MaritaPalace

5 Cara Pilih Perusahaan Transportasi Agar Aman Traveling Saat Pandemi

cara memilih perusahaan transportasi
Perusahaan transportasi yang menyewakan mobil saat ini lebih banyak dicari oleh masyarakat yang ingin berpergian ke luar kota. Meski pandemi belum usai, pemerintah sudah mulai mengizinkan masyarakat untuk saling berkunjung dan berwisata. Asalkan tetap menjalani protokol kesehatan yang berlaku.

Daripada menggunakan transportasi umum yang masih ada kemungkinan terjadinya kontak dengan orang lain, menyewa mobil jauh lebih private. Masalahnya ada banyak perusahaan transportasi yang bisa kita temukan di masyarakat, baiknya pilih yang mana ya, pals?

5 Pertimbangan Memilih Perusahaan Transportasi

Kebetulan dalam waktu dekat aku ada rencana untuk mengunjungi sepupuku di Sidoarjo. Terakhir bertemu dengannya sekitar 3 bulan lalu saat dia sedang melangsungkan pernikahan. Baru-baru ini aku mendapat kabar gembira kalau saat ini ia sedang berbadan dua. Ah, ikut bahagia rasanya.

Karena tak memungkinkan ia pulang ke Semarang, aku berencana untuk mengunjunginya. Lagian aku juga belum pernah ke Sidoarjo. Awalnya sih aku mau naik kereta ke Surabaya, tapi kupikir-pikir ada banyak aturan yang ditetapkan pemerintah terkait syarat berpergian naik kereta.

Apalagi aku bawa anak-anak yang sedang aktif-aktifnya. Nampaknya bakal rempong menjaga mereka untuk tetap menjalani protokol kesehatan selama beberapa jam. Akhirnya dengan mempertimbangkan beberapa hal, aku dan suami memutuskan untuk menyewa mobil. Lebih aman dan nggak perlu pusing ganti alat transportasi lainnya.

Dalam memilih tempat persewaan mobil, 5 hal ini yang kujadikan pertimbangan:
pertimbangan memilih jasa penyewaan mobil

1. Kualitas

Aku mencari banyak info sebelum memutuskan satu nama. Kubaca ulasan dari banyak pelanggan. Kucari yang memang sudah terbukti kualitasnya. Termasuk sudah berapa lama perusahaan itu berkecimpung pada usaha logistik dan penyewaan mobil. Aku juga mencari tahu jenis mobil yang disewakan dan kesehatan armadanya.

2. Pelayanan Pelanggan

Bisnis yang bergerak dalam bidang jasa, tentu saja pelayanan adalah kuncian. Jika dalam memberikan layanan pada pelanggan terbukti paripurna, pasti pelanggan-pelanggan lama tak akan tinggal diam. Mereka dengan suka rela akan memberikan rekomendasi kepada kenalan dan kerabatnya. Apalagi sekarang zamannya sosmed, pelayanan baik akan diapresiasi dengan lebih mudah dan terbuka.

3. Kerjasama

Perusahaan yang bonafid biasanya tidak akan bekerja sendiri, ia akan melebarkan sayapnya dan mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak yang berada pada kelas sama. Perusahaan yang mampu berkolaborasi dengan banyak pihak bisa menjadi pilihan. Apalagi jika sudah mampu berkolaborasi dengan pihak luar, pastinya secara internal pun perusahaan tersebut sudah sangat kuat.

4. Kepemimpinan

Apa hubungannya kepemimpinan dengan perusahaan persewaan mobil, pasti teman-teman kongkow berkernyit ya keningnya?

Aku pernah punya pengalaman melakukan perawatan di sebuah spa. Aku risih sekali mendengarkan para terapis di spa tersebut menjelek-jelekkan pimpinannya, padahal di situ ada pelanggan. Dari situ aku belajar bahwa jika suatu usaha dipimpin dengan benar, tak akan mungkin anak buahnya menjelek-jelekkan di belakangnya. Apalagi usaha itu di bidang jasa, kepemimpinan adalah cara mendidik para karyawannya.

Jika pemimpinnya baik dan mampu melayani karyawan dengan optimal, maka karyawan pun akan menjadikannya panutan dan memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan.

5. Integritas

Masih berkaitan dengan kepemimpinan. Karena dipimpin dengan baik, seluruh karyawan perusahaan tersebut, baik di tingkat paling atas ataupun paling rendah memiliki integritas dalam bekerja. Meski mungkin perannya terlihat kecil dan tidak menonjol, mereka tetap menjalankan profesi tersebut dengan penuh keikhlasan dan kegembiraan. Hasilnya, pelanggan pun bisa merasakan ketulusan pelayanan yang diberikan.

Dari 5 pertimbangan di atas, akhirnya aku memilih SERA sebagai perusahaan transportasi yang akan membawaku menuju ke Sidorarjo.

Kenapa Memilih SERA?

SERA bukanlah anak baru di bidang penyewaan mobil. Perusahaan ini sudah terbentuk sejak 1986. Awalnya dinamai PT Sinar Inti Telaga. Hingga pada tahun 1990, terjadi sebuah perubahan besar. Nama perusahaan tersebut berganti menjadi PT Serasi Autoraya, yang kemudian lebih dikenal dengan SERA sebagai nama singkatnya.
memilih SERA (Serasi Auto Raya)
Selain fokus pada jasa penyewaan kendaraan, SERA juga membaca kebutuhan pasar. Perusahaan ini pun menjalin kerjasama dengan banyak pihak dan melakukan ekspansi ke beragam lini, seperti penjualan kendaraan bekas dan jasa logistik.

SERA dan TRAC To Go

Teman-teman kongkow yang suka berpergian pasti mengenal TRAC bukan? Fyi, TRAC adalah salah satu lini bisnis milik SERA. Selain TRAC, ada juga  mobil88 yang juga ternyata bagian dari SERA.

Di masa pandemi ini, SERA melalui TRAC memberikan layanan penyewaan mobil yang ketat dalam menjalankan protokol kesehatan. SERA ingin agar pelanggan tetap aman dan nyaman saat berpergian selama pandemi.

Selain menjalankan prokes dengan benar sesuai arahan pemerintah, SERA juga melakukan pembaruan aplikasi TRAC To Go. Aplikasi ini memudahkan pelanggan untuk bisa menyewa mobil tanpa harus datang ke kantor SERA.

Tentu saja hal tersebut sangat pas dengan kondisi pandemi kan? Nggak perlu keluar rumah dan bertemu banyak orang. Cukup klak-klik pakai smartphone, kita sudah bisa memilih mobil yang akan disewa.

Selain memberikan kemudahan pemesanan layanan rental mobil, TRAC To Go juga hadir dalam beberapa fitur terbaru, antara lain:
keunggulan aplikasi TRAC To Go

  • Desain yang Sederhana dan Bersih

Menyadari bahwa saat ini pengguna internet lebih suka tampilan minimalis, sederhana dan bersih, aplikasi penyewaan mobil terbaru dari SERA ini hadir dengan icon-icon yang menarik dan lebih mudah dipahami. Bahasa kerennya, lebih user friendly.

  • Ketepatan Lokasi

Tak mau kalah dengan aplikasi transportasi yang sudah ada, TRAC To Go kini telah dilengkapi dengan pemindaian lokasi pelanggan, titik jemput, dan alamat pengantaran yang lebih akurat. Semua fitur tersebut menggunakan pin point maps. Tingkat akurasinya tentu saja semakin meningkat.

  • Memesan Lebih Dari 1 Layanan

SERA melalui TRAC To Go tidak hanya menyediakan layanan jasa penyewaan mobil, tetapi juga layanan airport transfer. Nah, bila kita membutuhkan pesan lebih dari 1 layanan, jangan bingung bin gusar. TRAC To Go telah bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut. Dalam 1 kali transaksi kita bisa melakukan pemesanan untuk 2 atau lebih layanan yang berbeda. Asyik kan? Hemat waktu jadinya.

  • Fitur Keranjang Belanja

Pernah nggak sih sedang menjalankan sebuah aplikasi. Eh, tiba-tiba terdistraksi oleh sebuah aktivitas penting dan belum jadi menyelesaikan transaksi. Pas ada waktu untuk menyelesaikannya, orderan kita sudah hilang, artinya harus ulang dari awal. Jengkel kan ya?

Namun hal seperti itu nggak akan kejadian saat kita menggunakan aplikasi besutan SERA ini. Kita bisa menambahkan pesanan di keranjang belanja dan tidak harus diproses saat itu juga. Pas sudah lega waktunya, kita bisa kembali ke keranjang belanja untuk menambahkan pesanan jasa lainnya atau langsung menyelesaikan pesanan yang tertunda.

  • Promosi

Ada banyak promosi menarik yang ditawarkan pada pelanggan lewat aplikasi ini. Kita jadi tahu ada promo-promo terbaru apa yang bisa kita gunakan.

  • Berbagai Metode Pembayaran

Aku tuh paling malas kalau ada aplikasi yang melayani metode pembayaran terbatas. Misal, hanya bisa transfer pada bank-bank atau e-wallet tertentu. Maklum aku typical yang nggak suka menyimpan banyak e-wallet dan rekening bank yang kugunakan harian juga cuma satu.

Makanya aku cinta dengan TRAC To Go karena ia menyediakan beragam metode pembayaran, dari metode transfer via Virtual Account bank-bank utama, hingga melayani kartu kredit dan banyak e-wallet, seperti GoPay, LinkAja, OVO dan Dana. Tinggal pilih metode mana yang pas dengan kita.

  • Membatalkan Pesanan

Menjelang hari H, ternyata kita tidak bisa melakukan perjalanan. Gimana dong? Santuy.. lewat TRAC To Go, kita bisa kok melakukan pembatalan pesanan. Tentu saja ada syarat berlaku ya. Pembatalan hanya bisa dilakukan sebelum waktu order berjalan dan dana akan dikembalikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Menu Panggilan/ Kirim WA ke Nomor Driver

Untuk layanan-layanan tertentu yang menggunakan sopir alias driver, ada fitur yang menghubungkan kita langsung ke nomor driver. Kita bisa melakukan panggilan telepon atau chat via WhatApp.

  • Notifikasi Real Time

Penting banget kan ya untuk tahu posisi driver ada di mana, status order kita seperti apa. Jangan khawatir, karena aplikasi persembahan dari SERA dan TRAC ini memberikan notif secara realtime.

  • Pemberian Rating

Kepuasan pelanggan adalah segalanya bagi SERA, oleh karenanya ada fitur yang memungkinkan pelanggan memberikan penilaian kepada mobil yang sedang disewa atau driver yang mengemudikannya. Penilaian ini menjadi cara untuk SERA mengevaluasi kinerja timnya dan memberikan pelayanan lebih baik lagi ke depannya.

  • Penambahan Waktu Sewa

Sudah saatnya mengembalikan mobil sewaan, tapi ternyata sesi liburan harus diperpanjang? Jangan khawatir, kita bisa menambah waktu sewa langsung dari aplikasi TRAC To Go, tanpa harus melakukan reservasi ulang.

Fitur-fitur yang disediakan TRAC To Go by SERA luar biasa kan? Sekarang yakin to kalau SERA benar-benar memenuhi 5 hal yang kubagikan di atas?

So, kalau teman-teman kongkow membutuhkan rekomendasi perusahaan transportasi, SERA jawabannya! Dan jangan lupa unduh aplikasi TRAC To Go untuk kemudahan pemesanan layanan rental dan fitur lainnya. Happy jelong-jelong, pals.. jangan lupa tetap jaga prokes yaks!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email