7 Ahjussi Rasa Oppa Ini Bikin Nggak Bisa Nolak Drakor




Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Teman-teman pasti sudah banyak yang tahu ya kalau salah satu aktivitas me time yang kusukai adalah menonton drakor alias drama korea. Beberapa waktu lalu aku sempat mandheg nonton drama korea sekitar 2 bulanan. Dengan banyaknya hal yang harus kukerjakan dan kupikirkan, aku tak lagi sempat meluangkan waktu ngedrakor. Selain karena beberapa tema yang disajikan oleh on going drakor tak cocok dengan seleraku.

Entahlah sejak kelar nonton Sky Castle, kayanya nonton drakor tema lain jadi merasa kurang nendang. Aku sempat nggak update drakor-drakor baru setelah itu. Hingga beberapa minggu lalu di lini masa instagram aku menemukan poster ini:




Ya, itu talkshow-nya Lee Dong Wook di mana bintang tamu pertamanya adalah Gong Yoo. Kebetulan tak lama sebelum ketemu talkshow Lee Dong Wook, aku barusan kelar menonton Kim Ji Young Born 1982 yang merupakan film barunya Gong Yoo. Talkshow itulah yang bikin aku jadi sadar kalau nonton drakor itu nggak sekedar escape dari segala rutinitas, namun juga sebagai jeda sebelum memulai aktivitas lainnya.

Begitu kelar nonton talkshow Lee Dong Wook yang berhasil membuatku terpingkal-pingkal saking kocaknya Gong Yoo dan Lee Dong Wook, aku nemu trailer dan poster Crash Landing On You, tahu dong siapa yang main?

Yup, Hyun Bin!

Rayuan Maut Ahjussi Rasa Oppa


Sebelum lanjutin lebih jauh, sudah tahu kan ya bedanya ahjussi dan oppa? Buat yang belum tahu nih, ahjussi adalah panggilan untuk laki-laki Korea yang lebih dewasa, biasanya berusia 30-an ke atas. Semacam om gitulah ya..

Sementara oppa biasanya ditujukan kepada laki-laki Korea yang lebih muda, biasanya sekitar 20 tahunan. Oppa juga biasanya digunakan untuk menyebut saudara laki-laki atau sebutan kesayangan untuk sang kekasih.

some of ahjussi rasa oppa

Nah, tahu sendiri kan cowok-cowok di Korea rata-rata kinclongnya kaya gimana. Meski untuk deretan aktor nggak terlalu se-wow kaya artis-artis K-Pop nya. Namun aku seringkali nggak nyaman lihat aktor-aktor muda kisaran usia 20 tahunan yang terlalu kinyis-kinyis gitu. Mungkin pengaruh usia kali ya, lebih suka yang matang, wkwk. Buah kali matang…

Menurutku aktor-aktor ahjussi meski kinclong tetap punya sisi maskulin yang nyaman dilihat. Dari situlah, baru sadar ternyata aku nggak bisa nolak nonton drakor ketika ahjussi-ahjussi ini ada di deretan pemain utama:

1. Gong Yoo



Bernama asli Gong Ji-Cheul, aktor berusia 40 tahun ini termasuk pemilih saat membintangi film dan drama. Terkuak dalam wawancaranya bersama aktor Lee Dong Wook, Gong Yoo menceritakan setelah Goblin usai, ia merasa takut menerima peran yang lain. Maklum Goblin benar-benar memiliki daya tarik luar biasa. Jika ia membintangi drama atau film yang pamornya tak sebaik Goblin, pastinya netizen bakal membandingkan.

Aku sendiri tahu Gong Yoo sudah cukup lama, yaitu sejak Coffee Prince tayang. Bahkan waktu itu nontonnya sama suami. Jujur nggak ngeh juga kalau itu Gong Yoo, wkwk. Baru setelah Goblin tayang, justru suami yang ngeh, itu yang main Coffee Prince kan…. eaa.. jangan-jangan suamiku penggemar Gong Yoo, wkwk.

Selain dua drama yang fenomenal tersebut, aku juga sudah pernah nonton Big yang cukup bikin terharu. Dan pastinya beberapa filmnya; Silenced, Train to Busan, A Man and A Woman dan Kim Ji Young Born 1982. Film Silenced dan Kim Ji Young merupakan film yang mengangkat tema sosial di Korea Selatan. Katanya sih doi suka main dalam film-film yang mengangkat tema semacam itu. Kalian sudah nonton yang mana nih, pals?

