header marita’s palace

7 Tips Menciptakan Keluarga Sehat demi #SemuaTenangTerlindungi

Konten [Tampil]
tips menciptakan keluarga sehat
Meski bukan hanya tugas seorang ibu, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa usaha menciptakan keluarga sehat biasanya lebih banyak dipikirkan oleh para ibu. Apalagi ketika pandemi Covid-19 mulai menyerang, ibu yang awalnya super cuek seperti aku pun jadi menaruh perhatian lebih pada kesehatan seluruh keluarga.

Melihat anggota keluarga ada yang sakit, walaupun hanya batuk pilek, sudah bikin batin ibu tak tenang. Rasa bersalah dan khawatir bercampur menjadi satu. Oleh karenanya tak heran jika setiap ibu berusaha sekuat tenaga untuk menghindarkan para anggota keluarganya dari penyakit apapun. Terlebih ketika corona datang, semua usaha untuk membangun keluarga sehat dilakukan.

7 Usahaku Sebagai Seorang Ibu dalam Menciptakan Keluarga Sehat

Setiap kali mendengar ada kerabat atau tetangga yang terjangkit Covid-19, hatiku terasa teriris sembilu. Apalagi suamiku bekerja di salah satu rumah sakit yang banyak merawat pasien Covid-19. Setiap kali melepas doi pergi bekerja, rasanya deg-deg plas. Ketika sorenya dia pulang dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun, rasanya lega sekali.

Entah sudah berapa kali aku mendengar kabar ada pasien Covid-19 meninggal dari suami. Tak jarang pasien tersebut orang-orang yang cukup dekat dengan kami. Semakin hatiku tak karuan.

Karena itulah, kini aku melakukan segala usaha terbaik untuk menciptakan keluarga sehat, di antaranya:
tips membangun keluarga sehat

1. Menyusun Menu Sehat

Memiliki anak-anak dan suami yang susah makan sayur, membuatku harus berpikir ratusan kali saat akan memasak. Padahal aku termasuk orang yang nggak begitu menikmati momen-momen di dapur.

Namun demi kesehatan anggota keluarga, aku harus meluruhkan egoku dan siap menyingsingkan lengan baju demi memasak makanan-makanan yang bisa mencukupi kebutuhan gizi mereka.

Biasanya untuk menghemat waktu, aku sudah menyusun menu masakan untuk satu pekan sekaligus. Agar mendapat bahan-bahan masakan berkualitas, aku lebih senang berbelanja menggunakan aplikasi yang sudah kupercaya. Biasanya sayurnya lebih bersih. Bahkan ada juga yang menyediakan sayur organik yang tentunya lebih sehat.

2. Menyediakan Suplemen Kesehatan yang Dibutuhkan

Tidak hanya menyusun menu sehat, aku dan suami rajin mencari informasi di situs-situs kesehatan tentang suplemen yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Kini di kotak obat kami, tersedia bermacam-macam suplemen kesehatan yang dibutuhkan masing-masing anggota keluarga.

Ada suplemen khusus untuk suami yang perokok, ada suplemen khusus anakku yang masih balita, tak ketinggalan suplemen khusus anak sulungku yang mulai beranjak remaja dan suplemen penambah darah untukku yang sering mengalami anemia.

3. Menjaga Kebersihan Rumah

Menuju keluarga sehat tidak hanya berurusan dengan fisik semata. Kebersihan rumah juga menjadi perhatian khusus, terlebih untuk mencegah demam berdarah yang juga sering mendatangi wilayah tempat tinggal kami.

Selain rutin menyapu dan mengepel, menguras bak mandi dan menutup rapat semua tempat penyimpanan air juga wajib dilakukan. Apalagi aku diamanahi menjadi ketua Dasa Wisma, yang salah satu tugasnya adalah mengecek keberadaan jentik-jentik di lingkungan tempat kami tinggal. Nggak lucu dong kalau di rumah petugas pengecekan malah ditemukan jentik-jentik nyamuk.

Karena kebetulan kami tidak memiliki dipan, sprei juga harus rajin diganti agar kesehatan kulit anggota keluarga tetap terjaga.
7 usaha agar keluarga sehat

4. Mengingatkan Anggota Keluarga tentang 5M

Berhubung masih pandemi, PR banget buat seorang ibu ketika ada acara di luar rumah. Mulutku nggak akan berhenti diam untuk mengecek apakah anak-anak dan suami sudah menggunakan masker.

Begitu juga saat tiba di lokasi acara atau kembali ke rumah, aku harus memastikan semua anggota keluarga sudah mencuci tangan pakai sabun atau membersihkan dengan hand sanitizer. Tak lupa aku juga mengingatkan anak-anak untuk menjaga jarak.

Jika lokasi yang kami tuju terlalu banyak orang di dalamnya, suami biasanya mencari lokasi lain demi menghindari kerumunan. Memang yang paling baik di saat pandemi belum benar-benar berakhir adalah mengurangi mobilitas sebisa mungkin.

5. Berolahraga Bersama

Meski aktivitas di luar rumah terbatasi sejak ada pandemi, sebaiknya tidak mengurangi aktivitas fisik. Terlalu banyak rebahan di dalam rumah, tanpa ada aktivitas fisik justru berdampak tak baik bagi imunitas tubuh. Oleh karenanya aku senantiasa mengingatkan suami dan anak-anak untuk berolahraga.

Anak-anak biasanya senang bersepeda di sore hari. Sementara ayahnya akan mengikuti mereka dari belakang dengan berjalan kaki. Maklum belum punya sepeda masing-masing, jadi belum bisa bersepeda bareng-bareng.

Sementara kalau aku lebih senang melakukan senam setiap pagi, dengan mengikuti panduan lewat YouTube Channel favorit.

6. Menjaga Asupan Air

Yang tak boleh ketinggalan lainnya yaitu asupan air. Sebagai orang yang suka lupa minum air putih, aku nggak ingin hal tersebut menular ke anak-anak. Beruntung punya suami yang hobi minum air.

Terlebih sekarang juga sudah ada aplikasi yang bisa mencatat kebutuhan air harian. Bahkan bisa mengingatkan jika hari itu, jumlah air yang kita minum belum memenuhi kebutuhan.

7. Memiliki Instrumen Proteksi agar #SemuaTenangTerlindungi

Sebagai freelancer yang pendapatannya tidak menentu, aku merasa butuh proteksi untuk keluargaku. Apalagi ketika pandemi menerjang dan dengan mata kepala sendiri melihat banyak orang harus kehilangan orang terkasihnya secara mendadak.

Tak sedikit keluarga yang ditinggalkan limbung karena tak memiliki persiapan. Terutama masalah ekonomi. Aku tak ingin meninggalkan keluargaku dalam kondisi yang lemah. Makanya, aku mulai mencari informasi mengenai asuransi.
memiliki instrumen proteksi
Ada banyak produk asuransi dengan keunggulannya masing-masing. Karena pendapatanku yang tak menentu, aku mencari produk yang harganya terjangkau, tapi manfaat yang didapat sesuai dengan yang kubutuhkan. Duh, memang ya emak-emak sukanya cari yang irit tapi nggak mau dapat hasil dikit, hehe.

Dan setelah perjalanan panjang, ketemu juga sama yang satu ini. Siapakah dia? Pastinya yang bisa bikin #SemuaTenangTerlindungi dong!

#SemuaTenangTerlindungi bersama OVO | Proteksi dan PRUTect Care - Hospital Cash

Sebagai pengguna setia OVO, baru-baru ini aku mendapat kabar kalau OVO | Proteksi bekerjasama dengan Prudential Indonesia menghadirkan produk asuransi jiwa kumpulan syariah. Wah, mendengar kabar itu berbinar-binar mataku. Sepertinya inilah yang aku cari.

