header marita’s palace

Tak Hanya Modal, 5 Hal Ini Penting untuk Memulai Bisnis UMKM

1 comment
Konten [Tampil]
cara memulai bisnis
Modal selalu menjadi tumpuan awal ketika memulai bisnis, termasuk UMKM. Lebih banyak orang Indonesia tertarik membangun UMKM karena modal yang dibutuhkan kecil.

Buat temen kongkow yang tertarik berkecimpung dalam bisnis ini harus tahu cara memulainya.

Contohnya saja mengenai persiapan perangkat yang akan membantu manajemen. Kalian membutuhkan mesin kasir untuk UMKM sebagai alat pencatatan transaksi.
Selain itu mesin kasir juga harus dipilih yang memiliki fitur lengkap sesuai jenis bisnis yang dibuat.

Kesuksesan kalian dalam memulai UMKM ini tergantung dengan bagaimana perencanaan yang matang dilakukan. Supaya berhasil, bisa intip tips suksesnya berikut ini.

5 Tips Memulai Bisnis UMKM bagi Pemula

Kesuksesan adalah tujuan utama seseorang membangun bisnis. Sukses dalam hal omzet atau juga membangun citra usaha.

UMKM yang sohib miliki bisa sukses jika dibangun dengan penuh perencanaan dan kreativitas.

Seperti apakah cara agar bisnis UMKM yang didirikan nantinya meraih kesuksesan, bisa kalian intip dari beberapa tips berikut ini, pals.
tips memulai bisnis umkm

1. Mengumpulkan Ide dan Riset Pasar

Langkah yang benar-benar awal untuk dilakukan adalah mengumpulkan ide usaha apa yang ingin sobat kongkow buat. 

Kalian mungkin saja melihat dari keinginan-keinginan terdahulu, browsing atau hasil diskusi bersama dengan teman.

Namun jangan langsung diterapkan, dari semua ide tersebut kalian harus melakukan riset pasar masing-masing, pals
Riset dibutuhkan untuk mengetahui siapa kompetitornya sampai peluang kesuksesan usaha tersebut.
Hasil riset inilah yang akan mendukung temen-temen kongkow untuk membuat usaha dan menjalankannya dengan lebih terarah. Tanpa riset kalian mungkin saja memilih usaha yang peluang suksesnya rendah.

2. Menciptakan Rencana Usaha

Kini dari hasil riset tersebut kalian bisa mengolahnya menjadi rancangan usaha. Rencana ini berisi tentang tujuan dari produk atau usaha dan cara untuk meraihnya. 
Tidak ada rencana yang baik tanpa menetapkan tujuan yang pasti.
Dalam rencana ini kalian bisa membuat kalkulasi untung dan rugi dari usaha tersebut. Kalian bahkan bisa menentukan jangka waktu modal akan kembali.

Rencana ini juga menjelaskan target-target jangka pendek dan panjang yang perlu diraih.

3. Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)

UMKM mungkin akan dijalankan sendiri, namun bukan berarti tidak ada SOP yang perlu dijalankan. Temen kongkow wajib menyusun SOP untuk segala jenis kegiatan usaha sehingga meminimalkan kesalahan.

Contohnya saja SOP pelayanan konsumen mulai dari greeting sampai dengan barang dikirim. Ada juga SOP mengenai penanganan kritik dan saran konsumen sehingga mampu memajukan usaha.

SOP ini juga akan membantu pada saat kalian ingin merekrut karyawan. Tidak akan kesulitan untuk melatih karyawan untuk bisa bekerja sesuai aturan.

4. Jangan Lupakan untuk Branding Produk

Hal penting lainnya yang berkaitan dengan produk adalah soal branding
Fungsi branding adalah untuk membuat citra produk lebih baik dan dikenal. Baik dari segi nama, logo, warna dan masih banyak lagi adalah komponen dalam branding.
Nah soal branding ini kalian bisa memanfaatkan sistem digital marketing yang kini sedang naik daun. Jangan lupa daftarkan merek dagangmu.

Tujuan pendaftaran merek dagang adalah untuk melindungi produk kalian dari duplikasi perusahaan lain yang tidak bertanggung jawab.

Apabila produk sohib kongkow sudah dikenal maka konsumen loyal akan datang dengan sendirinya. Omzet pun akan naik dan tinggal bagaimana cara kalian untuk melakukan manajemen yang benar.

5. Membuat Promosi di Banyak Tempat

Promosi perlu dilakukan dengan lebih gencar ketika kalian baru saja membuka usaha. Demi menciptakan promosi yang tetap menguntungkan temen-temen kongkow harus membuat kalkulasi terlebih dahulu.
Tujuannya agar produk laku dan kalian pun bisa balik modal. Konsumen pun jadi mengenal usaha yang sedang dibangun.
Promosi bisa dilakukan dengan beberapa macam cara seperti mengikuti pameran, memasang iklan di media massa, membuat stiker, mug dan merchandize lainnya.

Tak lupa juga memberikan promo berupa diskon yang menarik agar pelanggan baru tertarik untuk membeli. Apapun jenis produk yang kalian jual, promo ini sangatlah wajib, pals.

Pada saat membangun UMKM, kalian juga perlu memikirkan soal perizinan usaha. Administrasi perizinan ini sangat penting agar tidak terjadi masalah, seperti dianggap sebagai usaha ilegal.

Tak lupa, temen kongkow pun harus membuat Surat Izin Gangguan apabila jenis usaha yang dibangun berpotensi menimbulkan gangguan seperti keramaian atau bahaya lain.

Jika semua hal ini sudah dilakukan dengan detail maka UMKM yang dibangun akan lebih lancar. Kalian pun tidak akan mengalami kesulitan dalam mengembangkannya, pals.

Jadi gimana, sekarang sudah tahu kan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis UMKM? Sukses ya buat usahanya. Semoga lancar, sukses dan berkah!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Nah UMKM memang yang belakangan ini sedang banyak dibahas, mantap ini tipsnya terima kasih, Mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment