header marita’s palace

7 Objek Wisata di Semarang untuk Weekend Getaway Seru

objek wisata di semarang
Apa yang paling kamu ingat jika mendengar nama “Semarang”? Salah satunya pasti lumpia, penganan yang digoreng dan berisi daging atau rebung. Selain itu, kamu juga mungkin akan langsung menghubungkannya dengan Lawang Sewu, objek wisata di Semarang yang terkenal dengan sejarah panjangnya.

Kamu bisa naik travel dari Jakarta ke Semarang pesan di Traveloka Lifestyle Superapp untuk mencapai kota ini. Selain lebih praktis, tersedia banyak operator pilihan yang menawarkan kenyamanan dalam perjalanan. Nah, setiba di Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa objek wisata berikut untuk weekend getaway yang seru.

Serunya Naik Travel Kunjungi 7 Objek Wisata di Semarang Berikut Ini

Sudah nggak sabar ya pengen tahu apa saja sih objek wisata di Semarang yang must visit? Nih, aku udah bikin list-nya buat kamu.
 

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah landmark di Kota Semarang yang kerap menjadi tujuan wisata para traveler. Objek wisata berupa bangunan bernuansa kolonial tersebut terlihat megah dan unik walaupun sudah lama berdiri. Seperti namanya, Lawang Sewu memiliki banyak pintu dan jendela besar.

Lawang Sewu dirancang oleh Cosman Citroen dan awalnya digunakan oleh perusahaan kereta api Belanda. Ketika Jepang masuk ke Indonesia, bangunan ini dipakai sebagai penjara bawah tanah. Puluhan tahun kemudian, Lawang Sewu direnovasi dan dijadikan sebagai tempat wisata.
 

2. Klenteng Sam Po Kong

Objek wisata yang tak kalah menarik di Semarang adalah Kelenteng Sam Po Kong. Bangunan yang terletak di tengah kota itu memiliki sejarah yang panjang. Konon, kelenteng dibangun oleh Laksamana Cheng Ho, seorang laksamana dari Tiongkok yang beragama Islam.

Mengunjungi Klenteng Sam Po Kong cocok banget bagi kamu yang senang dengan sejarah. Melalui relief yang terukir di dinding kelenteng, kamu bisa melihat jejak-jejak peninggalan dari masa lalu. Suasana eksotis di area kelenteng juga sangat menarik untuk diabadikan lewat lensa kamera.
 

3. Ayana Gedong Songo

Untuk weekend getaway, kamu juga bisa memilih tempat-tempat yang bikin refreshing, contohnya Ayana Gedong Songo. Ini adalah objek wisata baru dan seru yang terletak di daerah Bandungan, Kabupaten Semarang.

Di Ayana Gedong Songo, kamu bisa menikmati banyak spot cantik yang disediakan pengelola. Di spot-spot tersebut, banyak pengunjung yang bersantai atau sekadar berfoto. Ada bubble tent, balon udara, hammock, tempat duduk yang unik, dan masih banyak lagi.
weekend getaway di semarang

4. Watu Gunung

Objek wisata Watu Gunung Ungaran sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas ketegangan sepanjang minggu. Tempat ini menawarkan suasana yang segar dan sejuk. Lokasinya di kaki Gunung Ungaran sehingga udaranya masih bersih.

Aktivitas utama yang bisa dilakukan adalah berendam air hangat dari sumber mata air alami. Para pengunjung bisa menggunakan kolam-kolam yang tersedia. Ada pula kolam renang dengan suasana yang alami karena disusun dari batu alam. Ditata dengan konsep tradisional, tak heran jika Watu Gunung selalu menjadi favorit untuk weekend getaway.
 

5. Setiya Aji Flower Farm

Di Kabupaten Semarang, ada kebun bunga dengan nama Setiya Aji Flower Farm. Lokasinya di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan. Objek wisata ini cocok bagi kamu yang senang menikmati keindahan bunga-bunga.

Di Setiya Aji Flower Farm ada hamparan bunga celosia, krisan, bunga matahari, dan masih banyak lagi. Banyak pengunjung yang datang untuk sekadar berfoto ria. Jika ingin menanam sendiri, kamu juga bisa membeli bibitnya untuk dibawa pulang.
 

6. Dusun Semilir

Satu lagi tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat weekend di Semarang adalah Dusun Semilir. Tempat wisata yang terletak di daerah Ngemplak ini sangat populer dan ramai. Selain karena masih baru, Dusun Semilir juga menawarkan banyak wahana seru.

Ada wahana Alun Eropa yang dirancang dengan arsitektur Eropa. Ada pula Alas Tirta dengan mengadopsi suasana alam yang segar. Wahana Banyu Biru adalah wahana dengan konsep danau bohemian yang menarik. Selain itu, ada beberapa spot selfie yang populer, misalnya Jembatan Senggol dan Jalan Kenangan.

Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai barang kreatif hasil produksi lokal dan makanan-makanan khas Semarang di tempat ini. Bahkan, ada pula Gunungan Restoran yang menyajikan berbagai menu spesial.
 

7. Kota Lama

Terakhir, jangan lewatkan pengalaman seru berkunjung ke Kota Lama. Kawasan wisata bersejarah ini sangat terkenal di Semarang. Dipenuhi oleh bangunan-bangunan dengan arsitektur zaman dahulu, ada nuansa berbeda yang bisa kamu nikmati di Kota Lama. Selain setiap sudutnya yang memukau, kamu juga bisa mengunjungi tempat bersejarah seperti Gereja Blenduk.

Nah, inilah daftar tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat weekend di Semarang. Objek wisata di Semarang mana yang menurut kamu paling bikin penasaran? Yuk, naik travel saja, praktis dan terjangkau.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

2 comments

  1. Weekend, duh pengin banget liburan karena udah bosan dan kelelahan. Apalagi destinasi wisata hiburan kayak gini, mantep pasti seru banget!

    ReplyDelete
  2. hiks, belum pernah ke semua tempat diatas, apalagi yang paling baru, dusun semilir, penasaran banget. Tempatnya keceh buat poto-poto

    ReplyDelete

Post a Comment