Next, katanya Gong Yoo pengen banting setir jadi sutradara. Hmm… jadi penasaran film seperti apa yang bakalan dia sutradarai nih.

2. Hyun Bin



Aktor berlesung pipit ini kalau udah memamerkan senyumnya, duuuh… bikin yang nonton jadi mesem-mesem sendiri, wkwk. Secret Garden adalah drama Hyun Bin yang pertama kali bikin aku kesengsem. Aku nonton Secret Garden justru karena suka pemeran wanita utamanya sih, mbak Ha Ji Won yang awet muda banget, entah dia pakai formalin berapa banyak kok semakin kece saja. Dari situ jadi tahu kakang Hyun Bin ini.

Nama asli doi ternyata Kim Tae-pyung, dan baru tahu kalau tanggal lahirnya terpaut dua hari saja sama suami, pantesan kok aku kesengsem, wkwk.. sok nyambung-nyambungin. Selain Secret Garden, drama lawasnya yang aku suka adalah Worlds Within. Di drama ini doi main bareng Song Hye Kyo. Masih unyu-unyu banget lo mereka. Hyun Bin bermain sebagai sutradara muda dan Hye Kyo sebagai asistennya, dengan segala konflik percintaan di antara mereka.

Aktor yang masih membujang ini pernah memiliki hubungan spesial dengan Hye Kyo. Hmm, cinlok setelah Worlds Within kali ya. Tapi chemistry mereka emang so sweet banget sih. Jadi, mau balikan sama mbak Hye Kyo nggak nih kang Hyun Bin, udah available lagi lo doi, wkwk. Atau malah mau lanjut dengan Son Ye Jin sebagaimana rumor terbaru? Weleh kenapa mendadak jadi lamtur…



Balik ke karya lainnya, ada Memories of Alhambra yang tayang pada akhir 2018 hingga awal 2019 lalu. Drama ini yang bikin aku sampai sekarang masih halu kalau kondisi lagi hujan, tiba-tiba merinding takut musuh datang menyerang, wkwk. Bahkan saat sekarang lagi nonton drakor Hyun Bin Terbaru; Crush Landing On You.. kalau pas sesi ada hujan-hujannya, aku spontan bilang… awas mas, ntar musuhmu datang, hahaha. Meski ending Alhammbra nyesek banget, tapi tetap berkesan.

Sementara untuk karya filmnya, ada banyak yang bikin aku terpesona dengan aktingnya. Sebut saja Confidential Assignment. Di film ini doi juga main sebagai orang Korea Utara, tapi sebagai polisi agen khusus. Kalau di Crush Landing On You, karakternya mempesona dan bikin klepek-klepek. Di film ini versi rough-nya, alias lebih awut-awutan tapi looks so manly sih. Aku sih lebih suka nonton doi di film ini daripada Crush Landing On You yang terlalu too good to be true, wkkw.

Sebelum Crash Landing on You, udah main bareng dulu di The Negotiation

FIlm kece lainnya dari doi yang sudah kutonton adalah Rampant dan The Negotiation. Rampant ini seru banget. Berkisah tentang Lee Chung yang dimainkan Hyun Bin sebagai pangeran dari dinasti Joseon yang menumpas zombie. Film ini semakin kece ditonton karena lawan mainnya ada ahjussi keren lainnya; Om Jang Dong Gun. Sementara The Negotiation adalah pertama kalinya doi main bareng Son Ye Jin. Di sini Hyun Bin jadi penjahat gitu, tapi kasihan… huhu. Tonton dan buktikan sendiri, pasti bakal luluh kalau penjahatnya kaya Hyun Bin, wkwk.

Ada film doi lainnya yang pengen kutonton tapi masih belum sempat; Fatal Encounter dan The Swindlers, ada yang sudah pernah nonton, bisikin dong ceritanya.

3. Jang Hyuk



Muka-muka bad boy banget, tapi akting doi di semua peran yang dimainkan selalu badaiii! Lahir dengan nama asli Jung Yong-joon, 20 Desember yang lalu usianya memasuki angka 43 tahun. Namun semakin bertambahnya usia, kualitas aktingnya semakin nggak diragukan lagi.

Aku tahu namanya udah lama, namun nggak begitu kepo sama film-filmnya sih, wkwk. Namun ada dramanya yang aku tonton sampai kelar; Voice season 1. Dari situ aku jadi nonton Voice season berikutnya yang menurutku kalah keren sama yang season 1. Berharap ada season berikutnya dan Jang Hyuk main lagi.

