coba ikuti beberapa tips berikut ini. Tidak hanya sekadar cara agar bisnis bisa berdiri tapi juga bagaimana kalian bisa sukses dari usaha yang akan dijalani.

1. Tentukan Jenis Usaha

Cara memulai bisnis pertama adalah cobalah tentukan jenis usaha yang akan dibuat. Dalam hal ini, jangan hanya lihat dari tren saja karena tren mudah berganti, cobalah lakukan riset lebih dulu. Riset membuat sohib kongkow tahu lebih dalam tentang produk dan seperti apa kualitasnya.

Ini penting karena dalam menjalankan bisnis, temen kongkow akan memulainya dengan menempatkan diri sebagai konsumen yang ingin atau menerima kualitas yang terbaik.

Selain itu, dengan menentukan jenis usaha yang tepat, kalian juga bisa menghadirkan inovasi ke depannya. Sebagai alternatif, kalian bisa memilih jenis usaha dari produk yang disukai. Dengan begini, kalian juga sudah memiliki pengetahuan tentang produk tersebut.

2. Buat Anggaran

Dalam memulai usaha, temen kongkow membutuhkan catatan keuangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk membuat anggaran sebelum mulai melakukan rencana bisnis secara menyeluruh terkait dengan operasional. Anggaran ini akan membuat sohib kongkow mengetahui, berapa budget untuk memulai proses produksi dan berapa modal yang perlu dimiliki.

Anggaran juga berguna untuk membantu kalian menjalankan strategi bisnis, pals. Cobalah buat anggaran sesuai dengan kebutuhan esensial bisnis. Jangan gegabah untuk menyempurnakan seluruh lini bisnis.

3. Persiapkan Modal

Jika anggaran sudah final, sekarang saatnya temen kongkow mempersiapkan modal. Jika dirasa modal kalian masih belum cukup, cobalah ajukan proposal usaha. Dengan proposal usaha, kalian bisa mendapatkan kesempatan yang lebih luas untuk bisa memasuki segmentasi pasar yang lebih luas dan memberikan keuntungan dalam waktu cepat. Temen kongkow juga bisa mengajukan proposal usaha sebagai cara untuk menambah modal produksi yang akan dilakukan.

4. Tentukan Waktu untuk Memulai

Setelah temen kongkow mempunyai modal, selanjutnya coba tentukan kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha. Hindari menentukan waktu secara asal-asalan, agar tidak merugikan diri sendiri. Jangan juga terlalu terburu-buru, kalian perlu perhitungan yang cermat, karena bila salah bisnis yang baru dimulai tersebut bisa merugi.

5. Tentukan Keunikan Produk

Dunia bisnis tidak lepas dari persaingan, agar dapat bersaing temen kongkow perlu menentukan apa yang menjadi keunikan dari produk yang ditawarkan. Keunikan ini bisa menjadi nilai tersendiri yang membuat target konsumen memilih produk kalian dibandingkan dengan kompetitor.

6. Buatlah Strategi Promosi yang Tepat

Membuat strategi promosi juga sangat penting untuk usaha. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen.

Promosi yang tepat tentu akan menentukan berapa banyak orang yang mengetahui produk dari usaha kalian. Manfaatkanlah strategi promosi online agar jangkauan lebih luas.

7. Manfaatkan Teknologi

Agar sohib kongkow bisa menjalankan usaha dengan efektif dan efisien, sebaiknya cobalah mulai adopsi teknologi. Penggunaan teknologi tentu akan membuat proses usaha jauh lebih mudah. Beberapa teknologi yang sebaiknya digunakan seperti aplikasi akuntansi, aplikasi kasir, aplikasi pencatatan barang, dan aplikasi produksi lainnya.

Penggunaan teknologi juga bisa menghemat anggaran bisnis dan mengecilkan kerugian.
cara memulai usaha untuk pemula
Ketika temen kongkow ingin memulai usaha, pastikan kalian memang sudah memikirkannya dengan matang. Sama seperti ketika kalian memilih aplikasi untuk bisnis. Ada baiknya sohib kongkow memilih aplikasi yang sudah all in one seperti aplikasi ERP dari RedERP.

Aplikasi ERP RedERP dilengkapi dengan berbagai modul yang akan mendukung proses bisnis lebih efektif dan efisien. Dalam satu aplikasi, temen kongkow bisa memiliki aplikasi akuntan, POS, CRM, dan banyak lainnya yang mendukung kalian mencapai kesuksesan di bisnis yang akan dimulai.

Kalian bisa mengunjungi website RedERP untuk tahu lebih lanjut tentang fitur-fitur yang ditawarkan ya, pals. Semoga informasi mengenai cara memulai bisnis UKM ini bisa membantu. Sampai jumpa di celotehku berikutnya.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Kalau soal bisnis memang perlu segera memulai karena kesempatan itu enggak datang dua kali. Apalagi di era modern ini semakin banyak yang merambah dunia bisnis dan bersaing di perhelatan internasional. Jadi, enggak boleh kalah dan melewatkan kesempatan berbisnis akan lebih baik jika segera dimulai. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete