header marita’s palace

Mau Tahu Biaya Punya Mobil? Ini Lho Rincian Per Tahunnya

1 comment
Konten [Tampil]
rincian biaya punya mobil
Banyak orang yang dengan gampangnya membeli mobil tanpa tahu jika setelah itu harus mengeluarkan biaya punya mobil yang tidak sedikit.

Tapi, banyak juga kok orang - orang yang dengan sadar jika memiliki mobil maka mau tidak mau mereka juga harus mengeluarkan biaya untuk perawatan. Nah, posisi teman-teman kongkow yang mana nih?

Atau justru baru mau beli mobil dan masih bingung biaya apa saja jika punya mobil? Jika iya, maka sebaiknya ketahui dulu biaya perawatan mobil per tahun dan biaya lainnya. Agar nantinya kalian nggak kaget.

Langsung saja berikut ini jenis dan rincian biaya untuk mobil per tahunnya.

5 Jenis Biaya Punya Mobil Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Beli

Biaya punya mobil untuk setiap orang tentu berbeda. Dari mobilnya saja sudah berbeda, dan pasti kebutuhan akan perawatannya pun beda.

Berikut 5 jenis biaya mobil yang perlu kalian tahu.

1. Biaya Bahan Bakar

Biaya yang pertama adalah bahan bakar,. Nah, untuk menghitung biaya bahan bakar ini bisa dimulai dari jarak yang ditempuh setiap harinya.

Misalkan mobil kita menggunakan bahan bakar pertamax, setelah itu cari tahu 1 liter pertamax dapat digunakan berapa KM. Contohnya di sini 1 liter dapat digunakan untuk 10 KM.

Dan setiap hari totalnya kita menempuh 20 KM, jadi tinggal dikalikan saja 1 liter pertamax = Rp9.200 x 2 liter x 30 (hari) = Rp552.000

Nah untuk mengetahui per tahunnya kalikan dengan 12 menjadi Rp6.624.000. Itu hanya contoh kecil saja. Akan berbeda lagi jika pada bulan - bulan tertentu kita melakukan perjalanan lebih jauh.

2. Biaya Servis Mobil

Selanjutnya adalah biaya perawatan mobil per tahun. Masih banyak pemilik mobil yang jarang menyerviskan mobilnya.

Apa saja yang perlu di servis? Diantaranya seperti mengganti oli, membersihkan sistem pembakaran, body, rem mobil dan masih banyak lagi.

Untuk biayanya tentu akan bergantung pada jenis mobil, kondisi mobil dan yang lain. Tapi di sini kita akan contohkan biaya service mobil per bulan dengan jenis mobil Toyota Rush mulai dari Rp1.8000.00 an. Itu sudah mencakup servis, ganti oli dan lainnya.

Jika satu tahun, maka total biayanya sebesar Rp 21.600.000. Tapi yang perlu diingat, tidak semua komponen mobil perlu diservis setiap bulan. Ada yang hanya 6 bulan atau satu tahun sekali saja.
jenis biaya  perawatan mobil

3. Biaya Asuransi

Jika teman kongkow merupakan orang yang sangat concern dengan keselamatan mobil. Maka ketika membeli mobil baru, bisa langsung daftarkan pada agen asuransi mobil.

Jadi, misal tiba - tiba mobil kalian hilang atau tergores karena mobil lain, terkena dampak bencana alam atau yang lain. Maka bisa mendapatkan asuransi dan mobil segera diperbaiki. 

Besaran premi asuransi ini sendiri tergantung dari harga mobil, dan manfaat asuransinya. Semakin mahal harganya dan semakin banyak jenis perlindungannya. Maka semakin besar juga biaya yang harus dibayar.

Di sini kita sudah mencoba melakukan simulasi asuransi mobil. Contohnya untuk harga mobil baru 300 juta dengan semua jenis perlindungan. Biaya yang harus dibayarkan kira - kira 500 ribu per bulan atau setara 6 juta per tahun.

4. Biaya Pajak

Biaya punya mobil selanjutnya adalah biaya untuk membayar pajak. Banyak orang yang bisa membeli bensin untuk mobilnya. Rela mengeluarkan uang banyak untuk modifikasi mobil. Tapi giliran tanggal jatuh pajak, telat bayar.

Padahal biaya ini justru yang seharusnya pertama kali dipertimbangkan ketika hendak beli mobil. Kenapa? Karena membayarkan pajak tidak bisa kita cicil, berbeda dengan biaya lain yang bisa kita pertimbangkan lagi.

Semakin bagus, semakin baru dan semakin mewah mobil kita tentu pajaknya akan semakin besar pula.

Oleh karena itu, besaran biaya pajak tidak bisa disamakan untuk setiap orang. Karena hal ini tergantung dengan jenis mobil yang kita miliki.

Contoh biaya pajak untuk mobil Toyota Avanza S keluaran tahun 2011 yaitu sebesar 2.078.000 per tahunnya. Apabila kita belum tahu biayanya, bisa langsung cek di situs cek STNK online.

5. Biaya Parkir atau Tol

Apabila kita sering pergi ke luar kota lewat tol, atau sering mengunjungi tempat, mall ataupun yang lain. Maka tentu kita membutuhkan biaya khusus untuk membayarnya.

Karena besaran biaya parkir juga tidak bisa dianggap sepele, apalagi jika kalian rutin bepergian setiap harinya, pals.

Biaya tol pun sama. Jika kita hendak pergi ke luar kota, ketahui dulu kira - kira kita perlu lewat tol mana dan berapa jumlah biaya yang harus dibayar.

Contohnya biaya parkir 5000/jam dan kita parkir selama kurang lebih 5 jam per hari. Maka satu hari saja kita harus mengeluarkan uang 20 ribu. Satu bulan 600 ribu dan satu tahunnya kurang lebih 7 juta rupiah. Cukup banyak bukan?

Dari 5 jenis biaya di atas, jika dijumlahkan kira - kira satu tahunnya paling tidak kita harus spend uang sebesar 40 juta an.

Tapi balik lagi, kita bisa hitung sesuai jenis mobil yang sedang dipakai, kebutuhan dan faktor lainnya.

Apabila kita sudah yakin dan mantap untuk mengambil mobil, segera pilih perusahaan leasing yang siap memberikan pembiayaan mobil. Salah satunya adalah Maybank Finance.

Maybank Finance menyediakan banyak produk terkait mobil, dari mulai pembiayaan mobil bekas maupun baru, kredit kepemilikan mobil dan masih banyak lagi.

Selain itu, kita bisa melakukan simulasi kredit terlebih dulu jika memang berniat membeli secara kredit. Kalian bisa langsung akses situs resminya di sini https://maybankfinance.co.id/ dan tanyakan lebih lanjut tentang produknya.



Sumber referensi:
  • https://www.cekpremi.com/blog/6-jenis-biaya-yang-harus-disiapkan-bila-anda-punya-mobil-baru/
  • https://carusermagz.com/ingin-punya-mobil-ini-daftar-biaya-operasional-perawatan-dan-kepemilikan-yang-harus-diperhitungkan/
  • https://blogunik.com/mau-punya-mobil-ini-lho-rincian-biaya-yang-harus-kamu-keluarkan-tiap-tahunnya/
  • https://lifepal.co.id/media/rate-asuransi-mobil/
  • https://www.maybankfinance.co.id/informasi/simulasi-kredit/
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Punya mobil juga berisiko, ya, tetapi gak punya mobil lebih berisiko. Jadi, harus telaten merawatnya untuk kendaraan keluarga.

    ReplyDelete

Post a Comment