Buatku, dia tipe aktor yang selalu bisa merasuk ke dalam setiap peran yang dimainkan, tapi nggak semua film atau dramanya menarik disimak sampai akhir. Jadi berasa… nonton film bertahan karena ada doi aja, sementara yang lain B aja gitu, hehe.

waktu main jadi preman tobat di Wok in Love

Aku suka kalau dia nonton film-film aksi sih, mungkin karena wajahnya sadis banget yaks, hehe. Tapi doi bisa main drama komedi juga kok, tengok saja Wok of Love. Di sini dia jadi preman tobat yang akhirnya bikin kedai makanan Cina gitu. Gara-gara drama ini, setiap makan mie instan selalu bayangin lagi makan jajangmyeon, wkwk.

Drama terbarunya yang barusan kelar adalah My Country: The New Age. Di sini dia main sebagai Pangeran Lee Bang Won, yang ternyata di 2015 dia pernah main film berjudul Empire of Lust memerankan karakter yang sama. Jadi penasaran sama filmnya. Ada beberapa drama lawasnya yang menarik hati tapi belum sempat aku tonton yaitu Fated to Love You, Bad Papa dan Money Flower. Oh ya dia juga sempat satu frame sama Joe Taslim dalam sebuah film terbaru berjudul The Swords. Ada yang sudah nonton drama-drama tersebut?

4. Ji Sung



Sesebapak yang bernama asli Kwak Tae-gun ini besok Februari akan bertambah usia ke angka 43, tapi wajahnya masih imut banget nggak sih? Suami dari Lee Bo-young ini sekelas sama Jang Hyuk lah kalau main peran. Selalu total banget!

Kill Me Heal Me adalah drama populer yang dia mainkan. Bermain dalam sebuah drama sebagai 7 karakter yang berbeda jelas nggak mudah. But he nailed it! Sampai sekarang drama ini masih jadi salah satu drama favoritku sih. Selain karena temanya tentang kejiwaan manusia, kekerasan terhadap anak dan parenting, akting Ji Sung memang asli parah banget. Keceee!

Innocent Defendant adalah serial lainnya dari Ji Sung yang aku suka. Berperan sebagai jaksa yang dijebak melakukan pembunuhan atas istrinya sendiri. Di drama ini, Ji Sung juga total banget memainkan peran yang menguras emosi. Bagaimana kebingungannya ketika tiba-tiba sadar ada di dalam penjara dan beberapa hal tak mampu dia ingat. Serta usahanya keluar dari penjara untuk menemukan kebenaran. 

7 karakter Ji Sung dalam Kill Me Heal Me

Yang suka drama terkait pernikahan, harus banget nonton Familiar Wife. Setipe dengan Go Back Couple, drama ini menjadi pengingat buat kita yang sudah menikah untuk bisa bersyukur dengan pasangan yang kita miliki. Bermain dengan Han Ji Min di drama ini, kita akan dibuat larut dalam peran Ji Sung sebagai Cha Jo-Hyuk yang kadang bikin gemes dan jengkel, sambil ngomel sendiri, emang suami mah suka nggak peka, wkwk.

Doctor John adalah drama paling gres dari Ji Sung yang barusan aja kelar. Selain karena ada om Ji Sung, aku suka nonton drama ini karena temanya tentang dunia medis. Nggak ngerti kenapa kalau nonton film dokter-dokter di drakor seneng banget. Setting dan adegannya terlihat real. Apalagi kalau pas adegan operasi gitu, berasa nyata. Di sini Ji Sung berperan sebagai Cha Yo Han, sosok dokter anestesi yang fenomenal bin cerdas dalam mengatasi rasa penyakit pasien.

5. Lee Dong Gun



Aktor berusia 39 tahun ini mencuri hatiku saat berperan sebagai sosok raja yang menyedihkan dalam drama Queen for Seven Days. Perannya sangat menyayat hati buatku. Meski di sini dia diperankan sebagai sosok antagonis, namun bikin aku galfok antara harus membela sang pemeran utama atau dia sebagai antagonisnya.

Sebenarnya sosok raja yang diperankan oleh Lee Dong Gun ini sangat mencintai sang adik. Namun karena kecemburuan mengusik hatinya melihat sang ayah yang lebih mencintai adiknya, ia berusaha menyingkirkan si adik. Sedih banget laah… Tonton aja kalau nggak percaya.

Setelah Queen for Seven Days, aku mengikuti beberapa drama lainnya. Ada Sketch di mana dia menjadi seorang tentara yang kehilangan istrinya lalu dihasut menjadi pembunuh bayaran gitu. Di sini juga nggak berperan sebagai tokoh utama, namun akting doi jempolan banget. Bikin gregel.



Selanjutnya ada Where Stars Land, lagi-lagi didudukkan sebagai tokoh antagonis. Namun kalau nggak ada tokoh yang dimainkan Lee Dong Gun, kisah tokoh utama yang diperankan Lee Je Hoon kayanya kurang seru deh.

Dalam drama Angel’s Last Mission di mana dia berperan sebagai malaikat yang sudah berubah menjadi manusia, porsi antagonis kembali menjadi miliknya. Namun meski antagonis, tetap saja sanggup mencuri hati para pemirsa.

Ada satu drama lagi berjudul Leverage. Merupakan adaptasi dari serial Amerika dengan judul yang sama. Di drama ini dia berperan sebagai investigator asuransi gitu, tapi aku belum nonton sih, wkwk. Ada yang udah nonton, recommended nggak sih dramanya?

6. Nam Goong Min



Sama halnya dengan Jang Hyuk, aku udah sering dengar namanya dari beberapa ulasan film/ drama Korea. Namun belum banyak dramanya yang aku tonton, wkwk. Ada beberapa drama lawasnya yang sudah masuk ke must watch list, namun belum sempat ditonton juga, hehe.

Doctor Prisoner adalah drama korea yang akhirnya berhasil membuatku menyimak kualitas akting Nam Goong Min sampai tuntas. Selain karena tema yang diangkat menarik. Berhubungan dengan dunia medis dan sisi gelap di penjara Korea yang selalu bikin kepo untuk disimak. Aktorberusia 41 tahun ini berperan sebagai dokter berbakat yang dituduh melakukan malpraktek. Lalu dia mau balas dendam gitu deh sama orang-orang yang bikin dia dapat tuduhan tersebut.

Drama teranyarnya yang sampai saat ini masih tayang adalah Hot Stove League. Jujur waktu mau nonton on goin drama ini aku maju mundur, coz temanya kan tentang olahraga gitu yang sebenarnya nggak terlalu bikin tertarik. Apalagi tayangnya barengan sama drama Hyun Bin yang terbaru… hampir ter-skip sih.

Eh setelah nonton satu episode nggak bisa berhenti. Selain akting cool om Nam Goong Min yang bikin sebel-sebel gemes, aku jadi tahu kalau mengelola sebuah tim olahraga, khususnya bisbol, ternyata rumit banget. Wajib nonton buat kalian yang suka lihat drama korea dengan tema yang out of the box!

7. Kim Rae Won



My Little Bride, sebuah film lawas yang rilis pada 2004, adalah karya Kim Rae Won yang aku tonton pertama kali. Udah lama banget sih nonton film ini, bikin terharu. Masih kuno banget lah pokoknya. Moon Geun Yong sebagai lawan mainnya aja masih imut.

Namun aku baru nyadar kalau film tersebut diperankan oleh Kim Rae Won justru setelah nonton drama populernya, The Doctors. Biasalah kalau lagi nonton drakor kan suka googling aktornya siapa, baru ngeh kalau udah pernah nonton salah satu film yang dimainkan doi. Habis nonton The Doctors, jadi suka mengikuti film dan drama lainnya. Setelah kelar nonton Doctors, aku sempat nonton drama lawasnya yang berjudul Punch. Bertema tentang kejamnya dunia politik, Kim Rae Won main sebagai sosok yang terbawa arus demi kemewahan dan kemapanan duniawi. Asyik sih dramanya, rada spaneng tapi bikin penasaran.

Waktu Black Knight; The Man Who Guards Me tayang pada 2017, meski nggak terlalu suka sama jalan cerita dan pemeran utama wanitanya, aku tetap nonton sampai akhir. Terlalu sayang melewatkan akting Kim Rae Won yang termasuk sangat pemilih dalam memerankan film dan drama ini. 

Kim Rae Won dalam Crazy Romance, film paling gres

Bahkan setelah Black Knight, kayanya belum main drama lagi deh. Namun ada beberapa filmnya yang tayang; Resurrected Victims (RV), The Prison, Long Live The King dan yang paling gres ada Crazy Romance. Mungkin dia nggak banyak main film karena dari info yang aku baca, doi udah kaya sejak lahir dan dapat beberapa warisan dari neneknya gitu deh. Mungkin main film hanya sebatas hobinya aja, nggak kejar setoran, wkwk.

Sebenarnya masih ada beberapa nama yang masuk ke deretan ahjussi rasa oppa sih, sebut saja Won Bin, So Ji Sub, Lee Dong Wook, Kim Nam Gil dan Song Seung Hun yang akting mereka nggak diragukan lagi. Cuma aku berasa bucin banget ngelist sebanyak itu, wkwk. Mungkin kapan-kapan dibikin part 2 nya aja ya.


haruskah kubuat ahjussi rasa oppa part 2?

Anyway sebenarnya nggak semua film atau drakor yang ada aktor-aktor di atas selalu aku tonton sih. Namun biasanya begitu membaca nama-nama mereka di daftar pemain, jadi satu alasan buatku mengintip jalan cerita film atau drakor tersebut. Kalau temanya cocok dan menarik untuk diikuti ya lanjut. Yaa.. meski seringnya cocok-cocok saja sih… karena terlalu terpikat oleh pesona mereka. Wkwk.

Baiklah, saatnya mengakhiri blog post santuy kali ini. Sampai jumpa di cerita-cerita santuy lainnya ya… Btw, kalau kalian suka ahjussi rasa oppa yang mana, pals?

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

15 comments

  1. Keren banget ulasannya mbak. Saya udah lama nggak nonton drakor, tapi VarShow korea tetepπŸ˜‚ kalau drakor juga nyari yang temanya triller atau misteri gitu😁 bener-bener ahjussi rasa oppa semuanya. Saya nungguin ulasan tentang Kim Nam Gil dong, jatuh cinta sama perannya sebagai bidam di Queen Seon Deok (duh drama lawas banget tuh)

    ReplyDelete
  2. Wkwk ohh inii alasannya temen2 ku padaa jadi pecinta Drakor garis kerass

    ReplyDelete
  3. suka ji sung gegara kill me heal me. ya ampun wajah mereka tetap imut meski usia di atas kepala 3 yak

    ReplyDelete
  4. Ahjussi rasa oppa wkwwk gemes. Paling terkenal itu Gong Yoo ya, dulu ngerasanya biasa aja di drakor yg roti2 itu terus muncul di Busan kok kece bgt :'))))

    ReplyDelete
  5. Bless this post ahaha, akhirnya bisa cuci mata dikit duudududud. Tapi aktor kesayanganku sih masih Jin gooo~

    ReplyDelete
  6. Favoritku Hyunbin Ajusshi! hehehe. Mereka ga menua ya, heran deh padahal umur sudah 40an mereka tuhh

    ReplyDelete
  7. Sama deh Mba. Aku pertama kali kenalan sama Hong Yoo melalui drakor Coffee Prince. Lupa deh. Kayaknya jaman aku kuliah. Trus lama dan lupa. Eungeuh lagi pas di film Train to Busan. Mana muka doi sampe mejeng di dinding dalam commuter line pula waktu itu.

    ReplyDelete
  8. Selalu suka dengan Lee Dong Gun apalagi kalau main di film2 kolosal.. Ah, bikin greget beneran aktingnya..

    ReplyDelete
  9. Dari dulu saya paling susah banget hapelin nama artis2 korea, paling yang saya ingat banget cuma lee min hoo, hehe . Begitupula dengan ahjussi2 rasa oppa yang disebutin di atas, saya nggak tahu nama2nya tapi kenal dong dengan wajahnya. Nggak nyangka aja ya umur udah om-om tapi masih keliatan muda2 gitu.

    ReplyDelete
  10. Ji Sung idolaku...
    Apalagi pas akting jadi dokter cha...

    Klepek klepek aku... 😍😍😍

    ReplyDelete
  11. Aku juga sama dengan mu mbak. Suka drakor dan suka yang matang-matang.. Wkwk.. Kalau sudah nonton drakor, dijamin lupa waktu dech. Terlena. Sekarang aku kehabisan stok untuk nonton drakor lagi. Pengen minta ke orang ni. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat di telegram aja, channelnya K-lovers ada banyak seri punya mereka, cariaja yg drama, gabung channel trs download dan nonton deh

      Delete
  12. Duhh mbak, luar biasa banget paham betul tentang dunia Drakor. Ini kalo sampe pacar saya melihat postingan ini auto nonton Drakor lagi dia haha

    ReplyDelete
  13. Lee Seung Gi nggak ada ya mba? ekekek idolaku dia
    sama Ji Sung Opa deh. Ah kangen akting mereka selalu bikin nagih

    ReplyDelete
  14. Dan ini, satupun gak ada yng aku tau πŸ˜‚ dasar anti korea memang aku

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com

Subscribe Our Newsletter