header marita’s palace

7 Alat Pemasaran Online Terbaik Untuk Promosikan Bisnis Kecil, Sudah Pakai yang Mana?

1 comment
Konten [Tampil]
alat pemasaran online terbaik
7 alat pemasaran online terbaik di bawah ini sangat aku rekomendasikan ke teman-teman kongkow. Terutama bagi kalian, para pemilik bisnis kecil.

Sebagai pebisnis pemula, pasti ada banyak rasa khawatir dan risau yang muncul di benak. Termasuk soal bagaimana langkah ke depan untuk mengembangkan bisnis/ brand.

Memang, persaingan meroket, dan oleh karena itu, pebisnis pemula perlu membuat keputusan konkret dalam hal menetapkan branding. Teman kongkow perlu melakukan banyak hal, mulai dari pemasaran online, kampanye, optimisasi mesin pencari hingga pembuatan konten.

Namun demikian, jika kalian sudah memiliki rencana yang matang untuk menjangkau audiens target, aku percaya sahabat kongkow dapat dengan mulus melangkah maju untuk mempromosikan bisnis kecil tersebut.

Rekomendasi Alat Pemasaran Online Terbaik

Untuk membuat dampak yang sukses, pebisnis harus memiliki praktik pemasaran terbaik. Melalui postingan ini, aku akan memperkenalkan kalian pada beberapa alat pemasaran online terbaik yang akan menonjolkan bisnis kecil sahabat kongkow di platform media sosial.

Untuk mengetahui semua tentang alat-alat tersebut dan bagaimana mereka dapat menawarkan manfaat yang kalian inginkan, teruslah membaca!
jenis alat pemasaran digital

1. Google Analytics

Google Analytics adalah alat pemasaran online gratis yang dapat membantu untuk promosikan bisnis dengan menawarkan wawasan tentang kunjungan dan keterlibatan situs web.

Saat diterapkan bersama Google Search Console, alat ini memungkinkan pebisnis dengan mudah mengidentifikasi masalah yang ditemui pada situs web, sambil mengoptimalkan arus lalu lintas. 

Beberapa fitur luar biasa dari alat ini meliputi:
  • Kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs web.
  • Jumlah kunjungan ke situs setiap hari, mingguan, dan bulanan.
  • Bagaimana pengunjung mencapai situs, apakah beberapa situs merujuk ke mereka, iklan, interaksi sosial, atau pencarian organik?
  • Demografi pengguna
  • Waktu yang dihabiskan oleh pengguna di situs, termasuk halaman yang paling sering mereka kunjungi.

2. Hootsuite

Agar dapat membuat jejak kehadiran brand milik kalian di situs media sosial, kalian harus kompetitif. Alat pemasaran online seperti Hootsuite dimaksudkan untuk memaksimalkan waktu secara lebih efisien di platform media sosial, baik yang terkait dengan penelusuran atau pemasaran.

Alat ini adalah manajemen terpusat yang memungkinkan untuk menjadwalkan semua posting terlebih dahulu. Pengguna dapat mengkategorikan konten media sosial selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan yang akan datang.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan fitur pelaporan canggih untuk memeriksa kampanye mana yang paling efektif. Kemudian pebisnis bisa menggunakan statistik tersebut untuk menghitung laba atas investasi.

Hootsuite juga memungkinkan pengguna untuk melacak penyebutan brand dan mengelola tanggapan, serta pengembalian dalam satu dasbor. Selain itu alat yang satu ini juga menawarkan fitur untuk mempromosikan posting media sosial secara efektif.

3. Mailchimp

Pemasaran email adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh semua pelaku bisnis. Hal tersebut karena email masih memberikan ROI yang tinggi dibandingkan dengan praktik pemasaran lainnya.

Jika teman kongkow ingin memulai dengan pemasaran email, kalian memerlukan beberapa layanan untuk membantu menerima semua email dan mengelola daftarnya. Selain itu, layanan juga harus dapat merekam email dan menganalisis interaksi pengguna secara otomatis.

Untuk tujuan tersebut, Mailchimp adalah pilihan yang sempurna bagi bisnis kecil atau bisnis baru. Ini adalah alat pemasaran online yang gratis digunakan hingga 2000 pelanggan.

Pengguna bisa membuat manajemen email cukup mudah. Selain itu, Mailchimp menawarkan banyak fitur luar biasa dan alat pemasaran seperti yang tercantum di bawah ini:
  • Pembuat laman
  • Insights
  • Pembuat formulir
  • Wawasan prediktif
  • Personalisasi dan segmentasi
  • Alat CRM
digital marketing tool

4. InVideo

Dalam skenario hari ini, video diklaim sebagai rajanya konten. Menurut penelitian terbaru, pada tahun 2022, peningkatan konsumsi video sebesar 82% akan terlihat oleh semua lalu lintas internet. Oleh karena itu, pemasaran video adalah sumber penting yang dapat mempromosikan bisnis kecil sampai batas tertentu.

Jika teman kongkow ingin mempromosikan bisnis, pemasaran video adalah pilihan terbaik untuk digunakan. Pikat lebih banyak penonton dengan konten video.

Saat konten video diminati, pebisnis harus mengikuti tren ini. InVideo adalah salah satu alat pemasaran video paling terjangkau yang tersedia secara online. Membuat video menggunakan alat ini cepat, murah, dan praktis pada saat yang bersamaan.

Pengguna disajikan dengan sekitar 5.000 template untuk mengedit video. Semua template yang tersedia sangat mudah untuk diedit dan disesuaikan.

Kalian dapat menggunakan alat ini untuk iklan bisnis melalui Instagram dan Facebook Story, YouTube Short, cuitan Twitter, cerita Snapchat, status Facebook, LinkedIn, atau feed Instagram. Sahabat kongkow bahkan dapat membuat video untuk halaman Home pada situs web.

Yang perlu dilakukan, pilih template yang sesuai dengan produk, edit sesuai kebutuhan dan segera publikasikan video tersebut.

5. Pengoptimalan KWFinder

Mesin pencari membuat dasar-dasar pemasaran online, oleh karena itu kalian harus melakukannya dengan tepat untuk dapat memenangkan pertarungan di mesin pencari. Caranya, pastikan bahwa situs web kalian terstruktur dengan tepat dan ramah seluler.

Plus, situs juga harus dilengkapi dengan kata kunci yang relevan untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Dengan bantuan alat pemasaran digital, kalian bisa mencari kata kunci yang optimal lo.

Alat pemasaran digital ini bisa sedikit mahal dengan biaya berlangganan yang tak murah. Namun, sobat kongkow tidak perlu khawatir karena opsi yang terjangkau seperti KWFinder tersedia untuk memberi kalian wawasan yang berharga dan akurat dalam membuat pilihan yang menguntungkan untuk bisnis kecil.

Untuk menggunakan alat ini, yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan kata kunci seed, dan alat ini akan menawarkan banyak saran, tren, data volume, dan skor kesulitan peringkat situs.

Mangools, penyedia KWFinder, menampilkan banyak paket untuk alat mandiri dan rangkaian lengkap yang dilengkapi dengan analisis situs web, alat backlink, pengamat SERP, dan masih banyak lagi.

6. Canva

Tidak diragukan lagi, visual membantu melibatkan basis audiens yang besar! Kutipan inspirasi, grafik, foto berkualitas, dan grafik warna-warni, adalah contoh infografis yang menarik dan membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas.

Sohib kongkow dapat menggunakan beberapa alat seperti Canva yang memungkinkan kalian membuat konten secara visual tanpa kebingungan. Alat yang terus berkembang ini menyediakan desain grafis, template, infografis, dan sebagainya tanpa akhir untuk mengembangkan lebih banyak kreativitas ke dalam sebuah konten.

Selain itu, Canva cukup mudah digunakan. Kalian bisa menggunakan opsi seret dan lepas untuk menyelesaikan pekerjaan. Canva memiliki banyak fitur pengeditan, kombinasi font, ukuran gambar yang disesuaikan, efek, dan palet untuk menawarkan kesenangan dan interaksi kapanpun kalian mau.

7. Slack

Baik itu bisnis apapun, apakah itu kecil atau besar, komunikasi adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, teman kongkow juga harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam alat komunikasi.

Pilih alat yang mudah dioperasikan sehingga memungkinkan berinteraksi tanpa gangguan dengan tim. Slack adalah pilihan utama yang kurekomendasikan untuk berkomunikasi dengan sempurna.

Alat berbagi data sederhana ini dibuat untuk memungkinkan bertukar kata dengan rekan tim. Opsi pengiriman pesan juga sangat mudah. Selain itu, dapat diintegrasikan dengan sebagian besar manajemen kantor, manajemen proyek, penjualan, desain, produktivitas, dan alat terkait pengembangan untuk memudahkan teman kongkow mengikuti praktik kampanye pemasaran digital terbaik.

Kesimpulan

Kita berada di dunia yang kompetitif di mana seseorang harus paham media sosial dan memiliki intuisi dalam membangun brand di pasar digital. Meskipun menguasai tip dan trik pemasaran online adalah salah satu aspeknya, kita juga harus memiliki pengetahuan tentang alat pemasaran digital untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Alat pemasaran online yang tercantum di atas akan membantu teman kongkow untuk mempertahankan strategi pemasaran konten secara efisien, sambil berfokus pada aspek vital dan mengelola kewarasan. Aku berharap dengan alat-alat yang disebutkan di atas, kalian akan dapat mencapai target dan meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan mudah dan cepat, ya pals.***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Nah, belakangan ini pemasaran online mulai marak karena menjadi jalan pintas untuk pemasaran juga. Mantap, terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment