header marita’s palace

Faber-Castell Creative Art Series Melatih Cerdas Emosional

65 comments
Konten [Tampil]
faber-castell creative art series melatih cerdas emosional
Masa pandemi menumpulkan emosi hampir semua besar masyarakat Indonesia. Bersyukur Faber-Castell Creative Art Series hadir menyelamatkan bangsa. Keenam produknya sangat bermanfaat untuk menajamkan dan mencerdaskan emosi bangsa. Sebelum kita mengenal lebih dekat dengan produk-produk Art Series tersebut, kita gali lebih dalam tentang cerdas emosional yuk.

Kenapa aku katakan pandemi telah membuat emosi rakyat semakin tumpul? Tentu saja tidak semua. Namun tak sedikit yang mengalami rollercoaster emosi semasa masa paceklik ini berlangsung.

Hal-hal yang tadinya biasa dilakukan, kini tak bisa lagi berlangsung seperti biasanya. Jalan-jalan ke rumah tak lagi nyaman seperti sedia kala. Meski perlahan telah menjadi kebiasaan-kebiasaan baru, tetapi rindu untuk melakukan habit lama sebelum pandemi tetaplah ada.

Salah satu kebiasaan baru yang sampai saat ini cukup melelahkan baik buatku dan anak-anak yaitu pembelajaran jarak jauh. Mau tak mau memang terpaksa beradaptasi, tapi ada saja dalam sehari yang membuatku senewen.

Apalagi si kakak adalah typical anak yang cukup introvert. Sama sepertiku dan ayahnya, ia tak terlalu suka jika harus bercakap-cakap melalui suara dan video. Sedangkan selama pandemi, mau tak mau kedua hal tersebut menjadi pilihan utama dalam proses belajar mengajar.
suka duka sekolah daring
Setiap sesi video call bersama ustazahnya, kakak langsung mengkeret. Lebih banyak menunduk dan suaranya hampir tak terdengar. Beruntung sang ustazah sabar menghadapi kelakuan anak perempuanku ini. Ia terus memotivasi agar kakak tak malu-malu menunjukkan wajah dan mengeluarkan suaranya.

Beberapa waktu lalu, aku sempat mengikuti pelatihan tentang melatih kecerdasan majemuk pada anak. Dari pelatihan tersebut, aku menyadari bahwa poin cerdas emosional kakak masih sangat rendah, terutama di bagian berhubungan dengan orang lain.

Aku juga sempat berkonsultasi pada bu Vivi, yang saat itu menyampaikan materi terkait kondisi si kakak. Salah satu stimulasi terbaik adalah dengan mengikutkan banyak kegiatan dan bertemu lebih banyak orang.

Nah, masalahnya pandemi menghambat kami untuk melakukan hal tersebut. Banyak playdate yang dulu digelar offline terpaksa dihentikan. Beberapa mulai muncul playdate online. Tapi ya gitu deh, si kakak lebih suka bersembunyi di balik badanku, hehe.

Sebenarnya saat mulai bersekolah setara SD ini, kakak sudah mulai cukup baik mengembangkan hubungannya dengan orang lain. Aku lihat ia sudah mulai bisa berteman dengan lebih banyak orang daripada saat masih di TK. Mulai saling bertukar surat, meski kalau temannya mengirim WA atau mengajak saling bertelepon, ia masih menolak, hehe.

Namun perkembangan tersebut cukup baik menurutku. Lalu pandemi menghantam, dan semua yang sudah terbangun kembali hancur berkeping-keping. Aku harus pelan-pelan membangunnya kembali.

Pengertian Kecerdasan Emosional

Pas sekali saat aku sedang galau menghadapi si anak sulung ini, ada ilmu tentang kecerdasan emosional yang kudapat dari DR. Aisah Indati M.S, Psikolog yang merupakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Ilmu tersebut kudapat dalam rangkaian acara soft launching Faber-Castell Creative Art Series pada hari Sabtu, 6 Februari 2020 yang lalu. 
sudahkah kita cerdas emosional
Disampaikan oleh beliau, kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali dan mengekspresikan emosi, mengasimilasi emosi dengan pikiran, berpikir dan menalar dengan emosi, dan meregulasi emosi diri sendiri dan orang lain.

Fyi, kecerdasan emosional ini masuk dalam kecerdasan majemuk yang diperkenalkan oleh Howard Gardner. Emak-emak zaman now pasti tahu dong apa saja kecerdasan majemuk tersebut?
  • Linguistic intelligence (Kecerdasan Bahasa)
  • Spatial intelligence (Kecerdasan Visual/Spasial)
  • Logical-mathematical intelligence (Kecerdasan Logika matematika)
  • Musical intelligence (Kecerdasan Musik)
  • Bodily kinesthetic intelligence (Kecerdasan kinestetik)
  • Interpersonal intelligence (Kecerdasan untuk berhubungan dengan orang lain)
  • Intrapersonal intelligence (Kecerdasan untuk mengelola diri sendiri)
Nah, kecerdasan interpersonal dan intrapersonal termasuk ke dalam kecerdasan emosional. Dari pelatihan kecerdasan majemuk yang kuikuti beberapa waktu lalu, nilai interpersonal intelligence kakak sangat rendah dibandingkan intrapersonalnya.

Anak-anak yang intrapersonalnya tinggi cukup mengkhawatirkan. Karena jika tak berhasil mengelolanya dengan baik, mereka akan cenderung sering mengalami overthinking, bahkan menjurus ke bipolar dan penyakit-penyakit mental lainnya. Sesungguhnya karakter kakak memang mirip denganku, PR-ku untuk menyeimbangkan intrapersonalnya yang tinggi dengan interpersonalnya. Doakan aku ya, pals.

Komponen Kecerdasan Emosional

Di bawah ini merupakan komponen-komponen kecerdasan emosi menurut Bar-On yang disampaikan oleh Dr. Aisah;
  1. Kecerdasan intrapersonal, meliputi kemampuan mengenali emosi diri, asertivitas, menghargai diri sendiri, aktualisasi diri, dan independensi.
  2. Kecerdasan interpersonal, meliputi empati, hubungan dengan orang lain, dan tanggung jawab sosial.
  3. Kemampuan beradaptasi, meliputi kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir secara objektif, dan fleksibilitas.
  4. Manajemen stres, kemampuan mengelola stres dan kemampuan menahan diri dari memperturutkan keinginan.
  5. Suasana hati secara umum, meliputi kebahagiaan dan optimisme

Dari 5 komponen tersebut, orang yang cerdas emosional menurut Goleman, setidaknya memiliki skills di bawah ini:
  • Memahami emosi diri
  • Mengelola emosi
  • Memotivasi diri sendiri
  • Memahami emosi orang lain
  • Memelihara hubungan
ciri-ciri anak introvert
Nah, dari yang aku amati, raport kakak dalam kecerdasan emosional masih merah pada bagian mengelola emosi, memotivasi diri sendiri dan memelihara hubungan. Paling parah sih dalam hal beradaptasi pada lingkungan baru.

Kalau diajak ke playdate atau acara tertentu, dan tidak ada satupun orang yang dikenalnya, ia akan mojok sendirian tak berani memulai pembicaraan dengan orang lain. Bahkan meskipun ada orang yang menawarkan pertemanan, ia butuh waktu lama untuk dekat dan mau menerima. Biasanya nih, saat mau pulang, baru deh lagi dekat-dekatnya.
Panasnya lama, itu istilah yang sering kugunakan untuk menyebut kebiasaan adaptasi kakak.
Ada baiknya juga sih berhati-hati saat bertemu dengan orang-orang baru. Masalahnya semakin dewasa, ia pun juga butuh beradaptasi dengan cepat di sebuah lingkungan baru. Insya Allah bisa lah ya, aku pun waktu kecil juga berkarakter seperti kakak sih. Lebih milih main sendirian daripada harus kenalan sama orang baru, hehe.

Ciri-ciri Kecerdasan Emosional Rendah

Mungkin teman-teman kongkow bertanya-tanya sebenarnya bisa disebut dengan orang yang emotional intelligence-nya rendah itu seperti apa. Kuy, kita lanjutkan pemaparan dari DR. Aisah. Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa seseorang rendah kecerdasan emosinya, antara lain:
  • Merasa marah dan cemas tapi tak bisa menemukan alasannya.
  • Kesulitan memahami perasaan orang lain dalam banyak situasi.
  • Kesulitan dalam menanggapi perilaku dan perasaan orang lain.
  • Bersikap egois.
  • Sulit mengontrol emosi, apalagi saat mengalami stres.
  • Tidak memahami hubungan antara emosi, pikiran, dan perilaku.
  • Kesulitan bertemu orang baru, serta bermasalah dalam menjalin atau mempertahankan hubungan.
  • Memiliki sikap pasif-agresif dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  • Lebih sering berpikir negatif dalam melihat sesuatu.
  • Sulit beradaptasi terhadap perubahan.
  • Dijauhi oleh orang lain.
Ada teman-teman kongkow atau putra-putrinya yang memiliki ciri di atas? Kalau ada, kuy kita mulai melatih emosi dengan lebih baik. Jika ditemukan pada putra-putrinya, maka mari bersabar untuk memberikan pendampingan terbaik agar mereka bisa mencapai tuntas emosional.
kriteria kesehatan mental

Kriteria Sehat Mental

Setelah mengetahui ciri-ciri kecerdasan emosional yang rendah tersebut dan ternyata kita menemukan beberapa ciri pada diri kita atau anak-anak, jangan diabaikan, pals. Karena orang-orang yang rendah emotional intelligence-nya akan cenderung bermasalah dengan kesehatan mental.

Menurut DR. Aisah, berikut ini 6 kriteria yang harus dimiliki orang sehat secara mental:
  • Self-Knowlegde dan Self-Understanding, yaitu kemampuan dalam mengenali dirinya sendiri baik kelebihan dan kekurangannya secara proporsional. Artinya tidak terlalu berlebihan dalam mengenali baik buruk dirinya.
  • Self-Objectification dan Self-Acceptance, memiliki pemahaman dan penerimaan diri.
  • Self-Esteem, memiliki harga diri yang kuat.
  • Self-Confidence, mempunyai kepercayaan diri.
  • Self-Control dan Self-Development, mampu mengendalikan dan mengembangkankan diri.
  • Interpersonal Relations dan Social, memiliki niat untuk berhubungan dengan orang lain, secara interpersonal maupun sosial.
Untuk melahirkan anak yang sehat mental, orang tua perlu memberikan stimulasi yang optimal, meliputi motorik, sosial dan pengamatan. Salah satu bentuk stimulasi tersebut bisa dilakukan melalui menggambar dan mewarnai.

DR. Aisah menyampaikan bahwa melalu kegiatan menggambar dan mewarnai, anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk. Kegiatan tersebut juga bagus untuk merangsang inisiatif dan kreativitas anak.

Jika dilihat dari sisi emosi dan sosial, proses mencampur berbagai macam warna bisa melatih anak dalam mengasah kepekaan emosi, serta menciptakan interaksi sosial anak. Tak hanya itu saat anak bereksplorasi dengan warna, motorik halus anak pun sedang terstimulasi.

Nah, saat ini Faber-Castell Creative Art Series hadir dalam 6 produk menarik yang akan membantu stimulasi kecerdasan emosi anak dengan lebih asyik. Mau tahu apa saja keempat produk tersebut?

6 Produk Faber-Castell Creative Art Series untuk Melatih Cerdas Emosional

Pasti teman-teman kongkow sudah nggak sabar ya berkenalan dengan 6 produk istimewa dari Faber-Castell? Namun biar semakin penasaran, aku mau memberi tahu terlebih dahulu manfaat dari menghadrikan produk-produk Creative Art Series:
Faber-Castell Creative Art Series
  • Memberikan kegiatan asyik dan inovatif yang dilakukan anak bersama orang tuanya di bidang seni dan prakarya. Kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan bonding orang tua dan anak.
  • Menghadirkan pengalaman berkarya secara kreatif dan menumbuhkembangkan kemauan berkarya dalam diri anak.
  • Anak bisa menarik pelajaran kreatif positif dari pengalaman berkegiatan bersama Creative Art Series, sehingga bisa mendapatkan sisi menggembirakan selama proses pembelajaran jarak jauh.
  • Hasil karya dari produk Creative Art Series bisa dijadikan kenangan manis di kemudian hari dan dipajang di rumah.
  • Bisa digunakan untuk meramaikan kegiatan ulang tahun secara virtual, gathering keluarga secara virtual atau kegiatan kumpul-kumpul lainnya yang belum mungkin dilakukan secara fisik di tengah kondisi pandemi.
  • Bisa digunakan oleh para guru untuk menghadirkan kegiatan prakarya yang asyik selama sekolah daring.
Baiklah, karena kutahu teman-teman kongkow sudah nggak sabar berkenalan lebih dekat dengan 6 produk inovatif dari Faber-Castell, cuzz sini kita intip satu per satu.

1. Stone Decor Art

Cocok diberikan kepada anak-anak dan remaja. Melalui produk ini, kita bisa bersama-sama mewarnai dan melukis batu. Wah, pasti seru banget.
stone decor art by Faber-Castell
Dari kegiatan ini, kita bisa sekaligus mendekatkan anak dengan benda-benda alam, mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak untuk mewarnai benda alam dan bisa mengenalkan anak bahwa media lukis tidak hanya berupa kain ataupun kertas.

Dalam paket Stone Decor Art, kita akan mendapatkan 8 batu dengan berbagai bentuk, spidol permanen berwarna hitam, 2 set Acrylic Colour yang terdiri dari 4 warna (Merah, Biru, Kuning, Putih), kuas, palet dan buklet berisi tutorial penggunaan.

Harganya berkisar antara Rp76.500 - Rp90.000. Tak mahal kan untuk mendapatkan kegiatan seru dan mengasyikkan bersama anak?

2. Colour Your Own Tote Bag

Nah, ini paket yang kemarin kudapatkan. Seru banget bisa mengajak anak-anak mewarnai tote bag bersama-sama. Ada momen saling berebutan kuas, hingga saling coret-mencoret wajah.
color your own tote bag by Faber Castell
Baik anak-anak dan remaja pasti akan menikmati kegiatan ini, wong orang tuanya aja suka banget kok. Dalam satu paket ini berisi tote bag berukuran 30 x 40 cm dengan gambar owl alias burung hantu yang lucu, 1 buah kuas dan palet, 2 set pewarna akrilik dan 1 buklet tutorial.

Kegiatan mewarnai tote bag dari Faber-Castell secara tidak langsung mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan, serta berlatih mencampur warna dan menghasilkan warna-warna baru yang mampu melahirkan kreativitas dalam diri.

Pasti penasaran ya dengan harganya? Produk ini bisa dibeli dengan kisaran harga Rp97.000 - Rp115.000. Cukup terjangkau kan?

3. Origami Fashion Design

Ada yang putra-putrinya suka mendesain baju? Paket ini cocok dihadiahkan bagi mereka. Dalam kegiatan yang melibatkan kreasi seni melipat, menempel dan mewarnai, anak-anak akan diajak berimajinasi untuk melahirkan sebuah fashion art yang inovatif.
origami fashion design by Faber-Castell
Anak-anak juga akan belajar memilih warna yang sesuai hingga menghasilkan desain baju istimewa. Tak hanya itu, ada teknik mewarnai dan teknik melipat yang juga akan dipelajari anak-anak melalui kegiatan ini.

Dalam satu paketnya, kita bisa mendapatkan 8 template kertas BC ukuran A5, 1 set Origami Knitting Pattern berukuran 15x15cm, pensil warna berisi 12, 1 stik lem UHU berukuran 8.2 gram dan tentu saja buklet petunjuk penggunaan produk.

Untuk mendapatkan satu paket penuh manfaat ini, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp76.500 - Rp90.000.

4. Air Jet Sport Car

Selanjutnya ada sebuah paket istimewa lainnya. Yaitu mainan dengan bentuk mobil sport yang terbuat dari kardus. Uniknya, mainan ini hanya bisa dijalankan dengan tiupan angin dari balon.
air jet sports car by Faber-Castell
Wah, anak-anak tidak hanya belajar berkreasi dengan kardus dan mewarnai, tetap juga belajar tentang tenaga angin. Cocok diberikan mulai anak-anak kelas 3 SD.

Harga jualnya berkisar antara Rp127.500 - Rp150.000. Dengan harga tersebut kita sudah mendapatkan 8 tubes pewarna akrilik, 1 kuas , 1 buah UHU All purpose 20ml, bagian-bagian mobil yang akan disusun dan tentu saja buklet berisi tutorial penggunaan.

5. 3D Art Frame

Ingin mengenalkan anak tentang perbedaan bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi? Ada cara asyiknya lo. Yaitu dengan menghadirkan paket 3D Art Frame dari Faber-Castell ini di rumah.
3D art frame by Faber-Castell
Berkegiatan dengan produk ini, anak-anak bisa menyusun frame foto atau gambar dari kertas karton Duplex yang dibuat dengan tehnik “Papertole” sehingga menghasilkan efek 3D. Aku yang nggak anak-anak juga suka mainan beginian, hehe.

Dalam 1 paketnya, kita akan mendapatkan 3 buah tripen glitter, 3 buah fineliner permanent, 1 buah lem UHU All Purpose 20ml, bahan-bahan pembuatan frame dan buklet petunjuk penggunaan.

Harganya? Terjangkau beud, pals. Hanya berkisar antara Rp76.500 - Rp90.000.

6. Make Your Own Kite

Kalau yang ini cocok untuk mengenalkan anak-anak pada layang-layang. Tahu sendiri kan sekarang zamannya gawai, bahkan bermain pun sekarang via online. Anak-anak perlu diperkenalkan dengan mainan-mainan peninggalan nenek moyang yang jauh lebih keren dibanding main gawai. Salah satunya layang-layang.
make your own kite by faber-castell
Anak-anak yang belum pernah melihat mainan tradisional yang terbuat dari irisan bambu dan kertas minyak ini, pasti akan terkesima dibuatnya. Apalagi jika mereka membuatnya sendiri. Dijamin seru!

Dalam 1 paket produk berharga jual Rp76.500 - Rp90.000 ini, kita akan mendapatkan 2 set layangan, 1 buah Conpen berisi 10, 1 buah lem UHU All Purpose 20ml dan tentu saja buklet berisi tutorial pembuatan.

Yang paling istimewa, pada setiap pembelian Creative Art Series dari Faber-Castell akan mendapatkan kupon workshop. Kupon tersebut akan memuat sebuah QR Code. Kita tinggal memindai QR Code tersebut dengan gawai kita, lalu mengisi form tersedia dan memilih jadwal workshop online.
workshop creative art series by Faber-Castell
Workshop online ini eksklusif hanya untuk para pembeli Creative Art Series. Pada hari Sabtu, 6 Februari 2020 yang lalu, aku berkesempatan untuk mengikuti workshop tersebut. Asyik sekali lo, pals.

Buatku yang tak jago bereksplorasi dengan warna, workshop itu sangat membantu. Bisa menjadi alternatif kegiatan membunuh bosan selama pandemi.

Saat paket Faber-Castell Creative Art Series sampai ke rumah, aku sengaja menyembunyikannya dari anak-anak. Karena kuyakin saat mereka tahu isinya, pasti tak sabar untuk unboxing dan mewarnai tote bag yang ada di dalamnya.

Lalu pada hari workshop yang telah ditentukan, surprise… kotak itu kubuka dan anak-anak riang tiada terkira. Mereka asyik mengikuti panduan yang diberikan oleh kakak tutor. Belajar mewarnai dengan rapi dan mencampur warna satu dengan lainnya. Happy sekali mereka.
Kata kakak, “Ini asyik sekali, Bun. Aku jadi tak merasa bosan di rumah seharian kalau bermain seperti ini.”
Begitu workshopnya usai, mereka masih belum berhenti bereksplorasi dengan warna. Semua yang ada di dekat mereka menjadi sasaran. Dari kertas-kertas, hingga batu-batu taman didekorasi penuh warna. Aah, terima kasih Faber-Castell untuk kebahagiaan yang kau bawa melalui produk kerenmu.
faber-castell melatih emosi dan meningkatkan bahagia
Sepertinya aku punya cara agar intrapersonal dan interpersonal kakak bisa berkembang melalui produk ini. Aku akan mengajak teman-teman kakak main ke rumah, tentu saja dalam jumlah terbatas dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. 

Lalu kugelar mini workshop di teras rumah. Kubiarkan kakak menjadi tutor bagi teman-temannya. Kakak melatih percaya dirinya, sekaligus belajar mengenal dan memahami emosi teman-temannya. Menurut teman-teman kongkow, bagus nggak ideku ini?

Apakah teman-teman juga tertarik menghadirkan produk spesial dari Faber-Castell Creative Art Series yang kaya manfaat ini di rumah? Cuzz segera dapatkan di booth Faber-Castell terdekat atau belanja online penuh diskon di Official Online Shop Tokopedia, dan selamat menghadirkan keriangan tiada tara di rumah. Orang tua bahagia, anak senang dan semua anggota keluarga menuju cerdas emosional bersama-sama.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

65 comments

  1. Aku penasaran banget dengar colour your own totebag ini.

    Memang ya, kecerdasan mental perlu fi latih.

    Produk Fabel Castell jadi andalan mewarnai dari kecil nih.

    ReplyDelete
  2. Kagum sama Faber Castell, selalu saja ada inovasinya dan pastinya edukatif.

    ReplyDelete
  3. banyak sekali manfaat dari melakukan kegiatan creative art series bersama faber castell

    ReplyDelete
  4. Lagi ga bs kmn kmn begini emang harus banyak bikin kegiatan buat si kecil. Penasaran aku sama yang make your own kite

    ReplyDelete
  5. Benar sekali ya mbak, kecerdasan emosional juga g kalah penting untuk terus diasah dan dilatih
    beruntung ada produk faber castle yg bisa membantu ibu mengasah kecerdasan emosional anak

    ReplyDelete
  6. Aku juga ikutan workshop ini. Seru banget! Anakku jadi ketagihan ikut :D Next kayaknya pengen ikut yang stone deco art deh.

    ReplyDelete
  7. Saya awalnya kenal Faber Castell pas nyari pensilnya buat ujian. ternyata banyak sekali produknya termasuk alat gambar. Warna-warnanya juga bagus. Krucil saya sekarang pakai pensil warnanya. Sayang ketinggalan workshop keren ini. Padahal keren sekali ya, Mbak. Salah satunya melatih dan mengembangkan kecerdasan anak.

    ReplyDelete
  8. Pabrikan kalau sudah berpengalaman ya selalu aja punya inovasi yang brilian. Melibatkan anak selama PJJ agar tetap kreatif dan gembira lewat hobi berkarya. Pas banget nih dua nakku suka gambar, Mbak. Air Jet Sport Car kayaknya bakalan jadi favorit mereka nih. Kepoin ah di Tokopedia kan ada toko official Faber castell.

    ReplyDelete
  9. ooh aku baru inget kalau ada yang namanya kecerdasan emosi
    berarti ini cara kita mengelola emosi, begitu kan yaaa,

    dan ada yang cara meredam emosi dengan menggambar
    kalau aku... nulis

    ReplyDelete
  10. Bermain warna memang menjadi salah satu cara untuk melatih kecerdasan emosi. Kalau moody biasanya akan kelihatan saat mewarnai. Makasih artikel lengkapnya, Mbak

    ReplyDelete
  11. sejak dini harus banget diarahkan menjadi lebih baik kecerdasan emosionalnya agar saat dewasa kelak lebih mudah bergaul dan gampang dapet cuan hehehe

    ReplyDelete
  12. Fabercastell emang juara dari dulu. Anak2ku suka banget gambar dan mewarnai. Sebagai emak aku sediain fabercastell di rumah untuk memfasilitasi mereka

    ReplyDelete
  13. kecerdasan emosional bisa dimulai dari permainan warna. Bolaeh juga nih disiapin fabercastell untuk latihan kan ya

    ReplyDelete
  14. Baru tau istilah panasnya lama ini mbak. Jadi khawatir si kecil masih bayi takut ketemu orang gedenya apa bakal susah adaptasi ya? Tapi ternyata terapi art bisa jadi solusi ya?

    ReplyDelete
  15. Saya suka sekali dengan program Faber Castell Creative Art ini apalagi mampu mengolah kreativitas dan merangsang beberapa kecerdasan lain untuk berkembang.

    ReplyDelete
  16. Baca artikel ini, kayaknya aku memang pernah atau bahkan masih mengalami rendahnya kecerdasan emosional, terlebih pernah mengalami kesehatan mental sedikit terganggu.

    Semoga anakku kelak gak seperti itu. Perlu nih beli Faber Castel Creative Art Series. Untuk belajar dirinya.

    ReplyDelete
  17. Setelah baca artikel ini, baru sadar kalau kecerdasan majmuk itu beragam ya

    Dan setiap naka itu luar biasa dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing

    ReplyDelete
  18. Wah, keren nih banyak sekali manfaat dari melakukan kegiatan creative art series bersama faber castell ya

    ReplyDelete
  19. Faber Castell itu emang luengkappp banget. Dari anak-anak kecil, aku memang selalu pakai faber castell sih, untuk mengasah kecerdasan emosional anakku sekaligus mengasah bakat anak.

    ReplyDelete
  20. Paketnya bagus-bagus semua. Jadi pengen nyoba semua deh...Kalau yg stone art, batunya sebesar apa ya? Kalau udah jadi dibikin leontin untuk kalung kegedean ga ya? Soalnya warnanya kok asyik...

    ReplyDelete
  21. Koleksi permainan Creative Art dari Faber Castell ini keren banget yak. Anakku yang 1tahun juga udah mulai suka corat coret kertas. Aku belikan Faber Castell juga ampe putus2 krayonnya. Gpp deh asal anak bahagia.

    ReplyDelete
  22. Waah bisa di beli di Tokopedia di official faber castelnya ya. Aku naksir mewarnai Tote Bagnya nih. Pasti seru kalau dikerjain sama anak-anak.

    ReplyDelete
  23. Faber Castell emang produk andalan untuk menggambar dan mewarnai. Warnanya betul2 muncul dan mudah digunakan

    ReplyDelete
  24. kece banget nih faber castell art series iniiii.. lumayan banget buat kegiatan refreshing yaaaa.. Anaka anka juga pasti suka banget ngewarnain gini yaaa.. apalagi produk faber castell mah udah terjamin banget kualitasnya yaaa

    ReplyDelete
  25. Belum rezekinya terpilih ikutan
    Tapi kami sudah punya cat airnya
    Tinggal paket Art nya yang nunggu cair invoice dulu

    ReplyDelete
  26. Faber Castel kini makin kreatif dalammembuat busy box ya. Dulu kan nggak ada nih. Sekarang makin kece euy. Next coba buat anakku aah

    ReplyDelete
  27. Aku punya nih yg ini hihi.
    Satu tahun lalu masih sempet ngegambar sehari paling ngga satu buat konten instagram. Tapi sekarang akhirnya harus merelakan jadi mainan Isya hikss

    ReplyDelete
  28. Cerdas secara emosional maka dia akan mudah untuk mengelola dan mengontrol emosinya ya, maka melalui menggambar bisa mendorong hal tersebut

    ReplyDelete
  29. Keren-keren produknya mbak. Inovatif. Jadi dijual dalam bentuk kit gitu ya? Bukan pewarnanya aja. Pengen cobain kapan-kapan.

    ReplyDelete
  30. Berkreasi bersama faber castell ud lama kulakukan, skg turun temurun ke anak, bhkan koleksi pensi dan crayonnya

    ReplyDelete
  31. wah senang juga rasanya menjadi salah satu peserta di situ Mba, seru yaaa...Julio juga suka sama tasnya padahal kegedean dan emang Faber Castel ini terus berinovasi demi anak anak yang terus bisa berkreasi dari rumah dan jadi punya quality time bersama keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  32. Keren banget ini creative art series-nya... Faber-Castell emang selalu menghadirkan inovasi kreatif. Aku jadi pengen juga bereksplorasi warna dan ikut workshop-nya. Anak2 pasti suka

    ReplyDelete
  33. Sumpah ini bikin naksir parah. Jadi pengen beli juga. Seni memang sudah tepat untuk menjadi sarana pelatihan emosi agar bisa menjadi manusia seutuhnya yang berguna dan normal. Thx 4 sharing mba Marita. Keep on blogging ^^

    ReplyDelete
  34. Wah bisa jadi ide bermain sambil belajar nih untuk anak di rumah. Saya juga setuju banget kita sebagai ortu perlu mengasah kecerdasan emosional anak lewat permainan dan seni ^^

    ReplyDelete
  35. Saya baru tahu sekomplit ini Faber Castell mbak, beberapa sudah pernah dibeli dan digunakan. Memang kualitas Faber Castell ini paling bagus dari beberapa brand lainnya mbak.

    ReplyDelete
  36. Wah..senang ya mba, bisa berkegiatan bersama anak2 sekaligus stress release nih.. Kukira cuma aku yg ketagihan mewarnai dg Faber Castell ternyata kakak juga ya. TOS dulu Kak..

    ReplyDelete
  37. Kenapa kalo anak yang sense of art nya tinggi rata2 introvert ya. Si kakak juga gitu, dia lebih suka gambar sendiri daripada main di luar sama teman2nya. Aku punya 1 set Daber Castel aku kasihin ke dia. Udah deh, bisa betah banget dia mewarnai gambar2 doodle yang dia gambar sendiri

    ReplyDelete
  38. anakku pas aku kasih tau dia pengen banget tuh yang air jet sport car atau yang membuat layang-layang sendiri

    ReplyDelete
  39. Jadi keinget serunya mewarnai bareng Faber Castell
    Trus kepengen banget merasakan keseruan dari seri2 Art Creative lainnya

    ReplyDelete
  40. Anak bungsuku waktu kecil juga panasnya lama, Rit. Hihiii, dan itu cukup lama sampai dia kelas VII baru mulai terbuka sama orang yang baru dikenal, misal teman sekelasnya.

    ReplyDelete
  41. Luar biasa ya, beli produknya sepaket dengan workshop-nya juga.

    ReplyDelete
  42. Jadi introspeksi diri deh apakah kecerdasan emosionalku rendah? Kira-kira kegiatan mewarnai bisa buat membantu menstimulasi kecerdasan emosional orang dewasa juga?

    ReplyDelete
  43. wah idenya oke juga buat kakak mbak, buat workshop mini ngajakin teman2nya untuk melatih intrapersonal dan interpersonal. seru banget workshop creative art series di rumah, bisa buat selingan selama di rumah aja karena pandemi ya. buru2 beli faber castell :D

    ReplyDelete
  44. Bagus tuh idenya untuk menggelar mini workshop di rumah. Bisa sekaligus melatih kepercayaan diri si kakak dan meningkatkan kemampuan empati pada orang lain.

    Menarik ya paket2 kreatif dari Faber Castell ini. Pengin nyobain yang desainer nih, seru kayaknya yaaa heheee...

    ReplyDelete
  45. Sejak ikutan kemarin mewarnai aku pengen coba yang lainnya mba Marita, gemes banget ya. Aku sama suami main mewarnainya, kalau ada anak tambah ramai ya

    ReplyDelete
  46. Mewarnai emang selalu bikin bahagia ya, semacam me time gitu buatku. Dan ternyata berpengaruh pada kecerdasan emosional, nice info mba Marita..

    ReplyDelete
  47. Dari SMA aku selalu pake Faber Castell. Emang tebel banget sih ya pinsilnya, untuk pinsil lho ya. Ternyata skrng ada produk lain lagi

    ReplyDelete
  48. Mupeng sama origami fashion design nya, anakku lagi hobi bikin Barbie kertas sendiri di rumah. Kayaknya bakalan pas banget sama hobi yang lagi ditekuninya

    ReplyDelete
  49. Memang dari sejak sekolah suka bamget sama kualitas dari faber castel ini. Terjamin dan hasilnya bagus

    ReplyDelete
  50. Wow keren ya inovasi nya dari faber castell ini. Saya tertarik yg but mewarnai batu itu... Terbayang anak anak di kampung pasti suka

    ReplyDelete
  51. Suka sama 3D aart frame-nya mba. Banyak kreasi bisa kita bikin dari belajar via faer castell creative art series ini ya. Saya pikir cuma buat menggambar biasa saja. Anak saya yg perempuan mungkin juga sama seperti si kakak yg tipe panasnya lama. Hahaha. Sepertinya sudah templatenya demikian ya. Saya yakin ke depannya bakal berubah semakin positif dan adaptif.

    ReplyDelete
  52. MasyaAllah keren si kakak.. dari yang malu-malu menjalin pertemanan, malah bisa jadi tutor buat temen-temen nya..

    Btw saya pun suka beli faber Castell buat anak. Untuk si sulung dan nomer dua, memang hobinya menggambar /mewarnai.
    Makanya gak heran kalo dibelikan pastel selalu habis meski belibyany gede
    Hehehe

    Tapi belum pada minta cat air. mungkin sebentar lagi udah mau beralih deh, dari yang oil pastel menjadi cat air atau cat minyak.

    ReplyDelete
  53. Si Kakak ini seperti bungsuku, "panas"nya lama, beda dengan kakaknya yang lebih luwes dan spontan anaknya.
    Senang sekali menadapat insight baru tentang kecerdasa emosional. Dan set Faber Casteel ini wajib punya, anak sulungku hobi gambar pas banget dibelikan ini. Adiknya pun bisa ikutan juga karena bervariasi...yeayy

    ReplyDelete
  54. Pernah baca soal creative art yang bisa meningkatkan kecerdasan emosi anak. Faber Castell tau itu, dan mencoba berinovasi agar anak-anak bisa lebih kreatif dan mampu mengontrol emosi dengan baik ya kak.

    ReplyDelete
  55. Memang luas banget ya teori-teori tentang kecerdasan emosional.

    Kan, memang sih untuk melatih kecerdasan emosional itu adalah dengan cara berinteraksi dengan orang lain. Selama Corona ini jarang interaksi dengan orang lain. Jadi, memang perlu lebih intens lagi interaksi dengan orang tua. Lebih diperbanyak komunikasi dan bermain bersama. Terutama memang berkreasi dengan kelir Faber Castell ini bisa meningkatkan keceriaan dan intensitas komunikasi dengan orang tua. Bagus ini produk dari Faber Castell.

    ReplyDelete
  56. Teori kecerdasan emosional harus dipelajari ya kak karena penerapnnya luas ternyata sepertinya dalam hal komunikasi ortu harus lebih intens dengan buah hati hmm tips yang bagus ya apalgi dibantu faber castell untuk mengembangkan kemampuan motorik lebih bagus lagi pastinya

    ReplyDelete
  57. nice sharing kak aku suka banget membaca tulisan berkaitan dengan kecerdasan begini. Saya suka baca-bacanya dan pastinya kita harus banyak memperhatikan soal ini buat si kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka Kak
      Bahkan anakku malah pengen dibeliin juga supaya mengasah kreativitasnya
      Dan aku senang jadinya

      Delete
  58. Seru banget nih buat hiburan anak-anak dirumah sekaligus untuk melatih kecerdasan emosional yaaa dan melatih kreativitas. Anakku pengen banget tuh yang sports jet car itu

    ReplyDelete
  59. Asik banget ya mbak, Faber Castell fasilitasi semua, termasuk media untuk melatih kecerdasan emosional anak. Btw, saya tertarik dengan Manajemen stres, sepertinya dari kecil saya sudah bermasalah sehingga skrg sering sulit mengontrol stress. Thank infonya mbak

    ReplyDelete
  60. Faber Castell ini lengkap banget deh. Aku jadi pengen cerita dikit. Dulu saat masih sekolah, aku suka sedikit cemburu liat temenku bawa crayon faber Castell. Temenku itu memang juaranya melukis dan mewarnai. Nah, saat itu aku cuma bisa puas dengan crayon merek lain dan gak berani minta ke orangtuaku merek faber Castell yang aku suka.
    Gitu sekarang aku punya anak, kalo beli crayon atau peralatan tulis lainnnya aku selalu kasih faber Castell. jadi kayak balas dendam pengen kasih the best ke anakku

    ReplyDelete
  61. Kece sekali workshopnya, aku jadi sekilas teringat pengalaman di masa kecil yang memang kurang dukungan di perihal emosional yang ternyata bisa ngaruh juga saat bertambah usia.

    Saat masa kecil memang perlu dampingan dan dukungan agar imbang antara intelegensi dan juga emosi, aku setuju sih sama kegiatan mewarnai ini krn salah satu terapi emosi juga ada art therapy. Semangat untuk si kakak yaa^^

    ReplyDelete
  62. andaan sejak dulu nih emang faber castel :) aku paling seneng ajak anak gambar corat coret karena jadi bisa ikutan dan bikin happy :)

    ReplyDelete
  63. Karena aku belum punya anak, aku pengin nyobain semua Faber Castel Art Series ini buatku sendiri. Abis semuanya seru hehe

    ReplyDelete
  64. Mewarnai seperti ini release stress ya mba. Release stress tentunya berhubungan dengan kesehatan dan kecerdasan mental nantinya.

    ReplyDelete

Post a Comment