MaritaPalace

5 Tips Jitu Memilih Skincare Aman bagi Kulit Wajahmu

1 comment
tips memilih skincare aman
Memilih skincare aman bagi kulit wajah memang gampang-gampang susah. Skincare products yang sedang hype di media sosial atau marketplace biasanya mudah meruntuhkan pertahanan kita. Testimoni yang berseliweran pastinya membuat kita jadi penasaran dan ingin mencoba produk tersebut.

Padahal memilih produk perawatan kulit yang efektif kan nggak hanya bisa mengandalkan sedang hype atau tidak. Kita perlu untuk memikirkan dan mempertimbangkan pilihan secara bijaksana yang selaras dengan jenis kulit dan bisa mengatasi masalah yang ditargetkan.

Memilih Skincare Aman Nggak Boleh Asal

Aku sempat rajin skincare-an pada awal tahun 2019, hasilnya cukup memuaskan. Namun setelah itu, aku mandheg cukup lama dan baru mulai rajin merawat kulit wajah lagi beberapa pekan ini. Tentu ada beberapa hal yang harus kita tahu terkait memilih produk perawatan kulit, sebelum kita terjun memraktekkan CTMP. Apa saja ya pertimbangannya?

1. Ketahui Jenis Kulit

Hayo, teman-teman kongkow sudah tahu jenis kulit wajahnya belum? Poin ini adalah pertimbangan utama sebelum kita menentukan produk mana yang akan dibeli. Beberapa orang mungkin kebingungan dalam menentukan jenis kulitnya, hal itu bisa saja terjadi kalau kita memiliki kulit kombinasi.
melakukan tes jenis kulit
Memang akan jauh lebih mudah untuk membedakan jenis kulit berminyak dan kering. Memahami kulit kombinasi jauh lebih rumit. Buat yang punya kulit kombinasi, pastikan memilih produk yang bisa beradaptasi dengan kebutuhan zona yang berbeda untuk menunjukkan hasil yang memuaskan.

2. Perhatikan Bahan Pembuatan Produk

Bahkan bahan kecantikan terbaik pun bisa lebih berbahaya daripada bahan yang B aja, jika tidak menempel dengan baik di kulit wajah kita. Bagaimana kulit kita bereaksi terhadap suatu bahan dapat bergantung pada berbagai faktor, antara lain; kondisi kesehatan, jenis kulit sensitif, lingkungan dan agresor yang kita hadapi, antara lain. 
cek daftar bahan pembuatan skincare
Sebagai permulaan, periksa daftar bahan dan berhati-hatilah dengan alergi yang diketahui. Kita juga perlu memperhatikan urutan bahannya baik-baik. Lihat lima bahan pertama dalam daftar tersebut karena bahan-bahan itulah yang berkontribusi pada 80 persen formulasi produk.

3. Lakukan Patch Test

Akan sangat baik jika sebelum memutuskan menggunakan suatu produk, kita bisa mencobanya terlebih dahulu. Sekarang ini kan banyak dijual skincare dalam paket yang lebih kecil, misal traveler package, ataupun trial package. Nah, kita bisa nih beli yang semacam ini dulu untuk memastikan apakah kulit kita cocok dengan produk tersebut. Daripada sudah beli mahal-mahal ternyata nggak cocok, sayang kan?
do patch test before buying skincare
Pengujian produk sama pentingnya dengan mendapatkan bahan dan formulasi. Waspadai kemerahan atau gatal yang muncul seketika kita mengoleskan suatu produk. Segera hentikan jika terjadi ketidaknyamanan.

4. Pilih Skincare yang Patuh Pada Etika

Skincare memang lahan basah untuk sebagian orang. Banyak orang berlomba-lomba ingin tampil cantik, maka tak heran industri ini berkembang dengan pesat. Semakin tinggi kesadaran masyarakat terhadap kesehatan global, hal tersebut juga berpengaruh pada industri kecantikan.
pilih perawatan kulit yang penuhi etika
Kini sudah semakin banyak produsen skincare yang beralih menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, alami dan tidak mengandung zat-zat berbahaya, seperti paraben, merkuri dan sebagainya. Jelas ini adalah kabar baik bagi orang awam seperti kita. 

Sebagian besar ahli kecantikan merekomendasikan untuk menghindari produk dengan parfum/ wewangian, paraben, sulfat, formaldehida, dan pelepas formaldehida. Pastikan juga produk perawatan kulit yang kita beli sudah mendapat izin dari BPOM.

5. Dapatkan Opini Ahli

Hindari katanya ini dan katanya itu, jika teman-teman kongkow memiliki masalah kulit yang serius sebaiknya segera temui ahli kecantikan yang bersertifikasi. Dokter spesialis kulit dapat membantu kita mengatasi kekhawatiran bahkan sebelum perasaan itu hadir. Sebagai spesialis di bidangnya, mereka diperlengkapi dengan teknologi canggih, yang secara signifikan dapat mengurangi kemungkinan trial-and-error.
meminta pendapat dari dokter ahli
Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, menghubungi dokter kulit adalah solusi paling bijaksana. Dengan mendengarkan pendapat ahli, kita bisa mengambil tindakan pencegahan sebelum masalah kulit bertambah semakin parah.

Claire Skin, Produk Lokal yang Nggak Abal-abal

Nah, setelah tahu 5 pertimbangan penting sebelum memutuskan membeli dan menggunakan sebuah produk kecantikan. Kini saatnya aku berbagi satu merk skincare yang direkomendasikan oleh salah seorang temanku, Mom Nikmatus Soleha.

Mom Nikma memulai menjadi Agen Claireskin Semarang sejak bulan Februari 2019. Doi nyemplung ke dunia perawatan kulit dikarenakan ingin memberikan edukasi kepada para wanita yang ingin tampil cantik dengan kulit sehat, tetapi budget terjangkau. Pastinya juga aman.

Berikut ini beberapa produk Claireskin yang telah terjamin BPOM-nya:
Claireskin, Skincare lokal ber-BPOM
Itu hanya sebagian, pals. Untuk lebih lengkapnya teman-teman kongkow bisa langsung cek ke web official BPOM.
Bukan tanpa sebab jika Mom Nikma memilih Claireskin. Pertama, doi ingin menunjukkan bahwa tak semua produk lokal itu abal-abal. Kedua, lewat Claireskin, Mom Nikma dan timnya ingin mengenalkan potensi produk lokal ke ranah Internasional. Ketiga, dokter formulator dari Claireskin benar-benar asli Indonesia. Keempat, pabrik pembuatan Claireskin adalah pabrik yang berkompeten dan memiliki pengalaman dalam bidang medicine. Kelima, produk ini merupakan milik teman Mom Nikma, jadi doi tahu banget kualitas produk ini.
Meski produk skincare ini termasuk baru, tetapi dalam pengelolaannya tidak main-main lo. Berbeda dengan penjual skincare pada umumnya, yang tidak menyediakan ruang tanya jawab dan konsultasi. Sebelum kita membeli produk, tim dari Claireskin akan meminta foto wajah dan keluhan atau masalah-masalah kulit yang dialami. Hal ini untuk memberikan rekomendasi produk yang paling tepat.

Selain itu tim Claireskin juga siap memberikan konsultasi selama masa perawatan. Bahkan dokter formulasinya siap turun tangan langsung memberikan konsultasi kepada customer jika dibutuhkan. 
Alasan memilih Claireskin sebagai daily skincare
Dengan jaminan kualitas tersebut, tak heran jika meski merupakan produk baru, agen Claireskin milik Mom Nikma sudah memiliki beberapa reseller di beberapa wilayah. Mulai dari Pati, Pamekasan, Bangkalan dan Surabaya.

Jangkauan pasar Claireskin bukan hanya di Indonesia, Mom Nikma menyampaikan bahwa sudah beberapa kali produknya sampai ke Singapura, Taiwan dan Hongkong. Sebagian pembelinya adalah para penyumbang devisa negara yang bekerja di sana. Bahkan tak sedikit dari mereka yang kemudian tertarik untuk menjadi reseller karena sudah merasakan bukti nyata dari Claireskin.

Gimana nih, pals… tertarik untuk mencoba Claireskin? Boleh lo langsung kepoin saja media sosialnya Mom Nikma atau cuzz langsung kirim pesan aja ke whatsapp untuk tanya-tanya lebih lanjut.

Facebook: Neng Nikmah Claireskin
Instagram: @nikma_claireskin (Neng Nikmah Claireskin)
Web: www.claireskin.co.id

Oya, Mom Nikma sebentar lagi berencana untuk membuka stockist Claireskin untuk area Semarang dan Jawa Tengah nih. Jadi buat teman-teman yang ada di sekitar wilayah tersebut, bisa lebih mudah mendapatkan produk-produk istimewa dari Claireskin.

Sekarang sudah nggak bingung lagi kan memilih skincare aman untuk kulit wajah? Selamat hunting produk incaranmu, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email