Dulu sih sebenarnya aku sudah sempat ikut asuransi, tetapi kemudian kututup semua karena menghindari riba. Hingga kemudian aku berkesempatan mengikuti acara Hijrah Finansial saat Ramadan dua tahun lalu. Dari acara tersebut, aku sedikit banyak mendapat pencerahan tentang produk asuransi.
Gunakan instrumen dari OVO | Proteksi
Nah, asuransi syariah yang dihadirkan oleh OVO | Proteksi dan Prudential Indonesia ini sepertinya cocok dengan yang kucari. Bernama Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash. Produk ini merupakan asuransi jiwa kumpulan syariah yang memiliki manfaat dasar meninggal dunia dan manfaat tambahan santunan rawat inap, perawatan ICU, cacat total akibat kecelakaan, meninggal dunia akibat kecelakaan serta meninggal dunia akibat penyakit menular.

Produk yang baru saja diluncurkan secara resmi pada 28 April 2021 ini adalah terobosan terbaru di Indonesia, yaitu mengintegrasikan e-money dan e-insurance. Buatku ini jelas sebuah kemudahan yang kutunggu-tunggu.

Di antara banyaknya e-money, hanya aplikasi OVO yang nangkring di handphone-ku. So far, cukup membantuku dalam melakukan pembayaran rutin, beli pulsa hingga berinvestasi kecil-kecilan. Eh, kini OVO hadir dengan fitur terbaru yang memang pas banget dengan kebutuhanku. Tentu saja nggak mau kusia-siakan.

Manfaat PRUTect Care - Hospital Cash

Dengan bergabung bersama PRUTect Care - Hospital Cash, aku bisa mendapatkan dua manfaat, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan. Manfaat dasarnya yaitu pemberi manfaat yang kudaftarkan bisa mendapatkan sejumlah uang asuransi jika aku meninggal dengan sebab apapun.
manfaat PRUTect Care - Hospital Cash
Sedangkan untuk manfaat tambahan yang bisa didapatkan, antara lain:
  1. Manfaat harian rawat inap
  2. Manfaat perawatan ICU
  3. Manfaat cacat total akibat kecelakaan
  4. Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan
  5. Manfaat meninggal dunia akibat penyakit menular
Masya Allah, banyak manfaat yang tercover dari asuransi syariah ini. Hati dan pikiran jadi lebih tenang. Kalau hati dan pikiran tenang, imunitas pun bisa semakin meningkat.

Keunggulan PRUTect Care - Hospital Cash

Kalau ditanya kenapa menjatuhkan pilihan pada produk asuransi ini, sedangkan ada banyak produk lainnya yang menawarkan manfaat tak kalah kece. Maka inilah jawabanku:
keunggulan OVO | Proteksi Hospital Cash
  • Asuransi berbasis syariah, sehingga insya Allah lebih berkah. Kontribusi yang dibayarkan oleh peserta akan dialokasikan ke dana Tabarru sebesar 55% dan Ujrah sebesar 45%. Dana Tabarru akan digunakan untuk pembayaran klaim dan terakumulasi setiap bulannya. Jika dana Tabarru mengalami surplus, maka akan dialokasikan ke dana sosial.
  • Bisa diakses lewat aplikasi OVO, maklum pengguna setia e-money yang satu ini sih. Registrasinya juga bisa online, jadi cepat dan mudah deh. Asyiknya lagi, meski akun kita belum OVO Premier, tetap masih bisa join OVO | Proteksi.
  • Paket yang tersedia beragam dan harganya pun terjangkau, bisa pilih sesuai kebutuhan dan kantongnya masing-masing. Apakah mau bayar bulanan atau tahunan.
  • Manfaatnya berlimpah. Bisa mendapat santunan rawat inap hingga Rp 300.000 per hari selama 90 hari. Ada pula manfaat meninggal dunia yang disebabkan oleh penyakit menular dan kecelakaan sampai Rp 63.000.000 dan masih banyak manfaat lainnya seperti yang sudah kutuliskan sebelumnya.
  • Tidak hanya registrasinya yang mudah. Pengajuan klaim juga bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pulse dari Prudential Indonesia.
Dengan semua keunggulan yang dimiliki PRUTect Care - Hospital Cash tersebut, nggak salah kan kalau aku jatuh hati padanya?

Paket PRUTect Care - Hospital Cash

Buat teman-teman kongkow yang mau tahu paket apa saja yang ditawarkan oleh asuransi syariah hasil kerjasama dari OVO | Proteksi dan Prudential Indonesia ini, cuzz bisa tengok di bawah:
paket PRUTect Care - Hospital Cash

1. Paket Silver

Harga paket ini mulai dari Rp8.000/ bulan. Manfaat yang didapatkan santunan meninggal dunia Rp3.000.000, santunan harian rawat inap Rp100.000/hari, santunan perawatan ICU Rp200.000/ hari, total santunan meninggal dunia akibat penyakit menular (termasuk Covid-19) sebesar Rp6.000.000, total santunan meninggal dunia akibat kecelakaan Rp21.000.000,- dan santunan cacat total akibat kecelakaan sebesar Rp6.000.000.

2. Paket Gold

Harga paket ini mulai dari Rp16.000/ bulan. Manfaat yang didapatkan santunan meninggal dunia Rp6.000.000, santunan harian rawat inap Rp200.000/hari, santunan perawatan ICU Rp400.000/ hari, total santunan meninggal dunia akibat penyakit menular (termasuk Covid-19) sebesar Rp12.000.000, total santunan meninggal dunia akibat kecelakaan Rp42.000.000,- dan santunan cacat total akibat kecelakaan sebesar Rp12.000.000.

3. Paket Platinum

Harga paket ini mulai dari Rp24.000/ bulan. Manfaat yang didapatkan santunan meninggal dunia Rp9.000.000, santunan harian rawat inap Rp300.000/hari, santunan perawatan ICU Rp600.000/ hari, total santunan meninggal dunia akibat penyakit menular (termasuk Covid-19) sebesar Rp18.000.000, total santunan meninggal dunia akibat kecelakaan Rp63.000.000,- dan santunan cacat total akibat kecelakaan sebesar Rp18.000.000.

Sudah memutuskan mau ikut yang mana, pals?

Cara Pendaftaran Asuransi PRUTect Care - Hospital Cash

Jika sudah menentukan paket asuransi yang cocok dengan kebutuhan, yuk mulai mendaftar. Caranya gampang kok.
Klik logo OVO | Proteksi

1. Buka Aplikasi OVO dan Temukan Logo “Proteksi”

Sudah dibuka aplikasi OVO dan ketemu logo "Proteksi"? Kalau udah, pilih yang “PRUTect Care - Hospital Cash”. Jika di aplikasi OVO milikmu belum ada pilihan tersebut, silakan diupgrade dulu ke versi terbaru ya. Fitur ini hanya muncul di OVO versi 3.32.1 ke atas.
teknis pendaftaran OVO | Proteksi

2. Pilih Paket yang Disediakan

Setelah kita memilih fitur “PRUTect Care - Hospital Cash”, akan muncul informasi mengenai pengelolaan dana asuransi syariah. Setelah itu muncul pilihan paket yang disediakan.
pilih paket OVO | Proteksi
Nah, pilih saja paket yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman kongkow. Pastikan usiamu berkisar antara 17 - 50 tahun ya. Oya, satu pengguna OVO hanya dapat memiliki maksimal 1 polis PRUTect Care - Hospital Cash. Klik “Pilih Paket.”
langkah pembelian paket OVO | Proteksi

3. Pilih Metode Pembayaran

Selanjutnya akan ada pilihan pembayaran, apakah mau dibayar setiap bulan atau setiap tahun. Fyi, lebih hemat jika dibayarkan per tahun. Ada fitur untuk mengaktifkan autodebit juga lo. Jadi otomatis setiap akhir periode, dan kita lupa memperpanjang, bisa langsung mendebet dari saldo OVO. Tentu saja pastikan saldo kita nggak kosong ya. Setelah semua sudah sesuai, klik “Lanjutkan.”

4. Baca Deklarasi Kesehatan

Kemudian akan ada deklarasi kesehatan yang harus dibaca. Jangan lupa dicentang sebagai tanda bahwa kondisi kita sesuai dengan yang dipersyaratkan. Lalu klik “Lanjutkan.”

5. Isi Data Diri

Isi data diri yang dibutuhkan. Jangan lupa klik “Lanjutkan.”
konfirmasi pembelian paket OVO | Proteksi

6. Konfirmasi

Berikutnya ada informasi transaksi yang harus kita konfirmasi sebelum saldo OVO Cash terpotong. Setelah semua data sesuai dengan yang diisikan, klik “Konfirmasi.” Pembayaran pun diproses kemudian.

7. Detail Informasi

Ketika asuransi telah berhasil diproses, akan muncul informasi seperti di gambar. Untuk melihat info lengkap, kita bisa klik “Lihat Detail Informasi.”

Tidak lama setelah tahapan di atas dilakukan, kita akan mendapat email dari PT Prudential Life Assurance yang menyatakan bahwa asuransi kita telah aktif. Dilengkapi juga dengan berkas-berkas berupa info produk, TnC dan sertifikat asuransi.
sertifikat asuransi hospital cash
Di dalam sertifikat asuransi tersebut, kita bisa mengetahui lebih lengkap terkait hal-hal penting, antara lain: adanya masa tunggu 30 hari untuk semua penyakit, 180 hari untuk beberapa penyakit, tidak ada masa tunggu untuk kecelakaan, dan masih banyak lagi lainnya.

So, pastikan untuk bintangin email tersebut, biar kalau sewaktu-waktu mau membaca dengan khusyuk, nggak kesusahan mau cari emailnya.

Demikian celotehku tentang menciptakan keluarga sehat. Dimulai dari menyiapkan menu sehat hingga memilih instrumen proteksi yang paling pas dengan kebutuhan.

Kalau teman-teman kongkow juga mau #SemuaTenangTerlindungi, jangan salah pilih instrumen ya. Biar samaan denganku, yuk pakai juga Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash yang dipersembahkan oleh OVO | Proteksi dan Prudential Indonesia.

So, sudah siap menciptakan keluarga sehat? Semoga tips-tips di atas membantu ya. Jangan lupa setelah ini langsung download aplikasinya di sini. Lalu segera pakai dan daftar OVO | Proteksi ya, pals. Semangat sehat semuanya…
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

19 comments

  1. Mantap nih semua usahanya. Poin2 di atas ini aja aku kadang masih keteteran. Terima kasih sudah diingatkan

    ReplyDelete
  2. Sama, aku juga berusaha melakukan 7 hal di atas, kecuali bagian menyapi dan mengepel huhuhu entah kenapa sejak di rumah aja malah males Beres-beres jadinya

    ReplyDelete
  3. Lha kok gampang banget ini ya untuk membeli proteksi via Ovo. Aku juga pake nih OVO dan belum premium, tetap bisa ya masuk ke menu Proteksi. Thanks lho untuk sharingnya, Rit. Aku punya akun OVO tapi ga ngerti yang fitur ini hehehee...

    ReplyDelete
  4. Baru tahu nih bisa daftar premi proteksi di OVO ((ketahuan banget yak jarang ubek-ubek ovo. pakai cuma buat pesen grabfood aja :P)). Harganya juga bisa menyesuaikan sama kantong dan kebutuhan.



    ReplyDelete
  5. Menyiapkan perlindungan diri memang penting sekali ya mba..termasuk yoaya melindungi keluarganih. Terima kasih tips2 mantulnya, mba...

    ReplyDelete
  6. Wah, informasi keren, nih Mbak. Baru tahu. Bermanfaat banget untuk persiapan proteksi keluarga. Sehat-sehat selalu ya, Mbak Ririt sekeluarga...

    ReplyDelete
  7. Sudah pake OVO Invest juga, alhamdulillah so far jadi lebih terarah nih investasinya karena uang yg masuk ke OVO langsung aku bagi untuk tabungan invest dulu. Dan jadinya juga memudahkan ya Mba

    ReplyDelete
  8. Wah baru tau aku mbak bisa beli proteksi via OVO. Gampang banget dan.praktis.pol. apalagi sekarang lagi ga bisa kemana2 klo bisa dikerjain online kan aman jiwa ya hehehe...

    ReplyDelete
  9. Ikhtiar positif banget.
    Manalagi targetnya ya demi kesehatan bersama sekeluarga.

    Yuk mari, rapatkan lagi barisan menjaga sehat. Semangat!

    ReplyDelete
  10. Makasih BunRirit, udah diberikan tips yang super menjaga kesehatan keluarga di rumah. Olahraga nih aku yang kurang

    ReplyDelete
  11. Jangan mbak nih yg suaminya kerja di bidang kesehatan, aku pun kalau suami brkt kerja belum tenang kalau dia belum kasi kabar sudah sampai di kantor. entah ya bukannya ingin jadi paranoid tapi saat ini saling memberi kabar itu penting. Dan pastinya kita sebagai istri harus cerewet ya mengingatkan kebersihan

    ReplyDelete
  12. biaya asuransinya terjangkau ya tapi dengan mendapat santunan yang wah, sebagai pelanggan ovo aku juga mau pake deh kayanya

    ReplyDelete
  13. Adanya asuransi dari ovo yang kerjasama prudential ini sangat membantu sekali ya. Pendaftaran juga mudah.

    ReplyDelete
  14. Memang bener semua sih kalau tips di atas memang bukan hanya tugase seorang ibu. Tapi ibu yang harus ekstra keras berperan dalam mewujudkan keluarga sehat, mulai dari menyiapkan makanan bergizi. Tapi semakin tenang ya ada ovo proteksi PRUTect care.

    ReplyDelete
  15. Aku juga kemarinn ikutan ovoprotect ini mbak. Beneran murah emangg. Alhamdulillaah. Btw tips2nya oke dan kucatat mba marita, karena sekarang kesehatan emang jadi hal yang berharga ya untuk kita

    ReplyDelete
  16. Aku juga bukan tipe yang sangat menikmati momen momen saat di dapur. Sesi aku masak ya seringnya bukan untuk kesenanganku, tapi demi bertahan hidup biar menu yang tersedia di rumah itu bersih, sehat, dan juga hemat. Payahnya aku nggak kepikiran untuk bikin jadwal menu. Kadang kalau nggak mood masak menu yang sudah dijadwal, malasku makin menjadi sih.

    ReplyDelete
  17. Wah mantap nih kerjasama OVO dan prudential. Jadi lebih mudah kalau mau protect lewat layanan dompet digital ini. Apalagi harga paketnya perbula juga terjangkau banget ya Mbak. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan mau yang silver, gold atau platinum.

    ReplyDelete
  18. No .7 belum ku lakukan buat keluarga ku nih mba, cma pake asuransi kesehatan aja..
    Pake prutect preminya terjangkau skali yaa...

    ReplyDelete
  19. Masya Allah OVO terus berinovasi ya. Asuransi ini tampakny salah satu upaya memenuhi kebutuhan saat ini.

    Kasus covid yang meningkat membuat orang merasa tidak aman. Bahkan bisa jadi kepikiran ..gak tahu kapan gilirannya. Astagfirulloh.

    Tipsnya pas banget mbak. Sekian poin aku terapin. Yang ovo ini belum padahal aku pengguna setia e wallet satu ini. Yang sering tak isiin saldonya dibanding yg lain.

    Aku coba pelajari lagi untuk layanan satu ini..makasih mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment