5 Bloger Favorit dengan Pencapaian Inspiratif

Konten [Tampil]
bloger favorit ala maritaningtyas.com
Namanya berkecimpung di dunia blogging, mau tak mau lingkup pertemanannya pun banyak dengan teman-teman di profesi yang sama. Dari situlah, aku mengenal 5 bloger favorit yang akan kubagikan ceritanya ke teman-teman kongkow.

5 Bloger Favorit ala maritaningtyas.com

Sebenarnya ini bukan kali pertama, aku membuat daftar bloger yang menginspirasiku. Namanya hidup pasti berjalan, berkembang dan ada perubahan, begitu juga dengan rasa di hatiku. Aku mulai mengenal lebih banyak nama setelah memasuki tahun kelima berkecimpung di dunia ini. Dan inilah daftar bloger favorit yang rumah mayanya akhir-akhir ini sering kuintip dan kusinggahi, siapa saja ya?

1. Jihan Mawaddah

Sosok yang satu ini benar-benar membuatku berdecak kagum. Semangat belajarnya tinggi. Nyemplung di dunia blogging sejak 2 tahun lalu, tetapi sudah meraih banyak prestasi. Kini jangan kaget kalau setiap perlombaan blog, pasti ada nama mbak Jihan sebagai salah satu pemenangnya.
jihan mawaddah
Selain cepat belajar, mbak Jihan juga nggak pelit sharing ilmu. Doi adalah salah satu PJ di ODOP Blogger Squad yang membuat programnya semakin menarik dan penuh tantangan.

Dari mbak Jihan, aku juga belajar mengelola waktu sebaik-baiknya. Punya blog lebih dari satu, tetapi doi cukup rajin update artikel di semua blog yang dimilikinya. Masih rutin baca buku pula. Nggak hanya itu, saat ini pun doi sedang berproses untuk menyelesaikan buku solo keduanya.

Apa kabar aku yang cuma rebahan lanjut merajut mimpi, tapi aksinya nanti-nanti, wkwkw.

2. Triyatni

Lebih akrab dipanggil Kak Tri atau Pohon Tomat. Kok bisa? La iya, wong memang nama domain blognya seperti itu.
kak Tri pohon tomat

 Serius ngeblog sejak 2019, tapi nggak jauh berbeda dengan mbak Jihan, kualitas blognya sudah oke punya. Bahkan di salah satu postingannya, Kak Tri pernah membagikan langkah-langkah meningkatkan pageview blog. Semua langkah yang ada di postingan tersebut benar-benar berdasarkan pengalamannya pribadi.

Lalu aku ternganga, 5 tahun ngeblog ke mana saja, kok masih begini-begini doang.

Sama halnya dengan mbak Jihan, Kak Tri juga nggak pelit ilmu. Bisa dilihat di blog dan instagramnya, doi banyak berbagi tips ngeblog dan hal-hal terkait media sosial. Tak hanya itu, doi juga sering diundang sebagai narasumber untuk sharing tentang keberhasilannya ngeblog secara profesional.

3. Rini Novita Sari

Selanjutnya ada pemilik blog celotehdinihari.com. Mulai serius ngeblog sejak 2018, tapi soal prestasinya jangan tanya. Selain beberapa kali menang lomba ngeblog, mbak Rini juga sering didaulat untuk sharing dengan teknik-teknik ngeblog.
rini novita sari noe writer
Selain aktif ngeblog, mbak Rini juga seorang staff accounting di sebuah perusahaan di Surabaya. Namun di tengah kesibukannya tersebut, doi juga mengelola jasa penulisan bernama Noe Writer. Kualitas tulisan yang selalu dijaga oleh para penulis binaanya, membuat jasa penulisannya semakin moncer tiap harinya.

4. Reyne Raea

Sosok perempuan tangguh yang satu ini adalah bloger senior super hits. Satu yang selalu membuatku terkenang dari mbak Rey adalah komentar yang ditinggalkannya selalu panjang dan berbobot. Bener-bener bukan komentar basa-basi. Terlihat betapa saat blogwalking, mbak Rey selalu membaca artikel dari awal hingga akhir.

Kekagumanku padanya juga cara dia mengapresiasi para pengunjung blog dengan membalas komentar-komentar yang masuk. Ya Allah, semacam dijewer.. kapan coba terakhir aku balasin komen-komen. Biasanya aku hanya membacanya. Kubalas hanya beberapa komen yang sekiranya butuh jawaban.

sharing by rey
Nggak hanya itu, mbak Rey selalu update blog setiap hari dengan jadwal yang sudah ditentukan. Bahkan sekarang mbak Rey membuat dua blog lain khusus parenting dan beauty agar postingan dengan dua niche tersebut lebih optimal.

Padahal selain ngeblog, mbak Rey juga memiliki aktivitas sebagai ibu rumah tangga yang tak kalah padat. Membersamai dua orang jagoan yang super aktif jelas bukan hal mudah. Saking semuanya dikerjakan sendiri, beberapa waktu lalu sosok cantik ini sempat terkena penyakit syaraf kejepit. Alhamdulillah kini telah membaik.

Doaku dari jauh untuk mbak Rey… semoga sehat-sehat selalu ya…

5. Vicky Laurentina

Daftar bloger favoritku kututup dengan satu nama yang tak kalah spesial; mbak Vicky Laurentina. Aku sering jadi stalker instagramnya. Kenapa coba?

Soalnya mbak Vicky ini sering banget bagi-bagi tips ngeblog, tapi doi sengaja nggak mau menyimpan tips tersebut di highlight. Katanya rezeki buat yang lagi nyimak story-nya hari itu. Maka dari itu, stalking IG mbak Vicky jadi kebiasaan tersendiri buatku. Syukur-syukur kecipratan info bermanfaat.

Salah satu info yang kudapat dari hasil ngepoin status mbak Vicky yaitu lahirnya WAG Blogwalking Anti Endorse. Sebuah grup yang kelahirannya digagas oleh mbak Vicky dalam rangka meningkatkan semangat menulis artikel organik.
vicky laurentina
Nggak dipungkiri ya setelah merasakan enaknya cuan dari aktivitas ngeblog, kita seringkali terlupa menulis artikel jujur yang ditulis dari hati dan bukan ditulis karena bayaran, ataupun dalam rangka mengulas suatu produk.

Aku baru sepekan sih masuk ke WAG tersebut dan masih jadi anak cupu yang lihat situasi. Kebetulan dua bulan ini aku juga blong nulis organik, jadi belum berani ngelist nomor. Semoga pekan depan aku sudah bisa ikutan ngelist.

Oh ya, keistimewaan lainnya dari WAG yang diinisiasi oleh mbak Vicky adalah komentar yang ditinggalkan di teman-teman bloger harus dijaga kualitasnya. Saat di grup BW lainnya, komen minimal 7 kata biasa jadi patokan. Di WAG mbak Vicky, minimal 20 kata bo! Bener-bener seserius itu grupnya. Salut deh aku sama sosok bloger yang punya basic keilmuan sebagai dokter ini.

Strategi Ngeblog dari Bloger Hits

Di tahun 2021 ini aku ingin bisa meraih pencapaian yang lebih baik lagi di banding tahun sebelumnya. Nah, agar keinginanku itu nggak sekedar menjadi impian omong kosong, aku butuh strategi agar hal-hal yang kutargetkan bisa tercapai.

Belajar dari 5 bloger inspiratif di atas, aku menyusun 5 strategi berikut ini untuk mencapai blog target 2021:

1. Konsisten Posting Artikel Organik

Dari lima sosok bloger favorit nan inspiratif di atas, aku belajar bahwasanya rutin posting artikel organik alias artikel tanpa embel-embel bayaran adalah sebuah keharusan. Sebagai pertanda kalau sebagai bloger kita masih cukup kreatif mengolah ide, nggak sekadar nulis ketika ada job datang. Selebihnya dianggurin aja blognya.

Selain itu keseimbangan jumlah tulisan artikel organik dan berbayar merupakan bukti nyata kualitas blog. Dari informasi yang pernah kudapat, setidaknya setiap kali habis menerbitkan 1 artikel berbayar, maka setidaknya kita harus publish 3 artikel organik.

Nah lho, apa kabar blogku yang dua bulan ini sudah kek warung kelontong. Semoga tahun ini bisa lebih memperbanyak tulisan organik, sesuai tagline blog ini, ‘Zona Bebas Bercerita, Tells About This & That.”

2. Menjaga Silaturahmi dengan Pengunjung Blog

Belajar dari mbak Rey dan mbak Vicky tentang adab menghormati tamu alias pengunjung blog, yaitu dengan merespon komentar yang ditinggalkan. Sebuah kebiasaan yang sudah lama kutinggalkan. Karena kupikir, orangnya pun pasti nggak ngeh kalau kubalasin komentarnya.

Ternyata dari menengok blog mbak Rey, kulihat kolom komentarnya begitu aktif. Saat mbak Rey membalas komen, yang dikomenin pun komen balik lagi. Jadi seru gitu, kek lebih hidup dan ada diskusi di setiap artikel.

Kalau kupikir-pikir kenapa di blog mbak Rey kolom komentar bisa aktif, ya karena mbak Rey telah membangun habit membalas dan merespon semua komentar yang masuk. Akhirnya para pengunjung pun menanti respon dari Mbak Rey.
strategi ngeblog untuk meraih pencapaian

3. Belajar Printilan About Blogging

Benang merah yang bisa kuambil dari kelimanya adalah semangat belajarnya yang tak pernah surut. Mereka selalu update ilmu terkait ngeblog, agar bisa mengikuti perkembangan setiap tahunnya. Aku jadi merasa malu, karena ngeblog modal nekat dan terlalu santuy.

Bersyukur sejak 2020, aku berkesempatan ikut beberapa kelas blogging dan bisa menambah wawasanku di dunia ini. Harapanku di tahun ini bisa ikut kelas-kelas lainnya. Salah satu incaranku adalah bergabung dengan SEO Moms. Doakan semoga bisa terlaksana ya, pals.

4. Nggak Pelit Bagi Ilmu

Selain rajin belajar, 5 bloger inspiratif di atas selalu murah hati dalam berbagi. Sharing teknik dan ilmu blog yang mereka kuasai tanpa takut ilmunya berkurang. Yang ada semakin dibagi justru akan semakin berlimpah ruah.

Belajar dari mereka, tahun ini insya Allah aku akan kembali membuat Blogspedia Coaching Batch #2. Rencananya sih setelah lebaran aja, biar bisa fokus puasa. So, silakan lo share info ini ke teman-teman terdekat kalian yang pengen belajar ngeblog dari nol.

5. Beternak dan Menanam

Kalau ditanya apa profesinya sekarang, maka dengan tegas aku akan menjawab seperti ini;
Pekerjaanku beternak tapi bukan hewan, hobiku menanam tapi bukan tumbuhan.
Hayo apa coba?

Ini pun lagi-lagi aku terinspirasi dari kelima mbak bloger kece di atas. Hampir semuanya punya blog lebih dari satu dan tetap konsisten update. Duh, envy banget….

Sekian celotehku tentang 5 bloger favorit. Semoga teman-teman kongkow bisa mendapat suntikan semangat dari tulisan ini. Btw, dari lima nama bloger di atas, mana yang jadi favoritmu, pals? Boleh lo tuliskan nama bloger yang menginspirasimu di kolom komentar beserta alasannya. See ya!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

19 comments

  1. Aku setuju. Mereka emang keren-keren banget mba. Aku juga suka baca blog-blognya. Btw aku bisa ikufan di WAG nya gak yah ? Pengen aktif juga deh bikin postingan organik berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja hubungin mbak Vicky Laurentina. Siapa tahu masih bisa mbak.

      Delete
  2. Semuanya blogger kekinian. Saya tahunya dari bw aja. Blm ada yg pernah ketemu. Maklum saya blogger jadul. Kadaluarsa jadi yg udah ketemu saya itu mah blogger angkatan tujuh puluhan . Hahaha...

    ReplyDelete
  3. Beternak dan menanam belum konsisten daku lakukan, haha. Ada sih punya akun lain tapi belum TLD, jadi belum bisa di fokuskan mau ke arah mana

    ReplyDelete
  4. akhhh konsisten, sebuah kata penting bagi seorang blogger yang ingin terus dikenal dengan tulisannya. selain bermanfaat juga harus bisa menginspirasi ya kak

    ReplyDelete
  5. aku malah belum berani beternak blog, 1 blog aja udah kewalahan sendiiri, but salut sama yang bisa konsisten menjalankan banyak blog dan memberikan tulisan yang sangat baik

    ReplyDelete
  6. Mbaaaa...
    Ngakak saya baca yang nomor 4 itu ��
    Nggak salah tuh?
    Atuh mah, jadi mendadak pengen mojok disandingkan ama yang udah pakar di bidangnya ��

    Sesungguhnya satu-satunya yang saya punyai tentang ngeblog itu, hanyalah karena saya suka curhat, itu aja ��

    Jadinya rajin nulis.
    Abisnya, curhat terooosss.

    Tapi, makasih banyak loh Mba, udah disandingkan dengan para pakar, semua favorit tuh.

    Yang nomor 5, panutan banget itu mah, yang 2 dan 3 salut bangetttt, mereka itu masih di bawah saya usianya, tapi sungguh prestasinya luar biasa.

    Saya kenal mereka kalau ga salah sejak taun 2018 akhir atau 2019 ya.
    Si Rini terutama, dia tuh kayak roket munculnya.

    Muncul, tiba-tiba melesat ke atas.
    Mulai dari rutin mengejar performa blog, sampai selalu hadir di pengumuman lomba karena menang lomba, luar biasa.

    Saya sungguh kagum sekaligus iri ��
    Soalnya, waktu saya seusia Rini, kerjaan saya cuman buang-buang duit doang, bukannya punya prestasi apa kek, sadarnya nanti udah punya anak *plak!

    Trus kalau si pohon tomat (wkwkwkw saya lebih ngeh panggil dia pohon tomat��), saya ngehnya karena branding-nya pohon tomat, lucu aja.
    Dan dia tuh 11 12 Ama Rini, paling suka belajar belajar daaann belajar, nggak heran blognya maju pesat.

    Kalau Mba Jihan, saya jujur baru ngeh akhir-akhir ini, dan justru lebih familier di IGnya, karena sering share tentang hukum ya kalau ga salah.

    Dan terakhir blog ini.
    Sejujurnya saya udah ngeh sejak lama, cuman memang belom ngeh banget kalau ternyata di blog ini, banyak banget tulisan-tulisan yang sayaaaa banget alias saya suka banget.

    Gara-gara dari email kemaren, saya jadi ubek-ubek isi blog ini, dan jadi sebagai penyemangat buat saya untuk jadi lebih baik.
    Karena saya merasa, i am not alone.

    Thanks soooo much Mba sayang.

    You are my favorit too, Mbaaa ��

    ReplyDelete
  7. Secara personal saya tidak mengenal kelimanya Hehe. Tapi gagasan tentang BW Organik yang diprakarsai Vicky itu sangat menarik. Saya pun sempat mengisi form pendaftarannya dan mendapat respon. Namun akhirnya memutuskan tidak bergabung, karena terpentok dengan beberapa syarat dan ketentuannya.

    ReplyDelete
  8. blm kepikiran buat beternak blog, haha satu aja dlu. Ngeblog bagi saya teman untuk mengasah ilmu, sambil mau fokus buat karya yg lebih besar lg. Mislkn nyari kerjaan buat tmn2 bloger, dgn fee yg masuk akal. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Satu saja ga keurus apa lagi banyak hehehe..beberapa kali pernah ikutan odop (one day one post) tapi ga sanggup 😁

    ReplyDelete
  10. Aku masih belajar mengenal karakter bloggernya, lewat tulisan2nya. Banyak yang bisa dipelajari dari mereka apalagi gak boleh pelit ilmu..

    ReplyDelete
  11. Memang nama-nama blogger di atas sudah nggak asing lagi ya mbak. Sudah wara-wiri sebagai pemenang lomba blog atau sering sharing konten blog yang bermanfaat. Salut banget sama konsistennya mereka. Soalnya saya sendiri sering maju mundur semangat ngeblognya.

    ReplyDelete
  12. Sebagai Newbie, aku belum terlalu kenal blogger2 yang keren2 ini, kecuali Kak Vicky Laurentina yang alhamdulillah udah temenan di dunia maya. Memang tulisan2 beliau, menurutku semuanya menarik dan bermanfaat. Semoga setiap orang bisa menebar manfaat buat orang banyak dengan cara apapun itu.

    ReplyDelete
  13. Mbak Marita kalau mau ngeliat di WAG Blogwalking Anti Endorse, nggak perlu nunggu bikin artikel baru dulu. Pakai artikel jaman jebot juga boleh. Yang penting kudu ngelist dalam tempo 3 bulan semenjak bergabung.

    Oh iya, aku memang selalu menjawab komen yang datang. Karena.. yaa dulu aku diajarin guru bahasa Indonesia-ku di SMA itu ya begitu, "Adab forum diskusi adalah, jika ada peserta yang mengemukakan pendapat, ya harus direspons, bukan didiemin." Dan blog kita kan memang forum diskusi, bukan forum curhat nyampah doang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah bener mbak. Kadang karena alasan sok sibuk jadi akhirnya dibaca doang tanpa dibalesin komentarnya.

      Makasih banyak mbak. Aku diingatkan lagi soal adab :)

      Delete
  14. Masyaalloh ada namaku... Terharu banget. Padhal aku juga mengagumi mbak marita urusan nge blog ini loh. Cuman emang nggak tertulis aja. Aku orangnya suka mengamati dalam diam mbak. Dan blog mbak salah satu yang sering aku kunjungi ketika dini hari.. hihii. Yak ketahuan dehhh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi awalnya aku pun diam2. Lama2 tak tahan juga.. jadi harus diungkapin biar nggak jadi jerawat hehe.

      Delete
  15. Mba Marita, kok aku baru tahu ada tulisan ini. Masya Allaah. Justru aku nih yang banyak belajar dari Mbak Marita. Keinget banget dulu pertamaaaa kali jeyjingga dikasih masukan soal template, semua berkat mba Marita yang juga ngga pelit ilmu. Barakallah, mudah-mudahan kita bisa berteman, bertetangga di surga bahkan yaaa. aamiin

    ReplyDelete
  16. semuanya aku suka temen temen diatas
    senengnya kalau support satu sama lain kayak gini, belajar juga dari blogger lain .

    ReplyDelete

Post a Comment